TV Komunitas di Sekolah Hang Tuah Batam


Tower antene tv hang tuah

Sekolah Islam Hang Tuah Batam punya TV? , iya……Insyaallah  sekolah yang terletak di Bengkong Polisi tepat nya di Jalan Ranai no 11 Batam ini, akan punya studio televisi,  wah sepertinya untuk di Kepulauan Riau ada TV pendidikan yang mempergunakan Frequency TV Komunitas di 400 an adalah Sekolah Islam Hang Tuah.

Itulah selama 4 hari ini kami sibuk berbenah – benah membuat ruang studio, ruang kontrol, ruang produksi, dan ruang ruang lain nya.

Tidak ada tempat untuk studi banding, ya karena memang belum ada yang memiliki tv komunitas, yang ada studio tv lokal (komersial) sehingga untuk badan hukum pengelola nya pun tak satu Notaris di Batam yang dapat membuat nya karena belum ada contoh nya.

Dari mulai ke Balai Monitar (Balmon) dan ke Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Daerah Batam sejak dua bulan yang lalu untuk menjajagi tentang per-izi-nan dan persyaratan, Aulia dari KPID Batam cukup banyak memberikan masukan dengan memberikan segeprok surat dan form yang harus diisi, di Balmon pun  kami mendapat penjelasan bahwa frequency untuk tv komersial sudah “habis” tetapi untuk tv komunitas belum satu pun yang terpakai.

Pergi ke Notaris untuk membuat badan hukum “perkumpulan”, hingga kini draft untuk badan hukum perkumpulan belum ada contoh nya, malah kami dikirimin contoh draft sama persis dengan bentuk badan hukum KADIN.

Semula ide membuat tv komunitas ini adalah dari bang Bachtiar dari Batam TV dan kang Tedy dari STV , kedua mereka ini adalah orang pertama di Batam tv dan di Semenanjung tv (stv), karena pada saat tahun pelajaran 2008/2009 Sekolah Islam Hang Tuah membuka jurusan Multi Media, salah satu mata pelajaran untuk anak didik yang bersekolah di Sekolah Islam Hang Tuah adalah Broadcasting, sehingga memerlukan alat peraga transmiter dan recifer.

Searching di internet dimana harus membeli pemancar tv rakitan untuk alat peraga SMK Multi Media Sekolah Islam Hang Tuah? pilihan jatuh ke Syam Broadcasting yang berada di Semarang.

Tak terlalu mahal untuk frequency UHF sebesar 30 watt dengan radius jangkauan 2,5 KM sebagaimana yang dipersyaratkan oleh KPI adalah sebesar 30 juta.

Tower yang semula direncanakan terbuat dari pipa galvanis  setinggi 24 meter, di ganti dengan model tower triangle dari besi beton 12mm di las setinggi 30 meter.

Jadi sejak dua bulan ini kami pun sibuk membuat tower sendiri, mendisain ruang-ruang untuk studio, sampai untuk pesan busa lapisan ruang kedap suara pun harus di pesan khusus karena tidak ada yang menjual di Batam.

Jadinya  banyak belajar dan bertanya bagaimana cara ada siaran tampil di layar televisi. Bagaimana membuat penangkal petir dan harus berapa ohm, bagaimana casting dan audisi, bagaimana 3 buah  kamera harus dipakai bergantian,  dan apa nama alatnya.

Tiga malam ini betul-betul semalaman tidur di studio yang belum rampung dilapisi karpet warna hitam, karena Mas Syam teknisi dan pembuat pemancar yang kami pesan sedang berada di Batam untuk memasang dan merangkai jaringan dari ruang pemancar yang harus bebas radiasi sampai ke ruang studio untuk produksi.

Semalaman tak tidur karena ada masaalah di booster, sehingga power tak mau keluar, padahal besok mas Syam harus pulang ke Semarang.

Sementara tv komunitas kami dapat di tangkap di frequency 471,25 atau channel 21, tetapi hanya di sekitaran sekolah, “wah saya hanya pakai microwave 5 watt saja dari sei harapan bisa sampai baloi pak” ujar Tedy dari STV mengomentari saat ku beritahukan karena ada gangguan di boster jadi jangkuan belum maximal sebagaimana yang diharapkan.

Ya nama nya juga tv rakitan …………………………

13 Tanggapan

  1. […] TV Komunitas di Sekolah Hang Tuah Batam Share and […]

    Suka

  2. semoga berhasil

    Suka

  3. semoga menjadi stasiun TV komunitas dibatam yang memiliki nilai mutu pendidikan yang baik…salam hangat

    Suka

  4. Di pulau Jawa saja masih sangat sedikit ( atau boleh dibilang, bahkan belum ada, kecuali lembaga2 yg ada urusannya dg ke-broadcasting-an) lembaga pendidikan yg mempunyai fasilitas TV Komunitas. So, BRAVO..dua jempol untuk Hang Tuah Batam, dengan fasilitas ini mudah2an qualitas pengajaran dan pendiikan di sini makin OK,semoga pula makin maju dan menjadi lembaga pendidikan terdepan, bukan hanya level Sumatera, tapi untuk tingkat Nasional. Hang Tuah PASTI BISA !!!

    Suka

  5. waduh………… muji nya selangit ..

    Suka

  6. assalamu’alaikum,,, apa kabar semua teman-teman hang tuah,, ???? salam hangat dari TUNGGAL semarang

    Suka

  7. saya di jakarta,. kangen sama bpk imbalo, pak aris n mas jogi dll,,,,
    kalua bsk udah lulus nanti saya maen ke batam hehe
    sukses buat hang tuah

    Suka

    • alhamdulillah seneng denger nya….. oiya…. kalau udah selesai langsung aja ke Bataam terus diurus tu, tv dan radionya….. bantu bang jogie dan bang aries,

      Suka

  8. insya Allah,, saya ksana pak. msih ada 1,5th lagi lulusnya

    Suka

  9. Assalamu’alaikum, apa kabar bapak imbalo, minal’aidzin walfaidzin, mohon maaf kalu dlu ada salah2 kata dan perbuatan saya yang kurang brkenan, sengaja atau tidak disengaja.
    Tunggal dan sekeluarga..

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: