Suatu Hari Saat Shalat Jumat di Masjid Raya Batam


Shamin dan Saufi pemuda asal Singapura di Masjid Raya Batam mereka pun suka pakai Jeans dan kaos saat shalat kaos dimasukkan ke dalam Jeans sehingga sewaktu rukuk dan sujud belahan punggung tidak terlihat.

Shamin dan Saufi pemuda asal Singapura di Masjid Raya Batam mereka pun suka pakai Jeans dan kaos saat shalat kaos dimasukkan ke dalam Jeans sehingga sewaktu rukuk dan sujud belahan punggung tidak terlihat.

Dering Hand phone

Jumat 13 Februari 2009 di Masjid Raya Batam, Khatib Effendi Aswami sedang ber khotbah, di barisan belakang dekat pintu masuk sebelah Timur seorang bapak sibuk memencet mencet  hand phone nya yang sedang berdering, mungkin tadi tak sempat di off kan sehingga terdengar lah nada panggil yang cukup kencang.

Di tengah ke khusukan orang sedang mendengarkan khotbah bapak yang memakai sarung dan berbaju koko itu tak dapat dengan cepat memutuskan suara yang masih terus berdering – dering dari hand phone nya, setelah berhenti sejenak, hand phone si bapak tadi berdering kembali.

Aku pun sempat menoleh ke si bapak, karena hanya berjarak sebaris di belakang ku arah ke kiri, di mimbar Khatib Effendi Asmawi menjelaskan tentang Valentine karena besok nya sabtu tanggal 14 Februari adalah hari valentine.

Suara dering hand phone si bapak tadi adalah musik yang tak asing lagi di kala umat nasrani menyambut natal dan tahun baru, I Wish You a Merry Christmas and a Happy New Year ( Selamat hari natal selamat hari natal dan tahun baru).

Itulah musik yang mengalun dari hand phone si bapak saat khotbah sedang berlangsung di masjid raya Batam. Hal seperti ini bukan hanya di masjid Raya Batam saja, di Masjidil Haram pun suara dering hand phone sering terdengar dari jamaah haji asal Indonesia yang mengalunkan nada musik nasrani seperti silent night, jingle bells. Dering musik ini adalah memang terdapat di nada dering hand phone Nokia.

Aku yakin si bapak tak tahu nada apa yang ada di hand phone nya, begitu juga saat di Makkah tempohari si ibu yang sedang menerima telpon pun tak tahu kalau nada dering yang ada di hand phone nya itu adalah musik lagu rohani kaum nasrani.

Setelah selesai khotbah kedua saat berdiri untuk shalat si bapak merapat ke depan berdiri di sebelah ku, aku bisikkan kepada nya bahwa dering hand phone agar di ganti saja karena nada dering yang tadi  adalah lagu nasrani.

Masjid di Aceh saat Tsunami utuh , sementara bangunan di sekliling nya rata dengan tanah.

Salah Satu Masjid di Aceh saat Tsunami terlihat masih utuh , sementara bangunan di sekeliling nya rata dengan tanah.

Baju Kaos dan Celana Jeans.

Dua orang pemuda duduk di depan ku yang satu agak gondrong rambutnya, berbaju kaos warna hijau lumut yang seorang lagi berbaju kaos warna putih perawakan nya agak gemuk. Kedua pemuda itu memakai celana jeans.

Saat shalat tahyatul masjid si baju hijau sewaktu sujud  tangan nya kebelakang menarik kaos nya yang tersingkap kelihatannya dia berusaha menutupi punggung nya yang terbuka.

Bukan punggung nya saja yang kelihatan tetapi belahan pantatnya pun terlihat saat dia rukuk apalagi sewaktu sujud. Si kaos putih tak lebih kurang malah lebih parah karena perutnya lebih besar dari si baju hijau.

Celana jeans yang dipakai kedua orang pemuda yang masih mau shalat jumat ini adalah model terbaru agaknya karena pinggang celana kedua nya agak jauh dibawah pusat, memang ketika berdiri belahan pantat tertutup.

Mereka berdua persis duduk di depan ku setelah selesai shalat tahyatul masjid, kotak sumbangan yg kedua kebetulan  lewat di depan ku tutupkan ke pantat  si baju putih , karena terlihat terus oleh ku belahan pantatnya walaupun sesekali dia berusaha menutupi dengan menarik kaos nya.

Di barisan depan pun yang masih terlihat oleh ku ada beberapa orang yang duduk belahan pantat nya terbuka.

Saat berdiri hendak shalat ku bisikkan lagi ke kedua pemuda tadi batas aurat lelaki, bagaimana menurut mu kalau sedang shalat belahan pantat nya kelihatan. Mereka tersenyum , mereka sebenar nya pun tahu, kalau tak tahu tak lah tangannya merengkuh kebelakang berusaha menarik kaos yang memang pendek itu untuk menutupi punggung dan pantatnya yang terlihat.

Seperti kata Saufi dari Singapura:

imbalo iman sakti: menurut fi bagaimana?
Muhammad Saufi: rame skali
imbalo iman sakti: maksudnya?
Muhammad Saufi: kalo berpakaian itu sperti nya asal tutup aurat udah
Muhammad Saufi: gitu aja
imbalo iman sakti: batal tak shalat nya?
Muhammad Saufi: maksod bpk??

Muhammad Saufi: kalao ikot hukum g batal
imbalo iman sakti: kalau dia sujud belahan pantatnya tertampak?
Muhammad Saufi: kebykkan g nampak
imbalo iman sakti: kalau nampak?
Muhammad Saufi: kalo kelmarin sperti saya bisa nmpk kalo g di masokkan ke dlm jeannya
imbalo iman sakti: terus
Muhammad Saufi: terusnya gmana??
Muhammad Saufi: iya kan kaos nya di msk kan dlm jeans nya
Muhammad Saufi: kalo rukuk ato sujud g kelihatan
imbalo iman sakti: kaos nya tersibak saat sujud
Muhammad Saufi: sibak apa pak?? ngak ngerti
imbalo iman sakti: terbuka karena tersingkap
imbalo iman sakti: tertarik ke atas
Muhammad Saufi: g terbuka
Muhammad Saufi: kalao di masok ke dlm jeans dia terikat
imbalo iman sakti: di singapura banyak pemuda yg shalat jumat pakai macam tu
Muhammad Saufi: iya
Muhammad Saufi: baru2 ini g rame yg berpakaian gitu
Muhammad Saufi: kerna mereka dari skola
imbalo iman sakti: saufi pernah tengok yang dia orang tak masukkan ke dalam jeans ?
Muhammad Saufi: dari skola langsung ke masjid dgn ragam skola
Muhammad Saufi: g pernah biasanya mereka masok kan
Muhammad Saufi: sperti kelmarin saya masokkan ke dlm jeans sblom solat
imbalo iman sakti: tapi pak sering tengok yang mereka tak masukkan dan tersibak sehingga belahan pantat dia orang ternampak
Muhammad Saufi: ana g sadar
Muhammad Saufi: kerna ana g sperti bpk yg sering melihat
Muhammad Saufi sedang mengetik pesan.
Muhammad Saufi: bahasa english nya observant
imbalo iman sakti: macam mana pak tak tengok dia orang duduk depan bapak

7 Tanggapan

  1. Hhmmm…Kalo masalah cerita yang di atas itu saya paham Maz..

    Tapi percakapann yang dibawahnya itu ga mudeng blas he he he..

    Salam Bocahbancar…

    KEKAYAAN YANG MEMISKINKAN

    Suka

  2. @bocabancar
    Salam kembali…. terimakasih sudah ngunjungi blog ku ….. ia itu bahasa melayu dialek singapura, aku pun terkadang harus mengulang….. inti nya di singapura pun banyak yang pakai jeans saat shalat , sepanjang menutup aurat tak jadi masaalah, tetapi bila tersingkap saat duduk , rukuk dan sujud. begitu maz

    Suka

  3. arah kiblat masjid semoga udah diukur dengan benar…

    salam

    Suka

  4. besok2 kalau ketemu orang seperti itu, kalau menghadap ALLAH suruh menggunakan pakaian terbaiknya Pak…..masa ngadep mentri ajah harus rapih, ini ngadep YANG MAHA KUASA asal-asalan

    Suka

  5. […] Suatu Hari Saat Shalat Jumat di Masjid Raya Batam Share and […]

    Suka

  6. yang bener donk kalo nge balas nya -_-

    Suka

  7. susahya cari informasi lengkap tentang MRB…
    http://www.majestad.wordpress.com –> masjid2 indah dunia

    Suka

Tinggalkan komentar