Berita Sekitar Pengumuman Kelulusan UN SMP/MTs Tahun 2010


Besok Jumat (7/5) rencana pengumuman kelulusan UN siswa tingkat SMP dan MTs di Batam, pagi sekitar pukul delapan kepala sekolah disuruh datang ke kantor Dinas Pendidikan Nasional (Diknas), dan petang nya baru dilaksanakan pengumuman kelulusan. Begitu pengumuman yang di sampaikan ke masing masing sekolah yang berada di Batam.

Belum ada kabar berapa persen kelulusan tahun ini untuk tingkat kota Batam. Dan lagian seperti nya kelulusan tingkat SMP ini tak begitu “semeriah” menanti pengumuman kelulusan tingkat SMA sederajat.

Mungkin hal ini menyangkut kelanjutan ke jenjang universitas ada batas waktu pendaftaran. Dan lagian kalau tak lulus pun tingkat SMP bisa masuk ke SMA sembari menunggu ujian ulang dan tahun depan nya masih bisa mengikuti ujian ulang ada dua tahun lagi, kita tetap dapat terus belajar masuk di kelas SMA.

Namun dari beberapa berita yang ada di media elektronik menteri pendidikan telah memberitahukan tentang kelulusan murid SMP ini. Dan bagi yang tidak lulus dapat mengulang pada tanggal 17 – 19 Mei mendatang

Duh, 561 Sekolah 100 Persen tak Lulus UN SMP

Mendiknas M Nuh

JAKARTA–Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas), M Nuh, menyebutkan, terdapat 561 (1,31 persen) sekolah yang kelulusannya nol persen dengan jumlah siswa 9.283 (0,26 persen). Di sisi lain, ada 17.852 sekolah (41,64 persen) yang kelulusannya 100 persen dengan jumlah siswa 1.116.761 siswa (31,32 persen).

”Sekolah yang kelulusannya 0 persen paling banyak di Jawa Tengah, sebanyak 84 sekolah kelulusannya 0 persen, kedua Jawa Timur Sebanyak 31 sekolah, dan ketiga DKI ada 6 sekolah,” ujar Mendiknas di Gedung Kemendiknas, Kamis (6/5).

Mendiknas lantas menyampaikan, ada 102 sekolah yang masuk dalam kelompok yang memiliki nilai rata-rata UN tertinggi. Mendiknas menyebutkan, peringkat pertama adalah SMP Negeri 1 Tulungagung, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur dengan jumlah peserta 394 siswa. ”Lulus 100 persen dan nilai rata-rata UN 9,38,” ujarnya.

Sementara, Mendiknas menyebutkan, peringkat kedua adalah SMP Negeri 1 Denpasar, Kota Denpasar, Bali dengan jumlah peserta 295 siswa. Sekolah ini siswanya lulus 100 persen dengan nilai rata-rata sama, yakni 9,38. ”Ini aneh, kalau di Provinsi NTT nilai kelulusan peserta UN yang lulus rendah, di sebelahnya, Bali, nilai UN-nya baik,” jelasnya.

Di Bandung

Siswa Kurang Pede, Kelulusan UN SMP di Bandung Turun 0,85 Persen

Suasana UN di sebuah sekolah.

Tingkat kelulusan siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) pada ujian nasional (UN) tahun 2010 di Kota Bandung menurun hingga 0,85 persen. Tahun sebelumnya, tingkat kelulusan siswa SMP mencapai 99 persen, namun pada tahun ini hanya mencapai 98,15 persen.

Menurut Kepala Bidang Pendidikan Sekolah Menengah Pertama (PSMP) Dinas Pendidikan Kota Bandung, Dede Amar, turunnya tingkat kelulusan tahun ini tidak hanya dialami di Kota Bandung tetapi juga secara nasional. Ada beberapa faktor yang menurutnya memengaruhi penurunan tingkat kelulusan tahun ini. Salah satunya adalah siswa tidak merasa percaya diri dengan kemampuannya.

”Siswa lebih percaya kunci jawaban yang beredar dibandingkan kemampuan mereka,” ujar Dede kepada Republika, Kamis (6/5).

Padahal, kata Dede, pihak sekolah dan Dinas Pendidikan Kota Bandung sebelumnya telah memeringati para siswa yang memeroleh kunci jawaban bahwa kunci jawaban itu palsu. Untuk jumlah pasti siswa yang gagal, Dede menolak untuk menyebutkannya. Ia hanya memberikan kepastian mengenai turunnya tingkat kelulusan SMP pada tahun ini. Yang jelas, jumlah siswa yang mengikuti UN sebanyak 34.882 orang.

Disebutkan Dede, pada UN tahun ini, jumlah siswa yang mengikuti ujian susulan sebanyak 631 siswa tersebar di berbagai sekolah di Jawa Barat. Untuk pengumuman kelulusan UN siswa SMP sedianya akan dilakukan pada Jumat (7/5). Bagi siswa yang gagal UN dipersilakan mengikuti ujian ulangan pada 17 – 19 Mei mendatang.

Iklan

8 Tanggapan

  1. aku makin deg-degan soalnya Q juga SMP di Jateng………….

    Suka

  2. Harapan kita , dengan adanya kelulusan yang tinggi betul- betul mencerminkan kwalitas pendidikan yang lebih bagus.

    Suka

  3. . takutt lagh …
    . nntii mao liiat no ,,
    . kiira.2 lulus gg ea …!!!
    . moga.2 ajj akk n tman.2 siiswa siiswi smp smua.a lulus …!!
    .AMIIN

    Suka

  4. Haduh, mudah-mudahan saya lulus, amin. Deg degan nih hasil un belum diketahui sampai sekarang, ada yang punya daftar situs untuk mengetahui hasil un ga?..

    Suka

  5. moga w lulus.. a-
    moga w dped nilai yg gde…
    w deg2an nee…

    Suka

  6. adduhh,, deg.ddegg.an.. 🙂

    Suka

  7. huginurgniujrmnij t,biokmtr

    Suka

  8. Mengapa tidak di up load daftar nilai UAN SMP untuk panduan memilih SMA?

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: