Kuburan dan Wisata


rumah kediaman kakak Noordin M Top di Kampung Melayu Pontian Johor

rumah kediaman kakak Noordin M Top di Kampung Melayu Pontian Johor

Sewaktu dua tulisan ku menyangkut almarhum Noordin M Top, yaitu  Ziarah ke Makam Noordin M Top di Pontian Johor Malaysia dan  Semalam di Ulu Tiram Johor Malaysia (Rumah Noordin M Top) banyak sekali komentar yang masuk.

Ada yang menanggapi kalau aku itu kayak enggak ada kerjaan, ada yang komentar bilang  “serem” , ada yang bertanya apakah aku pengagum Noordin M Top. Kalau rekan dari Malaysia, terutama yang tinggal dan bermukim di Johor, malah merasa keduluan.  Jadi macam macam komentar puluhan banyak nya.

Ya aku senyum – senyum saja menanggapi nya, karena pertanyaan banyak juga yang langsung di tujukan kepadaku. Dan rasanya perlu juga ku jelaskan sedikit, kedatangan ku kesana hanya ingin melihat makam dan tempat tinggal Noordin M Top, aku yakin beberapa tahun ke depan makam ini akan menjadi sejarah, kalau tidak berlebihan sama dengan makam makam yang lain.

Aku pernah bepergian mulai dari ujung pulau Jawa (Gresik) sampai ke Cirebon, mengunjungi makam, yaitu makam walisongo yang terkenal itu. Banyak peziarah ke Mesir antara lain yang dilihat dan dikunjungi disana adalah piramid, piramid tak lain adalah “kubur” dari para firaun.

Di Batam banyak para turis datang ke Pulau Galang, mereka mengunjungi kubur, kubur nenek dan orang tua mereka puluhan tahun yang lalu, saat terusir dari negara mereka Vietnam sana.

Salah satu tempat yang di kunjungi jamaah haji kalau ke Kota Madina Almunawarah, adalah ke makam Nabi Muhammad SAW.

Berkunjung ke Phnom Phen Kamboja, kita akan di tawari oleh rekan disana untuk mengunjungi killing field,  ladang pembantaian, konon kabar nya setiap tahun jutaan turis manca negara ke ladang pembunuhan itu.

Berita anyar Makam Gus Dur pun akan di buat jadi tujuan wisata, kenapa tidak?.

Di Jakarta tepat nya Tanjung Priok, ratusan orang luka dan beberapa orang meninggal karena makam orang yang sangat di hormati hendak di bongkar?…………Tragedi Berdarah Tanjung Priok (Menyatunya Kebencian Dendam Dan Kemarahan)

Makam Noordin M Top.

disuguhi minuman air teh manis.... kakak dan abang Noordin M Top

disuguhi minuman air teh manis.... kakak dan abang Noordin M Top

Sewaktu berkunjung kerumah kakak Noordin M Top, kami di terima kakak perempuan dan abang iparnya. Rumah sederhana ini tak berapa jauh dari pemakaman umum tempat dimana Noordin M Top bersemayam.

Cerita tentang masa kecil dan setelah dewasa, tak ada yang begitu istimewa, hanya saja dari semua saudaranya Noordin M Top lebih pandai dalam hal pembelajaran.  Cerita itu mengalir begitu saja dari bibir perempuan paroh baya itu. Mereka pun kini tak terlalu merasakan kehilangan lagi, dan tak merasa di curigai lagi. Dan tak ada seorang pun yang datang kerumah mereka lagi.

Itulah mungkin yang membuat mereka agak terkesima dengan kedatangan kami, tetapi setelah kami jelaskan hanya ingin ziarah saja, cerita pun jadi lancar mengalir.

Cerita soal dua burung hijau yang terus terbang mengiringi jenazah sejak dari lapangan terbang hingga ke Masjid Kampung Melayu sebelum jenazah di shalatkan.  Begitu banyaknya  orang yang datang menshalatkan hingga beberapa kali rombongan.  Tak kalah seru nya adalah awan yang berlafaskan Allah terlihat di langit Pontian.

Kami mendengar kan saja cerita kakak Noordin M Top, kelihatan dia begitu sayang terhadap adik nya itu. Kepada kami pun di tunjukkan baju dan souvenir lainnya pemberian dari crew tv yang dulu meliput dan mewawancarai mereka. Sebagai mana dulu saat di tanya oleh pemberita, kepada kami pun dia tetap menganggap adik nya tak sejahat yang dituduhkan “biar lah berapa puluh tahun ke depan orang akan tahu yang benar itu benar yang salah itu salah” ujar nya menanggapi.

Air teh manis hidangan dari kakak Noordin M Top telah habis kami minum, kami pun mohon pamit pulang.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: