Komentar Spam


Apa pulak komentar spam? , yaitu komentar yang tak ingin dimoderasi oleh si pemilik blog, dimasukkan ke spam saja komentar yang kayak gitu ujar Taufiq kepadaku.

Selama hampir 40 hari tak berada di Batam, sekali-sekali pengen buka internet, di Madinah aku dapat pinjaman komputer dari Mujiburrahaman, Mujiburrahman aku kenal saat hendak mencari warnet, kalau di Makkah ada beberapa kali ke warnet yang tak jauh dari pemondokan, karena lumayan mahal perjamnya 8 rial, tak lah sempat kubaca semua komentar yang masuk ke blogku.

Ratusan banyaknya komentar tentang tulisan KKR di Batam : Ada Apa Dibalik Batam Festival Persahabatan & Kesembuhan

masuk, tentunya dari orang yang pro KKR itu, macam ragam komentarnya tapi hampir semua tak bermutu.

Ada juga beberapa komentar yang sengaja aku loloskan masuk ke tulisan ku, seperti yang namanya jopansya, doni, budi, nama-nama seperti itu hanya mencantumkan emailnya saja, alamat emailnya sama cuma namanya saja dibuat beda. Yang mengirimkan komentar orangnya itu itu juga dengan nama yang berbeda-beda seakan pengirim komentar itu cukup banyak tetapi alamat emailnya sama.

Dan dengan nama yang sama alamat email berbeda tulisannya agak beda. Tak tahu aku apa maksud mereka. Dan kecuali tiga tadi semua komentar kumasukkan di spam.

Lihat lah di komentar tulisan KKR di Batam Jangan Dihadiri Umat Muslim

ada yang namanya joko, tulisan nya sama alamat emailnya sama tapi namanya dibikin beda.

Jadi sewaktu pulang dari Madinah dan Makkah aku punya tambahan memilah-milah man komentar yang ingin ku tampilkan mana yang ingin ku spamkan saja seperti saran Taufiq.

Maaf ya komentar mu yang tak bermutu itu ku spamkan saja, dan yang ngirimin komentar seperti itu aku sarankan lagi agar belajar sejarah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: