Masjid Bersejarah Di Asean (Thailand)


Nick Naseer mantan Presiden Youth Muslim Asosiation Thailand (YMAT) baju merah, berbincang dengan YLKM Batam dan turunan ke 13 Raja Patani, juru kunci masjid (pakai songkok putih) diberanda masjid tua (masjid kresik) yang telah berusia 400 tahun, disitu terjadi tragedi berdara puluhan muslim tewas tertembak tentara Thailand di era pemerintahan Thaksin

Nick Naseer mantan Presiden Youth Muslim Asosiation Thailand (YMAT) baju merah, berbincang dengan YLKM Batam dan turunan ke 13 Raja Patani, juru kunci masjid (pakai songkok putih) diberanda masjid tua (masjid kresik) yang telah berusia 400 tahun, disitu terjadi tragedi berdara puluhan muslim tewas tertembak tentara Thailand di era pemerintahan Thaksin

Alhamdulillah dapat mengunjungi beberapa Negara Asean, Yayasan Lembaga Konsumen Muslim (YLKM) Batam  disamping melihat langsung tempat –tempat  makanan halal seperti restoran, juga memang menyengajakan diri untuk mengunjungi masjid-masjid yang ada.

Seperti masjid yang ada di Pnom Penh (Kamboja) yaitu masjid Internasional Dubai, di Hanoi (Vietnam) ada masjid Al Nour yang dulu nya bekas kuil,sementara di ibukota Laos Vientiane ada masjid Jamik Pakistan.

Namun di ketiga Negara itu masjid tidak sebanyak di Thailand, terutama di daerah Selatan Thailand di 4 provinsi nya, cukup banyak masjid berdiri, dari masjid yang memang di bangun oleh kerajaan Thailand sampai lah  masjid yang memang sejak sebelum kerajaan Patani takluk kepada Thailand masih dapat di jumpai.

Salah satu masjid tua disitu terkenal dengan sebutan masjid Kresik (baca Krisik), masjid ini terletak di provinsi Patani. Banyak kisah suka duka tentang masjid bersejarah ini, pernah di tahun 2004  terjadi pembunuhan oleh tentara Thailand di masjid ini puluhan syuhada tewas di brondong senjata tentara, padahal mereka sedang sholat di dalam nya.

Masjid Kresik ini telah berusia lebih 400 tahun, aneh memang bangunan yang terletak di tengah tengah lebuh raya (high way) ini seakan hendak di hancurkan. Masjid ini pun tak beratap (kubah) dinding nya nya pun hanya terbuat dari pasangan batu bata yang tak berplaster , bekas – bekas peluru  masih jelas terlihat di dinding nya.  Diberanda masjid itu lah sambil menunjukkan bebaks bekas lubang peluruh pengurus masjid yang masih turunan ke 13 Raja Patani bercerita kepada kami, “Kami tidak mau tapak masjid ini dipindahkan karena nak dibuat jalan oleh kerajaan Siam“ ujarnya

Kisah pembunuhan oleh tentara Thailand terhadap umat Islam di dalam masjid sering terjadi baru baru ini di masjid Al Furqon di Provinsi Narathiwat puluhan jamaah yang sedang shalat Isya juga tewas di brondong senjata tentara yang memang rutin mengadakan patroli.

Kalau kita berjalan dari Sadao provinsi Yala Thailand  Selatan perbatasan dengan Bukit Kayu Hitam Malaysia sampai ke Mei Sai provinsi Chiang Rai di Tahiland Utara, hampir di seluruh provinsi yang dilalui dapat di ketemukan masjid.

Malah di daerah  utara Thailand  terdapat masjid seluruh komunitasnya adalah orang –orang china ,  bahkan mereka memiliki Bank Syariah, Restoran halal, begitu juga Hotel dan penginapan.

Di Bangkok ibukota Thailand terdapat Islamic Center di situ pun ada masjid cukup besar , bahkan di bandara Internasional Swarnabhumi disediakan ruangan untuk dijadikan masjid yang dapat menampung jamaah ratusan orang.

Jadi tak hal yang sulit menemukan masjid, di provinsi Yala misalnya masjid nya menjadi pusat Jamaah Tablig berkumpul dari Asia Tenggara.

Di Chulalongkorn university terdapat pusat kajian halal center, bahkan laboratoriumnya konon terlengkap dan terbesar di dunia.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: