Kebakaran, Kebakaran , Kebakaran


Barata Mall ludes terbakar, miliaran rupiah hangus sia-sia

Barata Mall ludes terbakar, miliaran rupiah hangus sia-sia , sisa-sisa kebakaran dibiarkan saja hingga kini, entah menunggu apa, konon kabarnya asuansi?

Minggu pagi (5/11) satu lagi mall tua terbakar, Carnaval Mall dulunya yang lebih dikenal dengan My Mart, tapi sekarang sejak tahun 2003 Mall yang pernah cukup sukses dan terkenal di Batam itu hanya di huni oleh beberapa penjual komputer seken, dan digedung bagian belakang ada studio Hang FM , dan penjualan barang – barang seken dari jenis furniture. Mall ini pernah di Bom saat ada kebaktian malam Natal 25 Desember ribuan jamaat kucar kacir waktu itu, belum jelas hingga kini siapa pelakunya, tidak ada korban jiwa.

Dari tempat penjualan furnitur seken ex Singapura inilah sumber api yang meluluh lantakkan mall yang sudah tak diminati tenant itu lagi. Barang2 ex Singapura mereka borong, setelah sampai di Batam dipilah-pilah mana yang masih layak jual dan mana yang harus diperbaiki, jadi tak heran kalau sampah bekas serutan kayu, tumpahan tinner, kertas dan kain pembalut kursi berserakan, sama persis seperti saat Bengkong Seken terbakar,  dan dibelakang bangunan itulah prabot kantor dan rumah tangga itu diperbaiki.

Gedung tua digunakan tempat barang rongsokan, menunggu terbakar agaknya

Gedung tua digunakan tempat barang rongsokan, menunggu terbakar agaknya, bangunan ini persis di depan Barata Mall yang sudah ludes terbakar

Di Depan ada B Mart retail yang menjual produk halal, dan Bandung Resto juga restoran Halal, restoran ini cukup ramai pengunjungnya, tetapi di sebelah depan nya ada juga restoran tetapi tidak mempunyai sertifikat halal.

Tak jauh dari Carnaval Mall ada bangunan bekas Matahari Departemen store, bangunan ini pernah menjadi yang terluas se Indonesia untuk ukuran Matahari, kini di tempati dan di sewa oleh PT PLN Batam untuk tempat pembayaran rekening listrik, disebelahnya ada panggung yang sudah tak terawat , mungkin si pemilik nunggu-nunggu terbakar, agar asuransi nya bisa keluar celetuk orang yang sedang berdiri melihat asap yang masih mengepul di seputaran My Mart.

Gedung bekas Matahari Departemen Store, kini dipakai PT PLN Batam untuk tempat pembayaran rekening listrik, rawan kebakaran

Gedung bekas Matahari Departemen Store, kini dipakai PT PLN Batam untuk tempat pembayaran rekening listrik, rawan kebakaran

Di Depan ex Matahari ada Mall Barata namanya yang baru terbakar beberapa bulan yang lalu, masih terlihat bekas kebakaran tak diperdulikan oleh si pemilik, sudah beberapa bulan dibiarkan begitu saja.

Di Batu aji ada pertokoan di Aviari Batu Aji, pun terbakar beberapa bulan yang lalu, banyaknya kasus kebakaran di Batam dan minimnya sarana Mobil Pemadam Kebakaran, malah Pemko Batam sendiri tak punya armada sama sekali, kasus mobil pemadam kebakaran kini sedang bergulir ke pengadilan, mark up pengadaan, membuat beberapa pejabat terlibat, sedang di periksa KPK.

Walikota Batam yang hadir di tempat kejadian mengatakan mau memperkuat armada Kantor Pemadam Kebakaran dengan mengupayakan pengalihan aset Penanggulangan Bahaya Kebakaran (PBK) dari Otorita Batam.

Un Safe Condition , ada pompa pemadam kebakaran ada pipa hydrant tapi tak ada orang yang dapat mengoperasikan, terlihat di bangunan My Mart yang terbakar pipa merah dan selang di dalam kotak, hanya pajangan belaka.

Tak hanya di pusat-pusat keramaian seperti Mall, di Hotel-Hotel dan bahkan di Pompa Bensin sendiri pun hal ini terjadi, tidak semua operator dan orang yang bertanggung jawab dalam bahaya kebakaran terampil mempergunakan alat pemadam api ringan (APAR) misalnya. Kalau lah ada tersedia APAR saat api masih kecil dan langsung ditanggulangi bahaya kebakaran dapat dihindari.

Perlu ada nya pelatihan yang bekesinambungan, ini yang tak ada di Pemko Batam, tak terlihat dalam struktur organisasi di Pemko Batam untuk itu. Lha baru mulai mau memperkuat armada  kata Walikota. Tapi tak apalah pak Wali, pak Wali pun perlu mempelajari apa itu segitiga api, kita siap untuk berbagi pengalaman.

3 Tanggapan

  1. […] Kebakaran, Kebakaran , Kebakaran October 6, 2008 8:37 pm admin Dari Blogger – Agreegator Dari https://imbalo.wordpress.com/2008/10/06/kebakaran-kebakaran-kebakaran/ […]

    Suka

  2. saya kuatir dengan bangunan seperti imperium superblok tu…Misal tebakar macam mana nak selamatkan dan padamkan bangunan setinggi dan tak ada tangga darurat macam tu pak

    Suka

  3. @Farhan,

    Ha ha ha……… kan jauh dari kantor walikota tempat Farhan kerja, kalau pun tumbang tak sampai kesana……….mungkin pak Walikota mu sudah memikirkan punya helikopter untuk memadamkan dan mengevakuasi orang yang terjebak dalam kebakaran………… atau mungkin bisa jadi tak terpikirkan oleh nya he he he emang gue pikirin ………….. salam ya sama walikotamu dan wakil walikotamu

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: