Ziarah ke Makam Noordin M Top di Pontian Johor Malaysia


kubur Noordin M Top di Kampung Melayu Pontian Johor Malaysia

kubur Noordin M Top di Kampung Melayu Pontian Johor Malaysia

Selepas  dari Ulu Tiram rumah kediaman mertua Noordin M Top , yang satu komplek dengan madrasah Lukmanul Hakim tempat Noordin M Top dahulu nya sebelum ke Indonesia sempat mengajar, pagi itu, Sabtu (27/03)  aku langsung ke Pontian Johor Malaysia.

Pontian tidak begitu jauh dari Ulu Tiram, di tempuh dengan jalan darat dengan kenderaan roda empat sekitar 2 jam, Pontian adalah masih dalam kawasan negeri Johor juga. Kalau dari Larkin stasiun bus Johor Bahru ke Pontian pun ada bus umum.  Dari stasiun bus di Pontian masuk ke kampung melayu tempat kubur Noordin M Top tidak begitu jauh. Bedekatan dengan stasiun bus di Pontian itu ada masjid Jamik cukup besar dan ada pasar untuk makan.

pekan nenas pontian johor Malaysia

pekan nanas pontian johor Malaysia

Memasuki jalan tol setelah keluar dari kampung Ulu Tiram dengan membayar biaya 2 ringgit 30 sen perjalanan semakin dekat saja, dipersimpangan jalan keluar menuju Gelang Patah kenderaan memutar ke kiri memasuki jalan kampung menuju Pekan Nanas. Pembangunan di Gelang Patah ini kelihatan terus di gesah apalagi sejak jalan akses ke Singapuran melalui Tuas Johor menjadi alternatif selain melalui Woodland yang sudah penuh sesak.

Makam Noordin M Top

penceroboh akan di dakwa

penceroboh akan di dakwa

Kenderaan terus melaju melewati Pekan Nanas, memasuki Kampung Melayu  tak begitu sulit menuju tempat pemakaman umum dimana jasad Noordin M Top di kuburkan. “Lorong Abadi, depan sikit sebelah kanan” ucap seseorang yang kami tanya ditepi jalan, menunjukkan dimana pemakaman itu berada.

Kampung Melayu itu terlihat lengang, rumah pun memang hanya satu – satu saja dikiri kanan jalan. Masih banyak rumah berpanggung disitu, yaitu ciri khas rumah melayu disana. Halaman yang luas di kelilingi pohon pohon buah buah bermacam macam, ciri khas kampung melayu ini terlihat asri.

Berbelok ke kiri di lorong Abadi sekitar 100 meter terletak pemakaman umum, pemakaman itu berpagar kawat setinggi 2 meter ada pintu kipas selebar jalan namun tidak terkunci, di depan pintu itu tertulis PENCEROBOH AKAN DIDAKWA, pak Salim yang menemani kami tersenyum membaca tulisan itu, “kita bukan nak menceroboh, kita hanya nak ziarah, tak kan lah di dakwa” jelas beliau sembari membuka pintu masuk.

Tak terlihat satu orang pun di dalam makam itu, di ujung Timur makam terletak bangunan semacam tempat alat – alat penggali kubur dan mungkin sebagai kantor pemakaman umum ini.

Sebelah kanan (utara)  masih lapangan kosong,  pemakaman terletak sebelah kiri (selatan) jalan masuk, tak banyak kubur disitu hanya sekitar puluhan saja, luas pemakamanitu agaknya  sekitar saatu hektar.

Paling dekat ke jalan terlihat undukan tanah yang masih baru, “itulah kubur nya” ujar pak Salim. Kubur- kubur yang lain sudah berbatu nisan dan ada sekat,  kalau itu menandakan kubur, tetapi kubur Noordin M Top hanya undukan tanah saja dan di kedua ujung kuburnya itu ada kayu bulat berdiamete 3″ tertancap yang menandakan itu kuburan.

Pak Salim yang mengantar kami bercerita kalau saat Noordin M Top hendak di makamkan tempohari,  makam ini begitu ramai, lampu stasiun televisi ada di mana mana. “Nak mendekat kemari jangan harap” jelasnya lagi. Ia pun saat itu tak dapat masuk ke Makam karena bukan saudara dekat.

Setelah melihat sebentar kondisi makam orang yang paling di cari dan di takuti  selama hampir 9 tahun dan baru tertangkap dan tertembak di pertengahan September 2009 lalu di Indonesia, Aku pergi melangkah meninggalkan makam itu, sambil menghela nafas panjang.

“Allaahummaghfirlahuu warhamhuu wa’aaafihi wa’fu’anhu…………”

Satu Tanggapan

  1. sungguh informasi, saya jugak nggak tau arwah nordin dimakamkan disitu (dekat dengan kampung saya),

    salamm,

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: