Hari Pertama Puasa dan Buah Kurma


Hari pertama puasa tahun ini 1 September 2008 bersamaan dengan 1 Ramadhan 1429 H, hampir seluruh umat islam di Indonesia melaksanakannya, kecuali ada beberapa puluh penganut “aliran” di Sulawesi Selatan dan Sumatera Barat, katanya telah melaksanakan lebih awal.

Rencana pagi senin (1/9) akan bertemu dengan Abdul Basyit, malam sebelum nya dia menghubungi ku ingin berbincang-bincang tentang sekolah, petang minggu  Abdul Hamid pula menghubungi ku tentang sekolah swasta di Batam yang megap-megap karena kesulitan murid, Abdul Basyit Ketua Banser Batam, Abdul Hamid pula wartawan Batam Pos, masih group Jawa Pos.

Pagi senin pukul 8, Andi dari PLN Batam menghubungi ku menayakan buah Kurma, karena setiap tahun di bulan ramadhan kami menjual kurma segar, kurma segar dulu didatangkan langsung ke Batam oleh Asman Abnur , sekarang Asman Abnur menjadi Bendahara PAN di Jakarta,  gak tahu apakah dia masih mengimport langsung kurma dari timur tengah, sejak dia jadi orang gak pernah lagi kami bertemu apalagi berbincang-bincang seperti dulu sewaktu dia  “minta” KTA Muhammadiyah.

Karena terlanjur jadi penyedia kurma segar dadakan, banyak teman yang pesan kurma ke kami, termasuk Andi dari PLN Batam tadi, terkadang kurma itu dibawa langsung oleh teman yang tinggal di singapura, berupa barang tentengan, dari Singapura ke Batam by Ferry 20 kg bisa masuk kargo , selebih nya 20 kg pula di kenakan biaya 1 dollar sin perkilonya.

Kalau dari Batam teman tadi membawa manisan atau asinan buah ke Singapura, di Batam membeli asinan atau manisan buah tadi di seputaran Nagoya, terkadang mencapai 30 kilo yang dibawa nya, bermacam-macam ragam dari mulai mangga, kedondong, salak, buah cermai. 

Di Batam pun dia sering ku lihat membeli barangan keluaaran Ahad Net, produk yang semuanya mempunyai label halal. Disamping untuk dipakai sendiri, barangan itu pun pesanan teman-teman yang lain. Orang Batam tak begitu peduli dengan kosmetik yang dipakai nya, apakah mengandung mercury , atau plasenta babi.

Karena ada pesanan dari Andi dan beberapa teman lain hari ini pun hari permulaan puasa aku ke Singapura, karena teman yang di singapura tak bisa datang, tiket pulang pergi batam singapura 27 dollar sin melalui Batam center, tax dari singapura sebesar 21 dollah sin. harga 1 doz per 5 kilo kurma segar 90 dollar sin naik MRT dari WTC ke Jurong di tempat distributor kurma itu paling tidak mengeluarkan uang 6 dollar lagi, hitung lah kalau kita hanya membeli 1 dos per 5 kilo berapa 1 kilonya? kurs rupiah di tukar di Money Changer hari ini 1 september 2008 rp. 6.550 per dolar singapura.

Sebelum Juhur berangkat ke Singapura , menjelang berbuka dah sampai kembali di muara pelabuhan Batam Center, azan dah terdengar menandakan berbuka puasa, dengan 5 dos kurma barhi @ 5 kilo  dan 4 dos @ 10 kilo jenis bayani, dates-dates dari perkebunan di timur tengah sana konon ikut ku pasarkan di Batam.

Satu Tanggapan

  1. […] Hari Pertama Puasa dan Buah Kurma September 2, 2008 10:13 am admin Dari Blogger – Agreegator Dari https://imbalo.wordpress.com/2008/09/01/puasa-hari-pertama-dan-buah-kurma/ […]

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: