Pergi Haji


InsyaAllah tahun ini 2008 bertepatan dengan 1429 H berdua dengan isteri, kami pergi menunaikan ibadah Haji, tanggal 4 sudah masuk asrama haji, tanggal 5 Nopember 2008 dengan Arab Saudi Airline kelompok terbang (kloter) pertama dari embarkasi Batam Gelombang pertama akan berangkat langsung dari bandara Hang Nadim di Batam ke Madina, demikian penjelasan dari petugas Haji Departemen Agama dalam manasik terakhirnya.

Mansik Haji anak-anak sekolah se-Batam dilapangan engku putri Kantor Walikota Batam

Manasik Haji anak-anak sekolah se-Batam dilapangan engku putri Kantor Walikota Batam

Semua koper-koper tanggal 3 sudah harus berada di Kantor Pemko Batam, dan jangan lupa per rombongan punya pita warna tersendiri, sebagai tanda memudahkan koper ditemukan kembali, satu rombongan calon jamaah haji terdiri dari 4 regu  terdiri dari 11 (sebelas) orang, jadi satu rombongan ada 45 (empatpuluh lima) orang. Dari Batam hampir 400 orang Calon Jamaah Hajinya.

Jamaah haji Batam terdiri dari 8 rombongan dan 34 regu. Penunjukan ketua romongan (karom) dan ketua regu (karu) ini berdasarkan Surat Keputusan Kepala Kantor Departemen Agama Kota Batam no 77 tahun 2008 tanggal 07 Oktober 2008.

Tugas nya masing masing dari karum dan karu ini telah dijelaskan oleh petugas pelaksana haji, antara lain menyiapkan pita2 untuk kopor-kopor yang akan masuk bagasi misalnya, untuk rombongan kami diberikan pita berwarna ungu tua.

Kemarin selepas sholat jumat di Masjid Raya Batam, bertemu dengan Kabid Urusan Haji Kanwil Depag Provinsi Riau Erizal Sag, Erizal sembari tersenyum berkata “Nanti pak Imbalo yang kabarin tentang suasana haji ya” . Aku agak terpana seketika, terus terang saja ucapku kepadanya tambah dekat hari keberangkatan ada rasa deg degan apa ada orang yang demikian juga pak Erizal tanyaku. Erizal tersenyum sambil mengangguk.

Aku jadi teringat kami hampir setiap tahun mengadakan manasik haji untuk anak-anak sekolah se Batam mulai dari tingkat Taman Kanak-Kanak hingga SMA, tahun 2008 adalah tahun yang kesembilan, dan pak Erizal tahu betul itu, karena miniatur Kabbah untuk pestival manasik haji tingkat sekolah se Batam itu di pinjam dari Kantor Depag yang memberikan nya adalah pak Erizal. Miniatur Kabbah itu masih tetap kami pakai walaupun sudah koyak disana sini termakan usia.

Sembilan kali mengadakan pestival manasik haji bersama anak-anak,  ternyata agak berbeda dengan manasik dan buku petunjuk yang dikeluarkan oleh Departemen agama, meskipun materi manasik haji diberikan dan dikoreksi oleh Petugas dari Departemen Agama juga,  ternyata setelah haji beneran ada rasa lain di hati, ada getaran yang tak dapat disebutkan dengan kata-kata, itu yang kusampaikan kepada pak Erizal. Tetapi alhamdulillah bayangan pelaksanaan itu tak jauh berbeda. Syukurlah dalam hatiku sebenarnya untuk manasik itu perlu diajarkan sejak dini, terutama di sekolah -sekolah.

Sering dan acap orang bertanya, “ini yang ke berapa kali naik haji nya pak Imbalo?” karena aku yang menjadi penanggung jawab dan koordinator acara manasik haji anak-anak sekolah se-Batam dari mulai TK hinggalah SMA, tak mungkin lah pikir mereka aku belum pernah melaksanakan ibadah haji.

Sejak walikota masih di jabat oleh Nazief Susila Darma, Nyat Kadir, Manan Sasmita dan kini Akhmad Dahlan pestival manasik haji tingkat murid sekolah se Batam itu tetap kami laksanakan. Dan dilaksanakan nya pula  di lapangan engku putri halamam di depan kantor Walikota Batam itu.

Jadi kalau kemarin pak Erizal agak tertawa dan tersenyum di kulum, dia ingat betul janji seorang walikota saat membuka pestival manasik haji, akan memberangkatkan aku ke Makkah, atas biaya pemerintah tentunya, tetapi hal itu tak pernah terlaksana.

Insyaallah tahun ini aku datang memenuhi panggilan mu ya Allah , Labbaik alhumma labbaik, labbaik lasyarikalakalabbaik, innalhamda wanikmatalakawalmuk lasyarikala. Aku datang memenuhi panggilan-Mu Ya Allah, aku datang memenuhi panggilan-Mu, aku datang memenuhi panggilan-Mu tidak ada sekutu bagi-Mu , aku datang memenuhi panggilan-Mu. Sseaungguhnya segala puji, nikmat dan segenap kekuasaan adalah milik-Mu. Tidak ada sekutu bagi-Mu.

Satu Tanggapan

  1. […] Pergi Haji November 2, 2008 11:34 am admin Dari Blogger – Agreegator Dari https://imbalo.wordpress.com/2008/11/01/pergi-haji/ […]

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: