Pengumuman Hasil UN tingkat SMA/SMK/MA tahun 2011 Di Beberapa Kota


sekolah sma, smk islam hang tuah batam

sekolah sma, smk islam hang tuah batam

Kelulusan peserta Ujian Nasional (UN) SMA/MA Tahun Ajaran 2010/2011 mencapai 99,22 persen atau dari sebanyak 1.461.941 peserta UN SMA/MA jumlah peserta yang lulus sebanyak 1.450.498, sedangkan peserta yang tidak lulus 11.443 peserta atau 0,78 persen.

“Dibandingkan angka kelulusan tahun 2009/2010 ada kenaikan jumlah kelulusan. Angka kelulusan UN tahun lalu gabungan ujian utama dan ujian ulang sebanyak 99,04 persen,” kata Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) Mohammad Nuh saat menyampaikan data hasil kelulusan UN dan distribusinya di Jakarta, Jumat.

Mendiknas menyebutkan data awal yang mendaftar 1.476.575 peserta, tetapi dalam perjalanan, sekolah yang memasukkan nilai sekolah sebanyak 1.467.058 atau 99,36 persen.

“Ada sebanyak 9.517 siswa atau 0,64 persen yang tidak dimasukkan nilai sekolahnya. Hal ini karena bisa jadi di tengah jalan ada yang drop out atau bekerja,” katanya saat memberikan keterangan pers di Kemdiknas.

Mendiknas lebih lanjut menyatakan dari sebanyak 1.467.058 siswa yang tidak mengikuti UN sebanyak 5.117 siswa. Provinsi yang paling banyak tidak lulus dari sisi prosentase adalah Nusa Tenggara Timur (NTT), sedangkan paling banyak lulus adalah Bali.

Mohammad Nuh menyatakan terdapat sebanyak 14.131 sekolah yang siswanya 100 persen lulus dan lima sekolah yang semua siswanya tidak lulus dengan jumlah 147 siswa. Sekolah yang kelulusannya nol persen yaitu di DKI Jakarta ada tujuh siswa; Simeulue, Nanggroe Aceh Darussalam 26 siswa; Jambi dua siswa; Kian Darat Maluku 48 siswa; dan Urei Fasei Papua 64 siswa.

Sementara jumlah kelulusan peserta UN SMK mencapai 99,51 persen. Dari total 8.074 sekolah negeri dan swasta dan 942.698 peserta, dinyatakan lulus 938.043 peserta. Sekolah yang angka kelulusannya 100 persen sebanyak 768.854 siswa (81,48 persen).

“Di SMK tidak ada sekolah yang kelulusannya nol persen,” kata Menteri Nuh.

Ia lebih lanjut mengatakan hasil UN tahun 2011 disamping untuk menentukan kelulusan, juga akan digunakan untuk pemetaan. Ia mencontohkan lima sekolah yang 100 persen siswanya tidak lulus dapat langsung dipetakan.

“Tujuannya untuk perbaikan, seperti tahun lalu kami melakukan intervensi di Nusa Tenggara Timur. Target berikutnya dipakai untuk masuk ke perguruan tinggi,” ujarnya.

Ketua Badan Standar Nasional Pendidikan Aman Wirakartakusumah mengatakan kebijakan untuk menggunakan hasil UN untuk masuk ke perguruan tinggi adalah tepat.

“Di Amerika sejak tiga tahun lalu telah memulai untuk melaksanakan standar tes di semua negara bagian. Kita yakinkan para rektor dengan nilai UN yang dicapai agar mahasiswa bisa diterima langsung di perguruan tinggi,” ujarnya.

Pelaksanaan UN tahun 2011 mengalami perubahan pada syarat kelulusan dimana nilai akhir penentu kelulusan siswa sekolah menengah pertama (SMP) dan sederajat, serta sekolah menengah atas (SMA) dan sederajat, ditetapkan dengan menggabungkan nilai mata pelajaran ujian nasional (UN) dengan nilai sekolah.

Nilai akhir adalah pembobotan 60 persen nilai UN ditambah 40 persen nilai sekolah yang digunakan pada UN Tahun Pelajaran 2010/2011. Nilai sekolah adalah gabungan nilai ujian sekolah ditambah nilai rapor semester 1-4.

Formula tersebut merupakan hasil kesepakatan bersama Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) selaku penyelenggara UN dan atas rekomendasi Dewan Perwakilan Rakyat.

Pengumuman tanggal 16 Mei 2011 bisa bisa tertunda?

Direncanakan pengumuman hasil UN tingkat SMA/SMK/MA tahun 2011 adalah hari senin tanggal 16 Mei 2011. Rencana itu mungkin tidak jadi terlaksana, sebab petang tadi, Jumat 13 Mei 2011, pemerintah mengumumkan kalau hari Senin adalah hari Libur Bersama , karena pada hari Selasa tanggal 17 Mei 2011 adalah hari Libur Waisak.

Pengumumam yang tiba-tiba itu membuat banyak orang Gusar, apalagi kalangan pengusaha. “Pemerintah kayak supir tembak” kata Alvin Lie .

Sementara itu Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) tidak memberikan instruksi khusus kepada sekolah menyusul diterbitkannya Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri soal cuti bersama 16 Mei 2011. Keputusan apakah sekolah libur diserahkan ke Pemerintah Daerah setempat.

“Karena tidak ada instruksi khusus dari kementerian, diserahkan ke pemda. Sekolah kan juga urusan otonomi daerah,” kata Kepala Pusat Informasi dan Humas Kemendiknas, Ibnu Hamad.

Ibnu mengatakan, meski guru sekolah negeri adalah PNS, tidak ada instruksi khusus kepada sekolah untuk libur. “Cuti itu kan dari sisi MenPAN-nya,” ujarnya.

Seperti diberitakan, pemerintah merevisi kebijakan cuti bersama untuk 2011 menjelang jam pulang kantor sore tadi. Berdasarkan hasil keputusan bersama 3 menteri, maka pemerintah menyatakan hari Senin 16 Mei 2011 sebagai cuti bersama.

Hal itu tertuang dalam siaran pers Humas Kantor Menko Kesra. Disebutkan, dalam rangka efisiensi dan efektivitas hari kerja, hari libur dan cuti bersama, dipandang perlu ditata kembali pelaksanaannya.  “Berdasarkan hasil keputusan bersama Menteri Pendayagunaan dan RB, Menteri Agama dan Menteri Tenaga Kerja Dan Transmigrasi, SKB no 2 / 2011 / Kep. / Men / V / 2011 dan SKB/01/M.Pan-RB/05/2011 , maka Hari Senin, Tanggal 16 Mei 2011 dinyatakan sebagai Cuti Bersama,” demikian siaran pers tersebut.

Bagaimana di Batam ?

Muslim Bidin Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam saat kami hubungi melalui sms,  akan berkoordinasi dulu dengan Provinsi, ” untuk prihal tersebut diatas kami minta informasi dari provinsi ”  ujarnya.

Mudah-mudahan saja tidak libur dan pengumuman UN SMA/SMK/MA Tahun 2011 dapat diumumkan hari senin tanggal 16 Mei 2011.

Di Bali .

Propinsi Bali menempati posisi pertama tingkat kelulusan Ujian Nasional (UN). Dari 2.490 siswa hanya 10 siswa yang dinyatakan tidak lulus.

“Di Bali hanya sepuluh siswa yang tidak lulus UN atau 0,04 persen dari jumlah peserta di provinsi tersebut,” ujar Menteri Pendidikan Nasional, M Nuh, dalam jumpa press di kantornya, Jl Jendral Sudirman, Jakarta, Jumat (13/5/2011).

Sedangkan provinsi dengan presentase ketidaklulusan UN tertinggi adalah Nusa Tenggara Timur, yakni dari 32.532 peserta, 1.813 siswa dinyatakan tidak lulus.

Untuk rata-rata Nilai UN pun, Bali menduduki peringkat pertama nasional dengan rata-rata nilai 8,40. NTT pun menjadi menempati posisi juru kunci dalam peringkat rerata nilai UN, yakni dengan rerata nilai 6,87.

“Ini Bali dan NTT cuma beda satu pulau tapi hasil UN-nya beda sekali,” kata Nuh.

Hasil UN ini, dikatakan Nuh, tidak hanya akan menjadi dasar kelulusan siswa, tetapi juga untuk memetakan pendidikan nasional. Pemetaan tersebut akan menjadi dasar kebijakan Kemendiknas.

“Tentu tiap daerah berbeda kebijakannya. NTT tentu akan beda dengan Papua. NTT APBD-nya saja sangat kecil sementara Papua ada dana Otsus (Otonomi Khusus-red),” kata Nuh.

Hasil UN ini kini tengah dikirim ke sekolah masing-masing. Selain nilai UN, sekolah juga akan mempertimbangkan kepribadian siswa dan nilai muatan lokal untuk menentukan lulus tidaknya anak didik mereka. Rencananya, pengumuman UN untuk SMA akan dilakukan serentak pada 16 Mei mendatang.

9 Tanggapan

  1. Saya mw nanya pak,,, Gmn klo hasil ujian itu salah,, pada siapa kita mencari info tersebut
    ????

    Suka

  2. pak,kalau bsa ngeliat hasil kelulusan scra online gmna caranya ya pak??
    mohon bntuannya…

    Suka

  3. wow katanya bisa online liat kelulusan 2011, sampe kini gak ada yg bisa dilihat, or gimana caranya balasannya saya tunggu.

    Suka

  4. saya ingin tau hasil kelulusan smk pgri 2 palembang

    Suka

  5. pak kalau mau liat pengumuman UN 2011 dari online, gmn caranya ya pak?? mohon bantuannya.. makasih..

    Suka

  6. Assalamu’alaikum wr.wb

    Liat Pengumuman UAN MA Yapis tahun 2011 gimana pak, mohon bantuannya. . . . . . . . .

    Hubungi e-mail saya :
    m_natsir@rocketmail.com

    Makasih banyak pak 😀

    Suka

  7. pak tolong secepatnya nilai hasil un di bagikan kami sangat penasaran.

    Suka

  8. tolong pak untuk nilai yang di bali khususnya di smk nasional denpasar..
    saya tunggu
    GPL

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: