Aceh Bergolak Lagi


Hari ini Sabtu (6/3) Amien Rais di Batam, “Ngapain pak Amien ke Batam pak” tanya Nur Lely kepadaku dalam  pesan di FB nya . “Meresmikan Taman Kanak Kanak Aisyiah salah satunya ” jawabku.

Tetapi sebelumnya pak Amien menyampaikan Tabligh Akbar di Pusat Muhammadiyah Asean Tembesi, dalam ceramah  itu disinggungnya bahwa di Aceh pada tahun 1995 ia terpilih menjadi Ketua Umum Pimpinan Pusat Muahammdiyah.

Saat itu aku pun hadir disana sebagai penggembira saja. Almarhum Pak Harto dan Ibu Tien datang juga ke kota yang di sebut serambi Mekkah itu. Karena pak Harto yang membuka Muktamar Muhammadiyah.

Jadi ingat Aceh , sepekan ini sejak 25 Februari hingga 5 Maret 2010 aku mengunjungi Myanmar atau Burma, dari Batam dengan Fireply ke Kuala Lumpur, kemudian dilanjutkan dengan jalan darat menuju Perlis wilayah Malaysia yang berbatasan dengan Thailand Selatan.

Di Setun Thailand tak terlihat sekatan jalan raya sebagaimana kalau kita melalui Kelantan Malaysia –  Narathiwat Thailand, begitupun dari Kedah Bukit Kayu Hitam Malaysia – Danok Hatyai Thailand sekatan tentara yang berjaga sepanjang jalan raya banyak di temui.

Menjelang Phuket dan Krabi terdapat beberapa sekatan tentara yang berjaga, dengan senapan terkhunus mereka memeriksa kenderaan yang mungkin di curigai, karena tak semua kenderaan yang lalu lalang melalui sekatan di tengah jalan itu terlihat di periksa. Tentara penjaga disebelah Phuket dan Krabi lebih rama dari pada tentara yang berjaga di Yala, Patani dan Narathiwat, mereka dengan sunyum menyapa kami dalam bahasa melayu. Aku tahu itu karena acap ke sana.

Tidak hanya sekatan dengan pagar kawat berduri dan gundukan pasir dalam goni (karung) Patroli jalan raya dengan senapan terkhunus pun akan kita lihat di sepanjang jalan di Patani, Yala, Narathiwat. Namun arah ke provinsi  Songkla sekatannya agak jarang terlihat, tidak sebanyak di tiga provinsi yang sedang bergolak itu.

Kembali ke Aceh, saat Mukatamar Muhammadiyah yang membawa Amien Rais terpilih jadi Ketum PP aku ke sana naik pesawat terbang , jadi tak terlihat sekatan jalan rayanya. Tetapi bila kita naik Bus dari Medan selepas Lhok Seumawe sekatan sekatan jalan raya seperti di Thailand Selatan itu banyak dijumpai dispanjang jalan. Gundukan pasir dalam karung  dan pagar kawat berduri di pinggir jalan setinggi 1 sampai 1,5 meter dengan pondok penjagaaan dan tentara yang berjaga adalah pemandangan yang biasa terlihat di daerah yang bergolak.

Saat Tsunami di Aceh aku pun kesana, juga dengan Bus. Pondok pondok pemeriksaan itu pun masih terlihat disepanjang jalan. Malah saat hubungan telpon sulit karena tak ada signal aku meminjam sambungan satelit dari tentara yang berjaga di pinggir jalan untuk mengabarkan keadaan banjir dan tumpukan barang barang bantuan di dalam kendaraan yang terhalang banjir. Padahal saat itu  sudah 5 tahun DOM di cabut dari bumi Serambi Mekkah itu.

Perdamaian Aceh

Sewaktu Pasangan SBY-JK memerintah, banyak kemajuan keamanan dan perdamaian di Aceh, peran JK dalam hal perdamaian di sana tidak dinafikan, meskipun dalam kampanye  pilpres 2009 , keberhasilan itu di klaim juga oleh pasangan JK dalam hal ini SBY adalah keberhasilan bersama.

Kini pak JK digantikan oleh pak Boediyono sebagai pasangan SBY memerintah, akankah  Boediyono sepiawai JK dalam hal menyelesaikan konflik?…. Buktikan lah karena sekaranglah saat nya perlu pembuktian.

Karena kemarin saat kampanye masih segar dalam ingatan konflik konflik itu adalah keberhasilan bersaama, kini Aceh bergolak lagi, ada teroris katanya disana, kami sebagai rakyat biasa ingin penjelasan dan pembuktian.

Janganlah ini dibuat sebagai pengalihan issu yang sedang menghangat sekarang seperti issu kasus bank century yang juga masih tak jelas ujung pangkal dan kemana arah penyelesaiaannya.

Kalau kita baca tulisan tulisan di era DOM yang begitu memilukan hati, malah kekejaman itu disamakan dengan killing filed di Kamboja, hendaknya jangan lah hal itu terulang kembali. Rakyat Aceh sudah sangat menderita.

6 Tanggapan

  1. Saya merasakan konflik-konflik yang adanya sebuah kesatuan berbasiskan modal Kesatuan Eropa dengan adaptasi lokal.

    Sila baca artikel saya http://imgettingpersonal.blogspot.com/2010/02/i-present-to-you-nusantara-union.html

    Terima kasih

    Suka

  2. Proyek lagi Nih.

    Suka

  3. nice post😀

    Suka

  4. mudah2an tdk trjadi

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: