Surat Dari Hanoi Vietnam (Sejarah Vietnam)


lapangan terbang hanoi vietnam

lapangan terbang hanoi vietnam

Asslm,

Bang Imbalo, sesuai janji saya ketika Abang singgah di Hanoi. Saya sampaikan  tulisan mengenai Vietnam dan kota Hanoi, juga sebagai bonus saya tambah catatan kosa kata bahasa Vietnam (agar kalau Bang  Imbalo kembali ke Vietnam tidak akan nyasar …  karena sudah bisa bahasa Vietnam).
Kalau nanti mampir lagi di Hanoi, saya akan siapkan “Indomie” sbg bekal untuk melanjutkan perjalanan (seperti ketika itu Abang akan menempuh perjalanan dari Hanoi ke Laos)
Salam hangat dari Hanoi, Vietnam
Wasslm
MARBUN
SEJARAH VIETNAM

Dari tahun 179 Sebelum Masehi sampai dengan tahun 938, Vietnam berada di bawah kekuasaan raja-raja Cina. Baru pada tahun 938, di bawah pimpinan Ngo Quyen, di Bach Dang, berhasil mengalahkan tentara Cina, yang merupakan akhir dari pendudukan Dinasti Cina. Pada tahun 1527 Dinasti Le jatuh dan diganti oleh Dinasti Mac (1527 – 1592), akan tetapi, semenjak itu banyak perlawanan anti Dinasti Mac yang menjadikan Negara Vietnam terpecah belah dan terjadi perang saudara, yaitu Perang Le-Mac (1543 – 1592), Perang Trinh-Nguyen (1627 -1672), dimana kemudian negara dibagi menjadi 2 (dua), yaitu: Dang Ngoai (utara) dengan Raja Trinh dan Dang Trong (selatan) dengan Raja Nguyen yang mendirikan ibukota di Phu Xuan (sekarang Hue). Gerakan Tay Son (Gerakan Petani di tahun 1771), berhasil menurunkan Raja Nguyen dan Raja Trinh serta mempersatukan negara yang terpecah selama lebih dari 200 tahun. Pada tahun 1802, Dinasti Tay Son dikalahkan oleh Dinasti Nguyen Anh (1802-1945) yang memberikan nama baru negara menjadi Dai Nam dengan ibukotanya Hue.

Kehadiran Bangsa Perancis di Vietnam diawali dengan masuknya misionaris Perancis ke Vietnam sekitar abad ke-16. Pada tahun 1858, Perancis menyerang Da Nang dan mulailah perang melawan Vietnam. Perancis menduduki wilayah Selatan lebih dari 20 tahun dan kemudian wilayah Utara pada tahun 1883 dengan serangannya ke ibukota Hue, dan memaksa Dinasti Nguyen menandatangani Perjanjian Damai 1883 – 1884 yang mengakui kekuasaan Perancis di seluruh wilayah Vietnam.

Perancis menduduki Vietnam sampai masuknya tentara Jepang.  Pada  tanggal 3 Pebruari 1930 berdiri Partai Komunis Indochina (Communist Party of Indochina) dibawah pimpinan Nguyen Ai Quoc (Ho Chi Minh) melakukan perjuangan pembebasan dengan tujuan untuk mencapai kemerdekaan nasional, demokrasi dan sosialisme. Melalui pergerakan-pergerakan seperti Pergerakan Nge Tinh Soviet (1930-1931), Pergerakan Demokratik (1936-1939), dan Pergerakan bagi Penyelamatan Nasional selama Perang Dunia Kedua (1939-1945), Rakyat Vietnam mencapai kemenangan dalam Revolusi Agustus 1945. Pada tanggal 2 September 1945, bertempat di Lapangan Ba Dinh, Hanoi, Presiden Ho Chi Minh, membacakan Deklarasi Kemerdekaan yang melahirkan  Republik Demokratik Vietnam.

Setelah Jepang menyerah kepada Sekutu, Agustus 1945, Vietnam pada tanggal 2 September 1945 mendeklarasikan kemerdekaannya. Namun kemudian Perancis ingin kembali masuk ke Vietnam dengan alasan membantu pengaturan penyerahan tentara Jepang kepada Sekutu. Perang pertama mempertahankan kemerdekaan melawan Perancis berakhir dengan kemenangan gemilang tentara Vietnam di Medan Pertempuran Dien Bien Phu tahun 1954. Perang kedua mempertahankan kemerdekaan melawan Amerika Serikat yang berakhir melalui kampanye bersejarah Ho Chi Minh dengan kemenangan besar tentara Vietnam Utara pada musim gugur tahun 1975, dengan jatuhnya ibukota Vietnam Selatan, Saigon (sekarang bernama Ho Chi Minh City), tanggal 30 April 1975. Tanggal tersebut yang kemudian setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Pembebasan (Liberation Day). Setelah bersatunya Vietnam Utara dan Selatan, pada tanggal 2 Juli 1976, Vietnam diproklamirkan menjadi Republik Sosialis Vietnam hingga sekarang.

HANOI

Hanoi adalah ibu kota Republik Sosialis Vietnam

Luas wilayah   : 927.39 Km2

Penduduk        : 2.736.400

Temperature  : 080 – 360

Kota Hanoi dibangun tahun 1010 pada masa Raja Ly Cong Van, nama kota Hanoi sebelumnya Thang Long Dong Co.

Tempat-tempat wisata dan lainnya :

1.   Mausoleum Ho Chi Minh

Mausoleum Ho Chi Minh berada di Ba Dinh Square dekat istana Presiden Vietnam. Di dalam Mausoleum tersebut terdapat ruangan tidur beton yang besar terletak tubuh Ho Chi Minh yang dibalsem dan dijaga oleh tentara berseragam putih – putih.  Masyarakat Vietnam sering mengunjungi Ho Chi Minh Mausoleum dan sangat hormat kepada Paman Ho Chi Minh yang telah membebaskan Vietnam dari kolonialisme.

Dekat dengan Mausoleum Ho Chi Minh dan tepatnya berada di halaman belakang Istana Presiden Vietnam, terdapat rumah panggung dimana mendiang Presiden Ho Chi Minh tinggal pada tahun 1958 – 1969.  Rumah panggung tersebut dibangun dengan gaya bangunan suku minoritas Vietnam.  Seluruhnya dijaga keasliannya, termasuk ruangan kecil yang biasa digunakan oleh Presiden Ho Chi Minh.

2.   Army Museum

Alamat : 28A Dien Bien Phu Street,

Army Museum didirikan pada tanggal 22 Desember 1959 di pusat kota Hanoi, sekitar 600 meter dari sebelah Timur Mousoleum Ho Chi Minh, luasnya sekitar 10.000 meter persegi.

Didalam komplek museum tersebut terdapat monumen kuno yang dinamakan Menara Bendera yang diklasifikasikan sebagai sebuah Monumen Budaya Nasional bersejarah.  Monumen tersebut mulai dibangun pada tahun 1805 dan selesai pada tahun 1812, dengan tinggi hampir 31 meter dan luas keseluruhan mencapai 130 meter. Museum Tentara ini menggambarkan kisah dan sejarah yang menarik tentang Tentara Rakyat Vietnam dibawah kepemimpinan Partai Komunis dan Presiden Ho Chi Minh. Museum ini memamerkan ribuan photo dan peta serta berbagai kisah perjuangan.

3.   History Museum

Alamat ; 1 Trang Tien  Street

History Museum dibangun oleh Perancis pada tahun 1962 dan sebelumnya digunakan sebagai Museum Arkeologi Timur Jauh. Dalam museum ini mengisahkan tentang peradaban Vietnam dari Zaman Neolitik dan Zaman Perunggu hingga saat ini, masa kerajaan Hung dan antara lain memamerkan berbagai macam drum perunggu dan kepala panah yang ditemukan di Co Loa Citadel.

4.   Ngoc Son Temple

Ngoc Son Temple terletak di area Danau Hoan Kiem (disebut the Lake of the Sword), ditengah kota Hanoi.  Untuk memasuki pagoda melalui jembatan kayu berwarna cat merah berbentuk melengkung menyerupai pelangi dengan sebutan Jembatan Huc (cahaya matahari).  Didalam pagoda terdapat kura – kura besar yang hidup di danau Hoan Kiem yang mati pada tahun 1968.  Kura Kura dengan panjang 2,1 meter dan berat 250 Kg ini diperkirakan hidup pada usia antara 400 – 500 tahun.   Kura – kura ini merupakan salah satu diantara sejumlah jenis kura – kura yang masih hidup di Danau Hoan Kiem yang memiliki hubungan dengan legenda Jenius Kim Quy (Kura Kura Emas).

5.   Temple of Literature – Imperial College

Alamat :  Antara Quoc Tu Giam Street, Van Mieu Street, Nguyen Thai Hoc Street dan Ton Duc Thang Street.

6. The Vietnam Women’s Museum

Museum Wanita diresmikan pada tanggal 20 Oktober 1995. Bangunan museum ini merupakan bangunan berarsitektur modern yang berlokasi di jalan Ly Thuong Kiet No. 36 dan memiliki luas area 4.500 m2. Museum tersebut selain merupakan pusat penelitian tentang wanita juga merupakan tempat pelestarian serta penyimpanan dokumen dan benda-benda yang berhubungan dengan keberadaan wanita dalam proses pembangunan Vietnam. Disamping itu juga berfungsi sebagai pusat informasi dan aktivitas budaya yang menggambarkan perubahan pengetahuan/wawasan dalam masalah keluarga dan sosial. Museum ini juga berperan sebagai pusat hubungan budaya antara wanita Vietnam dengan wanita dari belahan negara di dunia yang berjuang bersama untuk persamaan hak/emansipasi, pembangunan dan perdamaian.

7. Vietnam Fine Arts Museum

Museum Fine Arts terletak di jalan 66 Nguyen Thai Hoc. Bangunan museum ini  berbentuk L dan berdekatan dengan Temple of Literature . Lantai dasar Museum ini digunakan khusus untuk memamerkan hasil karya terbaru para pelukis Vietnam dan pelukis asing. Selain itu juga terdapat toko yang menjual koran, majalah yang berhubungan dengan seni, souvenir dan lukisan. Di lantai dua  dipamerkan lukisan dan patung hasil karya artis kontemporer Vietnam. Sedangkan di lantai tiga bangunan museum ini dipamerkan obyek-obyek budaya, lukisan, patung, pakaian, alat musik tradisional Vietnam dan suku minoritas.

8. Vietnam Museum of Ethnology

Museum ini terletak di jalan Nguyen Van Huyen dan memamerkan berbagai macam alat rumah tangga tradisional, pakaian, adat istiadat, budaya dan tempat tinggal dari  suku-suku yang ada di Vietnam.Adat istiadat dari suku etnis Vietnam tersebut ditampilkan baik di layar televisi yang ada di ruang pamer maupun dalam bentuk  display patung.

Temple of Literature dibangun pada tahun 1070 oleh dinasti Le Thanh Tong dan dipersembahkan sebagai tempat ibadah Konfucu dan bagi para sarjana terkenal, serta digunakan sebagai tempat belajar Putra Mahkota.  Enam tahun kemudian dibelakang Temple of Literature dibangun Universitas kekaisaran untuk belajar / mengajar bagi anak anak bangsawan dan para pelajar terpandai di Vietnam.   Universitas ini merupakan universitas pertama dan tertua di Vietnam.

9. Danau Ho Tay (West Lake)

Danau Ho Tay merupakan danau terbesar dari beberapa danau yang ada di kota Hanoi dengan luas area lebih dari 400 hektar, terletak sekitar 300 meter dari Istana Presiden.  Danau ini disebut Ho Tay sejak abad ke -15.

10. Hanoi Municipal Theater (Opera House)

Alamat :  Trang Tien Street,

Hanoi Municipal Theatre yang juga dikenal sebagai Opera House dibangun oleh Perancis pada tahun 1911 dengan gaya arsitektur Paris Opera House.  Gedung ini digunakan sebagai tempat penyelenggaraan kegiatan seni dan budaya.

11. Thang Long Water Puppet Theatre

Water Puppet  Theatre ini terletak di Hoan Kiem Lake dan merupakan kesenian tradisional Vietnam sejak abad kesepuluh. Kesenian ini menggambarkan kegiatan sehari-hari masyarakat pedesaan di Vietnam bagian Utara. Para artis water puppet bersembunyi di belakang tirai dengan sebagian tubuh terbenam di air dan memainkan puppet melalui peralatan tersembunyi di dalam air dan menggunakan permukaan air sebagai panggungnya.

12. Hang Gai

Alamat : Hang Gai Street,

Hang Gai merupakan pusat tempat belanja bagi para turis terutama turis asing, dimana di sepanjang jalan terdapat toko toko yang menjual berbagai souvenir dari Vietnam mulai dari bahan–bahan sutera, embroidery, kaos – kaos berlogo khas Vietnam, batu permata dan emas serta barang – barang souvenir lainnya.

KOSA KATA KECIL BAHASA VIETNAM

XIN CHAO                               =  SELAMAT PAGI, SIANG, MALAM

TOI                                           =  SAYA

ANH                                          =  KAMU, ANDA (KAKAK)

EM                                            =  KAMU, ANDA (ADIK)

VANG, DA                                =  YA

KHONG                                    =  TIDAK

CAM ON                                  =  TERIMA KASIH

ANH/EM CO KHOE KHONG =  APA KABAR

TIEN                                         =  UANG

DOI                                           =  TUKAR

KHONG BIET, KHONG HIEU        =  TIDAK TAHU

ANH/EM TEN LA GI                =  SIAPA NAMA ANDA ?

TOI TEN LA …                                =  NAMA SAYA

MUON                                      =  INGIN

ICH                                      =  SUKA

KHACH SAN                           =  HOTEL

1        =  MOT           60              = SAU MOUI

2        =  HAI              70              = BAY MOUI

3        =  BA               80              = TAM MOUI

4        =  BON            90              = CHIN MOUI

5        =  NAM           100            = MOT TRAM

6        =  SAU            1.000        =  MOT NGHIN

7        =  BAY             10.000      =  MOUI NGHIN

8        =  TAM            100.000    =  MOT TRAM NGHIN

9        =  CHIN          1.000.000 =  MOT TRIEU

10     =  MOUI

20     =  HAI MOUI

30     =  BA MOUI

40     =  BON MOUI

50     =  NAM MOUI

Iklan

Hasil UN SMA/SMK/MA 2007/2008


 

Dapat bocoran hasil UN SMA siang tadi (13/6), senang sekali rasanya, Alhamdulillah, karena SMA Islam Hang Tuah Batam tahun ini, tahun pelajaran 2007- 2008 hampir lulus seluruh siswanya baik jurusan IPA maupun IPS lebih dari 90 % , bayangkan  tahun pelajaran 2006-2007 tahun lalu, hasil UN di SMA Islam Hang Tuah Batam, hanya 48.7 % . saat itu sedih sekali rasanya, apalagi menjadi berita Utama di koran Lokal Batam, bahwa sekolah tingkat SMA yang paling jeblok nilainya adalah SMA Islam Hang Tuah.

Selama ini penyebab kejeblokan nilai UN di SMA Islam Hang Tuah tahun lalu yang kutahu, salah satunya adanya ketidak percayaan diri para siswa, sehingga pada saat ada jawaban soal khusus untuk nomor genap, ditelan bulat-bulat oleh siswa, akibatnya, semua nomor genap dari jawaban soal salah semua. Jawaban soal itu katanya dikirim via sms malam sebelumnya, dan malah ada satu sekolah yang membeli jawaban soal itu sebesar rp. 250.000,-

Tetapi siang tadi pak Aries Kurniawan kepala SMA Islam Hang Tuah bilang yang mengasi jawaban soal yang salah itu adalah salah seorang guru kami sendiri, maksud hatinya baik tapi jawaban yang diberikannya salah.

Besok tanggal 14 Juni 2008 pukul 16 baru diumumkan hasil UN SMA. Terimakasih ibu guru terima kasih bapak guru, terutama pak Kepala Sekolah nya, mereka telah berusaha menaikkan citra Sekolah, bukan itu saja, aku sebagai pengelola di yayasan Pendidikan Islam Hang Tuah, sangat terharu, air mataku berlinang, tak dapat lagi rasanya kutulis kata-kata di blog ini, semoga Allah subhanahuwatala membalas amal bakti mereka, amien.    

 

Yang Buat Nama Allah Itu Siapa Ya Pak?


“Ass….pak nama saya edo? Saya ingin bertanya , yang buat nama aku kan ortu aku dan yang buat nama (ALLAH) itu siapa ya pak, atas bantuan dan jawabannya saya ucapkan terima kasih”  dari hp no. +6285760074833, itu lah bunyi sms yang masuk ke hp ku pada tanggal 11 Juni 2008 pukul 00:17:19 tengah malam, saat itu aku mau berbaring di tempat tidur karena sudah tengah malam.

Karena sudah tengah malam, sms itu, yang kukira ada hal yang penting, tidak kubalas, lagian aku tak kenal orang yang mengaku bernama edo, dan no hp +6285760074833 itu pun tak ada dalam memori hp ku.

Pagi hari keesokkanya kuberitahu isi sms itu kepada Aries Kurniawan Kepala Sekolah Islam Hang Tuah, tentang sms dari yang mengaku bernama edo tadi, dan sms itu di balas , dengan balasan “Menurut mu siapa?”  itu si edo malah bilang “Maaf ya aku gak kenal no ini, sebutkan nama kamu dong, kalau menurut aku yang buat nama ALLAH itu kamu” jawab edo dalam sms nya

Lha kalau nggak kenal dan enggak tahu nomor siapa yang dikirimin sms tentang pertanyaan siapa yang memberi nama ALLAH tadi, maksudnya apa?, si edo bukannya ngejawab tahu dari mana nomor hp ku malah kirim sms lagi “Maaf pakjadi gimana bisa enggak jawabnya” kalau tadi manggil aku kamu sekarang si edo manggil pak.

Kemudian si edo ngaku kalau dianya orang Islam ” Aku Islam karena aku tahu mula2 agama Islam itu, kalau kamu agamanya apa?” tulis si edo lagi……….kali ini si edo enggak panggil aku pak tapi panggil kamu.

Isi sms ini aku beritahukan kepada beberapa orang kepala sekola di Batam, kebetulan saat itu (11/6/2008) siang,  ada rapat Koordinasi Dinas Pendidikan Batam dengan seluruh kepala sekolah se Batam  lebih kurang 309 kepala sekolah hadir. Si edo kirim sms lagi yang berbunyi “Oke kita seri tolong kasih tahu nama kamu tinggal dimana entar aku kasih tahu tentang Islam dan jawabanku oke?”

Aku enggak tahu apa yang dimaksudnya seri, karena enggak kujawab, si edo kirim sms lagi “Kalau enggak payah ya enggak apa-apa lah , setahu aku Islam itu 73 golongan , 1 yang diterima ALLAH masuk surga,  yang satu itu sedangkan sembahyang saja kita enggak tahu siapa yang kita sembah kita tahu ALLAh sedangkan itu namanya dan juga hurup berarti kita nyembah hurup. tulisan atau namanya aja” tulis si edo………..

Karena aku diamin terus rupanya si edo penasaran dia tulis lagi ” Apa kamu enggak punya nama sedangkan yang ciptakan kamu aja ada nama……..kenapa nyerah ya kalau mau tau cari orang yang belajar tasawuf, fikih dan usuludin” tulis si edo lagi…………..

Tak berapa lama si edo kirim sms lagi ” Apa lagi masalah nabi muhammad coba jawab4 ini apa awal muhammad, apa akhir mhmd, Apa Jahir mhmd. apa batin mhmd jika kamu gak tau apa kamu punya nabi” tulis si edo penasaran……………….

Karena didiamkan terus si edo tambah penasaran dia kirim sms lagi yang berbunyi ” Seperti kita Sekolah contoh di dunia aja kita harus kenal hurup juga angka baru kita membaca jadi kita kenalin tuhan kita baru kita sembahyang. kita kenalin yang 4 itu baru kita bernabi. kita kenal asal usul kita ortu kita baru kita sebut ortu kita”………… tambah semangat si edo menjelaskan.

Para pembaca blog ini silahkan berkomunikasi dengan yang mengaku bernama edo……….. no hp nya ada di atas ………………….. karena memang aku tak tahu apa maksud si edo mengirimi aku sms seperti itu……………….   lagian untuk memuaskan rasa penasaran si edo.

Amien Rais di AKKBB vs FPI


Yang namanya Pak Amien Rais itu gak pernah kompak sama yang namanya Gus Dur, lha wong yang nurunkan Gus Dur jadi presiden itu salah satunya Amien Rais koq, tapi pada saat AKKBB dengan FPI bisa kompak ya kata teman ngomentari. Itulah kalau belum tabayun, apalagi hanya cuma baca detik.com kata teman yang satu lagi.

Dalam berita-berita singkat http://www.detik.com disebutkan kalau Habib Rizieq telah mengadukan 289 orang termasuk Amien Rais dan Syafii Maarif karena ikut dalam AKKBB, terus terang keikutsertaan kedua tokoh Muhammadiyah itu dan yang mana keduanya adalah mantan Pimpinan Pusat Muhammadiyah, membuat anggota Muhammadiyah di daerah tertanya-tanya.

Untunglah ada klarifikasi dari Amien Rais, kalau tanggal 1 juni 2008 dia berada di Jogjakarta lagi sedang membaca buku, lha namanya koq ada ya dalam senarai AKKBB, kata teman yang agak lega perasaannya karena pak Amien yang mantan ketua MPR RI itu tidak ikut-ikutan di aksi AKKBB vs FPI pada peristiwa 1 Juni 2008 yang baru lalu, kenapa dia lega karena teman ini pengagum berat Amien Rais,  tapi juga dia penyokong keluarnya SKB 3 menteri, tetapi teman ini pun tak suka kekerasan. Lha kalau soal urusaan AKKBB dan FPI dan idolanya enggak sejalan dengan sang idola gimana enggak sedih hatinya, agak nya kira-kira begitu.

Sama dengan yang dialami teman saya yang di NU dan PKB, yang ngajak saya demo untuk menyokong agar SKB 3 Menteri segera dikeluarkan , dalam hal ini teman saya itu berseberangan dengan idolanya yaitu Gus Dur.  Terus mau apa……………….

Teman ini pun juga meminta pak Amien idolanya itu mengklarifikasi kenapa ada nama pak Amine di AKKBB itu, seorang teman lain pula menimpali………. waaaaaa……… gak benar pak kalau Gus Dur dan Amien Rais itu enggak kompak, buktinya dulu sewaktu pak Amien mau nyalon jadi Presiden kan sowan ke tempat Gus Dur, lagian Gus Dur turun bikin masalah besar, coba dia tetap jadi presiden jadi apa NKRI, kata teman nun jauh di Kairo.

Kalau pun pak Amien datangi Gus Dur  tapi bukan berarti kompak kan, iya sih  tapi bukan berarti musuhan juga kan, iya mereka musuh pada saat sholat subuh , iya iya………. kata kawan itu lagi terkekeh kekeh, kalau itu mah udah bebuyutan………..

Ya………… yang satu kan baca qunut yang satu nya gak baca qunut………. he he he he ……

 

Munarman Bintang Pekan ini, Akhirnya Menyerahkan Diri


Pekan ini nama Munarman mencuat bak meteor, SCTV, RCTI terutama gencar sekali dan berulang-ulang mengupas entah apalah namanya tentang berita antara FPI dengan AKKBB, terkadang muak melihatnya tapi mau dilihat juga, sudahlah beritanya tak berimbang , gambar yang ditayangkan itu keitu juga.

Munarwan,  Komandan Laskar Islam yang juga mantan Ketua YLBHI Jakarta ini menghilang buron setelah dinyatakan menjadi tersangka kasus 1 Juni 2008 di Silang Monas Jakarta, perseteruan antara AKKBB dengan PFI yang diaktori oleh elit-elit Nasional membuat umat Islam “bingung”. Meskipun akhirnya ia menyerahkan diri ke Polda Metro Jaya, setelah keluarnya SKB 3 Menteri.

Lha koq Amien Rais, Syafie Maarif ada disitu ya kata seorang anggota Muhammadiyah, apa memang Muhammdiyah itu setuju dengan keberadaan Ahmadiyah tanyanya lagi. Ia iyalah , Amien Rais itu teman nya orang Ahmadiyah, kata yang satu lagi menimpali, dulu sewaktu dia Jadi Ketua Muhammadiyah kan pernah menerima Amir dari Ahmadiyah yang sowan ke Jogja.

Lagian Syafie Maarif , Amien Rais, Din Syamsuddin kan sekolah nya di Amerika, ya mereka pro Amerika lah karena kabarnya yang biayai bentrok antara FPI dengan AKKBB itu kan Amerika kata yang satu lagi sok tahu…………. entah betul entah tidak AKKBB memang benar didanai Amrik……………. lha wong orang Kedutaannya datang menjambangi orang AKKBB yang masuk rumah sakit itu buktinya kata kawan tadi ngasi argumen

Seru dah anggota Muhammadiyah di daerah merumpi tentang Pimpinan dan Mantan Pimpinan Pusat Muhammadiyah nya ini………Tangkap saya dulu kalau mau nangkap Amien Rais dan Syafie Maarif kata Din Syamsudin di http://www.detik.com komentar-komentar di situs itu terkadang menyakitkan hati ……… meskipun sebagian berita tentang PFI dan AKKBB tidak semua yang diberi komentar.

Eeeeeeeeeeeee..ternyata bukan orang Muhammadiyah saja lho yang bingung, orang NU di daerah pun dibuat bingung….. Ketua MUI Batam itu orang NU, petang tadi 8/6/2008 sebelum SKB 3 Menteri itu dikeluarkan untuk yang ketiga kali dia minta aku untuk menggalang aliansi umat Islam yang ada di Batam ngajak unjuk rasa agar segera pemerintah mengeluarkan SKB 3 Menteri, lha bukannya pak Kiyai orang NU dan malah orang PKB lagi……….. koq bukannya nyokong Gus Dur………….. biarin aja Gus Dur begitu kata pak Kiyai ini, tapi syukurlah kami sama pak ketua MUI Batam tak jadi mau unjuk rasa………… SKB nya dah dikeluarkan.

Tinggal kita melaksanakan SKB itu karena di tempat kami di Batam pun ada Jamaah Ahmadiyah……. ada masjidnya nya tapi anggota nya tidak berapa banyak, sejak awal 90 an mereka telah ada di Batam.

Bagaimana umat Islam gak bingung dan dibuat terpecah-pecah karena masaalah Ahmadiyah ini, dua organisasi terbesar di Indonesia NU dan Muhammadiyah antara anggota dan pengurus nya seperti itu…………… Gus Dur seenaknya saja nuduh KH Hasyim Muzadi koruptor gara-gara dia di AKKBB ..nah Din Syamsudin pun sibuk pasang badan …………..Amien Rais dan Syafei Maarif yang nota bene keduanya adalah mantan Ketua Muhammadiyah priode sebelum Din, keduanya  masuk di AKKBB “gabung” dengan Gus Dus kan atas nama pribadi………….  biarkan sajalah seharusnya kata anggota Muhammadiyah tadi.

Besok kalau ada Muktamar Muhammadiyah ya enggak usah pilih ketua yang sekolah nya di Amrik kata kawan yang lain.

Ya itu KH Hasyim Muzadi kan gak pro Amrik………………

Ya udah ………….udah………… stop sampai disini saja perbualan kita………… kita tunggu Jumat ada jutaan orang akan mengepung Istana menuntut SBY ngeluarkan Kepres tentang pembubaran ahmadiyah.    

Dan kita lihat dan tunggu di Batam bagaimana polisi menangani Jamaat akhmadiyah yang ada di Batam………. karena kepolisian Batam pun tahu koq jumlah dan keberadaan mereka kata KH Usman Akhmad yang juga ketua MUI Batam dan juga salah seorang pengurus PKB Batam itu, saat pertemuan dengan beberapa ormas Islam di Hotel PIH Batam beberapa waktu yang lalu.

Semoga lah di Batam kondusip, umat Islam gak terpecah-pecah karena kepentingan pribadi pemimpin-pemimpin nya.

 

 

 

 

Harga BBM di Malaysia Malam Ini (6/6/2008) Naik


Petrol naik 78 sen kepada RM2.70 seliter, diesel naik RM1 kepada RM2.50 seliter berkuat kuasa tengah malam ini 6 Juni 2008, demikian sms dari rekan Subanyo Geenarong di Malaysia.

Tak ada gejolak yang signifikan seperti di Indonesia, kalau hari ini kurs rupiah terhadap ringgit 3.000 rupiah saja per ringgit berarti harga BBM di Malaysia sebesar rp. 8.100 untuk premium dan rp. 7.500 untuk solar perliternya.

Isu kenaikan BBM tergantikan dengan hiruk pikuk anatara AKKBB dengan FPI, selompret kata kawan disampingku, yang menderita rakyat juga.

Akh mending dah Indonesia gak usah jadi negara kesatuan lagi, itu hasil bincang-bincang di Nagoya Plaza Hotel Batam siang tadi, saat membahas Wakaf. Kembali ke Kesultanan, lebih baik, kita bisa terapkan hukum Syariah , terutama di riau………….. biar lah Jawa dengan Jawa nya……….

Apa hubungan nya pembubaran FPI dengan Pembubaran Negara Kesatuan Indonesia ya?………. Banyak komentar tentang itu……….. aku pun pusing ……………. cerita lari kemana-mana……….. antara pemerintah yang korup dan tidak tegas………….. antara pemakaian dinar dan dirham dengan perbankan yang merupakan penjajahan setelah merdeka, habis tuntas di kupas Zaim “Duniawi”, dari Jakarta.

Ketua MUI Batam , Usman Akhmad pun berkomentar tentang cucu pendiri NU, sebentar lagi Ramadhan menjelang ormas Islam di Batam siap-siap minta menutup tempat maksiat sebulan penuh.

Anak sekolah tak tertampung di sekolah negeri, sementara sekolah swasta kekurangan murid.

Pasokan gas di Batam tak tersendat lagi, tapi masih sering juga PLN Batam mematikan lampu.

Wakil Ketua DPRD Batam Hablullah Wibisono diperiksa KPK, PK NTT sibuk ngurus anggotanya diadu domba pengusaha soal lahan.

Gubernur Kepri mengucurkan dana untuk UKM miliran rupiah, tengkorak kepala di temukan , belum diketahui keluarga siapa.   

 

 

%d blogger menyukai ini: