Daftar Restoran dan Hotel Yang Memiliki Sertifikat Halal.


Salah satu resto halal terletak di Batam center ...........

Salah satu resto halal terletak di Batam center ...........

Pastikan makanan dan minuman untuk berbuka puasa anda adalah yang halal dan baik… jangan tergiur tawaran berbuka di tempat yang tak halal……tulisku dalam Facebook.

Kemarin kami di tawari voucher berbuka puasa bersama dari sebuah restoran yang baru buka, karena restoran itu belum mempunyai sertifikat halal, voucher itu kami tolak dengan mengucapkan terima kasih. Teman itu tidak terlihat tersinggung, karena memang sejak awal kami sudah komit tidak akan berbuka di tempat yang tidak jelas kehalalan makanan nya, meski itu undangan dari  Gubernur sekalipun.

Begitu juga undangan perkawinan, kami tetap menghadiri tetapi kami berusaha semaksimal mungkin tidak  menyantap hidangan  yang disajikan bila di restoran hotel itu belum di sertifikasi.

Di bulan Ramadahan seperti sekarang ini banyak sekali orang  menyediakan paket berbuka puasa bersama.

Paket berbuka ini  menjamur dari mulai rp. 20.000,- perpaket sampai ratusan ribu, mulai dari restoran kelas pujasera sampai restoran hotel berbintang lima.

Padahal dalam Undang Undang Perlindungan Konsumen no 8 tahun 1999 pasal 8 item h jelas tercantum tidak mengikuti ketentuan berproduksi secara halal, sebagaimana pernyataan “halal” yang dicantumkan dalam label; sementara dalam  Pasal 62  Pelaku usaha yang melanggar ketentuan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 8, dapat dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun atau  pidana denda paling banyak Rp 2.000.000,00 (dua juta rupiah).

Beberapa resto yang mencantuman logo halal tetapi tidak memiliki sertifikat halal seperti :

Sate Jumbo  & Bebek Jumbo” misalnya, Warung Ndeso yang mengklaim mempunyai sate terbesar se Batam ini terletak di pujasera Golden Land  yang berlokasi di Simpang Kara-Duta Masa Batam Center dalam iklan nya di koran lokal terbitan Batam berani mencantumkan logo halal, padahal mereka belum mengantongi setifikat halal. “sedang diurus ”  terang Dimhas pengelola nya saat Yayasan Lemabaga Konsumen Muslim (YLKM) Batam coba mengkonfirmasi.

Restoran Golden Prown, restoran Life Seafood ini terletak di Bengkong Laut benar -benar persis terletak di pinggir laut, berani mencantumkan logo halal, padahal sejak awal buka 6 tahun yang lalu hingga ke hari ini belum bisa mendapatkan sertifikat halal, karena belum memenuhi syarat-syarat yang di tentukan. Di Restoran ini paket berbuka puasa di patok rp 40.000,- perpaket, sang pengelola Hendra mengakui kalau restoran nya belum memenuhi syarat untuk di sertifikasi, “Jadi bagusnya tidak usah di cantumkan? ” tanya balik Hendra saat kami hubungi kalau iklan nya melanggar Undang Undang Perlindungan Konsumen No 8/1999.

Pada awal nya susah sekali mendapatkan restoran halal di Batam, apalagi restoran seafood, karena mereka menganggap seafood adalah makanan laut, bagaimana bisa jadi tidak halal?……… Padahal yang membuat tidak halal nya makanan laut itu adalah bumbu yaang di tambahkan ke masakan tadi, seperti angciu, arak untuk menghilangkan amis, saus -saus yang di luluhkan terbuat dari bahan apa.

Alhamdulillah tahun ini di Batam telah ada 6 hotel yang  memiliki sertfikat halal padahal tahun lalu baru 2 saja.

Nama Restoran di Hotel-Hotel itu sebagaimana penjelasan H Hanif ketu LP POMJ MUI Kepri, yaitu :

Restoran Hotel Golden View,

Restoran Hotel Virgo,

Restoran Hotel Facific,

Restoran Hotel Pusat Informasi Haji,

Restoran Hotel Nagoya Plaza,

Restoran Melia Panorama.

Sementara Restoran dan Rumah Makan  ada beberapa seperti :

Resto Kediri,

Bandung Resto,

Rumah Makan Saung Sunda Sawargi,

Pondok Santai Kak Dadut.

Ironis memang sedari imsyak menahan tidak makan dan tidak minum dan tidak melakukan hal – hal yang dilarang dari merusak ibadah puasa, tiba giliran hendak berbuka kita berbuka di tempat yang syubhat diragukan kehalalan makanan dan minuannya.

Berbukalah di tempat yg jelas dan terjamin ke halalan nya, berani menolak makan seandainya di undang oleh rekan sejawat, rekan bisnis di tempat-tempat yang tak jelas kehalalan nya, seperti tersedianya di tempat itu minuman beralkohol.

Semoga…………..



2 Tanggapan

  1. Trim’s…karna tlah mau berkunjung ke Gubuk Neraka qu…
    semoga sukses slalu menyertai anda….

    LamKomSel…

    Suka

  2. Ini dia restoran halal yang saya tunggu, makasih daftarnya.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: