Ziarah ke Makam Kakek Bantal : Sunan Gresik Maulana Malik Ibrahim


sunan gresik
Setelah mengunjungi Makam Sunan Giri di Gresik , kami juga singgah di Makam Maulana Malik Ibrahim, atau dikenal juga dengan sebutan Sunan Gresik. Maulana Malik Ibrahim wafat sekitar tahun 14 19 M . Beliau dimakamkan di di desa Gapurosukolilo, kota Gresik, Jawa Timur.
Sunan yang termasuk walisongo ini dianggap wali yang pertama sekali menyebarkan agama Islam di tanah Jawa.

Tidak seperti makam sunan Giri yang terletak diatas perbukitan, makam Sunan Gresik, terletak persis di pinggir jalan. Komplek makam hanya dibatasi pagar, setinggi 2 meter, Pintu ke pemakamaan itu tertutup, pengunjung tidak dibenarkan masuk , karena sedang ada perbaikan.
Sama dengan pengunjung ke makam sunan Giri, di komplek makam sunan Gresik ini pun penziarah ramai sekali. Ratusan anak-anak usia SMA terlihat khusuk memanjatkan doa dipimpin oleh gurunya .
suan gresik 2

Entah apa sebabnya Maulana Malik Ibrahim , terkenal dengan sebutan nama Kakek Bantal, Sunan Gresik disebutkan juga pernah menetap di Champa, selama tigabelas tahun, menikahi putrid raja, beliau dikarunia 2 orang putra, yaitu Raden Rahmat atau yang lebih terkenal dengan nama Sunan Ampel dan seorang lagi Syaid Ali Murthada atau Raden Santri.

Di depan komplek makam ini pun banyak pengemis, namum pedagang cenderamata dan jajanan tidak sebanyak di komplek makam Sunan Giri..
Menurut silsilah Sunan Gresik adalah paman dari Sunan Giri. Sunan Gresik terkenal juga dengan keahliannya sebagai tabib disamping pedagang yang sukses.
sunan gresik 1
Lebih enam abad, sejak wafatnya hingga ke hari ini makam Sunan yang berasal dan dilahirkan di Samarkand Asia Tengah itu, tetap ramai diziarahi, terutama pada malam jumat legi. Dan hari kemangkatannya tetap di peringati hingga ke hari ini.

Sebagaimana tertulis dalam bahasa arab pada makamnya sbb : Ini adalah makam almarhum seorang yang dapat diharapkan mendapat pengampunan Allah dan yang mengharapkan kepada rahmat Tuhannya Yang Maha Luhur, guru para pangeran dan sebagai tongkat sekalian para sultan dan wazir, siraman bagi kaum fakir dan miskin. Yang berbahagia dan syahid penguasa dan urusan agama: Malik Ibrahim yang terkenal dengan kebaikannya. Semoga Allah melimpahkan rahmat dan ridha-Nya dan semoga menempatkannya di surga. Ia wafat pada hari Senin 12 Rabi’ul Awwal 822 Hijriah.

Saat ini, jalan yang menuju ke makam tersebut diberi nama Jalan Malik Ibrahim

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: