Pengumuman Hasil UN 2009 SMP/MTs Pun Diundur Hari Senin


Mendiknas Bambang Sudibyo

Mendiknas Bambang Sudibyo

Sama persis kasus nya dengan pengumuman hasil UN untuk SMA sederajat, pengumuman hasli UN untuk tingkat SMP sederajat pun diundur ke hari senin tanggal 22 Juni 2009.

Pagi tadi puluhan siswa mendatangi sekolah, sebagian sudah ada yg tahu kalau pengumuman di undur, tetapi karena sudah janjian dengan teman -teman nya untuk berjumpa di sekolahan.

“Tak apalah” kata Rahayu dengan muka pasrah……. karena hampir diseluruh daerah pengumuman kelulus1218282705orang_miskin_dilarang_sekolahan ini di undur..

Mereka masih terlihat bergerombol dan bercengkerama, membincangkan kalau nilai nya tinggi akan masuk ke sekolah mana, dan ada yang masih tetap melanjutkan di sekolah Hang Tuah , “Aku mau ikut Drumband Sekolah”  ujar seorang siswa, rupanya dia tertarik masuk kembali ke SMK Hang Tuah karena ada Marching Band.

Di sekolah Hang Tuah pun kini punya fasilitas studio pemancar TV , meskipun hanya baru menjangkau beberapa kilometer, karena daya pancar nya baru 30 watt saja. Tetapi semua kegiatan mulai dari membuat berita, kameramen,editing, host, pembaca berita, lighting semua nya ditangani oleh siswa SMI , tidak saja jurusan multimedia , jurusan yg lain pun ikut serta.

Dibawah in kami kutip tulisan  dari koran lokal Batam Pos tentang penundaan pengumuman UN untuk SMP di seluruh Kepri :

Hasil Unjian Nasional (UN) yang menentukan kelulusan siswa SMP sederajat akan diumumkan Senin (22/6) pekan depan. Saat ini, Dinas Pendidikan (Diknas) Kepri sedang memproses hasil capaian nilai siswa tersebut, pasca menerima dari Departemen Pendidikan RI. ‘’Diknas berharap capaian nilai kelulusan siswa SMP sederajat memuaskan,’’ ujar Kadisdik Kepri, Arifin Nasir, Jumat (19/6). Arifin minta siswa tak perlu khawatir, jika saat UN bisa mengerjakannya dengan benar. ”Saya yakin, hasil kelulusan siswa SMP memuaskan,’’ katanya.


Hal yang sama juga diungkapkan Kadis Dikpora Tanjungpinang, Drs Ahadi. Menurutnya, hasil UN SMP akan diundur dari hari ini, Sabtu (20/6) ke hari Senin (22/6). Hingga kemarin, kata Ahadi, hasil UN SMP se-Provinsi Kepri belum diterima seluruh dinas pendidikan di kabupaten kota, karena masih berada di tangan Dinas Pendidikan Kepri. Dijadwalkan, hasil UN SMP 2009 itu baru akan diserahkan dari Disdiknas Kepri ke dinas pendidikan kabupaten/kota di Kepri hari ini sekitar pukul 14.00 WIB.


”Bisa jadi Senin (22/6) sore (pengumuman hasil UN SMP di Tanjungpinang, red) karena Sabtu siang (hari ini, red) pukul 14.00 WIB baru mau diserahkan Disdik Kepri ke Dinas Pendidikan kota/kabupaten,” kata Kadis Dikpora Tanjungpinang, Drs Ahadi, kemarin. Seperti halnya saat pengumuman hasil UN SMA sederajat awal pekan ini, pengumuman hasil UN SMP baru akan diterima masing-masing kepala sekolah Senin (22/6) pagi sekitar pukul 07.00 WIB. Setelah menerima salinan hasil UN dari Disdikpora selanjutnya masing-masing kepala sekolah melaksanakan rapat dengan majelis guru. Untuk menentukan kelulusan siswanya. Sebab, hasil UN hanyalah satu faktor penentu kelulusan. Faktor lainnya yang menentukan kelulusan adalah nilai hasil ujian sekolah, dan lain-lain.


Pengumuman hasil kelulusan siswa SMP ini, nantinya juga dilaksanakan seperti saat pengumuman kelulusan SMA. Setiap siswa diberi satu amplop tertutup yang berisikan jumlah hasil UN yang sudah dijalani. Namun, yang terpenting di dalam amplop tersebut berisikan hal yang sangat dinantikan yaitu lulus atau tidaknya mereka saat itu. Penundaan pengumuman hasil UN SMP ini sekaligus membuat kecemasan para siswa yang ikut UN, semakin menjadi-jadi. Berbeda dengan siswa SMA sederajat yang untuk masuk perguruan tinggi harus melalui beragam tes. Bagi siswa SMP hasil UN sangat menentukan di mana mereka akan melanjutkan pendidikannya selanjutnya. Sebab, nyaris semua sekolah menengah atas dan sederajat akan menerima siswa baru berdasarkan nilai hasil UN. Kecuali untuk sekolah rintisan berstandar internasional seperti SMAN 1 Tanjungpinang.


”Nilai UN akan sangat menentukan mau masuk ke SMA atau SMK mana nantinya. Kalau nilainya bagus bisalah masuk sekolah yang bagus. Tapi kalau nilainya jelek tak mungkin mendaftar di sana,” ujar salah satu siswa SMP di Tanjungpinang, Dewi. Dalam kesempatan ini, Arifin menambahkan Pemprov Kepri berencana memberikan beasiswa kepada 20 siswa SMA sederajat yang mampu meraih nilai tertinggi pada UN tahun ini. Dua puluh siswa ini terdiri 10 siswa SMA dan 10 siswa SMK.
Penyerahan beasiswa, dilaksanakan 2 Juli 2009 mendatang di kantor Pemprov Kepri di Tanjungpinang. ‘’Kita akan undang secara resmi, orang tua siswa bersangkutan. Pak Gubernur Kepri yang menyerahkan langsung beasiswa tersebut,’’ tutur Arifin. Pemberian beasiswa bertujuan memberi penghargaan pada siswa berprestasi di Kepri.


Menurutnya, tidak semua siswa bisa meraih prestasi ini. ‘’Pemprov juga akan memberi piagam penghargaan pada siswa berprestasi tersebut,’’ sambungnya.  Terkait 112 siswa SMK di Kepri dinyatakan lulus susulan, Arifin mengatakan ,kelulusan SMK tahun ini sedikit ada masalah di Departemen Pendidikan akibat adanya perubahan sistim penilaian terhadap ujian teori dan praktik. Awalnya, Diknas Kepri menaruh curiga, dan heran, mengapa nilai anak-anak ini tidak tercantum alias kosong. ‘’Lantas kita bertanya, dan selanjutnya departemen mengundang Diknas Kepri ke Jakarta. Kita utus Kepala Seksi yang menangani SMK untuk menanyakannya,’’ tambah Arifin. Lantas, setelah dilakukan pengecekan kembali, dinyatakan 112 anak tersebut dinyatakan lulus. ‘’Jika nilai mereka bagus, akan diberikan penghargaan juga loh,’’ tukasnya.

38 Tanggapan

  1. pengumuman di undurnya tuh secara umum atau di beberap lokasi aja?
    surabaya apakah juga salah satu kota yg pengumuman SMP nya di undur?

    Suka

  2. bagaimana kelulusan tahun 2009 lebih baik atau tidak bila dibandingkan dengan tahun 2008?
    Lalu bagaimana dengan nilainya apakah peningkatan / penurunan?

    terima kasih…

    Suka

  3. kenapa diundur???
    kan kasian menunggu
    jadi tambah deh deg-deg kannya…..

    Suka

  4. mengapa tidak diumumkan saja di internet nama-nama nya? kan akan lebih mudah para siswa melihatnya.

    Suka

  5. tapi kok di surabaya beberapa sekolah ada yang diundur dan tidak? mengapa hal seperti itu bia terjadi?

    Suka

  6. kalau pengumuman UN utuk SMP diaundur, untuk tingkat SD bagaiman ?.

    Suka

  7. hasil un smp kalo udah ada di salah satu situs web,,
    tolong kasih tau ya pak?
    mohon,,

    Suka

  8. Wah…sistemnya kok gak kokoh ?

    FREEDOWNLOAD YANG BEJAD-BEJAD DISINI

    Suka

  9. Kirain undur2 saja yg suka mundur..kok pengumuman jg ikut2 sih hehe…

    Suka

  10. […] Pengumuman Hasil UN 2009 SMP/MTs Pun Diundur Hari Senin Sama persis kasus nya dengan pengumuman hasil UN untuk SMA sederajat, pengumuman hasli UN untuk tingkat SMP sederajat […] […]

    Suka

  11. mencurigakan…kenapa harus diundur.

    :::Gratis Download Multimedia Sepuasnya:::

    Suka

  12. ia tuh bener banget…
    aku adja kemaren trun ke skul…
    eh ternyata pengumuman ny di undur lagi…
    huh….

    Suka

  13. Weleh… kok diundur…

    Suka

  14. banyak gak siswa yg tdk lulus

    Suka

  15. banyak gak siswa yg tdk lulus…???????????????????????????????

    Suka

  16. lulusan terbaik SD dapet beasiswa juga dari pak Gubernur enggak yaaa??? Mosok yg SMU ama SMP aja sih?

    Suka

  17. Diundur yah, sabar aja yah.

    NEW MIG33 4.10 BETA DOWNLOAD

    Suka

  18. semoga sistem makin lama semakin baik..
    Lanjutkan !!

    Maen kemari ya jika suka baca/donlot koran nasional versi epaper

    Suka

  19. mendingan nggak usah ada UAN aja, masak ada siswa masuk PMDK , UAN nggak dilulusken ?!

    Suka

  20. kasian yang udah dag dig dug dhueerr….

    Suka

  21. loh kok diundur??

    Suka

  22. ya sudah ditunggu saja.
    Kapan ya kita benar2 punya menteri yang bisa memperbaiki sistem pendidikan kita yang acakadul?

    Suka

  23. selamat atas pengumuman kelulusan

    Suka

  24. hm… padahal pengumuman UN itu kan sudah direncanakan. emangnya tidak ada usaha pihak berkait untuk meminimaliskan kemungkinan diundur…

    Suka

  25. dari pada menuai protes mending diundur…. Info yang sangat menarik, trim’s

    Suka

  26. Tulisan yang sangat menarik, kritis serta membangun…. trim’s

    Suka

  27. tahun depan saya nih yang ikutan UAN…hehe…

    wahh…koq update2 ya ini blog?? padahal pengen baca postingan lainnya…

    Suka

  28. cepetan donk …………………..

    Suka

  29. kpan pengumuman nyaaaaaaaa???????????????????

    Suka

  30. .haduh”…..
    .ko0g bkiindt deg”andt gto0w ee????

    Suka

  31. http://haris1aja.wordpress.com/
    Di klik yah
    Semoga artikelnya menarik yah

    hehehe numpang promo mas

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: