Menurut Media Myanmar : Sudah 50 Orang Tewas Dalam Bentrokan Budha – Muslim



Lima puluh orang tewas dan sejumlah lainnya cedera dalam bentrokan sektarian di barat Myanmar, kata media pemerintah hari Sabtu ini (16/6), ketika PBB memperingatkan adanya “kesulitan besar” yang dihadapi oleh ribuan orang yang mengungsi akibat kerusuhan.

Media pemerintah negara New Light of Myanmar mengatakan 50 orang telah tewas, dengan 54 terluka dari 28 Mei hingga 14 Juni di negara bagian Rakhine, yang telah memanas dengan kekerasan antara umat Buddha lokal dan Muslim Rohingya.

Laporan itu tidak mengatakan apakah jumlah korban diperbarui mencakup 10 Muslim yang dipukuli sampai mati pada tanggal 3 Juni lalu oleh massa Buddha sebagai balas dendam atas tuduhan pemerkosaan dan pembunuhan seorang wanita Budha Rakhine, yang akhirnya memicu aksi kekerasan.

Seorang pejabat tinggi negara pada hari Kamis lalu mengatakan 29 orang – 16 Muslim dan 13 Buddhis – telah tewas, tapi kelompok HAM dan sumber-sumber lokal lainnya percaya angka korban sesungguhnya di desa terpencil Rakhine bisa jadi jauh lebih tinggi.

Polisi memberlakukan jam malam di kota Sittwe semalam, di mana media mengatakan pasukan keamanan berusaha memulihkan perdamaian, stabilitas dan keamanan setelah kerusuhan, yang menimbulkan tantangan serius bagi pemerintah reformis Myanmar.

Hampir 31.900 orang dari kedua belah pihak saat ini ditampung di 37 kamp di seluruh Rakhine, pejabat di Sittwe Kamis lalu menyatakan, sementara ribuan rumah telah dibakar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: