Banjir Bangkok : Rusaknya Ekosistem


bangkok, berbulan bulan terendam banjir

bangkok, berbulan bulan terendam banjir

Sudah hampir empat bulan kota Bangkok di landa banjir, sejak Juli 2011 hingga kini telah ratusan ribu orang eksodus dari kota yang menjadi pusat pemerintahan negara Gajah Putih itu. Perdana Menteri (PM) Thailand Yingluck Shinawatra memperkirakan banjir di Bangkok akan surut pada awal November mendatang.

Ratusan orang pula yang meninggal dunia, “Sepertinya kita sedang berjuang melawan kekuatan alam, air banjir yang masif yang menyebabkan kerusakan pada beberapa tanggul kita,” kata Yingluck seperti dilansir kantor berita Reuters, Kamis (27/10/2011).

“Sebenarnya, kita perlu membiarkannya mengalir secara natural ke laut, dan yang bisa kita lakukan sekarang adalah mengatur itu sehingga bisa mengalir perlahan, jika tidak semua orang akan menderita,” tutur adik mantan PM Thaksin Shinawatra itu.

Menyempitnya Sungai di Utara ?

sungai ping dilihat dari vientiane (laos) mengering saat pembuatan dam raksasa di cina, dataran pasir dasar sungai menjorok sampai ke tengah hanya beberapa meter saja yang dapat dilalui kenderaan air, terlihat daratan chiang rai thailand

sungai ping dilihat dari vientiane (laos) mengering saat pembuatan dam raksasa di cina, dataran pasir dasar sungai menjorok sampai ke tengah hanya beberapa meter saja yang dapat dilalui kenderaan air, terlihat daratan chiang rai thailand

Air yang mengalir ini lah biang keroknya karena tidak mengalir secara natural. Apa sebab, Anak sungai Me Kong yang menjadi pembatas antara kedua negara  Laos dengan Thailand. Tepatnya  di provinsi  Chiang Rai (Thailand)  dengan Viantiane (ibukota Laos), ribuan hektar luasnya telah menjadi daratan (diurug) . Chiang Mai, Chiang Rai dilintasi oleh sungai Ping, Sungai Ping ini adalah hulu dari sungai Chao Praya Bangkok.

Sungai Ping ini kalau sedang musim kemarau aliran air nya sebagian besar berada dalam wilayah negara  Thailand, sementara bagian sungai yang masuk wilayah  Vientiane (Laos), terhampar dataran pasir yang luas.

Bagian wilayah Laos inilah yang sekarang diurug dan di tambak, dijadikan taman, resort-resot, restoran dan  pusat keramian lainnya oleh pemerintah Laos.

Kalau sebelum tahun 2008 kita berjalan di kota Vientiane, sebelah jalan yang dipinggir sungai Ping itu langsung bibir sungai dan tempat ferry di tambat untuk menyeberang ke Thailand.

Sungai Ping ini  sewaktu musim penghujan ataupun adanya banjir bandang kiriman dari Cina, masih dapat menampung puluhan juta kubik air, dan tentunya secara natural mengalir ke sungai Chao Praya di Bangkok sana.

Three Gorges Dam, di provinsi Hubei Cina

dam raksasa di cina kampung dan kota ini sudah terbenam

dam raksasa di cina kampung dan kota ini sudah terbenam

Bendungan raksasa ini pun menjadi biang kerok rusaknya ekosistem. Bendungan ini telah   menjadi topik yang kontroversial baik di Cina dan luar negeri, bendungan yang membanjiri situs arkeologi dan budaya dan pengungsi jutaan orang, dan menyebabkan perubahan ekologi yang signifikan.

Sungai Yangtze di Cina adalah sungai ketiga terpanjang di Dunia. Pada tahun 1997, negara itu mulai bekerja menjadikan bendungan terbesar di dunia, dan telah  selesai pada tahun 2009 yang lalu.

Bendungan ini  dibangun di tiga  bagian Ngarai yang ada  di Sungai Yangtze. Luas sekali bendungan ini bahkan bisa terlihat dari bulan, membutuhkan 12 tahun lama pekerjaannya dengan puluhan ribu pekerja, biaya $ 29.000.000.000, dan menjadi sebuah danau yang panjang 370 mil, merendam ribuan desa, ratusan kota, dan menggusur lebih dari satu juta orang .

 Tiga Ngarai reservoir besar Dam benar-benar akan terlihat dari bulan!

Tiga Ngarai reservoir besar Dam benar-benar akan terlihat dari bulan!

Pada saat dam itu sedang diisi air hingga ketinggain 135 sampai 185 meter dari semula, Thailand pun menerima imbasnya, banyak sekali induk ikan sejenis lele yang mati di sungai sungai yang ada di Thailand. Sungai menjadi kering termasuklah sungai Ping, sehingga di tumbuhi semak belukar , itu mungkin yang membuat investor “tertarik” memanfaatkan sungai yang sudah menjadi daratan agaknya.

sungai yangzte

sungai yangzte

Apa lacur sewaktu banjir bandang datang, sungai Ping sudah menyempit, air langsung mengalir ke sungai Chao Praya, air tak dapat langsung mengalir ke teluk Bangkok, ditimpali bangunan beton yang terus tumbuh tak dapat menyerap curah hujan, lengkaplah penderitaan.

Pelajaran buat kita………..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: