Wisata Religi di Batam : Minal Masjid Ilal Masjid


minal masjid ilal masjid
Bukan mudah merubah imej negatif tentang kehidupan Batam di luar negeri, sebagai tujuan wisata ke tiga terbanyak di Indonesia , apa yang bisa “dijual”?

Minal Masjid Ilal Masjid, itulah tema yang diusung oleh AJK (Ahli Jabatan Kuasa) masjid – masjid Negara Brunei Darussalam. Sebanyak 30 orang rombongan yang di ketua oleh H. Kamal, datang berkunjung ke Batam, sejak 14 hingga 16 Desember 2012.

Pemko Batam cukup respon, rombongan AJK masjid-masjid Negara Brunei Darussalam itu di terima oleh Assisten, Kadis Kesra, pengurus DMI (Dewan Masjid Indonesia) kota Batam . Dijamu makan siang di Masjid Raya Batam selepas shalat jumat. Banyak hal yang dibicarakan, kedua belah pihak, terutama tentang Lembaga Zakat . Hal ini disampaikan oleh Ustadz Amiruddin Dahad mewakili MUI dan LAZ masjid raya diwakili oleh Syarifuddin.

Di hari yang sama , rombongan berkunjung ke masjid Jabar Arafah, selepas shalat magrib tamu rombongan dijamu makan malam oleh pengurus masjid . Menyaksikan progres report melalui slide, yang ditayangkan, pembangunan masjid yang terletak di tengah kota Batam, bersebelahan dengan mall Nagoya Hill ini, baru selesai sekitar 30 persen . Padahal dana yang dikeluarkan sudah mencapai puluhan miliar rupiah. Sebagaimana dijelaskan oleh pengurus masjid Jabal Arafah H Alamsyahruddin. Jadi masih banyak lagi dana yang diperlukan.

Keesokan harinya rombongan berkesempatan mengunjungi Sekolah Islam Hang Tuah, Sekolah yang terletak di Bengkong Polisi ini, bersebelahan lokasinya dengan masjid Nurul Hidayah. Suguhan tari selamat datang , dan tarian dari anak-anak taman kanak kanak Islam Hang Tuah, yang memakai pakaian adat melayu , dan terlihat lucu, membuat Datuk Paduka Haji Ahmad bin Haji Ibrahim yang masih kerabat Sultan itu, serta rombongan lainnya , berebut untuk poto bersama.

Dari Sekolah Islam Hang Tuah perjalanan dilanjutkan ke lokasi sebuah masjid yang belum selesai , lokasi masjid ini terletak di Sei Panas, dekat patung kuda, demikian orang menyebut lokasi masjid yang belum selesai hampir sepuluh tahun itu. Hujan lebat , rombongan hanya dapat melihat bangunan yang ditumbuhi ilalang dan semak belukar itu dari dalam bus saja.

Buletin Jumat (BJ) bersama rombongan meneruskan perjalanan ke arah Barelang, hendak menuju sebuah surau diperkampungan suku laut di Air Lingka kecamatan Galang . Namun bus yang ditumpangi mengalami kerusakan setelah jembatan 4, sehingga tidak semua rombongan dapat datang ke Air Lingka.
Jembatan 6 yang masih belum selesai perbaikan itu, kami lalui dengan Rush muat tujuh orang, sampai juga kami ke suaru kecil di pinggir pantai yang dihuni minoritas muslim suku laut itu. Keseriusan Ibu Siti mengajari anak2 suku laut mengenalkan Islam, menjadikan kesan tersendiri bagi Prof. Madya DR H Hashim bin Abd Hamid .

Rombongan lain dengan Bus menuju desa Monggak , di panti asuhan al mubarrok yang terletak di kecamatan Rempang Cate , rombongan kami, bersatu kembali. Dua puluhan anak – anak asuh panti , menyambut dengan pukulan rebana .
Cuaca mendung dan terkadang rintik hujan, membuat ribuan lalat berkerumun menghinggapi makanan yang disajikan tuan rumah. Buah nangka dan pisang yang tadinya berwarna kuning nyaris berubah hitam, begitu banyaknya lalat hinggap. Tak heran lalat begitu banyak, puluhan kandang ayam ternak berdiri di daerah itu.

Ada beberapa tamu tak sanggup makan melihat ribuan lalat yang hinggap terus tak henti hentinya , disemua makanan yang terhidang. Sembari makan sembari mengibaskan tangan menghalau lalat. Berebut makan dengan ribuan lalat, adalah pengalaman bagi mereka seumur hidup agaknya .
Kami tinggalkan desa monggak, menuju Batam. Kerumunan lalat yang sempat masuk kedalam bus pun menjadi pembicaraan diantara para rombongan. Antara lain tak satupun penduduk dan anak asuh disitu yang terserang sakit perut.

“Insya Allah kami akan datang lagi” ujar H Kamal. “Dengan rombongan yang lebih banyak lagi, dan semuanya anak muda, akan mengunjungi pulau – pulau sekitaran Batam “ tambahnya lagi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: