• kunjungan

    free counters
  • RSS hang tuah batam

  • Album Foto

  • fans page

  • <script type="text/javascript">var cstrpuid = 234893;var cstrpwidth = "200";var cstrpheight = "130";</script><script type="text/javascript" src="http://cdn.caster.fm/0070B7/widgets/player.js"></script><!-- DO NOT REMOVE THE LINKS BELOW, THEY WILL BE HIDDEN (AND WILL HELP US A LOT) --><a id="cstrplb" href="http://www.caster.fm/">Free Shoutcast Hosting</a><a id="cstrplb2" href="http://www.caster.fm/">Radio Stream Hosting</a><div id="cstrpdiv"></div>

Sebut HAMAS Bentukan Israel, Syafi’I Ma’arif di undang ke Gaza untuk melihat langsung


onim 1Saya juga sangat setuju, dengan undangan saudara Abdillah Onim, agar pak Syafi’i mengunjungi Gaza, mudah mudahan saja dia sehat bisa kesana.

Ini komentar Abdillah Onim dari Caza Palestina menanggapi pernyataan mantan Ketua Muhammadiyah setelah di tinggal pak Amien Rais.

Wah Gimana nih Bpk.Prof.Dr. Syafei Maarif. Benar ga berita ini?

Jika benar, Beliau wajib minta maaf kepada Rakyat Palestina.
Saya undang Bpk.Prof ke Gaza.

http://m.hidayatullah.com/…/sebut-hamas-bentukan-israel-sya…

Ada baiknya bpk. Prof menyempatkan diri untuk silaturahim ke Palestina minimal ke Gaza deh agar mengetahui realita sebenarnya di lapangan, saya undang bapak. Prof ke Gaza untuk melihat Gaza, selama di Gaza Insya Allah saya siap bantu temani kelilililililing pelosok Gaza melihat anak yatim dan kehidupan mereka. Mereka semua korban kebiadaban Israel, mereka Cinta Hamas loh prof.
Maksudnya saya begini, jika belum sempat berjuang seperti orang Palestina, jika tidak bisa seperti ibu2 Palestina yang demi Islam dan Masjid Alaqsa mereka rela mengiklaskan putra putri mereka pertaruhkan nyawa dan darah mereka.
Sangat bijak dan ada baiknya no komen deh, 2500 warga Gaza tewas, 11. 000 orang Luka2 didominasi anak2 dan wanita serta lansia dibantai oleh zionis Israel, itu yang hadapi Bela mereka mayoritas adalah hamas lo kerja Sama dengan faksi pejuang Palestina lainnya.
Jika berita diatas benar, pak Prof wajib minta maaf resmi kepada Rakyat Palestina yang hingga kini masih di dzolimi oleh israel, saya nangis tulis pesan ini karena melihat dan merasakan langsung derita warga Gaza Palestina.
Salam hormat buat pak Prof. Syafei Maarif, semoga beliau baca pesan persahabatan saya ini.
Abdillah Onim Aktivis Indonesia untuk Palestina saat ini menetap di Gaza.

Shalat Tapi Nampak Aurat


563616_563054493708626_1473750461_n
Saat shalat di sebuah masjid di bilangan Nagoya Batam, persis di depan Buletin Jumat (BJ) ada seorang pemuda sedang shalat sunat . Pemuda yang cukup besar perawakannya itu memakai celana panjang dan kaos. Sayangnya saat pemuda itu rukuk, kaos yang dipakainya menyingkap keatas dan celananya pula tertarik kebawah. Terlihat lah belahan punggungnya dari belakang. Singkapan itu menjadi lebih melebar nyaris belahan pantatnya terlihat, saat waktu sujud.

Pakaian seperti itu (celana dan kaos) acap dan banyak dipakai pada saat shalat oleh kaum lelaki, tak kira remaja, pemuda bahkan orang tua sekalipun. Bahkan pakaian semacam itu banyak juga dipakai pada saat shalat Jumat.

Celana dengan pinggang model dibawah pusat dan kaos yang menyingkap pada saat rukuk apatah lagi saat sujud , menjadi trend dipakai saat kini.
Selesai shalat, pemuda itu BJ hampiri , dan memberitahukan bahwa kaos yang dikenakannya tadi tersingkap dan nyaris belahan punggung nya yang masih batas aurat terlihat.

Beberapa temannya ikut nimbrung, ternyata mereka tergabung di dalam Pemuda Remaja Masjd Jabal Arafah, yang memang sengaja datang shalat di masjid itu. Diskusi makin lancar membahas masaalah aurat. Kegiatan diskusi kelompok pemuda remaja masjid semacam ini, sudah jarang dilaksanakan.

BKPRMI

Tidak semua masjid di Batam mempunya kelompok Pemuda Remaja Masjid . Di Indonesia, organisasi pemuda remaja masjid seperti BKPRMI (Badan Komunikasi Pemuda remaja Masjid Indonesia), semasa dibentuk dahulu tahun 1977, peranan BKPRMI ini , cukup berperan di kanca Nasional. Masih ingat salah seorang ketuanya yang hingga kini berkiprah di kanca Nasional adalah Idrus Marham.

Remaja masjid adalah perkumpulan pemuda masjid yang melakukan aktivitas sosial dan ibadah di lingkungan suatu masjid. Dan perlu diingat bahwa penting pembagian tugas dan wewenang dalam remaja masjid termasuk dalam golongan organisasi yang menggunakan konsep Islam dengan menerapkan asas musyawarah, mufakat, dan amal jama’i (gotong royong) dalam segenap aktivitasnya.

JPRMI (Jaringan Pemuda Remaja Masjid Indonesia), tahun berdiri 2003). Dan perbedaan antara Pemuda dan Remaja adalah terletak faktor usia seperti kalau Pemuda berusia antara 25 – 40 tahun, dan dituntut telah Mampu menjadi Imam dan Khatib Salat Jama’ah, serta memiliki kemampuan manajerial secara fiqud Dakwah Islamiyah.

Sementara bila Remaja, berusia antara 15 – 25 tahun, dan hanya mampu menjadi Muadzin dan pembaca Acara Hari Besar Islam serta hanya mampu membantu manajerial Dakwah dalam upaya memakmurkan Masjid.
Kegiatan Pemuda dan Remaja Masjid

Banyak kegiatan yang dapat dilakukan para pemuda dan remaja yang bergabung dalam Jaringan dan Badan Kontak ini. Kegiatan Olah Raga misalnya. Apatah lagi bagi masjid yang mempunyai halaman luas. Banyak pula kita lihat dan temui masjid-masjid besar di Batam tidak mempunyai kegiatan Pemuda dan Remaja. Entah apa masaalahnya.

Peranan Dewan Masjid sebagai induk organisasi yang membawahi BKPRMI, nyaris tak terdengar suaranya lagi. Contoh pemuda yang memakai celana dan kaos saat shalat sebagaimana tulisan diatas tadi, ternyata adalah seorang ketua remaja masjid. Diskusi singkat tentang menutup aurat, sangat terkesan baginya dan teman – temannya.

Diskusi singkat bisa dilaksanakan bakda shalat yang tidak memakan waktu lama, bila para pemuda dan remaja telah mempunyai wadah dan kegiatan yang terencana.

Wahai para pengurus masjid, mari kita rangkul mereka, ajak mereka untuk memakmurkan masjid.

Masjid Vietnam yang Dibangun 2 Negara


Masjid itu kini sudah dipugar, terlihat megah. Saat datang kesana dua tahun yang lalu tahun 2010, bangunan masjid yang sudah berdiri ratusan tahun itu di bongkar total. Kini, Masjidil Rahim demikian namanya dibangun kembali oleh dua negara, yaitu Indonesia dan Malaysia.

Masjid Rahim terletak di 45 Nam Ky Khoi Ngia Q1 Provinsi Ho Chi Min Saigon, Vietnam. Ada delapan masjid seperti masjid Rahim ini di kota Saigon. Yang menarik Imam masjid Rahim adalah orang Boyan (Bawean) , tetapi beliau tidak lahir di Indonesia. “Umur 10 tahun saya dibawa orang tua kesini dari Singapura” jelas tok Imam dengan suara agak bergetar. Usia tok Imam yang masih sehat ini sudah berkisar 70 an.

Disekitar masjid itu, ada beberapa keluarga kerabat tok Imam sesama warga Boyan yang dulu bersama orang tuanya datang ke Saigon mengadu nasib dari Singapura. Itulah mungkin, masjid ini pun disebut masjid Boyan.

Agak tersenyum kecut tok Imam saat kuajak bahasa ibundanya (Bawean), “Sudah tak faham lagi “ ujarnya kepadaku. Sambil berbincang, aku diajak tok Imam menemui isterinya, rumah tok Imam hanya berjarak pagar dengan masjid , Aku tak tahu apa yang dibicarakannya dalam bahasa Vietnam, mungkin agaknya tok Imam yakin betul kalau aku benar orang Boyan, jadi seakan mengingatkan beliau dengan leluhurnya.
Menikah dengan gadis Vietnam , sekitar 50 tahun yang lalu, tok Imam ini dikarunia 4 orang anak, tetapi tak seorang pun dari anak-anak beliau yang dapat berbahasa melayu. Tok Imam , suami isteri telah menunaikan ibadah haji .

Mana tahu ada waktu dan rezeki kalau anda berkunjung ke Ho Chi Min atau Saigon Vietnam, tanyalah masjid Boyan insyaAllah orang akan tunjuki tempatnya.

Di Vietnam Islam bukan lah agama yang asing , abad ke 11 hijrah berdiri kerajaan Islam yang termashur disana , yaitu kerajaan Melayu Champa. Champa termasuk kerjaan Islam awal di Nusantara , Champa yang terletak pertengahan Vietnam dan arah k e Selatan , ternyata banyak ditemui masjid tua , apalagi daerah yang berbatasan dengan Kamboja.

Aneksasi Vietnam terhadap kerajaan Islam Champa, dan perang saudara terus menerus , serta kuatnya pengaruh asing (Amerika dan Negara Timur sosialis lainnya) membuat umat Islam disana bertempiaran ke merata penjuru Indo china .
Jadi tak heran , seperti di Provinsi An Giang   baca : Masjid Kecil di An Giang Vietnam , kota kedua terbesar dan terbanyak penduduknya setelah Ho Chi Min ada masjid kecil yang sudah ratusan tahun usianya.

Dan diperbatasan antara Vietnam dan Kamboja , terutama di daerah Border , akan kita temui masjid – masjid tua, dan juga orang tua renta yang masih dapat bertutur bahasa melayu. Senang sekali mereka, melayani kita berkomunikasi dengan bahasa melayu , seperti halnya tok Imam Safei , yang menerima kami rombongan dari Malaysia dan Indonesia.

Kami pun senang dapat berkomunikasi dengan bahasa ibunda.

Poto – Poto atau Gambar Yang Tidak Benar Yang Tersebar Tentang Muslim Rohingya Myanmar


Pembantaian yang berlaku di Myanmar adalah hal yang benar benar terjadi dan dihimbau kepada seluruh ummat Islam bangkitlah menyatakan protes dan turut menyalurkan sumbangan semampu yang ada, paling tidak untuk meringankan beban saudara saudara seagama kita disana.

Janganlah menyebarkan gambar gambar palsu tentang hal yang benar, itu adalah suatu perbuatan yang tidak bermoral dan hanya menangguk di air keruh. Apakah maksud disebalik itu?…apakah semata-mata hanya untuk menaikkan rating ? Menurut kami itu adalah perbuatan yang tidak bertanggung jawab diatas penderitaan orang lain

Poto : Biksu sebagian orang menyebutnya Sami Buddha Mengamuk Di Myanmar. Caption itu memang betul ada, kejadiannya pun memang di Myanmar tetapi berlakunya pada tahun 2007 yang silam. Poto ini tidak ada langsung berhubungan dengan kerusuhan etnis,  sebab ini adalah demonstrasi yang dilakukan oleh rakyat Myanmar terhadap kerajaan junta militer yang tertekan dengan kemiskinan akibat dari kenaikan harga barang barang kebutuhan pokok.

Poto : Biksu sebagian orang menyebutnya Sami Buddha Mengamuk Di Myanmar. Caption itu memang betul ada, kejadiannya pun memang di Myanmar tetapi terjadinya pada tahun 2007 yang silam. Poto ini tidak ada langsung berhubungan dengan kerusuhan etnis, sebab ini adalah demonstrasi yang dilakukan oleh rakyat Myanmar terhadap kerajaan junta militer yang tertekan dengan kemiskinan akibat dari kenaikan harga barang barang kebutuhan pokok. Sumber Ahrchk | MySinchew

Keterangan gambar : Seorang Muslim Myanmar telah dibakar dan orang - orang disekelilingnya hanya memerhatikan saja  tanpa ada seorang pun yang bersimpati atau ingin memberikan bantuan. Gambar ini banyak beredar di Facebook. Gambar ini sebenarnya adalah poto seorang aktivis Tibet yang bernama Jhampel Yesh yang menolak kunjungan Presiden China ke India. Aktivis tersebut merupakan seorang imigran yang sedang memohon suaka politik dari pihak pemerintah India. Dia membuat aksi membakar dirinya sendiri sebagai unjuk rasa kunjungan oleh Hu Jintao (Presiden China ketika itu) ke India.
Keterangan gambar : Seorang Muslim Myanmar telah dibakar dan orang – orang disekelilingnya hanya memerhatikan saja tanpa ada seorang pun yang bersimpati atau ingin memberikan bantuan. Gambar ini banyak beredar di Facebook.
Gambar ini sebenarnya adalah poto seorang aktivis Tibet yang bernama Jhampel Yesh yang menolak kunjungan Presiden China ke India. Aktivis tersebut merupakan seorang imigran yang sedang memohon suaka politik dari pihak pemerintah India. Dia membuat aksi membakar dirinya sendiri sebagai unjuk rasa kunjungan oleh Hu Jintao (Presiden China ketika itu) ke India. – International Business Times | The Guardian UK
Foto foto  ini juga banyak beredar di internet mereka mengaitkan peristiwa pembantaian ummat Islam Rohingya di Myanmar. Tetapi sebenarnya gambar - gambar ini adalah merupakan kejadian yang berlaku di Selatan Thailand - Wilayah Patani. Peristiwa ini terjadi pada bulan Oktober 2004 dimana Tentera Thailand  membunuhi ratusan warga Muslim Patani di Takbai yang mengakibatkan sekurang kurangnya 85 orang terbunuh, 60 cedera, dan 59 lainnya dipenjarakan. Peristiwa ini terjadi pada saat umat Muslim Patani sedang berpuasa Ramadhan. Dan terkenal dengan Peristiwa Takbai.
Foto foto ini juga banyak beredar di internet mereka mengaitkan peristiwa pembantaian ummat Islam Rohingya di Myanmar. Tetapi sebenarnya gambar – gambar ini adalah merupakan kejadian yang berlaku di Selatan Thailand – Wilayah Patani. Peristiwa ini terjadi pada bulan Oktober 2004 dimana Tentera Thailand membunuhi ratusan warga Muslim Patani di Takbai yang mengakibatkan sekurang kurangnya 85 orang terbunuh, 60 cedera, dan 59 lainnya dipenjarakan. Peristiwa ini terjadi pada saat umat Muslim Patani sedang berpuasa Ramadhan. Dan terkenal dengan Peristiwa Takbai.   Hminews.com | The Telegraph | SMH Portal | People’s Daily | Frontline
Foto diatas adalah merupakan kejadian yang benar tetapi bukan berlaku di Myanmar sebagaimana yang disebarluaskan dalam internet. Kejadian ini  adalah peristiwa gempa bumi yang terjadi di negara Tibet dan telah menelan banyak korban. Tibetan Community | Tibet Times
Foto diatas adalah merupakan kejadian yang benar tetapi bukan berlaku di Myanmar sebagaimana yang disebarluaskan dalam internet. Kejadian ini adalah peristiwa gempa bumi yang terjadi di negara Tibet dan telah menelan banyak korban.  Tibetan CommunityTibet Times

Iklan Kiamat


Iklan seperti ini banyak terpasang di sepanjang jalan di Batam. “Kirain itu iklan radio yang mau siaran” ujar Andre .  Iklan ini sudah hampir setengah tahun terpasang, malah sudah ada yang diganti karena buram. “Jadi itu iklan Kiamat toh ” lanjut Andre lagi .

Iya itu memang iklan hari kiamat yang akan jatuh pada 21 Mei 2011 sebagaimana tulisan dibawah :

Lupakan spekulasi bahwa akhir dunia akan terjadi pada 12 Desember 2012 sebagaimana akhir penanggalan Bangsa Maya. Sebuah kelompok Kristen independen di AS bahkan meramalkan kiamat akan datang lebih cepat: 21 Mei 2011 mendatang.

Adalah Marie Exley, veteran Angkatan Darat AS yang gencar mengkampanyekan peringatan kiamat ini. Exley adalah anggota gereja independen AS yang berkotbah melalui siaran radio dan Internet. Kelompok gereja ini mengklaim mendasarkan ramalannya pada Alkitab.

Mereka gencar menyebarkan pesan kiamat melalui papan reklame, bangku-bangku di halte bus, karavan, dan mengerahkan sukarelawan menyebarkan pamflet-pamflet di berbagai sudut kota, dari Bridgeport hingga Little Rock, Arkansas. Untuk menyebarkan pesan itu di luar AS, mereka bahkan punya kelompok sukarelawan yang akan berkeliling Afrika dan Amerika Latin.

“Banyak orang mungkin berpikir: kiamat akan datang, ayo berpesta. Tapi kami diperintahkan Tuhan untuk memberi peringatan,” kata Exley. “Aku bisa saja seperti orang lain, tapi akan lebih baik tahu ketika kiamat tiba, Anda tahu, Anda akan selamat.”

Pada bulan Agustus, Exley meninggalkan rumahnya di Colorado Springs, untuk bekerja di sebuah radio komunitas di Oakland, California. Radio tersebut adalah radio pelayanan Kristen yang dipimpin Harold Camping– orang yang paling bertanggung jawab atas ramalan akhir zaman versi ini.

“Jika Anda masih ingin mengatakan kami gila, silakan. Tapi tidak ada salahnya untuk melihat pesan ini,” kata Exley.

Harold Camping (89) yakin Alkitab pada dasarnya memiliki fungsi sebagai kalender kosmik yang menjelaskan dengan pasti hal-hal yang bisa diramalkan.

Pensiunan insinyur itu mengklaim kalkulasinya didasarkan pada Alkitab. Berbagai peristiwa eksternal, seperti berdirinya negara Israel pada 1948, menurutnya adalah tanda-tanda yang mengkonfirmasikan akurasi kalkulasinya. “Tanpa keraguan, aku berpendapat 21 Mei adalah hari pengangkatan dan penghakiman,” kata dia.

Camping percaya, di bulan Oktober 2011, orang-orang yang beriman akan dibawa ke surga dan para pendosa tetap berada di Bumi untuk menerima siksa.

Bagaimana jika 21 Mei berlalu tanpa ada apapun?

“Kalau 21 Mei berlalu dan aku masih di sini, berarti aku tak diselamatkan. Apakah itu berarti firman Tuhan tak akurat? Tidak sama sekali,” dia berkilah.

Prediksi Camping tak diamini banyak gereja lainnya. Kata mereka, tak seorangpun yang bisa memastikan hari atau jam semesta akan berakhir. Ramalan ala Camping bukan hal baru. Seorang pemimpin kelompok Baptis, William Miller pernah meramalkan dunia berakhir 22 Oktober 1844 silam, namun toh matahari masih bersinar terang sampai hari ini.

Banyak orang yang terkecoh dengan papan iklan dimaksud,  sebagaimana kata Prayuza Zafin Muhammad : “gila , nih salah satu cara buat ngelunturin iman…astagfirullah”..!
Sementara  Dhanny ‘Chappy’ Monroe berkomentar :  “ini cuma trik pemasaran radio tsb”.

Arfin Efendi : “propaganda ini sudah lama, kok. gue tahu juga bacanya di internet. ini keknya kelompok sekte tertentu dari agama kresten”.

Banyak komentar tentang iklan ini bahkan  ada yang mempertanyakannya  apa tidak ada pengawasan dari pemerintah. Sebagaimana di tulis oleh  Hang Dabo  dalam FB nya : ” iklan kayak gitu pemko apa enggak bisa dibredel, sekalian sama radionya juga di tutup.

Kurang jelas juga apakah frequensi yang digunakan radio  itu  legal,   yang tahu KPI dan Balai Monitor. Soal retribusi atau pajak reklame , yang tahu persis ya Dinas Pendapataan Daerah.

Hang FM Radio Dakwah ?


Abi Yusuf station manager hang fm

Abu Yusuf station manager hang fm

“Salam pak, lagi di tunggu di radio Hang FM” begitu bunyi sms yang masuk ke hand phone ku pagi tadi Senin (8/3)  dari no +65837389xx, nomor depan +65xxxxxxx  adalah kode negara Singapura. Wah bukan main ini radio sampai penggemar nya di Singapura meng – sms – ku . “Iya pak kan peminat setia Hang FM ” balasnya lagi melalui sms .

Iya memang sehari sebelum nya aku dihubungi station manager Hang FM, “Kalau bisa pukul 07.45 sudah di tempat ya pak”  kata Abu Yusuf demikian nama panggilan station manager radio yang mengudara di frequenci 106 FM itu. Ber iya iya betul dia agar aku tepat waktu. Tetapi apa lacur pukul delapan aku masih berada di sekolahan.

Sepanjang perjalanan menuju ke Batam Center, aku mendengar kan celoteh Abu Yusuf yang langsung memandu acara yang dikemas dalam input dan output itu, wah banyak juga telephon yang masuk gumamku. Rupaya sepanjang siaran berlangsung  Abu Yusuf si pemandu acara, menyebutkan nara sumber yang di undang dan dihubunginya belum ada satu pun yang datang.

Tak Boleh Musik ?

Penggemar radio ini cukup banyak di Singapura, begitu pun di Johor Bahru, karena memang siaran radio yang anti musik ini sampai menembusi cakralawa negara tetangga itu.

Tak ada lagu yang di putar di radio itu, kalau pun ada suara hanya suara deritan pintu atau suara seperti air yang tercurah.  Untuk intro, jedah antara dua acara misalnya ada suara seperti ketokan saja, benar benar tak ada suara lagu yang mengalun layak nya radio radio lain.

Lampu tombol telpon terus berkelap kelip saat aku masuk ke ruang studio yang baru di pugar sejak Kebakaran setahun yang lalu  itu.  “Alhamdulillah pak Imbalo sudah datang ” ujar Abu Yusuf kepada pendengar nya. Pertanyaan pun bertubi tubi , topik pagi hari itu mengangkat masalah makanan halal.

Dari mulai restoran, rumah makan, pengurusan sertifikat halal, sampai masaalah perdagangan bebas dengan cina, mengalir tak terasa sudah satu jam.

Sambil menjawab pertanyaan dari pendengar,  terpikir pula  olehku akan  rekan rekan  di  Malaysia, bukan yang di Johor Bahru tetapi yang arah ke Utara , yang sekarang sedang ramai ramai nya mempersoal kan faham  Wahabi.

Radio yang ber motto kan spirit of sunnah ini jangan harap mentolerir anggotanya merokok, begitu pun dengan gambar gambar berujud manusia. Hampir semua atau boleh dikatakan semua buku buku dan vcd yang di jual di toko buku yang berada di samping ruang studio tak bergambar manusia , apalagi gambar itu perempuan.

Tetapi radio ini tidak tabu terhadap iklan, banyak iklan saat jedah di putarkan, terutama  iklan obat obatan yang mengklaim dapat menyembuhkan penyakit.  Tak etis rasanya ingin membantah soal iklan yang ada di radio itu, ya nama nya iklan pastilah memuji produk yang ditawarkan.

Kembali ke soal Dakwah dari Radio Hang FM ini tadi, kalau lah sempat di dengar oleh para ulama yang memposisikan diri Ahli Sunnah Wal Jamaah  yang begitu antinya terhadap faham Wahabi .

Hai lebih teruk lagi daripadakan sekedar tidak berqunut dan tak menjahirkan bacaan Basmallah.

Bagimana ya……mereka pun mengklaim pengikut sunnah

Ibnu Batuta ……………….


Ibnu Batuta

Tepat pukul 07.09 pagi di tanggal 01 Desember 2009 sms masuk ke ponsel ku dari ustaz Abdul Wahab,  “Assalamualaikum pak Imbalo (ibnu Batuta) nomor hp ustaz Ahmad 0084918027845 dan nonor tetap 0084918027845 atau 076824357 fax : 076866599, beliau tinggal di desa Chou Doc Province An Giang Ho Chi Min City. Dan nomor Ustaz Abdullah Cambodia 0085511252948 nama beliau di id card : Mot Toulo. terimakasih”.

Pagi itu tanggal 1 Desember 2009 aku masih berada di Hanoi, rencana petang hari  pukul 16.10  sesuai dengan jadwal penerbangan, aku akan ke Ho Chi Min City dengan Vietnam Air, dengan pesawat udara perjalanan di tempuh 2 jam.

Tahun lalu 23 Maret 2008 aku dari Ho Chi Min City ke Hanoi dengan Bus, lebih dari 50 jam aku di dalam bus baru sampai di Hanoi. Aku nikmati perjalanan itu, apalagi sewaktu melewati Provinsi Da Nang, Da Nang mempunyai pantai yang  indah. Tak bosan bosan nya aku menikmati perjalanan itu dari mulai malam ke pagi ke malam lagi ke pagi dan malam lagi dan pagi.

Entah apa sampai ustaz Wahab menyebutku Ibnu Batuta, mungkin karena kenekadan ku bepergian sendirian, nekad memang, seorang diri pergi menjelajahi Vietnam, Kamboja, Thailand, Laos, Myanmar. “Mending” ngerti bahasa, yang kukuasai hanya bahasa melayu sedikit bahasa jawa, itu agaknya ustaz Wahab menyebutku Ibnu Batuta dari Batam , aku jadi senyum senyum sendiri, ustaz yang satu ini tahu betul kemampuanku berbahasa Inggris apalagi bahasa Arab.

Lagian tak ada apa apa nya perjalananku di bandingkan Ibnu Batuta, Ibnu Batuta ribuan kilometer di tempuhnya dengan berjalan kaki ke merata tempat di dunia. Tetapi memanglah ke provinsi An Giang desa Chou Doc Vietnam negara komunis itu nyaris ratusan tahun tak pernah dilalui oleh Muslim dari Indonesia.

Tiba di bandara HCM City hari telah gelap, disitu telah menunggu Muhammad, Muhammad seorang pemuda yang bekerja di HCM pernah tinggal di Malaysia beberapa tahun sehingga dapat sedikit berbahasa melayu. HCM dengan desa Chou Doc (An Giang) hampir 400 KM  jaraknya, arah ke Barat dari HCM City berbatasan dengan Kamboja.

Dengan taxi dari Bandara ke Bandar ongkosnya sebesar 120.000 Dong, di HCM banyak penjual makanan halal tidak seperti di Hanoi, disini pun ada 7  masjid berdiri.

Tak seperti zaman Ibnu Batuta, sekarang tak lah sulit mendapatkan informasi, sejak di Hanoi lagi nomor hp ku telah ku ganti dengan nomor Vietnam.  Kepada Muhammad yang menemaniku makan kutanyakan adakah bus lagi ke Phan Rang, Phan Rang adalah salah satu provinsi di Vietnam terletak ke Timur dari pada HCM, kalau kita naik Bus dari HCM ke Hanoi provinsi itu akan dilalui, sekitar 7 jam perjalanan dari HCM, seorang teman memintaku dengan sangat agar bisa datang kesana, Basori namanya, ianya seorang pemuda yang sedang kulia di Universitas Islam Antara Bangsa (UIA) Malaysia, kami belum pernah bersua muka.

Padahal tujuan ku semula aadalah ke Chou Doc (An Giang), kota di Barat HCM, sementara Phan Rang adalah kota di Timur HCM, “Disitu adalah rumahku, disitu ada masjid baru di rasmikan, 27 hari bulan lepas, sewaktu Idul qurban, datanglah kesana, disanapun ada seorang kawan yang boleh bercakap melayu” harap Basirun agar aku bisa datng ke Phan Rang ke rumahnya.

Tak jauh dari restoran tempat kami makan banyak tempat penjualan tiket bus antar kota, Bus terakhir ke Phan Rang pukul 9 malam, kalau Tuhan mengkehendaki, semuanya bagai di atur saja, lepas makan aku pun berlepas ke  Provinsi Phang Rang

Hal ini kusampaikan kepada ustaz Wahab, dan ustaz Ahmad yang berada di Chou Doc.

TV Komunitas di Sekolah Hang Tuah Batam


Tower antene tv hang tuah

Sekolah Islam Hang Tuah Batam punya TV? , iya……Insyaallah  sekolah yang terletak di Bengkong Polisi tepat nya di Jalan Ranai no 11 Batam ini, akan punya studio televisi,  wah sepertinya untuk di Kepulauan Riau ada TV pendidikan yang mempergunakan Frequency TV Komunitas di 400 an adalah Sekolah Islam Hang Tuah.

Itulah selama 4 hari ini kami sibuk berbenah – benah membuat ruang studio, ruang kontrol, ruang produksi, dan ruang ruang lain nya.

Tidak ada tempat untuk studi banding, ya karena memang belum ada yang memiliki tv komunitas, yang ada studio tv lokal (komersial) sehingga untuk badan hukum pengelola nya pun tak satu Notaris di Batam yang dapat membuat nya karena belum ada contoh nya.

Dari mulai ke Balai Monitar (Balmon) dan ke Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Daerah Batam sejak dua bulan yang lalu untuk menjajagi tentang per-izi-nan dan persyaratan, Aulia dari KPID Batam cukup banyak memberikan masukan dengan memberikan segeprok surat dan form yang harus diisi, di Balmon pun  kami mendapat penjelasan bahwa frequency untuk tv komersial sudah “habis” tetapi untuk tv komunitas belum satu pun yang terpakai.

Pergi ke Notaris untuk membuat badan hukum “perkumpulan”, hingga kini draft untuk badan hukum perkumpulan belum ada contoh nya, malah kami dikirimin contoh draft sama persis dengan bentuk badan hukum KADIN.

Semula ide membuat tv komunitas ini adalah dari bang Bachtiar dari Batam TV dan kang Tedy dari STV , kedua mereka ini adalah orang pertama di Batam tv dan di Semenanjung tv (stv), karena pada saat tahun pelajaran 2008/2009 Sekolah Islam Hang Tuah membuka jurusan Multi Media, salah satu mata pelajaran untuk anak didik yang bersekolah di Sekolah Islam Hang Tuah adalah Broadcasting, sehingga memerlukan alat peraga transmiter dan recifer.

Searching di internet dimana harus membeli pemancar tv rakitan untuk alat peraga SMK Multi Media Sekolah Islam Hang Tuah? pilihan jatuh ke Syam Broadcasting yang berada di Semarang.

Tak terlalu mahal untuk frequency UHF sebesar 30 watt dengan radius jangkauan 2,5 KM sebagaimana yang dipersyaratkan oleh KPI adalah sebesar 30 juta.

Tower yang semula direncanakan terbuat dari pipa galvanis  setinggi 24 meter, di ganti dengan model tower triangle dari besi beton 12mm di las setinggi 30 meter.

Jadi sejak dua bulan ini kami pun sibuk membuat tower sendiri, mendisain ruang-ruang untuk studio, sampai untuk pesan busa lapisan ruang kedap suara pun harus di pesan khusus karena tidak ada yang menjual di Batam.

Jadinya  banyak belajar dan bertanya bagaimana cara ada siaran tampil di layar televisi. Bagaimana membuat penangkal petir dan harus berapa ohm, bagaimana casting dan audisi, bagaimana 3 buah  kamera harus dipakai bergantian,  dan apa nama alatnya.

Tiga malam ini betul-betul semalaman tidur di studio yang belum rampung dilapisi karpet warna hitam, karena Mas Syam teknisi dan pembuat pemancar yang kami pesan sedang berada di Batam untuk memasang dan merangkai jaringan dari ruang pemancar yang harus bebas radiasi sampai ke ruang studio untuk produksi.

Semalaman tak tidur karena ada masaalah di booster, sehingga power tak mau keluar, padahal besok mas Syam harus pulang ke Semarang.

Sementara tv komunitas kami dapat di tangkap di frequency 471,25 atau channel 21, tetapi hanya di sekitaran sekolah, “wah saya hanya pakai microwave 5 watt saja dari sei harapan bisa sampai baloi pak” ujar Tedy dari STV mengomentari saat ku beritahukan karena ada gangguan di boster jadi jangkuan belum maximal sebagaimana yang diharapkan.

Ya nama nya juga tv rakitan …………………………

Adinegoro 2008 Buat Muhammad Nur


dscf13511

Ada rasa haru saat membaca Batam Pos pagi ini jumat (6/2) , judul halaman pertama Muhammad Nur Ukir Sejarah dan Kantongi Hadiah Rp. 50 Juta sub judul itu tentang hadiah, Wartawan Batam Pos Raih Adinegoro 2008 itu lah judul nya. Itulah yang pantas buat dia mendapatkan penghargaan dari hasil karya nya.

Ke Pulau Air Raja dari Telaga Punggur Batam naik speed boat tak sampai 15 menit, pulau itu langsung berhadapan dengan Laut Cina Selatan,  itulah agaknya mengapa judul dari tulisan M Nur 16 Tahun Menyerah, Dikalahkan Ombak dan Hama Babi. Dimusim utara seperti sekarang ini angin bertiup cukup kencang gulungan ombak menghempaskan perahu nelayan yang berani coba – coba hendak mencari ikan.

Dari Pulau itu terlihat Pulau Bintan beberapa hari yang lalu 3 orang petinggi Bank Tabungan Negara (BTN) dihempaskan gelombang terseret ke tengah laut dan tewas seketika, padahal mereka sedang istirahat di pinggir pantai begitulah ganas nya laut seputaran Pulau Air Raja ini.

Dulu masih banyak orang dari Batam yang membawa anjing berburu Babi ke Pulau Air Raja  (Pulau Air Raja) “jadi tak lah babi hutan itu merajalela” ujar lurah Toha, lurah transmigrasi pertama di Pulau itu.

Kamis tiga pekan yang lalu di umumkan bahwa SMA Pulau Air Raja tak dapat ikut bertanding dalam acara Cerdas Cermat tingkat SMA yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Kota Batam di Gedung Gurindam Batam, “mereka tak dapat hadir karena gelombang besar” jelas Yanti dari Radio Batam FM sebagai pemandu diacara cerdas cermat itu.

Keadaan masyarakat transmigrasi seperti itulah yang diangkat oleh M Nur demikian dia di sapa, wartawan yang dulu pertama datang ke Aceh saat Tsunami melanda negeri Serambi Mekah itu.  Saat Tsunami di Aceh (celana dalam pesanan M. Nur wartawan Batam Pos)

Mulai dari Langkat Tamiang kami berjalan kaki menempuh banjir setinggi dada, puluhan kilo meter antrian kenderaan sepanjang jalan tak dapat melalui cekungan, lembah yang digenangi air.  Bakda Ashar dari Langkat Tamiang hingga lah menjelang dini hari baru sampai di tempat yang dituju.

Keadaan dan situasi banjir itu kukabarkan kepada Putut, Putut adalah Wartawan Batam Pos di Batam, hubungan telpon ke Batam melalui satelit, dipinjam dari pos tentara-tentara yang tetap siap siaga dan berjaga-jaga di sepanjang jalan ke Aceh. Handphone tidak berfungsi.

Yang kubawa saat itu dari Medan adalah sambal pecal dan rendang di dalam kaleng, tak ketinggalan  celana dalam pesanan M. Nur wartawan Batam Pos yang telah dahulu tiba di Banda Aceh. Di Banda Aceh kami tidur di Beranda Kantor Gubernur Aceh. Sampai di Aceh sambal pecal dan rendang dah bercampur aduk, karena selama perjalan sewaktu menempuh banjir yang hingga ke dada orang dewasa, bekal – bekal itu tadi di junjung diatas dikepala.

Saat ditanya untuk apa hadiah nya, M Nur hanya tersenyum saja, senyum khas M Nur bila di tanya, sembari merebahkan kepala nya kepangkuan ku, kulihat mata nya berkaca-kaca.

Sabas Nur,  Alhamdulillah sebagaimana ucapan mu saat mendengar berita kemenangan mu. Terus lah berkarya.

Berkunjung ke Hang FM Paskah Kebakaran


studio baru Hang FM

studio baru Hang FM

Ada hikmah di balik musibah, studio Radio Hang FM contoh nya, studio itu  kelihatan lebih tertata rapi dari semula, lapisan dinding peredam suara dari gabus menempel di ruang produksi  juga.

Dengan manajemen baru, banyak nya sumbangan dari donatur yang merasakan kehilangan suara Hang FM yang tak dapat mengudara akibat kebakaran tanggal 5 Oktober 2008 silam menjadikan radio yang menyatakan radio dakwah ini menjadi milik publik.

Mata acara siaran pun beragam, siaran langsung yang di pandu oleh ustaz yang memang berkompeten menambah pengetahuan pendengar nya.

Senin malam 19 Januari 2009 silam kami berkunjung ke Hang FM karena memang ada keperluan, kebetulan  pengelola dan penanggung jawab Hang FM   Zein Alatas ada disitu. Disamping studio radio Hang FM pun menjual buku-buku dan beberapa produk kesehatan. Ternyata usaha sampingan ini pun banyak diminati , terbukti banyak di kunjungi tamu-tamu seperti dari Malaysia dan dari Singapura, kedua negara tetangga yang berdekatan dengan Batam ini dapat menerima siaran dari Hang FM cukup jelas. (Banyak yang Tak Tahu Kalau Radio Hang FM Batam Terbakar)

dscf0976Acara dari Hati ke Hati

Malam itu pun hadir Aulia dari Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Batam yang mengaku terkagum kagum dengan begitu cepat nya Hang FM bangkit dari “kehancuran” setelah kebakaran.

Sepulang dari Hang FM melalui  radio  mobil yang kami kendarai sepanjang jalan kami mendengarkan siaran saat itu mata acara dari Hati ke Hati dipandu oleh Romi, ustaz Adil Lc dan seorang nara sumber, salah seorang pendengar wanita bertanya tentang pencantuman dilarang merokok di ruang tamu.

Ustaz Adil menjelaskan tentang rokok dan bahaya nya, tanggal 19 Januari 2009 Majelis Ulama Indoneisa (MUI) belum mengeluarkan fatwah tentang haram merokok di tempat umum, mungkin kalau  saat ini sang pendengar wanita itu bertanya tentang rokok tadi setelah fatwah MUI keluar tanggal 26 Januari 2009 jadi lain ceritanya.

Acara dari Hari ke Hati malam itu yang di tanyakan hanyalah pencantuman tulisan dilarang merokok di ruang tamu, kupasan dan telaah sang nara sumber melebar kemana-mana, kalau boleh dikatakan cukup membosankan karena terlalu di dominasi oleh sang nara sumber tadi, yang lebih fatal lagi radio Hang FM yang mengaku radio dakwah ini mungkin tak menyaring dan menyiapkan terlebih dahulu materi yang akan di siarkan, mungkin karena siaran langsung.

Ustaz Adil Lc pasti tahu, kalau itu perkataan manusia bukan dari Nabi SAW dikatakan itu hadist apa hukum nya, itulah yang terjadi di siaran dari Hati ke Hati pada tanggal 19 Januari senin malam sekitar pukul 20.30 wibb si nara sumber menyebutkan tiga abu yang di larang Nabi, yaitu Abu Lahab, Abu Jahal dan satu lagi Abu rokok, dia menyebutkan abu rokok itu terkesan untuk menguatkan argumentasinya , meskipun itu diucapkan dengan tertawa-tawa.

Hal ini perlu kami sampaikan, dan telah kami sampaikan kepada saudara Romi sebagai penanggungjawab siaran, agar hal hal seperti itu tak terulang lagi.

Semoga Hang FM tetap menjadi radio dakwah, dakwah yang benar-benar sesuai ajaran Rasulullah SAW  tidak meng ada-ada.

Dan terlebih lagi KPI Batam  dalam memberikan izin  harus mendengarkan masukan dari masyarakat , apakah media siaran itu layak diberikan izin frequensi nya.

%d blogger menyukai ini: