NPWP = Bebas Fiskal + Sunset Policy


Menarik tulisan Agus Winarno,    http://aguswinarno.blogspot.com  Punya NPWP, tidak bayar Fiskal Luar Negeri

Kartu NPWP tenggat waktu hingga 31 Desember 2008

Kartu NPWP tenggat waktu hingga 31 Desember 2008

ya karena dia memang orang pajak.

Ramai memang di kantor pelayanan pajak (KPP)  di Batu Ampar Batam, tukang parkir dadakan pun panen.  Biasa, tenggat waktu digunakan oleh orang yang berkepentingan untuk mengurus NPWP alias Nomor Pokok Wajib Pajak. Malam nya (30/12) ada pernyataan dari Dirjen Pajak menyatakan bahwa ada kebijakan Sunset Policy 2008 , apa pulak itu, bukan kebijakan “Matahari Terbenam” karena akhir tahun tapi urusan pajak memajak itu di tunda hingga 28 Februari 2009.

Kalau sudah diancam sedemikian rupa berduyun duyun lah orang mengurus NPWP nya, demikian pula Aries Kurniawan “Lha selama kerja di Batam Pos tempohari belum punya NPWP ya” tanyaku,  Pajak penghasilan di potong oleh Perusahaan di tempatnya bekerja, tetapi kartu NPWP nya tak ada.

Nih kartu NPWP ku, sejak 1985 sudah punya lho no. 05.171.442.6-215.00

Nih kartu NPWP ku, sejak 1985 sudah punya lho no. 05.171.442.6-215.000 kataku kepada Aries.

Dalam laporannya Dirjen Pajak menyebutkan sampai priode pertengahan Desember 2008 penerimaan dari pajak telah melebih target mencapai 30 triliun rupiah.  Apalagi dengan kebijakan fiskal dan NPWP ini,  yakin lah tahun depan pun penerimaan dari pajak akan lebih surplus lagi.

Awal berdiri pemerintahan kota Batam,  kantor pajak  belum ada, tak seperti disebutkan oleh Agus Winarno, sekarang banyak kantor pajak sehingga ada yang  “kesasar” , kami,  di tahun 1984 mengurus NPWP itu harus ke Tanjung Pinang.  NPWP no. 05.171.442.6-215.000 terdaftar tanggal 11-03-1985 .

Kemarin, (30/12)  saat mengambil copian di kantor pelayanan pajak, tak lah sulit , hanya dengan menyebutkan nama kartu NPWP itu pun terprint segera, meluncur pujian dari Aries “wah hebat kantor pajak ya pak, sudah hampir se perempat abad datanya masih ter-update” , aku senyum, ingat dulu kartu NPWP masih di ketik dengan mesin tik remington, sama persis dengan kasus KTP sekarang, nomor nya ganti – ganti terus.

5 Tanggapan

  1. hari gini gak mau punya NPWP? Apa kata dunia?

    Suka

  2. @arsyadsalam
    ya bayar fiskal aja……………. tapi lebih 80 % penduduk indonesia gak punya NPWP, boro-boro punya,,, makan aja susah………….. he he he he

    Suka

  3. Makan susah bukan syarat pengecualian dari kewajiban ber-NPWP, hahaha …

    Suka

  4. Pak Imbalo anggota TS ya ? Kalo benar, sekedar info akan ada Latihan Gabungan Pencak Silat Batam yang ke-5 pada hari Minggu tanggal 18 Januari 2009 mulai pukul 07.00 di lapangan Engku Puteri (Pemko Batam).

    Kalo ada waktu, Pak Imbalo silahkan ikut nimbrung, itu ajang silaturahmi kok. Memakai pakaian seragam pencak silat perguruan masing-masing.

    Insya Alloh kalo gak ada halangan, Pak Chablullah Wibisono (Ketua Pengprov IPSI Kepri) akan turut hadir.

    Dokumentasi kegiatan-kegiatan sebelumnya dapat dilihat di http://forsilatbatam.blogspot.com

    Suka

  5. @Agus Win,
    Selain ngurusin pajak rupanya ngurusin dunia persilatan juga ya mas Win , syabassss.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: