Jumlah Kelulusan UN SMP/MTs/SMPT Tahun 2010


3.254.365 Siswa Lulus UN Utama SMP/MTs/SMPT 2010

Sebagai mana di umumkan oleh Departemen Pendidikan Nasional  sebanyak 3.254.365 siswa atau 90,27 persen peserta lulus Ujian Nasional Utama SMP/MTs/SMPT 2010. Sementara, dari total 3.605.163 peserta UN terdapat 350.798 (9,73%) siswa yang mengulang UN.

Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) Mohammad Nuh menyampaikan hal tersebut saat memberikan keterangan pers tentang hasil UN SMP sederajat di Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas), Jakarta, Kamis (6/5/2010).

Angka kelulusan itu, jika dibandingkan tahun 2009 dengan jumlah peserta UN 3.441.815 siswa mengalami penurunan. “Tingkat kelulusannya tahun lalu 95,09 persen, tetapi masih ada kesempatan untuk ujian ulang. Mudah-mudahan bertambah (kelulusannya) ,” ujarnya.

Mendiknas menyebutkan, dari 9,73 persen siswa yang mengulang UN ada beberapa provinsi yang paling tinggi persentase mengulangnya, yakni Nusa Tenggara Timur (39,87%), Gorontalo (38,80%), dan Bangka Belitung (34,69%). “Paling kecil Provinsi Bali yakni 1,4 persen,” kata Mendiknas.

Adapun persentase siswa yang mengulang menurut jumlah mata pelajaran (MP), yakni ada 21,19 persen atau 74.317 siswa (satu MP), 37,14 persen atau 130.277 siswa (dua MP), 29,41 persen atau 103.185 siswa (3 MP), dan 12,26 persen atau 43.019 siswa (4 MP).

Mendiknas menyebutkan, terdapat 561 (1,31%) sekolah yang kelulusannya nol persen dengan jumlah siswa 9,283 (0,26%). Di sisi lain, lanjut Mendiknas, ada 17.852 sekolah (41,64%) sekolah yang kelulusannya 100 persen dengan jumlah siswa 1.116.761 siswa (31,32%).

Mendiknas menyampaikan daftar 102 sekolah yang masuk dalam 102 besar yang memiliki nilai rata-rata UN tertinggi. Mendiknas menyebutkan, peringkat pertama adalah SMP Negeri 1 Tulungagung, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur dengan jumlah peserta 394 siswa. “Lulus 100 persen dan nilai rata-rata UN 9,38,” ujarnya.

Sementara, Mendiknas menyebutkan, peringkat kedua adalah SMP Negeri 1 Denpasar, Kota Denpasar, Bali dengan jumlah peserta 295 siswa. Sekolah ini siswanya lulus 100 persen dengan nilai rata-rata sama, yakni 9,38. Selain itu, kata Mendiknas, disusun daftar 117 siswa yang nilainya tertinggi.

Mendiknas menyebutkan tiga siswa yang memiliki nilai tertinggi. Mereka adalah Fitriyan Dwi Rahayu, siswi SMPN 1 Karanganyar, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, Ni Made Yuli Lestari (siswi SMPN 1 Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali), dan Ni Kadek Indra Puspayant (siswi SMPN 1 Abiansemal, Kabupaten Badung, Bali).

“Nilainya 9,95 hampir 10 semua. Dan ini bukan di Semarang, DKI Jakarta, atau Jawa Timur, ada di kota kecil. Nanti sore barangkali Bapak Presiden SBY akan telepon ke kepala sekolah dari masing-masing sekolah ini. Kami pun juga akan memberikan penghargaan bagi sekolah-sekolah terbaik ini,” katanya.

Mendiknas mengatakan, para siswa yang memiliki nilai tertinggi ada di daerah menunjukkan bahwa prestasi tidak serta merta didominasi oleh kota-kota besar. “Artinya lokus tidak memberikan jaminan seseorang berprestasi. Buktinya yang juara bukan di ibukota provinsi, tetapidi daerah terpencil,” ujarnya.

Hasil UN akan diumumkan oleh masing-masing sekolah besok (Jumat). Namun, kata Mendiknas, yang terpenting masih ada ujian ulang pada 17-20 Mei 2010. “Masih ada 10 hari untuk persiapkan. Mudah-mudahan dalam jangka 10 hari mereka bisa persiapkan dengan baik. Kepala sekolah, guru, dan orang tua kita semua tetap memberikan dukungan, dorongan, dan motivasi, sehingga Insya Allah bisa sukses,” katanya.***

29 Tanggapan

  1. Ass…

    Bpk punya daftar nama siswa-siswi untuk SMP di Jember?

    Kalau punya, saya mnta pak?

    Suka

  2. Bali gitu loh…! tingkat kelulusan siswa
    SMA ma SMP-nya tetep jadi yang terbaik…
    Viva Bali forever!!

    Suka

  3. Mahkamah Agung (MA) melarang pemerintah melaksanakan Ujian Nasional (UN). MA menolak kasasi gugatan Ujian Nasional (UN) yang diajukan pemerintah. Dengan putusan ini, UN dinilai cacat hukum dan pemerintah dilarang menyelenggarakan UN. Batas waktu pelarangan UN ini berlaku sejak keputusan ini dikeluarkan dan sebagai konsekuensinya pemerintah ilegal melaksanakan UN 2010. Pemerintah baru diperbolehkan melaksanakan UN setelah berhasil meningkatkan kualitas guru, meningkatkan sarana dan prasarana sekolah serta akses informasi yang lengkap merata di seluruh daerah.
    Untuk diketahui, MA memutuskan menolak kasasi perkara itu dengan nomor register 2596 K/PDT/2008 yang diputus pada 14 September 2009. Dalam putusan tersebut disebutkan para tergugat, yakni Presiden,Wakil Presiden, Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas),dan Ketua Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP),dinyatakan lalai memberikan pemenuhan hak asasi manusia (HAM) terhadap warga negara, khususnya hak atas pendidikan dan hak anak yang menjadi korban UN, sehingga kasasi pemerintah ditolak.
    Pemerintah juga dinilai lalai meningkatkan kualitas guru, terutama sarana dan prasarana sekolah, akses informasi yang lengkap di seluruh daerah sebelum melaksanakan kebijakan UN. Pemerintah diminta pula untuk segera mengambil langkah-langkah konkret untuk mengatasi gangguan psikologis dan mental peserta didik usia anak akibat penyelenggaraan UN

    Pembelajaran yang baik dari dari pemerintah, yaitu pendidikan untuk tidak menghormati hukum. Yang berkuasa yang berhak mengatur hukum.

    Semoga Allah menurunkan hukum kekuasaannya untuk mereka semua dan anak keturunannya.

    Suka

  4. ya allah moga aq lulus 100% amien ya allah n aq pingin kwn 2 aq lulus jga amien ya allah

    Suka

  5. asalamualaikum……
    bpk punya data hasil kelulusan siswa-siswi mts.n anyer kab.serang .

    kalau pnya kirimin yua pak …. makasih

    Suka

  6. Mudah-mudahan saya lulus, mas situs hasil un apasih, kok susah di akses? Saya deg-degan..

    Suka

  7. Posting yang menarik, salam kompak dan semoga sukses.
    Silahkan kunjungi Blog kami http://www.harisistanto.wordpress.com, baca posting baru kami berjudul : “Pompa Turbin pertama di Kabupaten Sikka”, serta artikel lain yang bermanfaat, dan mohon diberi komentar. Terima kasih.

    Suka

  8. semoga aku dan teman2 ku di sumatera LULUS ya ALLAH! AMIN

    Suka

  9. Pemerintah perlu mengevaluasi syarat kelulusan. Ada siswa yg pinter bahasa Inggris tapi kurang dalam matematika, jadi tidak lulus. Apa harus seseorang itu pinter di segala bidang ?

    Suka

  10. Posting yang menarik, salam kompak dan semoga sukses.
    Silahkan kunjungi Blog kami http://www.harisistanto.wordpress.com, baca posting baru kami berjudul : “Sepeda motor hybrid, kenapa tidak?”, serta artikel lain yang bermanfaat, dan mohon diberi komentar.
    Terima kasih.

    Suka

  11. Mohon dikirim daftar Hasil UN SMPN di kota Mojokerto . . . . . terima kasih . . . . .

    Suka

  12. Pak daftar kelulusan SMPN 34 jakarta utara pak saya minta

    Suka

  13. mohon kiriman daftar nama hasil un smpn 1 jatirejo mojokerto.thank’s ya gan.

    Suka

  14. Pak boleh minta daftar nilai SMP Djuwita di kota batam??

    Suka

  15. alhamdulillah gw luluz,,,,,,,,,

    Suka

  16. alhamdulillah q Ntmen2 q lulus smua,mudah”sn nanti q d terima d sekolah tinggi. Amieen…..

    Suka

  17. bpk…saya boleh minta daftar nama-nama siswa-siswi yang lulus dari SMP JIWANATA surabaya?

    Suka

  18. Bapak… saya sangat membutuhkan informasi MTSN 7 Model Jakarta Timur. Tentang kurikulumnya (apakah selain kurikulum dari depag, apa dari depdiknas juga).
    Bagaimana tingkat kelulusan UN nya, prestasi apa saja yang pernah didapatkannya?

    Saya sangat menunggu penjelasannya.
    Terima kasih

    Suka

    • Salam … maaf kan saya tak dapat memberikan informasi yang di butuhkan…. kalau smp islam hang tuah boleh lah saya berikan ….

      ________________________________

      Suka

  19. mhn info dftr sswa lulus smpn 15 semarang

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: