Iklan Kiamat


Iklan seperti ini banyak terpasang di sepanjang jalan di Batam. “Kirain itu iklan radio yang mau siaran” ujar Andre .  Iklan ini sudah hampir setengah tahun terpasang, malah sudah ada yang diganti karena buram. “Jadi itu iklan Kiamat toh ” lanjut Andre lagi .

Iya itu memang iklan hari kiamat yang akan jatuh pada 21 Mei 2011 sebagaimana tulisan dibawah :

Lupakan spekulasi bahwa akhir dunia akan terjadi pada 12 Desember 2012 sebagaimana akhir penanggalan Bangsa Maya. Sebuah kelompok Kristen independen di AS bahkan meramalkan kiamat akan datang lebih cepat: 21 Mei 2011 mendatang.

Adalah Marie Exley, veteran Angkatan Darat AS yang gencar mengkampanyekan peringatan kiamat ini. Exley adalah anggota gereja independen AS yang berkotbah melalui siaran radio dan Internet. Kelompok gereja ini mengklaim mendasarkan ramalannya pada Alkitab.

Mereka gencar menyebarkan pesan kiamat melalui papan reklame, bangku-bangku di halte bus, karavan, dan mengerahkan sukarelawan menyebarkan pamflet-pamflet di berbagai sudut kota, dari Bridgeport hingga Little Rock, Arkansas. Untuk menyebarkan pesan itu di luar AS, mereka bahkan punya kelompok sukarelawan yang akan berkeliling Afrika dan Amerika Latin.

“Banyak orang mungkin berpikir: kiamat akan datang, ayo berpesta. Tapi kami diperintahkan Tuhan untuk memberi peringatan,” kata Exley. “Aku bisa saja seperti orang lain, tapi akan lebih baik tahu ketika kiamat tiba, Anda tahu, Anda akan selamat.”

Pada bulan Agustus, Exley meninggalkan rumahnya di Colorado Springs, untuk bekerja di sebuah radio komunitas di Oakland, California. Radio tersebut adalah radio pelayanan Kristen yang dipimpin Harold Camping– orang yang paling bertanggung jawab atas ramalan akhir zaman versi ini.

“Jika Anda masih ingin mengatakan kami gila, silakan. Tapi tidak ada salahnya untuk melihat pesan ini,” kata Exley.

Harold Camping (89) yakin Alkitab pada dasarnya memiliki fungsi sebagai kalender kosmik yang menjelaskan dengan pasti hal-hal yang bisa diramalkan.

Pensiunan insinyur itu mengklaim kalkulasinya didasarkan pada Alkitab. Berbagai peristiwa eksternal, seperti berdirinya negara Israel pada 1948, menurutnya adalah tanda-tanda yang mengkonfirmasikan akurasi kalkulasinya. “Tanpa keraguan, aku berpendapat 21 Mei adalah hari pengangkatan dan penghakiman,” kata dia.

Camping percaya, di bulan Oktober 2011, orang-orang yang beriman akan dibawa ke surga dan para pendosa tetap berada di Bumi untuk menerima siksa.

Bagaimana jika 21 Mei berlalu tanpa ada apapun?

“Kalau 21 Mei berlalu dan aku masih di sini, berarti aku tak diselamatkan. Apakah itu berarti firman Tuhan tak akurat? Tidak sama sekali,” dia berkilah.

Prediksi Camping tak diamini banyak gereja lainnya. Kata mereka, tak seorangpun yang bisa memastikan hari atau jam semesta akan berakhir. Ramalan ala Camping bukan hal baru. Seorang pemimpin kelompok Baptis, William Miller pernah meramalkan dunia berakhir 22 Oktober 1844 silam, namun toh matahari masih bersinar terang sampai hari ini.

Banyak orang yang terkecoh dengan papan iklan dimaksud,  sebagaimana kata Prayuza Zafin Muhammad : “gila , nih salah satu cara buat ngelunturin iman…astagfirullah”..!
Sementara  Dhanny ‘Chappy’ Monroe berkomentar :  “ini cuma trik pemasaran radio tsb”.

Arfin Efendi : “propaganda ini sudah lama, kok. gue tahu juga bacanya di internet. ini keknya kelompok sekte tertentu dari agama kresten”.

Banyak komentar tentang iklan ini bahkan  ada yang mempertanyakannya  apa tidak ada pengawasan dari pemerintah. Sebagaimana di tulis oleh  Hang Dabo  dalam FB nya : ” iklan kayak gitu pemko apa enggak bisa dibredel, sekalian sama radionya juga di tutup.

Kurang jelas juga apakah frequensi yang digunakan radio  itu  legal,   yang tahu KPI dan Balai Monitor. Soal retribusi atau pajak reklame , yang tahu persis ya Dinas Pendapataan Daerah.

14 Tanggapan

  1. – udah lama saya lihat iklan itu di ruas jalan batam, ada jg yg berbahasa inggeris, saya kira itu iklan sebuah acara radio, tp tenyata peringatan kiamat. sungguh aneh ada orang batam yg percaya………

    Suka

  2. aneh-aneh aja

    Suka

  3. ada-ada aja, iklan sampe segitunya

    Suka

  4. Soal Substansi, Kiamat nya:

    Kiamat memang datang.. Alqur’an Hadis juga banyak mendeskripsikan itu (dapat diramal). Kiamat memang datang, tapi tidak seperti yang dipahami umum saat ini. kita harus kaji ulang Kiamat, jika kiamat itu menunjuk pada pecah belahnya dunia ini, maka itu jauh dari ilmu hakekat.

    Menurut pemahaman saya Kiamat itu secara tata bahasa artinya “Bangun Tidur/Terjaga”. Pemahaman saya mengikuti sejumlah ilmuwan/guru besar di Islam. Agak berani, tapi banyak topangan ayatnya. Kiamat menurut saya adalah hari bangkitnya kesadaran ruhaniah …

    Banyak yang mengaitkan itu dengan Surat Al Jalzalah/Kegoncangan) .. ada kegoncangan, .. bumi mengeluarkan isi perutnya .. pada hari itu kamu melihat gunung2 berterbangan seperti kapas, lalu ditiupkan sangka kala. (Al Jalzalah) saya berani mengatakan gunung2 berterbangan di situ, dst itu bukan ayat kiamat melainkan ayat yang menceritakan kelahiran seorang bayi manusia .. itu bercerta tentang ruh Allah yang ditiupkan ke dalam jasad manusia (Nurullah, Nur Muhammad, Nur Insani) ketika Nur Allah dilepaskan dari asalnya (dihembuskan), terputuslah dari alam asalnya. Maka bayi manusia menangis ketika lahir, karena terpisah dari Tuhannya. Menangisnya bayi ini yang disebut terompet sangka kala dalam Surat Al Jalzalah itu. Lalu gunung berterbangan seperti kapas adalah ketika melahirkan si Ibu jadi lemah sehingga pandangannya kacau.

    Semua Nabi bilang Kiamat Sudah Dekat .. tetapi kok gk kiamat2. Apakah salah Firman dan Ajaran para Nabi?? (Eit.. nanti dulu, pemahaman kita tentang Kiamat yang salah). Sama halnya dengan mengartikan kata Buroq (secepat kilat), Sidratul Muntaha.. (Sadr = dada, muntaha=penghujung) dlm Isra’ Mi’raj.

    Ternyata kiamat itu ada dan itu peristiwa yang ditunggu2 manusia yang tau .. (Al Qur’an berkali2 nyebut Wayajribullahhul Amsal Linnas, Wa Ma ya’kilu ha illal ‘alimun .. Allah menjadikan itu perumpamaan bagi manusia, tidak ada yang paham kecuali yang berilmu).

    Kiamat itu hari yang dinanti2 kan seluruh ummat manusia… Tapi kiamat bukan ujungnya dunia, justru awalnya kehidupan di dunia. Kiamat hari yang sangat menyenangkan, tidak menakutkan… hanya semua itu sulit disampaikan kepada yang belum aqil sehingga disampaikan dalam bentuk Amsal.

    Ada Firman mengatakan: Akulah yang mendandani dunia ini dan Akulah yang memeliharanya. Lebih banyak Firman menggambarkan Allah tidak akan merusak ciptaaNya ketimbang ayat2 yang menggambarkan Allah akan merusak ciptaan Nya. Ibarat kita bangun rumah, apakah kita mau merontokkan rumah itu????

    Jadi kesimpulannya, Jika Kiamat itu seperti yang kita Pahami (bahwa bumi ini akan dihancurkan berkeping2), maka saya berani membantah bahwa itu tidak akan ada. Kiamat yang terjadi adalah peristiwa terjaganya/kebangkitan Ruh dalam diri Manusia. Ruh yang telah tau dari mana ia datang dan kemana ujungnya nanti akan pergi.

    Semua cerita itu hnya tambahan bumbu aja dan itu ajaran nenek moyang dulu, susah menjelaskan ya disampaikan dalam bentuk gampangnya saja dan menakutkan biar orang tertib. Kini otak kita udah berkembang. Susah jelasin Buroq (Al Barqun=Kilat) maka gampangnya kuda terbang kepala manusia.

    Sebagai dissenting opinion saja, tidak untuk diperbantah2kan.
    wassalam

    Suka

  5. Aslmkm…

    Ikut nimbrung niiih gan…
    Klo ngomong soal kiamat, kayany dah biasa dehh…mungkin karena saya seorang muslim yang dah dari kecil ketika ngaji telah banyak di cerita in…trus memang di Islam dah dari jaman Nabi Besar Muhammad SAW. telah diinformasikan tanda2 akhir jaman…sepanjang usia saya sampe sekarang bukti yg di beberkan Al-Quran dan Hadist nabi jelas banget ada, baik secara langsung maupun tidak langsung…nah disini sebenernya terbukti kualitas keimanan seseorang terhadap keyakinannya terbukti dan teruji…mereka yang non muslim…(maaf) terlihat kaget, ketakutan…dan berusaha mencari perlindungan hanya karena gunjang gunjing berhentinya waktu dunia…heheheee, saya hanya bisa tersenyum, jelas sudah Islam memberikan ketenangan dengan beriman pada yang hak dan nyata…terbukti saya tidak merasa kaget dengan informasi2 seperti itu (mungkin sama halnya dengan semua muslim di dunia)…Islam telah memberikan sinyal jauh2 hari tapi lebih kepada mempertebal iman dan keyakina…karena memahami mati pun di Islam ada lah sebuah kenikmatan…KEMBALINYA KITA KEPADA YANG MEMILIKI ALLAH SWT. Amieenn..

    Suka

  6. Gila ya. ada orang yg mau keluarin duit utk iklan kiamat. Apa sih motifnya? gw aja yang Kristen bingung…

    Suka

  7. hah! Ternyata! Baru tahu aku. Ada di dpn Panbil, simpang Kara…

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: