H. Abu Samah Hasibuan Tokoh IKBI Batam Wafat


Sekitar pukul 4 dini hari Jumat 18 Juli 2008 Kak Chicha dari blok IV Nagoya Batam menelepon ku, mengabarkan kalau bang Abu Samah Hasibuan yang tinggal di blok IV juga , sekitar pukul 3 dini hari  telah meninggal dunia.

Biasa lah aku menanyaka sakit apa……………….karena tak terdengar selama ini dia mengeluh sakit, pria yang telah lebih 30 tahun bermukim di Batam ini, adalah salah seorang pendiri Ikatan Keluarga Batak Islam (IKBI) di Batam, lahir di Padang Sidempuan 62 tahun yang lalu, meninggal kan 2 orang putri dan seorang isteri, isterinya seorang bidan boru regar. Mungkin akibat jantung…………keluhan sakit di dadanya sekitar pukul 12 tengah malam…….setelah itu dia tertidur dengan dengkuran……….dikira masih tidur karena dengkuran tak terdengar lagi, …..kiranya bang Abu langsung tertidur untuk selamanya………….. “wah apa ya resep nya bisa kayak gitu tak menyusahkan orang” celetuk Mauli Siregar mendengar kronologis sakit sampai wafat nya bang Abu . 

Cukup ramai yang mensholatkan beliau di masjid An Nur blok IV, selepas sholat Jumat sebagian besar jamaah tak beranjak pulang turut melaksanakan pardu kifayah itu. Hampir semua tokoh Batak Muslim yang ada di Batam terlihat hadir di rumah duka maupun di pemakaman Sungai Temiang Sekupang. Ada Sutan J Siregar, Ada Juhrin Pasaribu, Hakim Siregar, Ivan Siregar, Mangara Nasution, Surya Makmur Naution terlihat ikut mengusung keranda saat jenazah hendak dibawa ke masjid, ada Dorlan Naibaho juga  disitu. Bang Belius Hasibuan parhanger pun terlihat hadir, “aku sudaah 68 Imbalo” katanya kepadaku…..saat kutanya sehat2 bang. 

Turut melepas jenazah Kepala Dinas Kesehatan Batam Dr. Mawardi Badar, dari Provinsi terlihat pak M Nur, Bag Kesra yang mewakili Gubernur Kepri, yang tak dapat hadir, karena keluar kota, kebetulan sang isteri Gubernur Kepri itu adalah salah seorang Penasihat IKBI, yaitu Ny Aida Ismeth Abdullah Nasution.

Bang Abu begitu biasa aku memanggil nya , diawal tahun 70 an kami sudah berkenalan, generasi pertama seangkatan bang Abu sudah banyak yang berpulang kerahmatullah,  yang tua-tua diatas 60 an..pada ngerumpi siapaa lagi yang menyusul, Hamid Harahap yang terlihat jalan tertatih tatih, menyempat kan datang ke rumah duka, “enam hari aku di rumah sakit” jelas nya saat ditanya kondisi kesehatannya.

Ya begini lah Batam biasanya bertemu kawan-kawan lama bila saat Siriaon………….  maupun ada kemalangan.

Selamat jalan bang Abu semoga diterima di sisiNya, sesuai dengan amal perbuatan selama di Dunia. Innalillahwainailahi rojiun.

2 Tanggapan

  1. […] H. Abu Samah Hasibuan Tokoh IKBI Batam Wafat July 18, 2008 4:20 pm admin Dari Blogger – Agreegator Dari https://imbalo.wordpress.com/2008/07/18/h-abu-samah-hasibuan-tokoh-ikbi-batam-wafat/ […]

    Suka

  2. salam imbalo.. alhamdulillah saya sihat..

    cik anwar akan masuk bertanding di Permatang Pauh pada 16 hb ni..

    agak kucar kacir sedikit pada pandangan saya..

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: