Aku

gambar23.jpg

Aku dilahirkan tanggal 12 desember 1953, di Padang Sidempuan. Dibesarkan di Medan, sekarang menetap di Batam sejak tahun 1975.Sejak tahun 1982 aku bekerja di Pertamina hingga tahun 2005 aku mengundurkan diri minta pensiun dini.Tahun 1990 aku mendirikan lembaga pendidikan setingkat TK, dan itulah yang sekarang aku urusi dimasa pensiun ini, kini lembaga pendidikan itu telah berkembang ada SD, SMP dan SMA. aku juga aktif di organisasi Muhammadiyah, pernah di Dewan Masjid Indonesia Batam, Badan Amil Zakat Kota Batam,Sejak 2001 hingga kini menjadi Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Muslim Batam. Pernah waktu Gus Dur datang ke Batam mau meresmikan Forum Zakat II, aku mendapat tugas sebagai Humas, aku agak kecewa tak ada media yang meliput acara itu.Aku coba membuat tulisan untuk dapat di muat di media lokal, tulisan ku tak layak tampil katanya, dan memang aku tak bisa menulis.Aku kenal seorang reporter dari koran yang meliput acara FOZ II itu, untuk bisa dimuat tulisannya ya buat koran sendiri katanya, karena walaupun aku sudah tulis tetapi redaktur tak mau memuatnya yaakh tak akan dimuat tambahnya. aku tak tau aturan di media cetak seperti itu.

MEMBUAT MEDIA CETAK BULETIN JUMAT

Sejak itu lah kami membuat media cetak hanya selembar yang kami beri nama BULETIN JUMAT (BJ)dan hingga lah kehari ini masih tetap terbit, buletin ini di kirim ke masjid masjid. Terbit setiap jumat dan di kelola oleh teman ku tadi si reporter koran yang menyuruhku membuat media sendiri.

Banyak bantuan dan suport dari tokoh-tokoh agama dan masyarakat menyambut kehadiran BJ.

Awal pertama terbit, liputan dari masjid ke masjid, di Batam waktu itu, tepatnya di daerah Batam Center belum terdapat masjid, karyawan Otorita Batam (OB) dan Pegawai Pemko maupun masyarakat sekitarnya sholatnya di lantai tiga kantor OB, balairung sari ruang serbaguna namanya, hari jumat untuk sholat jumat, dihari yang lain untuk kegiatan yang lain, malah untuk acara kebaktian agama lain pun di situ, pelantikan pejabat, seminar, dharma wanita, main band musik pun juga disitu yaaa namanya juga ruang

serba guna.

Satu hari ada teman yang masbuk dia sholat tahyatul masjid , teman disebelah setelah lepas sholat jumat bertanya perlukah kita sholat tahyatul masjid di ruang yang hari jumat untuk sholat jumat di hari lain juga dipakai untuk acara kebaktian oleh agama lain.

Ternyata hal yang demikian telah berlangsung hampir 10 tahun, melalui BJ persoalan itu kami angkat dan solusinya segera membangun masjid di sekitaran Batam Center yang memang sudah direncanakan.

Banyak lagi liputan yang kami angkat di BJ, seperti tidak adanya masjid di pemukiman baru yang dibuat oleh pengembang, seperti kawasan ekslusip di perumahan sukajadi, anggrek mas, dan di bandara hang nadim pun tak ada masjid, demikian juga di pelabuhan sekupang.

Gara-gara tulisan yang agak2 memojokkan OB tentang alokasi lahan terhadap masjid2 ini (karena saat itu aku memang pengurus Dewan Masjid) , pak Ismeth Abdullah ketua OB saat itu gusar terhadapku, sejak itulah aku tak di Dewan Masjid lagi dan membuat Yayasan Lembaga Konsumen Muslim Batam.

YAYASAN LEMBAGA KONSUMEN MUSLIM BATAM

Disini pun aku berbenturan lagi dengan pak Ismeth Abdullah , atas kebijakan dari Import Paha Ayam oleh OB sebagai pihak yang memberi quota ke Batam dari Amerika Serikat. Kasus ini sampai bergulir ke pengadilan atas nama YLKMB kami tuntut ketidak halalan produk yang didatangkan dan dimasukkan ke Batam itu berdasarkan UU Perlindungan Konsumen No. 8 tahun 1999.

Panjang ceritanya, sampailah Perusahaan yang ditunjuk mengimport paha ayam itu berganti nama. Kasus ini juga melibatkan Direktur LP POM MUI Pusat Ibu Prof Aisyah Girinda. Kasus ini di tutup dengan pesan “MELUDAH KEATAS KENA MUKA SENDIRI”

Kasus paha ayam ini membuatku pertamakali berhadapan dengan yudikatif, karena berbenturan dengan eksekutif? teman-teman dari legislatif pun banyak yang mendekat. Kayak selebritis saja waktu itu, dari Kadin datang, dari PHRI pun sowan, katanya kalau tak ada pasokan paha ayam hotel berbintang di Batam akan kelimpungan.

O begini rupanya menghadapi pengacara2, jaksa2, beberapa kali ke pengadilan dengan pengacara yang sukarela membelaku, terkadang negosiasi dan berhadapan dengan pengacara dari otorita Batam sebagai pihak yang tergugat, dan tak enaknya pengacara OB itu adalah temanku sendiri. Yang selama ini apapun persoalan hukum yang aku hadapi kuutarakan kepadanya, sekarang dipengadilan aku berseberangan dengannya.

BERDIRINYA BANK SYARIAH DI BATAM

Di Dewan Masjid Indonesia (DMI) Batam aku sebagai bendahara, ketuanya dr Thamrin Azis. Gak tau kenapa aku terpilih atau dipilih jadi bendahara. Hanya saja waktu itu aku bilang kalau bendahara bukanlah kasir atau juru bayar. Dan itu aku buktikan, aku mendata semua masjid dan mushalla yang ada di Batam, melalui media BJ yang ada, semua uang masuk di masjid dan mushalla baik berupa zakat fitrah , zakat mal, infaq sadaqah, maupun kutipan 1.000 rupiah yang “diperintahkan” oleh Departemen Agama setempat selama bulan Ramadhan untuk dikutip dan diserahkan kembali ke Depag, sampai dengan pembayaran fidiyah orang yang tak berpuasa di bulan ramadhan kuminta laporannya dan tercatat, kulaporkan di BJ. Ternyata Uang yang ada di Masjid dan mushalla itu mencapai 2 miliar rupiah.

Setelah kembali dari Munas IV Dewan Masjid Indonesia di Jakarta, ketika itu terpilih Dr Sutarmadji menjadi Ketua DMI Pusat, aku buat tulisan di BJ tentang kesepakatan antara telkom dengan DMI, kesepakatan itu antara lain bagaimana ada unit usaha di masjid, yaitu berupa warung telkom (wartel). Yang maksudnya agar penjaga masjid dapat uang tambahan dari usaha itu tadi dengan memanfaatkan uang kas yang ada di masjid yang selama ini di simpan di Bank-Bank konvensional.

Setelah itu ada beberapa masjid yang mempunyai wartel, ada juga yang mempunyai pangkalan minyak tanah dan usaha lain tentunya. Tapi semua uang baik hasil infaq dan usaha disimpan di Bank-Bank konvensional tadi.

Pada Forum Zakat II (FOZ) , aku bertemu dengan seorang yang bernama Iskandar, dia masih mudah, tinggi berkacamata, beserta isteri dan anaknya, ternyata dia adalah salah seorang pemegang saham di Bank Muamalat. Aku ceritakan kepadanya bahwa miliaran uang yang ada di masjid tersimpan di Bank Konvensional, apa sih syaratnya agar di Batam segera ada Bank Syariah tanyaku, karena menurutku kalaulah uang itu di simpan di Bank konvensional, kemudian uangnya di pinjam pengusaha, yang non muslim ataupun muslim kemudian mereka membuat tempat maksiat? bukankah uang masjid dan pengurus masjid punya andil dalam pendirian tempat maksiat itu, menurutku ada korelasinya. Pendapatku itu kutuangkan di BJ media yang selembar itu (sebagaimana Parni Hardi menyebutnya saat dia menjadi Ketua LKBN Antara yang tergusur) ,.

Alhamdulillah tak begitulama Bank Syariah di Batam berdiri, tapi sampai hari ini pun Masjid Raya Batam dan beberepa masjid lainnya masih menyimpan uangnya di Bank Riba, itu sudah menjadi tanggungjawab mereka yang masih tak peduli, dengan segala macam alasannya, padahal sudah banyak Bank-Bank Syariah di Batam.

230 Tanggapan

  1. Assalamu’alaikum Pak,

    Salam kenal dari saya sesama warga Batam 🙂

    Wassalam

    Suka

    • Assalamu’alaikum Pak,

      Blog nya menyajikan info yang sangat lengkap dan saya baca cerita perjuangan bapak sangat mulia..
      Saya mau minta opini dari bapak dan saudara-saudara yang lain mengenai mana yang sebaiknya kita dahulukan.. membantu negara lain atau lebih baik jika kita membantu saudara-saudara sebangasa dan setanah air kita terlebih dahulu? kita sama-sama tau masih banyak saudara-saudara kita yang ke kurangan di negeri kita tercinta ini, apakah tidak lebih baik kita melakukan bakti sosial di desa-desa atau daerah miskin supaya kehidupan saudara-saudara kita lebih baik? menciptakan Indonesia yang damai sehingga Indonesia bisa lebih maju, guna mengundang banyak investor dan wisatawan yang datang.. selama ini kita selalu diserang diam-diam oleh Malaysia, dengan menciptakan terorist yang mengatas namakan Agama kita seolah-olah bentuk penolakan kita terhadap Amerika, padahal yang diincar adalah perekonomian Indonesia, supaya investor dari luar takut berinvestasi di Indonesia.. Malaysia juga mencuri kebudayaan dan menciptakan isu keamanan nasional, sehingga wisatawan takut ke Indonesia..

      Wassalamu’alaikum Wr Wb
      Jeffry
      jefox28@gmail.com

      Suka

    • Saya Mauliddar Siregar,pernah juga di Kepri,,yaitu Selat Panjang,Tanjung Balai Karimun,Pulau Buru,Tanjung Batu,dan Batam di Baloi Satpam, Belakang Padang,senang baca artikelnya,dan awal perkenalan ini,,0853 62803412,,mauliddarsiregar@gmail.com..

      Suka

  2. Assalamu’alaikum Pak…
    Ini ika, udah nggak pakai embel2 tribun tapi poltek 🙂
    Blognya seru juga Pak. Ntar ika link dan sering2 ika main ke sini deh.
    Wassalamu’alaikum wr wb…

    Suka

  3. untuk Fakhrurrozy

    Salam kenal kembali , sesam warga Batam kapan bisa jumpa ya???

    Salam

    Suka

  4. Salam kembali Ka.

    Kenapa ya Tribun nggak selesai – selesai web nya….

    Suka

  5. Pak, aku jg tidak bisa menulis.
    Waktu aku membuka kedaiku yg posisinya tidak di jalan besar, banyak komentar sumbang orang; karena kedaiku tak nampak.
    Aku pun cari jalan. Kebetulan dari sekolah dulu di STM 1 Medan, aku pingin kali bikin koran. Maka kubuatlah buletin Jumat (namanya bukan BJ). Namanya : Al-Hijrah. (Buletin ini sekarang tak kuterbitkan lagi. Tak sempat) Dari iklan di Buletin inilah orang2 sekecamatan jadi tau letak kedaiku.

    Aku memang pingin punya media, walau tak bisa nulis. Aku jg pernah buat majalah ecek2 sama kawan2. Gen_R namanya: ‘Sahabat Generasi Rabbani’ tapi cuma 3 edisi aja. Stop.
    Aku sendiri masih menerbitkan buletin atas nama kedaiku namanya buletin TGS (Tau Gak Sih?) ini kusebar gratis disekolah2. Sekarang pun jarang terbit.

    Sekarang ini, dari organisasiku aku ditugaskan untuk mensetting dan mencari materi untuk buletin majelis ta’lim; Al-‘Adalah namanya. terbit setiap 2 jumat.

    Aku merasakan banyak manfaat dari menerbitkan buletin.
    Walaupun di kampungku banyak orang yg kurang menghargai/tak mau membaca buletin.
    Nah, sekarang aku coba2 ngeblog. Walaupun kentara kali kampungannya! he..he..he..

    Terima kasih banyak Pak, hanya berbagi …

    Rahman Ef. AR.
    http://batubaranews.wordpress.com

    Suka

  6. Terimakasih kembali berbaginya….
    Aku udah kunjungi batubaranews……….. itu harian ya man?
    Kalau Buletin kami dijual perlembarnya rp. 200,- ada juga yang digratiskan…. diedarkan ke masjid-masjid…. dan yang membayarnya pengurus masjid….
    Organisasi yang kau maksud itu organisasi apa ya??? kami dari Yayasan Lembaga Konsumen Muslim (YLKM) Batam, untuk berita-berita terkadang kami keluar daerah, pakai duit pribadi…. kalau ada yang ngundang …. sambil ke tempat yang ngundang cerita disana dijadikan bahan untuk nulis materi…. terkadang juga kami keluar negeri … Batam berbatasan dengan Singapura, Malaysia dan Thailand pun terkadang kami kesana…. kalau ada materi yang cocok di masukkan ke Buletin ya kami masukkan…. begitulah….. coba kunjungi blog yang ini http://www.ariesaja.wordpress.com adalah tulisan setiap jumat di Buletin Jumat kami ….. InsyaAllah sampai kini BJ nya masih terbit …. ada iklan juga seperti di batubaranews di BJ iklannya dari lembaga-lembaga syariah…. seperti Bank Syariah Mandiri, Bank Muamalat, Asuransi Takaful… cukuplah untuk biaya pembelian kertas dan cetak…. sementar dari hasil penjualan untuk ongkos pendistribusiannya…

    Selamat ngblognya….
    Salam

    Suka

  7. wah salam kenal pak…ada juga ya ikatan muslim batak ya semoga adanya itu bahwa pandangan bahwa batak juga ada yang muslim, apa pun agamanya yang penting adalah hasilnya

    Suka

  8. Kayak teh sosro aja ya selih kai berita ndu…

    Suka

  9. Salam Damai…
    Salam Perjuangan …

    BLOG nya bagus, semoga bermanfaat buat kita semua …
    jika berkenan kunjungi BLOG kami di :

    http://tanpabendera.wordpress.com/

    terima kasih atas waktu dan cinta anda …

    Suka

  10. melihat abang dan cara penyampaian katanya, saya langsung teringat mendiang kakek aku, ompunglah namanya, dulu dia adalah Guru di SMA 3 Padangsidimpuan, namanya Imron Siregar, sangat teladan dan enak untuk di ajak berdiskusi. dan beliau dulu adalah jadi imam di Mesjid Sadabuan Padangsidimpuan,waktu saya SMP beliau beliin Apel Merah sama saya, dan dengan bergurau beliau bilang, ‘mangan ma apel on ompung soalna, tokin nai ho kehe tu Eropa inda be tarsonggot, it was 1980, alhamdulillah 1997 saya ada kesempatan ke london sampai sekarang, tapi sayang, ompung udah berpulang dan sayang, saya belum sempat beli apple merah yang dari England, dan masih tetap di london, Allah melapangkan dalam kubur, amin. makanya sering saya baca tulisan Bapak ini, semoga sukses. amin

    Suka

  11. Demikian juga bang Amat semoga sukese selalu di London.

    Kata mamakku aku dilahirkan di Siadabuan, Kayu Ombun, tapi numpang lahir saja, karena suasa medan sedang kurang aman, rumah kami di Medan tak berapa jauh dari gedung pemancar RRI Nusantara I di jalan Binjai KM 5.

    Kalau di Kayu Ombun, rumahnya dekat masjid Muhammadiyah yang sekarang. Disitu tinggal namboru kami, awal tahun 90 an dia meninggal jadi jarang ke Sidimpuan.

    Apa kerjamu di London Mat? mana lah tau ada rejeki ku kesana pinomat ada dongan yang ngasi tau informasi jalan yang mau dilalui he he he , kemarin aku ke Hanoi, disana ada si Marbun dia kerja di Kedutaan, dia lah yang bawak aku ke masjid di Hanoi, waktu itu lagi musin dingin di Hanoi, kayak di Sipirok dinginnya.

    Salam

    Suka

  12. Salam kenal Pak…
    dari tulisan Bapak saya menduga Bapak memang pejuang sejati..!

    Suka

  13. Koq kayak iklan rokok ya mas Kopdang….. he he he
    makasih udah mampir ke blog ku, salam kenal kembali.

    Suka

  14. Salam Kenal….

    Suka

  15. Assalamu’alaikum Tulang…

    Masih ingat saya……, Saya Arief dinas di Bagian Humas Pemko Batam, tadi jumpa Tulang di Asrama Haji acara HMI.
    Sangat menarik bisa diskusi dengan Tulang,,,, bolehkan saya panggil Tulang ?
    Salam juga buat Bang Aries…. Insya Allah kalau ada waktu saya ingin mampir di Yayasan Hang Tuah.

    Wassalamu’alaikum Wr Wb

    Drs. Zul Arif
    joe_iip33@yahoo.com

    Suka

  16. salam pak!

    perjalanan hidupnya luar biasa. semoga saya bisa terinspirasi

    salam!

    Suka

  17. Ass, saya mencari teman lama Ir. Syafrial Siregar, MBA. istrinya orang singapura, semoga dapat membantu saya memberikan informasi, trims, Wass

    Suka

  18. Salam
    Dia ada di Batam………………… tapi nomor hp nya sudah diganti…tapi kalau nanti ketemu kami kabari kalau ada yang mencari ……taufik dari mana ya

    Suka

  19. Salam kenal. Saya anak Bogor, tapi saya masih baru ‘bermain’ blog… Tapi tulisan saya juga ga kalah seru!

    silakan liat di http://diazhandsome.wordpress.com (Mr. Handsome punya Blog!!)

    Suka

  20. @ diazhandsome

    Yang bilang seru dan tidak itu biasanya pembaca nya lho diaz

    Salam kenal kembali

    Suka

  21. Assalamualaikum,
    Selamat berjuang Pak, kalau kapan-kapan saya jauh-jauh datang dari Jawa bisa ketemu untuk silaturahmi ya?
    Wassalaam,

    Roni

    Suka

  22. Ass.Wr.Wb..
    Salam kenal..Saya Manado Muslim..ikutan silaturahmi..Pak tulisannya bagus Khas Bataknya kental..Salut dengan perjuangan Bapak mendirikan Masjid di Batam..semoga menjadi teladan.
    Salam.

    Suka

  23. Assalamuálaikum

    Salam kenal bang Imbalo, semoga tetap konsisten menulisnya. kapan-kapan kalo sy ke Batam boleh mampir bang? 😀

    Sekedar silaturahmi, insya Allah suatu saat..

    Salamhangat
    berbagi cerita..

    Suka

  24. Assalamualikum wrwb pak 🙂
    wah senengna jalan” jumpa blog pak imba, salam kenal, salam ukhuwah pak…..
    pak, bolehkah saya bergabung di lembaga pendidikan hang tuah 🙂 saat ini posisi saya di semarang, bekerja d sekolah islam terpadu, insyaallah bila saya menikah akan berada di Batam :), saya tunggu informasinya ya pak 🙂

    Suka

  25. salam kembali

    biebie desy apa kabar donal dan paman gober……….ya datang aja lah ke batam ditunggu………… kapan menikahnyah………… gimana kalau menikah nya setelah di batam ……

    Suka

  26. Ass pak Imbalo.
    Salam kenal pak eks Warga Batam
    Saya warga Batam yang sedang di Tanjung Kalsel.
    Wah secara gak sengaja saya temukan blog ini, jadi inget dulu waktu mau sholat jum’at sering baca buletin itu. Saya dulu mikir-2 siapa pak Imbalo ini, sekarang jelas sudah.

    Oke pak sukses selalu…. ditunggu pemikirannya utk kemajuan Islam.

    Suka

  27. Assalamu’alaikum Wr. Wb.

    salam kenal Bapak Imbalo, saya dari bantul Jogja
    saya sering mencari artikel2 tentang hal2 mengenai hakekat hidup beragama yang saya kurang tahu seperti misalnya artikel bapak tentang uang kas masjid yang disimpan di bank konvensional bagaimana hukumnya? karena kalau dipikir2 uang di bank konvensional itu akan dipergunakan oleh banyak pihak utk berbagai kepentingan.
    Nah….sebagai pengrajin drum band, saya sering mengajak tamu atau customer kami yang berasal dari berbagai belahan kota dan pulau untuk berbincang mengenai pengalaman pribadi mereka yang kadang belum pernah dengar dari ustad atau kyai. seperti misalnya hal2 kecil seperti menabung di bank konvensianal, terus memberikan tips bagi orang yang telah melancarkan tender.
    dari artikel Bapak….saya merasa ternyata bahwa ada orang yang perduli tentang hal-hal kecil meskipun dia sudah menjadi orang besar.

    Sangat menarik………
    terimakasih

    Salam Kenal….

    Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

    Suka

  28. Assalamualaikum, Abangda
    Apa khabar ?
    Doa dan Harapan Semoga Abang beserta keluarga selalu dalam keadaan sehat wal afiat.
    Saya dari Medan senang membaca Blog abang bagus sekali.
    Walau Jauh dimata namun dekat dihati.
    Terus maju….!

    Salam Untuk Keluarga

    Wassalam.-

    Suka

  29. Salam kembali

    Wah wah wah.adik abang dah jadi bos-bos sekarang semuanya………. pengen makan pempek lagi macam dulu ….dah gak ada…….. apalagi tekwan nya………. idah dimana sekarang………. katanya mau ke Palembang?:
    Salam juga untuk keluarga…….. terutama itu yang alumni dari Hang Tuah

    Suka

  30. Assalammualaikum
    Man ….. tentunya aq gak perlu ngenalin diri kan ???????
    smoga lebih berhasil d ms mdtng

    Suka

  31. Pak Imbalo …Boleh tidak Blog Pak Imbalo saya link-kan di Blog Batam Cyber Island? ….. Sekalian Bapak kasih sumbang komen untuk blog Batam Cyber Island pak..:)

    Suka

  32. salam

    boleh aja………….. siapa takut???

    Suka

  33. salam pakcik…
    bagus tulisannya…
    kagum sama pak imbalo….
    moga meneruskan perjuangan dan memberi penyampaian dalam bentuk penulisan…
    syukran atas tunjuk ajarnya…

    salam ukhwah =)

    Suka

  34. terima kasih sudah berkungjung kila
    tawarannya bagus sekali.
    dimana alamat sekolahnya? jadi kalo bisa nanti saja ke sana sekalian mau tahu juga sekolah yang kila dirikan sekarang.
    soal guru selalu ada dan di jamin berpontensi. kila butuh berapa? atau guru yg lain juga mau? heheh

    Suka

  35. Asallammualikum.wr.wb

    Untuk semua keluarga Batak Muslim dimana saja berada
    Mohon…Dukungannya untuk Davina Puan Ralyzqia Purba Dasuha (Puan) ya ….
    di ajang Model Hunt Balita 2008 , semoga puan bisa masuk di tahap berikutnya,
    Untuk dukung puan cara nya ketik :

    Mh08(spasi)1.009 kirim ke 9386————-à mh08 1.009 kirim ke 9386

    Puan akan mulai Audisi tanggal 3 Agustus 2008 dan sudah masuk Final , saat ini sedang menunggu pengumuman untuk 20 grand Finalis Tanggal 12 Agustus 2008 ,

    Voting ditunggu paling lambat tanggal 11 Agustus 2008 oleh panitia
    Kami sekeluarga mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya untuk Semua keluarga simalungun yang sudah dukung puan, doa kami semoga Semua keluarga diberi rezeki yang banyak oleh Tuhan YME.

    Teriring Sun sayang dari Puan

    Wasallam

    Rosellyna W Damanik & Raya Irwanto Purba

    Suka

  36. Assalamu’alaikum

    apa kabar pak? moga sehat wal’afiat dengan lindungan Allah, amin.
    melihat banyaknya yang tertarik dengan tulisan bapak, saya sedikit usul, itu kalau memang bapak berkenan, BAGAIMANA KALAU BAPAK MEMBUAT COURSE BAHASA BATAK!, karena begini uda/abang! 2 bulan ini saya joint yang namanya FACEBOOK, dan saya sengaja milih yang bermarga siregar, dan dari semuanya itu cuman 10% can speak batakis dialect, the rest said that they dont even bother 2 learn, masa Allah, how dull, dan kemudian saya kirim kemereka pertanya, yang isinya adalah ( KOK BISA? ) dan tanggapan mereka semua adalah karena mereka lahir di jakarta,Medan dan juga di kalimantan. dan pada akhirnya mereka ngusulin untuk online course dgn batak dialect, sayangnya saya belum ada waktu bang/uda. so with ths side, Bagaimana kalau abang/uda bisa bikin yang course ini dan saya pasti akan invite mereka semua untuk ke abang/uda blog, i am happy, abang/uda s happy dan the next Siregar’s generation will b talk in batak dialect fluently, pls replay ths ASAP,
    makasih banyak abang/uda, semoga marhorasan dohot insya allah bisa ketemu suatu saat.
    wassalam
    A Muda Siregar

    Suka

  37. Ass, Mak Sakti Edwin dari Medan, ngak nyangka juga mamak sdh punya blog. salud

    Suka

  38. Salam kembali

    Orang jadi bingung ya kalau dipanggil Mak Sakti.maksud nya mamak sakti.alias tulang sakti………….

    Gimana kabar Idam?
    Salam ya

    Suka

  39. Assalamu’alaikum,
    DEV NAMAKU… heheheheeheee:)
    Paten juga Pakcik satu ni…

    Suka

  40. Assalamualaikum pak imbalo. Saya baru pertama kali buka blog ini. Salam kenal dulu pak sesama warga Batam. Pengin bicara bla bla bla juga sama Bapak. Semoga ya pak. Blog ini banyak manfaatnya kalau diisi dengan ilmu yang bermanfaat juga bagi kaum muslimin. Wassalam

    Suka

  41. Assalamu’alaikum, terima kasih atas Ucapan Belasungkawa yang telah di sampaikan dengan berpulangnya abang kami Idham Kurnia NST, Doa dan Kemaafan dari keluarga, teman dan handai tolan yang pernah mengenal beliu sangat kami harapkan, Wassalam

    Suka

  42. Ass Wr Wb,
    Bapak Imbalo, salut atas kegigihan bapak. Solusi cerdas meski awalnya tulisan bapak banyak ditolak akhirnya terbitlah BJ. Untuk nulis di koran memang diperlukan pemahaman kontens, kontek dan segmen pasar media ybs. Tapi sebenarnya nulis di media itu gampang koq asal materi yang dibuat kontekstual dg masalah yang berkembang saat itu. Tapi kini bapak sangat produktif menjadi penulis, meski dlm buletin komunitas terbatas. Tak apa berjuang itu tak terbatas, kita bisa memilih dimana saja.
    Wassalam
    Sudadi Wong Semarang

    Suka

  43. Salam kembali

    Terima kasih mas Sudadi dah ngunjungi blog ku, lha aku punya teman wong Semarang, nama Mas Sam, ahli buat perangkat TV, nah aku mau pesan untuk TV komunitas melalui mas Sam.

    TV nya mau dipasang di sekolahan jadi TV edukasi.
    Kapan-kapan main ke Batam mapir ke tempat ku
    Wassalam

    Suka

  44. bagus sih perjalana hidup Pak Imbalo, saya salut. Tapi Pak sebagai Ketua YLKMB Pak Imbalo sepertinya belum berbuat apa-apa? Dimana Bapak saat masyarakat Batam digencet oleh kenaikan tarif air ATB? Dimana YLKMB saat mayarakat Batam tak mendapatkan pelayanan terbaik dari ATB? Dan saat ini mana suara YLKMB tentang direstuinya kenaikan tarif PLN, padahal kalau saya baca di koran-koran, jelas ada suap menyuap disana.
    Tapi kenapa YLKMB diam membisu, memangnya pelanggan ATB dan PLN tidak ada yang muslim? Atau janga-jangan YLKMB sudah …….?&*^%#@!~$.
    Oh iya Pak masalah pembangunan masjid di Batam, menurut saya Pak Imbalo sudah bersifat RIA.. Hati-hati Pak… nanti bukan pahala yang didapat malah dosa.
    Maaf kalau saya lancang.
    Wassalam

    Suka

  45. salam
    makasih ya ryan..gak tahu ni ryan yang mana?
    kalau menurut mu aku berada dimana waktu itu ya?

    Suka

  46. Waahh.. Alhamdulillah,..
    Ahirnya ketemu juga Blog bapak. Salut!

    Boleh tanya tentang Bank Syariah, Pak?
    Pernahkah bapak mengkaji secara mendalam praktek Bank Syariah?

    Saya kebetulan nasabah Bank Muamalat Cabang Batam yang sedang bermasalah dengan Bank tsb.

    Begini ceritanya;
    Pada April 2006 saya mengagunkan rumah saya ke Bank Muamalat dan memperoleh kredit sebesar 150 juta. Oleh Bank Muamalat kredit ini di treatment sebagai Jual-Beli dalam Akad Al-Murabahah, yang isinya saya dianggap telah menjual rumah saya kepada bank Muamalat seharga 150 juta, dan saya wajib membeli kembali dengan harga 248 juta dengan cara mencicil dengan angsuran tetap sebesar Rp. 4,142,840,- perbulan selama 60 bulan.

    Apa artinya? Artinya Bank Muamalat telah mengambil margin sebesar 98 juta atau setara dengan 65,71%, dan dengan angsuran tetap sebesar Rp.4,142,840.- maka Bank Muamalat telah membebani saya setara dengan Bunga Flat 13,14% atau setara dengan Bunga Effektif 25,85%.

    Memang Bank Muamalat dengan sistem Syariahnya tidak menerapkan sistem bunga. Mereka mengubah istilah bunga dengan istilah Margin. Tapi jika margin yang mereka patok ternyata lebih ganas daripada bunga, apakah hal ini malah tidak semakin memberatkan umat muslim yang menjadi nasabahnya?

    Sekedar informasi di Bank Buana dan BII yang notabene adalah Bank Sekuler, justru lebih manusiawi dengan hanya mematok Bunga Flat antara 9% s/d 11% atau setara dengan Bunga Effektif 17% s/d 20% yang juga berlaku umum di Bank lainnya.

    Cerita masih berlanjut;
    Setelah saya mengangsur 20 kali, dan saya merasa kondisi saya semakin berat, saya bermaksud melunasi dan menutup rekening pinjaman tsb. Untuk itu saya datang menghadap Kepala Cabang untuk menanyakan Saldo Pinjaman Pokok yang harus saya lunasi.

    Apa yang terjadi? Saya mendapatkan angka saldo yang jauh berbeda dengan perhitungan saya sehingga saya menolak dan menanyakan validitas dan transparansi angka saldo tsb.

    Saya disarankan membuat surat permohonan, tapi anehnya setelah saya mengajukan surat malah dibalas dengan jawaban yang sangat tidak masuk akal, yang mewajibkan saya membayar jumlah total 248 juta, padahal posisinya saya sudah mengangsur sebanyak 20 kali..

    Tentu saja saya protes lagi dengan mengajukan surat kedua(2), tapi jawabannya malah saya masih diminta membayar dengan angka yang jauh lebih tinggi daripada angka saldo yang pernah dijelaskan ketika saya datang menghadap dikantor Bank Muamalat.!

    Apa yang terjadi berikutnya?
    Saya mengajukan protes dengan surat ketiga(3), tapi saya malah dijawab dengan Surat Peringatan! seolah-olah tidak pernah terjadi pertemuan maupun korespondensi sebelumnya….!

    Apa tanggapan Bapak? Baik sebagai teman, sebagai pribadi yang bebas, sebagai sesama muslim, apalagi dalam kapasitas Bapak sebagai Ketua Lembaga Konsumen Muslim di Batam….?? Apakah perlu kasus ini diangkat ke publik?

    Terimakasih,
    Wassalam..

    (Harry Rahardjo)

    Suka

  47. salam kenal ya pak…

    Suka

  48. @Harry Rahardjo

    Kemarin tgl 16 September 2008 Kepala Cabang Bank Muamalat Agus Nugroho, bilang kasus mas Harry sedang diteruskan ke Jakarta.

    Dia janji mau ketemuan membicarakan itu. Kami hanya bisa sebagai mediator saja dalam hal ini.

    Salam

    @umybilqis,

    Salam kenal kembali terimakasih sudah ngunjungi blok kami.

    Suka

  49. Assalamualaikum Wr.Wb.

    Saya bangga, jika abang terus membersarkan Muhammadiyah.
    Insya Allah.

    Suka

  50. @chairul suhendra

    Salam …
    Terimakasih sudah ngunjungi blog ku…. kapan ikut ke Muhammadiyah Asean?

    Suka

  51. assalamu’alaikum wr wb

    hmm..setelah baca profilnya, jadi salut deh sama pak imbalo, yang tetap energik n semangat dalam melakukan segala sesuatu yang berguna buat umat…di masa pensiun spt ini, yang muda-muda spt saya jadi malu nih :).

    Suka

  52. oh ya pak, kemungkinan saya beli tiket ke sananya tgl 27 september untuk tgl 11 oktober,krn khawatir kehabisan tiket 🙂 jadi kl misalnya ada perubahan keputusan dari bapak sendiri sebelum tgl itu saya minta tolong diberitahu sebelumnya, trus terang saya senang kl bisa gabung dengan lembaga spt yang bapak kelola, apalagi sptnya suasana religinya terasa banget, tidak spt di siantar :), saya punya harapan dengan bergabung dengan lembaga bapak bisa memberi sesuatu yang lebih baik bagi kehidupan spritual saya.

    Suka

  53. askum babe…
    senang rasanya bisa mengetahui kondisi batam melalui blog ini…
    serasa berada di kampung halaman sendiri..
    pengen pulang tapi kog berat rasanya…
    takut dengan gejolak yang terjadi disana…

    tapi saya jadi terinspirasi dengan blog babe…
    dalam waktu dekat saya akan me-launching blog saya…

    tunggu aja…

    assalammualaikum…

    Suka

  54. @anak perantauan…,
    askum ………….

    jangan lupa tanggal 27 pagi sudah di Juanda …
    24/9 kak Novi ke SBY

    Suka

  55. Assalamu’alaikum Wr.Wb
    salam kenal Pak Imam. Saya Chairuman dari HMI Cabang Batam.
    Tulisannya menohok, tegas dan apa adanya. saya salut. Insya Allah kita akan buat buletin Islam, boleh minta tulisannya untuk dimasukkan ke buletin.

    Suka

  56. @eru
    Boleh .jangan lupa honornya he he he ………

    Suka

  57. Assalamualaikum, wr. wb…
    Saya pernah ke Batam 2 kali, tapi cuma sempat keliling sekitar Nagoya jadi masih penasaran banget…
    Salam kenal dan Ijin nge-link ya om… 🙂

    Suka

  58. @cess

    kalau ke batam lagi mampir lah…………….. ke hang tuah batam…………. silahkan nge-link nya

    Suka

  59. salut…
    ndukung pak, biar hidup lebih bermakna, melakukan apapun untuk kebaikan dan manfaat yang bisa dirasakan orang..

    salam kenal

    Suka

  60. Ass.
    Walau tangan tak berjabat, walau lidah tak terucap, hanya kata yang tersirat.
    Minal aidin wal faizin, mohon maaf lahir dan bathin
    dari kami sekeluarga
    untuk kanda sekeluarga tercinta.
    wslm.-

    Suka

  61. @Agustian

    Salam kenal kembali…………wah Bandung beberapa kali kesana terinspirasi dengan lagu Bandung Selatan di waktu malam, itu tahun tujuh puluhan masih dingin sekarang sudah gak sedingin dulu lagi ya?

    Geothermal di sibayak belum juga di manfaatkan kayaknya , sibayak pun dingin jauh lebih dingin dari bandung.

    Suka

  62. @Anas Hasan

    Salam kembali buat keluarga,
    he he he Pertamina Batam bubar setelah ISO, apa ada engak ya hubungan bubarnya dengan ISO?

    Suka

  63. 🙂 aku senang bisa menemukan blog ini.

    Suka

  64. assalamualaikum pak,bolgnya bagus pak

    Suka

  65. Ass.Wr.Wb.
    Masih ingat sama saya pak?

    Suka

  66. wah pak… sorry nih saya wara-wiri di blog bapak tiap kali nyambung ke internet.

    seneng deh ketemu ‘orang tua’ yang bener2 kayak orang tua. blog ini bikin saya kangen daddy saya yang udah meninggal. isinya sama, tapi cara menyampaikannya sedikit beda. cara anda lebih mirip cara saya tapi anda punya kelembutan yang saya ga punya

    Suka

  67. Assalamualaikum wr wb.

    Salam kenal, pak.

    Saya senang dengan keinginan dan aktifitas bapak yang diceritakan di blog ini. Sajujurnya saya sendiri menginginkan bisa menikmati masa pensiun seperti bapak: mengelola lembaga pendidikan dan perpustakaan untuk anak2….

    Dengan begitu, masa pensiun menjadi lebih bermakna dan tidak hanya mengeluhkan keadaan dan meratapi kehilangan kekuasaan (post power syndrome).

    Semoga sukses selalu, pak.

    Wassalam.

    Suka

  68. Salam kenal pak…
    Saya banyak terinspirasi dengan membaca isi blog ini, semoga selalu tetap kritis dan bisa memberikan lternatif solusi…. 🙂

    Suka

  69. salam kenal pak…
    wah hebat nian ni blog, senang bisa berjumpa…
    salut dg kiprah bapak, semoga sukses selalu 🙂

    Suka

  70. Salam kenal bung

    Suka

  71. @wyd,

    aduh aku di puji ……………… mana tau ada tugas ke Batam mampir lah……………….

    @buchin,

    terimakasih

    @concueror

    Makasih ya…salam

    @computeraholic,
    ingat , tapi lupa, ingat setelah diingatin pernah tinggal di rumah nya pak Purba, lupa, karena memang benar-benar lupa..ya mbok kerumah bapak main biar lupanya jadi ingat……salam

    @syukriy
    Salam kembali …. bisa koq kalau kita mau.

    @Ronda Pos
    masih group nya jawa pos? salam

    @vizon

    Salam kembali , vizon tinggal dimana?

    @dg.limpo
    Agus Pakusarakan…………… sungguh tadi aku kira dg itu daeng……. dari bugis sana ternyata jawa barat, wah bagus ya postingan tentang bani ummayah nya …. salam kenal kembali

    Suka

  72. Assalamualaikum……..mungkin saya yang terlambat ya Bang….
    sedikit kaget juga ketemu links abang secara kebetulan…..
    abang mungkin nggak kenal saya..tapi yang pasti saya pernah ke rumah abang….
    Salam kenal aja Bang…..Sukses terus Bang…..
    Walaikumsalam

    Suka

  73. Assalamu’alaikum pakcik…salam kenal dari negeri seberang…. Moga sealu sukses ya pakcik 🙂

    Suka

  74. Apa kabar Bang? Semoga sehat dan sukses selalu.

    Suka

  75. Meskipun si Singapura, saya dan keluarga sering mendengarkan Radio Hang Batam. Dalam seminggu ini, istriku bertanya: koq radio Hang Batam tidak lagi mengudara?
    Saya tak bisa jawab. Namun baru saja saya dapat jawaban Senin siang, 20-10-2008.
    Semoga Allah melindungi.

    Suka

  76. @chairul suhendra

    Kabar baik
    agak bingung sedikit ini suhendra yang di gang pelajar Medan dulu iya?

    Suka

  77. Bukan, saya bukan di Medan Bang.

    Suka

  78. salam kenal buat pak imbalo…. saya arip mahasiswa unej jember…. dengan semangat proses perjuangan di persyarikatan Muhammadiyah, arip berkomitmen untuk membesarkan ortom IMM (Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah) Jember dengan segala kemampuan yang ada…. minta saran, nasehat dan kerja samanya terimakasih Wassalamualaikum Wr,Wb.

    Suka

  79. @aripsambi

    Salam….
    Mudah2an yang diharapkan dapat tercapai .
    Banyak lho alumni unej Jember di Batam salah satu nya

    http://www.ariesaja.wordpress.com

    Suka

  80. assalamu’alaikum pak imbalo,

    Alhamdulillah dan terima kasih atas kunjung.
    Salam hangat silaturrahim dari saya 🙂

    Wassalamu’alaikum,

    -Rozy-

    Suka

  81. assalamualaikum, maaf pak saya mau tanya kemarin ada tawaran kerja jadi guru di sekolah djuwita BATAM, mohon informasi tentang sekolah tersebut pak

    Suka

  82. Assalamualaikum Wr. Wb.

    10 tahun lalu saya & keluarga tinggal di genta (muka kuning indah, tak jauh dari kawasan muka kuning) sebelum kemudian pindah ke Cikarang . rasa rindu sudah menggunung untuk kembali ke Batam.

    Salam kenal Pak dari Cikarang

    Wassalamualaikum wr wb.

    http://bujanglanang.multiply.com
    http://bujanglanang.blogspot.com

    Suka

  83. Assalamualaikum wr wb.

    10 tahun yang lalu saya dan keluarga tinggal di Batam
    di daerah muka kuning indah tak jauh dari kawasan industri muka kuning. rasanya sudah rinduuu sekali untuk kesana lagi.

    Salam Kenal dari Cikarang – Bekasi

    wassalamualaikum wr.wb

    http://bujanglanang.blogspot.com
    http://bujanglanang.multiply.com

    Suka

  84. Ass wr wb.,
    Lagi browsing tentang berita disahkannya UU [anti] Pornografi, eh yang muncul di Google kok blog bapak. jadilah lihat2 ke dalamnya. Wah beritanya bagus2 pak.
    Saya taut blog Anda di blog saya.

    O ya pak Imbalo, ingat untuk sering/ berkala backup wordpressnya biar nanti kalo ada apa2/ data hilang bisa mudah direcover kembali, ato lebih baik pakai hosting berbayar, supaya lebih aman.

    Sekali lagi salam kenal.
    Wass wr wb.,

    Suka

  85. @bujanglanang,

    Salam
    Iya kalau ke Batam mampir ke tempat kami di Hang Tuah
    tiga malam nginapnya di tanggung lho………. he he he

    @susetyo,
    Salam kembali mas dsusetyo iya rencana begitu tapi lagi minta tolong teman , koleksi buku sampean bagus bagus ya….

    Suka

  86. Assalamu’alaikum…
    Bapak Imbalo, dulu ketika bapak masih di pertamina, saya sering maintenance komputer-nya, terutama yang merk IBM jadinya sering jumpa pak Imbalo. Kadang-kadang bersama pak Imbalo ke Kabil naik mobil pick-up buat ngecek komputer di sana. Ketika itu entah tahun 2000 atau 2001 saya agak lupa. Saya juga beberapa kali kala itu berkunjung ke rumah pak Imbalo. Saat itu saya di Batam ngekos. Dulu saya juga masih single tapi lumayan berumur untuk seorang lajang. Ingat betul saya saat itu begitu gencarnya pak Imbalo menyarankan agar saya segera menikah. Saran yang masih saya ingat, sebab berulang kali dan sering banget anjurannya. Saya meninggalkan Batam tahun 2002, sekarang saya menetap di Jakarta pak. alhamdulillah sudah punya satu istri dan 2 anak laki-laki. Saya Arek Suroboyo pak. Dulu kalau saya bermain ke rumah pak Imbalo, bapak sering menceritakan pengalaman tour bapak keliling Jawa. Setahu saya pak Imbalo dulu suka dengan lagunya Didi Kempot, ‘Stasiun Balapan’. Barangkali masih terbesit ingatan tentang saya pak… BTW, salam hangat dan sukses selalu buat aktivitas-aktivitas pak Imbalo yang padat sekali..
    Wassalam…

    Suka

  87. Assalamulaikum

    Suka

  88. Assalamualaikum Wr.Wb.
    senang bisa liat berita bapak ke Thailand, kebetulan saya asli dari thailand selatan yang Muslim melayu.saya sekarang tinggal di jakarta.

    Suka

  89. Assalamualaikum Wr.Wb

    Seru juga perjalanan hidup Bapak di Batam…..

    Terimakasih Pak Buletin Jumat-nya. Banyak pengetahuan yang bisa saya dapat terutama info halal-haram.

    Oh iya pak, boleh tidak tulisan bapak di BJ saya tulis ulang di Website saya?

    kalau sudi berkunjung website saya http://www.patromax.com

    Suka

  90. Salam kenal Pak ya…
    tulisan tulisannya cukup menggelitik,kaloa da waktu boleh mampir ke blog saya

    Suka

  91. hmm.. pak saya membutuhkan info lebih lajut tentang Bokor Hutasuhut.., biografiny pak kalo bisa.. perjalannan hidup beliau..
    mohon bantuannya y..
    tx alot..

    Suka

  92. Salam kenal bang!…
    moga-moga angin batam bisa membawaku kembali ke negeri itu….n moga-moga kita bisa ketemu n berdiskusi banyak…..
    n saya juga akan belajar banyak pada anda.
    Terima kasih

    Suka

  93. Assalâmu ‘alaykum, pak imbalo.
    Perjalanan da’wahnya inspiratif, trims!
    Salam kenal dari http://silmikaffa.wordpress.com

    Suka

  94. Kepada P. Imbalo : saya mao Koreksi mengenai KKR Kesembuhan.
    saya pikir wajar kalo ketua LAM Batam marah dengan ada nya KKR kesembuhan ini, yang tidak mencantumkan untuk kalangan Kristen nya.
    Tetapi yg saya mao koreksi adalah kutipan Bapak yang di ambil dari http://www.buletinpillar.org/, ini adalah kutipan anda :

    Acara KKR seperti ini acap di adakan di Batam, sebagaimana di tulis oleh http://www.buletinpillar.org/

    * Pada bulan April 2006, kami mengadakan Seminar dan KKR Paskah di Palembang dan Lampung, lalu saya juga mengadakan hal yang sama di Medan, Pematang Siantar, Rantauprapat, Pekan Baru, Batam, Pulau Tiangwangkang, dan beberapa tempat yang lainnya. Semua acara totalnya sekitar 25 kali. Total yang hadir sekitar 10.000 orang dan yang terima Yesus sekitar 80%.
    * Pada bulan September–Desember 2006 kami juga mengadakan Seminar dan KKR Natal di Indralaya, Lampung, Palembang, Jambi, lalu saya juga mengadakan hal yang sama di Binjai, Medan, Kabanjahe, Pematang Siantar, Tebing Tinggi, Batam–Batuaji–Tanjung Piayu, Pulau Tiangwangkang, Tanjung Pinang, Selatpanjang, dan beberapa tempat yang lainnya. Selain itu kami juga mengadakan KKR masuk sekolah-sekolah untuk menjangkau siswa/i yang belum terjangkau di KKR-KKR yang kami pimpin.
    *
    Semua acara sekitar 80-an kali. Total yang hadir sekitar 28.000 orang (mayoritas yang hadir adalah non-Kristen) dan yang terima Yesus sekitar 85%.
    * Pada bulan Maret-April 2007, kami juga berencana untuk mengadakan Seminar dan KKR PASKAH di sekitar 25 kota (sekitar 60an kali KKR & Seminar), seperti Pagar Alam, Lampung (Kedaton & Tanjung Karang), Metro, Palembang, Jambi, Muaraenim, Bengkulu, Lubuk Linggau. Lalu saya juga mengadakan hal yang sama di Lubuk Pakam, Medan, Pancur Batu, Belawan, Kisaran, Tanjung Balai, Aceh, Berastagi, Batam, Pulau Rempang, Dumai, Bagan Batu, Bagan Siapiapi, Panipahan, dan beberapa tempat lainnya. Selain itu kami juga mengadakan KKR di kampus-kampus dan sekolah-sekolah untuk menjangkau mereka yang belum terjangkau di KKR-KKR yang kami pimpin.

    Bahan Kutipan ini bnr2 tdk tepat. Mengapa…? karena apa yg di catat di http://www.buletinpillar.org/ tdk berhubungan sama sekali dengan KKR Kesembuhan Peter Youngren itu , kutipan disitu adalah KKR yg diselenggarakan oleh STEMI, bukan untuk kesembuhan, dan tdk pernah STEMI mengadakan KKR untuk kesembuhan, jangankan kesembuhan ibadah saja tdk memakai band.
    Saran saya sebaik nya anda tdk sembarangan di dalam mengutip, lbh baik cari sumber nya, kalo dari peter youngren ya crosscek ke mereka ,jgn kutip dari yg laen untuk mendukung pernyataan anda.

    KKR STEMI tdk pernah untuk mengkristen kan agama lain, tuduhan anda ini sangat tdk terbukti :

    Semua acara sekitar 80-an kali. Total yang hadir sekitar 28.000 orang (mayoritas yang hadir adalah non-Kristen) dan yang terima Yesus sekitar 85%.

    Mengapa…? yg terima Yesus sekitar 85% itu bukanlah dari agama lain, coba bapak pikir apa mungkin Stemi mengadakan KKR lalu mengajak org2 islam untuk ikut? kalo iya apa mgkn pemerintah setempat mengijinkan..?
    apa sekolah2 tempat mereka dididik juga mengijinkan..?
    dan apa Stemi tdk tau resiko yang akan di hadapi..?

    Apa yg Bapak angkat ini sangat membahayakan.
    yang benar adalah : Stemi masuk ke sekolah2, baik itu sekolah Kristen ,katolik, negeri ,dll. lalu mereka mengajak anak2 yang beragama Hanya Kristen ( karena keturunan, atau orang tua mereka Kristen, otomatis mereka mendaftarkan agama anak nya kristen ) untuk ikut ke dalam KKR. anak2 ini bukan betul2 mengerti Kristen, tapi mereka hny di lahirkan Kristen, jadi Stemi hny memberitakan Injil hanya kepada mereka DAN KEBANYAKAN MEREKA BERESPON, itulah yang di maksud mereka menerima Yesus.

    Alangkah dewasa nya anda kalo mau menarik apa yang telah anda tuliskan ini.
    Karena apa yg anda tulis ini tidak ada hubungan nya dengan KKR kesembuhan yg diadakan oleh Peter Youngren.

    Suka

  95. Ass.. bang….

    Salam kenal dari Penghuni Bumi Seganti Setungguan, Warga Sumatera Selatan…

    Wass…

    Suka

  96. Salut sekali dengan perjuangan bapak mengelola pendidikan hingga berkembang dan masih turut ikut berbagai organisasi.

    http://iwanmalik.wordpress.com
    Info Pendidikan, Wirausaha & Kimia terapan

    Semoga ada manfaatnya.

    Suka

  97. assalamualaikum wr wb
    apa kabr pk imbalo ? .semoga sehat2 semua aja bersama dengan teman2 kerjanya.memang ust sangat hebat cara membuat wordprs di dunia internet dan kami sangat trimakasih dibuatkan caranya waktu di madinah tapi kami sampe sekarang sudah lupa ingin membuka kembali kr kami wkt di saudi tdk sempt buka internt disamping itu juga kami kehabisan bensin jadi tdk bisa dibuka kembali,sekarang pertanyaan kami apakah ust imbalo msi berkenan untuk mempelajari kami dari jauh atau dengan cara lewat email atau lwt sms ke nomer 081-280-803-743

    Wassalam

    Mujib Rahman

    Suka

  98. Assalamu alaikum w.w.
    Horas..!

    Alak Sidimpuan do rupa Udak on..:))

    Spirit begini yang perlu diteladani:-
    sojuangan (pejuang) dan sibarani (pemberani)

    Tetap semangat..!
    Wassalam,
    Kevin Sir

    Suka

  99. Salam kenal pak imbalo
    tetep semangat

    Suka

  100. Assalamu’alaikum wr. wb
    Pak Imbalo, Saya do’akan usaha bapak yang mulia ini senatiasa mendapatkan keridhoan-Nya. Kalo bpk jadi ke Malaysia tanggal 15 ini bagi informasi ya pak.
    Sukses selalu buat bapak.
    Wassalam

    Suka

  101. assalamu’alaikum

    pak imbalo apa kabarnya, sehat-sehat selalukan…

    mudah-mudahan selalu dalam rahmat dan HdayahNYa , salam buat keluarga disana pak

    wassalam
    rosda

    Suka

  102. assalamualaikum.
    apa kabar pak imbalo, semoga bapak dalam keadaan sehat wal’afiat, apakah bapak masih ingat ama rudi di Banda Aceh

    Suka

  103. hallo bang apa kabar..?
    salut kita sama mantan pak RT nih…
    dalam berjuang untuk memajukan pendidikan di kota batam..
    salam sama kakak, lia, risva, begeng dan kawan2 di bengkong

    Suka

  104. Assalamualaikum..

    Kalau bapak tidak nimbrung di facebook, mungkin saya tidak akan pernah sampai ke blog bapak ini.

    Nah, pembuat/punya facebook itu yahudi. bagaimana sikap kita akan hal ini?

    Selamat dan bangga! telah berbuat banyak demi kemajuan/kejayaan Islam di kota ini. wassalam

    Suka

  105. Salam kenal kembali, Pak. Kangen juga dengan Batam. Ada adik saya di Lagoi.,,,,

    Suka

  106. assalaaamu’alaikum?bpk blh mnta email ndak?^_^

    Suka

  107. apa kabar tulang? masih ingat sama aku? sama ponakan kesayanganmu ini? sedang sibuk apa sekarang…?

    Suka

  108. Bagaimana implementasi dan kualita pendidikannya pak? 😉

    itu dulu pak, ntar saya pikir2 dulu yg lain, trmasuk dana2 pendidikannya.

    Suka

  109. DANA BOS! DANA BOS DANA BOS !!!! mari kita demoooooo

    Suka

  110. Assalamualaikum,
    Salam kenal aja pak 🙂
    cairo-mesir

    Suka

  111. assalamu’alaikum?pak imbalo oarang kristen skarang mereka juga sudah buat blog tentang pulau kubung maka kita hruz terus berjuang ok semangaaaaaaat?

    Suka

  112. Assalamualaikum Wr. Wbr.

    Jangan menjerah saudara ku Alloh masih bersama kita.
    Tangan mencencang bahu memikul, tidak selesai didunia diakhirat kita tuntut nanti. insya Alloh pertolongan Alloh akan datang. salam ukhuwah dari saya sekeluarga. dari Riau Indonesia

    Suka

  113. Assalamualaikum,bapak…
    sehat2kah?…pak,kapan nih chattingan lagi..hehe…nah,ini cara2 membela islam yg saya suka..pake cara2 halus,gak perlu ngebom kiri-kanan..kapan2 bolehlah ceritanya diteruskan lagi..

    wassalam…

    Suka

  114. Ass wr wb
    Pa Imbalo, mohon informasi tentang temen yang namanya Ir. Syafrial Siregar, MBA. yang juga dicari oleh sohib saya Taufik

    Beliau adalah temen kami seperjuangan sewaktu di Yogyakarta tahun 80-an. Sekarang kami sudah terputus komuniaksi. Kabar terakhir kabarnya di Batam

    Mohon kalau menemukan alamatnya tolong hubungi kami
    Terima kasih,

    Sukses untuk Blog Bapak

    Wass Wr wb

    Hendra Jusuf
    hendra_stiead @ yahoo.co.id

    Suka

  115. apa kabar mantan pak RT
    mudah2an tambah maju yayasan pendidikan hang tuahnya
    salam sama risfa, birong, begeng dkk dibengkong

    Suka

  116. Salam ….

    Saudara-saudara sejati yang rindu akan ALLAH……
    Tidak ada maksud di hati untuk menggurui, atau sombong atau angkuh atas karya-karya syair yang sudah di keluarkan oleh MKNR, tetapi murni atas ijin ALLAH karya itu tercipta untuk sekedar mengingatkan dan mengembalikan ketauhidan,keyakinan iman manusia yang sudah mulai pudar.
    Kita sama-sama tahu keimanan manusia kini sudah sangat jauh dari yang namanya mengenal apalagi dekat dengan ALLAH.
    Pemuka – pemuka agama sudah tidak lagi murni syiar karena ALLAH, Sehingga umat manusia kini pun semakin terasa jauh dari ALLAH.
    Manusia kini banyak yang selalu menyeru dan dengan ringannya selalu bersumpah dengan nama ALLAH, tetapi sesungguhnya Ia tidak mengenal ALLAH.
    Saudara-saudara sejati…..
    Mari kita sama-sama mengembalikan keimanan, mari kita dekatkan hati dan kenali diri kita sebelum kita mengenal ALLAH…..
    Kita harus mulai melakukan pembenahan dimulai dari diri sendiri , lalu keluargamu.
    Bersihkan dahulu hatimu dari sifat-sifat buruk manusia, mintalah pada ALLAH untuk diambil sifat-sifat buruk kita sebagai manusia, karena sifat-sifat buruk manusia selalu dipenuhi oleh hawa nafsu yang akan membuatmu jauh dari ALLAH.
    Saudara-saudara sejati yang cinta akan ALLAH….
    Mari kita sama-sama berdoa , memohon pada ALLAH untuk keselamatan umat manusia di muka bumi ini, untuk di bukakan hatinya agar mereka cinta pada ALLAH , bukan cinta kepada makhluk ciptaan-NYA….

    Terima kasih

    Salam mknr
    http://mknr.wordpress.com

    Suka

  117. Assalamu’alaykum Pak..
    lam knal

    Suka

  118. assalamu’alaikum pak, salam kenal.
    saya juga tdk bisa menulis dgn baik dan benar.
    akhirnya saya mencoba membuat blog utk sekedar memenuhi keinginan menulis & menambah ilmu.
    saya berharap mudah2an isi blog saya ada yg bermanfaat, buat diri saya sendiri dan sahabat sesama blogger.
    Salam.

    Suka

  119. Assalammua’alaikum WW
    bang masih ingat leo anak siwen tukang ojek dekat rumah abang, dia kemaren juara olimpiade matematika di padang & mau masuk ITB tp sayang orang tua tak mampu kemauan anak keras utk kuliah.
    Jadi saya minta solusi dr abang sebagai salah satu yg memajukan pendidikan di Batam , gimana sebaiknya utk menyelesaikan masalh tsb.
    Tq

    Suka

  120. salam kenal dari guru smp di depok, kebetulan saya sempat tiga kali ke Batam, karena punya famili di Pondok Pesantren Alkautsar, Nongsa, Batam (Punggur).
    Kalau ada waktu ingin kesana lagi, bolahkan main ke tempat bapak?

    Suka

    • salam kembali…. boleh boleh saja… kami kenal baik dengan h ismail…. kemarin 5 murid sma nya gak lulus semua…..wahhhh semua koran bilang kalau ada sekolah yang seratus persen murid nya gak lulus … padahal cuma 5 orang itu pun sudah tua tua… diatas 20 tahun …..

      Suka

      • Iya, saya pun sudah mendengar hal serupa dan turut prihatin, kebetulan Kepala Sekolahnya (Ustadz Deni) adik saya. saya belum mengkontak beliau. Semoga kita bisa mengambil hikmah dari peristiwa ini.

        Suka

  121. Assalamu’alaikum,
    salam kenal Pak. saya dari Dabo Singkep, cuma sekarang bekerja di Rengat.

    Suka

  122. Tulisan anda sangat inspiring …
    Semoga kami juga bisa terinspirasi dari tulisan bapak
    http://ceputelecenter.wordpress.com

    Suka

  123. Pak Imbalo

    Sukses selalu, pak. Semoga apapun yang bapak lakukan menjadi lebih baik, dan menjadi lebih berkualitas. Amin.

    Suka

  124. assalamu’alaikum
    salam kenal pak imbalo….ada teman yg merekomendasikan untuk melihat blog pak Imbalo..wow subhanalloh…! saya fatma kebetulan juga anggota muhammadiyah di tingkat cabang di Jogja, dalm keseharian bergelut dangan bapak-bapak Muh yang kadang berpikir beda dengan kami yang muda…tapi saya cukup menikmatinya…dilain pihak saya juga aktif di Nasyiatul aisyiyah! menarik cerita bapak tentang Bank syariah di batam…saya juga seblumnya 5 tahun bekerja di BMT di JOgja, memberdayakan masyarkat/pengusaha kecil di wilayah kami….semoga bisa berdiskusi banyak hal tentang ekonomi syariah dan community development…saya percaya inilah bagian jihad kita…membangun ekonomi sesuai Syariah!
    smangat slalu!
    cheers,
    fatma^^ jogja

    Suka

  125. Assalamualaikum…
    Salam kenal dari saya Pak…& salam silaturahim….

    Suka

  126. Ass. wr, wb.
    Salam kenal pak..
    salut dengan tulisan2 bapak….dan semangat juang untuk menjadi berguna bagi banyak orang. boleh dong belajar .
    Saya gak bisa nulis, krn-nya saya mencoba bergabung di satu komunitas on-line banyumaspromo.info http://banyumaspromo.info agar bisa mengasah kapasitas menulis.
    Saya ditunjuk jd pengurus koperasi..KSU Mina Banyumas, satu koperasi yg berbasis pembudidaya ikan. http://minamas.banyumaspromo.info
    ada desakan untuk membuat unit simpan pinjam dr anggota, namun saya masih ragu, krn konotasi ribba itu sendiri.
    bisa share kiat-kiat lembaga keuangan syariah-nya dong pak.
    Trims.. Wass, wr, wb.

    Suka

    • salam kembali

      Agak telat membalasnya …………kami pun agak sulit mau menerapkan nya……….belajar dari lembaga perbankan syariah yang ada di tempat nya mas arief saja…. sementara kami gak ada uang administrasi dan tak ada pula bagi hasil… hanya uang administrasi saja bagi peminjam

      Namun untuk penabung diberikan pelayanan kesehatan tindakan pertama………… itu yang baru kami terapkan.

      Suka

  127. assalamu’alaikum
    Biado tulang, aha do kabar na sehat do kan, marmayam jolo tu blok bere mu on, so iligin tulang jolo aha do hurang na, thanks..

    Suka

    • wah pandai sekarang si ewin bilang tulang.hehehehee…….siapa yang ngajarin tu………… mantab blog mu ya.malah mamak mau minta jar biar bisa dapat iklan heheheheee lagi

      Suka

  128. Assalamualaikum wr wb…..
    Jadi ingat jaman baheula pernah berlangganan buletin jumat… owh jadi bapak ya pemrakarsanya…. Salam kenal ya pak….:) senang bertemu dengan blognya orang hebat seperti bapak, semoga keberkahan selalu bersama bapak, amiiin….

    Suka

  129. Salam. Semoga Allah senantiasa memberi kita Hidayah-Nya.

    Suka

  130. Bah! Kukira masi sebaya. Bapak-bapak kiranya bapak ini. Salam jugalah, Pak. Anak Sumbagut, lintas Medan-Aceh, aku ini :mrgreen:

    Suka

  131. Salam kenal, Pak! Saya juga anak Sumatra, tapi bagian paling ujung sana, lintas Aceh-Sumatra, aku ini

    *lirik komen Ji :P*

    Suka

  132. Assalamualaikum
    Wah ternyata kita sama dari kayuombon siadabuan padang sidempuan…. ternyata dunia ini sempit sekali….
    Horas…..

    Suka

  133. Ass..Pak
    Senang berkenalan dengan Bapak, dari dulu aku sudah curiga kalau bapak berasal dari Sumatera Utara, karena dari nama bapak di Buletin jum’at itu, imbalo itu nama yang pernah aku kenal dulu waktu kecil dikampungku di Rao (perbatasan sumbar-sumut) tapi aku yakin itu bukan bapak.

    Senang membaca Buletin YLKB tiap jum’at slalu ada di masjid Puskopkar, dari buletin itu aku tau bapak seorang mujahid semoga bapak mendapat rahmat Alloh SWT.

    Kalau liat dari wajah bapak (di foto) tampang orang batak pada umumnya hehe… jangan marah ya pak.. aku juga org batak kok… tapi hati bapak mulia dan pejuang Alloh.

    Selamat berjuang pak dari anak munu di batu aji

    Suka

  134. Saya tertaik membuka blog Bapak, karena nama’Imbalo’, waktu smp guru PMP saya bernama Pak Imbalo, orangnya santun dan baik.
    Setelah membuka blog ini, tenyata isinya menarik. Hmmm, bukan saya sendiri yang bernasib ‘ingin menulis sesuatu’ tetapi tak punya media untuk menyampaikan, waktu itu.
    Mudah2an dengan ‘ngeblog’ hal itu bisa sedikit terbayarkan.
    Salam kenal ya Pak,,,
    aku masih belajar nih di http://iinsyah.wordpress.com/

    Suka

  135. Bismillah.

    Pak Imbalo, bpk orang yg penuh sensansi …..

    Pertamakali kita ketemu, thn 2005 an, bpk dan pak Aries datang ke Taman Penitipan Anak Rahmatullah di Panbil. Pak Imbalo dan pak Aries nyelonong aja masuk ke tempat bermain dan ruang-ruang tempat tidur anak-anak ….. jujur, kesal juga waktu itu… ini orang apa maunya …… Lalu setelah puas inspeksi, mengajak saya duduk dan memperkenalan diri dari dinas pendidikan katanya….. tapi setelah beberapa lama membuat saya tegang, pas nya “kesal” , pak Imbalo dan pak Aries tertawa ….. ha, ha, ha…. bpk sudah kami kerjain, katanya …. rupanya inti kedatangannya mau kredit komputer pada toko komputer kami ……

    Setelah “agak” akrab, beliau mulai ngasih beberapa masukan, terutama yg “agak” benar yaitu koreksi pada buletin jum’at kami, buletin Rahmatullah, tentang tidak adanya kolom informasi penerbit, penanggung jawab dan sekretariatnya…… betul juga setelah saya pelajari ….. terimakasih pak Imbalo.

    Kunjungan yang mengesankan !

    Salut untuk bpk berdua yang gigih memperjuangkan terciptanya sistem pengawasan untuk makanan halal di Batam dibawah yayasan yg bpk pimpin.

    Kalau rekan-rekan pekerja di kawasan Batamindo dan Panbil industrial, yang berkeinginan mengadakan sosialisasi makanan halal, dibawah yayasannya pak Imbalo, kami dari Rahmatullah Corporation bersedia memfasilitasi tempat secara GRATIS di aula ruko Graha Rahmatullah di Panbil.

    Ataupun Yayasan bpk perlu kantor Cabang agar lebih dekat kekedua kawasan industri tsb., akan kita kasih ruang kantor GRATIS.

    Jazakallahu khoiron Jaza,
    Surya Noor Rakhmatillah
    HP. 0852 72 77 07 07

    Suka

  136. aww,,,

    horas,,,

    Sy bersyukur pd ALLAH,,, paling tidak ada usaha mendaulatkan info AGAMA ISLAM YANG BENAR & HAK,,,

    horas,,, anak batunadua tinggal di perantauan,,, 20 tahun ku tinggal desa tercinta,,,20 tahun sudah kurindu tanah kelahiran… horas bang…

    ucok_harahap@yahoo.com.my

    Suka

  137. assalamualaikum ..pak

    salam kenal yah ama dari bintan,… keep blogging pak… hehehe

    Suka

  138. Salam Pak….

    Blogwalking nih ceritanya… numpang tukar link dan berbagi informasi ya pak..
    Link-nya sudah terpasang di “rumah” saya, mampir ya pak..

    Thanks.

    Suka

  139. Aslmlkm…pak kapan pengajian lagi di muhammadyah Tembesi Batu aji .. pak imam bachroni jg jarang sekarang adakan pengajian..

    Suka

    • setiap ahad minggu pertama mulai pukul 9 pagi… ahad minggu kedua nya di muhammadiyah cabang bengkong .. jalan ranai no 11 sekolah hang tuah

      ________________________________

      Suka

  140. salam kenal pak….selamat berjuang…!!!!

    Suka

  141. Horas, salam kenal. Senang rasanya membaca orang sekampung existed di dunia maya seperti ini.Terus berkiprah menuju Indonesia Maju. Saya putra Batangtoru, 30 km dari Sidempuan. Pak. Jo.

    Suka

  142. Ass wr wb
    Apa kbabar abangda dan Keluarga di Batam ?
    Senang mendengar Hang Tuah semakin berkibar n maju.
    Adik Abang sejak pertengahan Feb 2010 tdk di Medan lagi sekarang makin ke Barat, di Meulaboh-NAD. Tolong Do’a ya Bang.
    Semoga Kita Semua Selalu dalam Lindungan Allah SWT. Amin…

    Suka

  143. BAGUs………….
    SALAM KENAL……….

    Suka

  144. Assalamu’alaikum Warrahmatullahi wabarakatuh,,,

    Salam kenal pak imbalo..

    Kami ucapkan terima kasih atas artikel WAROENG TEBING di blog bapak yang diposted kan pd tanggal 30 Juli 2010. Artikel itu sangat membantu kami dalam promosi Restoran Waroeng Tebing dan sungguh bermanfaat. Kami segenap manajemen Waroeng Tebing sangat terbuka menerima kritik & saran dari Bapak dan juga dari semua pengunjung Waroeng Tebing untuk kemajuan Restoran kami. Semoga komunikasi dan silaturahmi dapat berlanjut dengan lebih baik lagi untuk kedepannya. Terima Kasih, Salam Sukses!!!

    Manajement Waroeng Tebing

    https://imbalo.wordpress.com/2010/07/30/warung-tebing-dua-puluh-ribu-rupiah-makan-sak-puasnya/

    Suka

    • hem… alaikum salam wr wb..

      oiya… kayak nya waktu kemarin itu makan disana gak lihat ada ikan asin ya…. atau ada di tempat lain…. hehehehehehee

      Suka

  145. Aslkum…
    Salam kenal pak….
    Pertama lihat judul blog nya saya fikir ini Imbalo uda saya….
    Hebat benar beliau masih smpat menulis di blog.
    Ternyata Imbalo yg lainnya, yg smangatnya tak kalah sama uda saya.
    Mantaplah…
    Wassalam…

    Suka

  146. Arabic:
    إِذْ قَالَتِ الْمَلآئِكَةُ يَا مَرْيَمُ إِنَّ اللّهَ يُبَشِّرُكِ بِكَلِمَةٍ مِّنْهُ اسْمُهُ الْمَسِيحُ عِيسَى ابْنُ مَرْيَمَ وَجِيهًا فِي الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ وَمِنَ الْمُقَرَّبِينَ

    Indonesia:
    (Ingatlah), ketika Malaikat berkata:
    “HaiMaryam, sesungguhnya Allah menggembirakan kamu(dengan kelahiran seorang putra yang diciptakan)dengan kalimat (yang datang) daripada-Nya,

    namanya AlMasih Isa putra Maryam,

    seorang terkemuka di duniadan di akhirat

    dan termasuk orang-orang yangdidekatkan (kepada Allah),

    http://www.indonesiaindonesia.com/r/alquran/surah-Al-Imran-3/index3.html

    seorang terkemuka di duniadan di akhirat = Tuhan

    seorang terkemuka di duniadan di akhirat = Isa

    Suka

  147. Al Imran 3.45

    namanya AlMasih Isa putra Maryam,

    seorang terkemuka di duniadan di akhirat

    Suka

  148. assalamualaykum..salam kenal pak dari lampung…subhanalloh..melihat cerita2nya..karakter bapak sepetinya sama dengan suami saya…semoga bs mengikuti jejaknya.pak..saya jg penggemar answeringfaithfredom tp akhir2 ini sy tak bs ketemu,ktnya expired..mgkn pny info tuk membukanya kembali..wasssalam..jazakumullah

    Suka

  149. salam kenal pak…
    saya mantan warga batam 2005-2008
    saya sangat apresiasi terhadap perjuangan anda di dunia pendidikan, kebetulan saya mengabdikan diri saya sekarang di bidang itu… terutama bidang otomotif. saya pernah jd assesor ujian praktek siswa di salah satu SMK swasta batam., ironi sekali! singapuramemiliki lautan sampah rongsokan mobil… batam tempat buang sampahnya mobil singapore,….
    tetapi… SMK jurusan otomotifnya… g punya sarana praktek mobil yang memadahi… tetapi mereka (smk tsb) berani memajang mesin praktek milik sebuah lembaga pelatihan otomotif di smk itu, tanpa boleh disentuh sama sekali oleh siswa dan guru! sedih banget waktu itu… pantas bangsaku tidak maju2. Hobinya cuma menipu diri sendiri!!!!
    seandainya negara ini memiliki lebih banyak pemerhati dan pejuang sejati pendidikan seperti bapak, saya pikir….. negara ini akan lebih bermartabat!
    terimakasih.

    Suka

    • salam kenal kembali
      waduh … gimana kalau masa kembali lagi ke batam kita buka jurusan itu… dan kita beli rongsokan mobil mobil itu …

      di tunggu lho kami juga punya smk … tetapi belum ada jurusan otomotif….

      Suka

  150. assalamu’alaikum pak
    saya kader AMM Yogyakarta pak … wah tak sengaja saya buka info Muhammadiyah Thailand … wah sangat mencerahkan pak .. selamat berjuang ya pak … tetap istiqomah ber Muhammadiyah .. salam hangat dari ananda ..

    Suka

  151. Salam P Imbalo…

    Salam kenal dan saya salut dengan perjuangan Bapak.

    Saya sendiri juga sedang mengembangkan pendidikan matematika dari anak TK sampai SMA. Silakan mampir ke blog wordpress saya ya…

    Salam…
    angger

    Suka

  152. maaf pak imbalo sedang bisa kenal dengan anda saya cucu nya bapak sumadi ahmad karyo,dan saya dulu di besarkan di nato lubuk baja sekarang saya berada di bandung menetap disana saya senang sekali pulang ke kampung halaman kebetulan saya dulu tinggal di tiban kampung dan saya juga cucu dari tohir salah satu pimpinan dulu otorita batam,saya sangat2 senang pulang ke kampung halaman apabila bisa tetapi saya apa yang saya akan lakukan disana,sedangkan disana lapangan kerja menipis,terima kasih pak imbalo no kontak saya 022-92228891,apabila ada yang bisa bantu saya untuk berkarir ditanah kelahiran saya sendiri terima kasih banyak…

    Suka

  153. Assalamualaikum.
    salam kenal, salam silaturahim..
    tetap berkarya pak, dengan tulisan yang mencerahkan.

    Suka

  154. salut juga buat Bapak, ternyata Bapak memang seorang perintis sosial di Batam semoga tulisannya tetap berkesinambungan

    Suka

  155. Salam dari saya Pak Yanto Kabil.

    Suka

  156. Assalamu’alaikum,
    Semoga Allah melimpahi karunia dan rahmat-Nya kepada abanganda. Salam kenal, saya lahir di Simatorkis, oppung saya termasuk pelopor berdirinya Muhammadiyah di Parsalakan (menurut ceritanya…).
    Saya aktivis Muhammadiyah di Pondokgede, Jakarta.
    Ini ungkapan kebanggan saja atas konsistensi gerakan abanganda… ingin rasanya bertemu, jika mampir di kota Batam. Sukses terus dan selamanya buat abang dan keluarga

    Suka

  157. salamualaikum pak…

    Suka

  158. Assalamualaikum Bang Iman…
    Mudah2 masih ingat samaku…si Jon Toko Horas
    Ok semoga sukses. Jangan lupa makan tepat waktu, kalau susah nyari menu makan bisa buka http://www.cateringsemeru.com
    salam, Joni

    Suka

  159. assalam,

    Saya bernama Saiful Anwar dari Malaysia yang akan menjelajah Thailand, Cambodia, Vietnam, Laos, China dan Myanmar dari 25 May hingga 14 Jun 2011 dengan konvoi 10 buah pancuan 4 roda. Berhasrat melawat dan singgah kampung melayu/muslim dalam perjalanan dan kami berhasrat juga membawa sumbangan…

    Kiranya bapak boleh membantu menyalurkan maklumat mengenai kampung-kampung dan contact person di sana agar dapat kami hubungi dan singgah dalam perjalanan kami nanti.

    Terima kasih saya dahului.

    rujuk : http://www.jwjonline.com

    rujuk : http://jejakwarisanjawi.blogspot.com

    Suka

  160. assalamu’alaikum dari anak rantau bawean batam,,,

    Suka

  161. Assalam, saya sangat suka dengan tulisan mengenai dunia muslim,….mudah-mudahan bermanfaat untuk kita semua ..amiin salam kenal dari saya Kuntovazie -Jakarta

    Suka

  162. ass.wr.wb, tulang, semoga tetap dalam lindungaNYA, membaca sepak terjang tulang jadi kepengen deh.. ke batam soalnya saya (ASBUL WATON,NST.S.Pd) senang dengan pola pikir yang tulang miliki. kiranya kalau saya di batam bisa dehk ..belajar dan siap mendampingi tulang secara sukarela untuk kepentingan ummat. karna saya belum punya pengalaman yang besar di dalam hidup dan harapan saya kiranya suatu hari nanti saya dapat mengukir sejarah dalam hidup saya.

    Suka

  163. pendidikan sejarah, mengajar di SMK D[PONEGORO KISARAN – MEDAN- SUMATRA UTARA. Materi yang saya ajarkan PKN dan IPS KELAS X, XI, XII. Posisi jabatan BP/BK dan WALI KELAS XI AKUNTANSI DAN TEKNIK KOMPUTER JARINGAN. TULANG…saya ini suaminya si NOVITA RUMONDANG PANE (KOPIT) MERTUA SAYA KHAIRUL IKHWAN PANE DI MEDAN.

    Suka

  164. dengan tidak mengurangi rasa hormat saya sama tulang, kalau habis smester belum bisa saya ke sana berhubung istri saya lagi hamil 6 bulan setidaknya selesai bersalin atau memasuki ajaran baru 2012-2013. bisa kan tulang?

    Suka

  165. salam kenal… katanya klo orang batak apalagi sesama marga nya mereka baik2 ya, bolehkah saya meminta tolong?? saya ingin sekalii bertemu dgn ayah saya yg sudah 17th tidak bertemu, tpi saya tidak tahu dmana alamat nya, setahu saya dia berasal dri padang sidempuan … mama saya asli bogor, mama tidak pernah mau memberi tahu dmana alamat ayah saya, tpi sbagai seorang anak saya ingin sekali bertemu kembali dengan ayah saya.. nama lengkap ayah saya AMOS CANDRA SIREGAR saya berharap banyaak dari semua marga siregar yg mau membantu saya … membantu seorang anak yg ingin bertemu kembali dgn ayah nya !!!!

    Suka

  166. luluskah saya bersekolah di sma2tambang riau kabupatenkampar kecamatan tambang

    Suka

  167. hebat..salut banget dengan usaha-usaha bapak selama…insya allah semoga selalu dilapangkan jihad dari bapak ini…
    salam kenal pak 🙂

    Suka

  168. Bapak Imbalo tau nggak, R**n*h dan Persatuan Belia S*i Al A*n banyak menipu dan uwang yang di infak tidak ketemu ama yang berhak

    Suka

  169. Blog nya ok tapi sayang suka merusak / meng heck fb orang.

    Suka

  170. Bnar mbak! Di mana rumah anak yatim yang diklaim di Atjeh???

    Suka

  171. semoga sehat2 slalu bang, Aamiin Ya Robbal Alamin

    horas !

    Suka

  172. WOI!!!

    Suka

  173. pak…
    nama aslinya siapa yah?saya mau ijin mengutip artikel dalam tulisan bapak tentang champa, berkaitan dengan skripsi saya pak.
    terima kasih

    Suka

  174. hmm gak tau pak….
    contact ini saja, 081354785525
    ini nomer yang benar,,,
    terima kasih pak

    Suka

  175. assalamu’alaikum bapak … kami pemuda muhammadiyah di yogyakarta salam kenal dan silaturahim ….:)
    Blognya terus update ya pak makasih
    wassalamu’alaikum

    Suka

  176. Aslm wr.wb . menarik sekali dan bisa di jadikan tauladan kisah perjuangan bapak dalam hal menegakkan syiar. semoga Allah dan Rasul nya meridhai bpak.

    Suka

  177. Assalamualikum pak. Saya sangat tertarik membaca blog bapak. Kalau boleh tahu, apakah bapak tahu alamat cabang muhammadiyah yang berada di yala thailand, saya ingin sekali berkunjung ke sana, mengingat saya sekarang sedang menuntut ilmu di negara thailand. Trima kasih.

    Suka

  178. ass wr wb.. pak imbalo… saya henri.. Bapak ada kirim email Buat saya?…

    Suka

  179. Assalammualaikum wr.wb.
    Pak, saya Nana Raihana, warga Muhammadiyah dan Aisyyah Sumatera Utara yang kini sudah pindah dan tinggal di Tanjung Pinang.
    Syukur Alhamdulillah, saya membaca blog Anda.
    Saya ingin menanyakan tentang Ustad Wahab.Saya mengenal baik beliau. Sepuluh tahun yang lalu saya dan ibu saya berkunjung ke Penang Malaysia. Di sana kami tinggal di rumah Ibu Rohani, warga aisyiyah penang. dan akhirnya saya mengenal Ustad Wahab yang sangat baik hati. Lalu kami diajak beliau mengunjungi Muhammadiyah Singapura.
    Setelah itu, dua sampai tiga kali Ustad wahab berkunjung ke rumah kami di Medan. Namun sekarang saya kehilangan kontak dengan beliau.
    Saya berharap melalui Bapak, saya bisa menghubungi dan mengunjungi beliau di Malaysia.
    ini alamat email saya: tanjungmanis81@gmail.com
    dan nomor kontak saya: 085297580581

    Terima Kasih,
    wassalammualaikum wr. wb.

    Suka

  180. Alhamdulillah. Sehat selalu Bapak.
    Semoga YLKI lebih Mantap

    http://www.batamtech.com

    Suka

  181. Respek dgTulisannya bang, keren dunia akhirat… pengen sekali bersilaturahmi dg abang suatu saat Insya Allah

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: