BBM, Bahan Bakar Minyak Di Negara Tetangga


Bincang-Bincang dengan beberapa ustaz pemakai BBM dan berkenderaan ke beberapa Negara di Asean

“Sekarang polis dah pandai  dah tahu pun” ujar ustaz Wahab dari Kedah Malaysia…..…. Gonjang ganjing rencana kenaikan BBM di tanah air…………sama juga dialami warga negara di negara tetangga seperti Malaysia , Singapura, Thailand, Vietnam, Kamboja dan laos

Ustaz Wahab selalu bepergian dari Malaysia ke Thailand dengan kenderaan pribadi, jadi tau sekali harga-harga BBM di beberapa negara tetangga yang di kunjungi.

Di Malaysia, harga 1 liter premium 1 ringgit 90 sen……… setara dengan Rp. . 6.000 ,- dan diesel perliternya 1ringgit 60 sen = Rp. 5.120,- kurs  1 Rm = Rp. 3.200

Di Tahiland harga petrol 38 s/d 40 bath = Rp.11.400,- sementara diesel sekitar 35 s/d 38 bath sekitar Rp 9.600,- ………. menurut ustaz  Sidiq dari Chiang Rai Thailand Utara sana yang selalu bepergian ke beberapa provinsi di Thailand baik di Thailan Selatan maupun ke Thailan Utara harga di Pompa Bensin tidak sama………… satu bath hari ini tanggal 15 Mei 2008 adalah Rp. 290.- /bath   

Kenapa polis dah tau pun seperti apa yang dikatakan ustaz Wahab…………. selisih harga premium di Malaysia dengan di Thailand hampir 100 % di Malaysia rp. 6.000,- di Thailan rp. 11.600,-/liter, pemilik kenderaan bermotor dari Malaysia tujuan Thailand memanfaatkan selisih harga itu dengan mengisi BBM nya di Malaysia penuh-penuh dan membuat tangki cadangan selain tangki standar yang ada.

Hal ini pun pernah terjadi saat kebijakan pemerintah membuat disparitas harga di Pompa Bensin untuk transportasi dengan harga Industri berbeda………. puluhan kepala truck trailer memasuki pompa-pompa bensin………. untuk mengisi solar ke dalam tangki-tangkinya………… mengosongkan dan menimbun di pangkalan mereka……… satu tangki trailer itu bisa memuat 200 s/d 300 liter……. itu belum yang dimodifikasi………… tidak susah mengecek  pemakaian BBM pada saat itu………. bisa dilihat dan diperiksa .. berapa pengeluaran satu Depot Pertamina yang mendistribusikan BBM ke SPBU dan berapa realisasi dari alokasi BBM industri.

BBM Murah di Indonesia Menguntungkan Singapura

Polis dan Bea Cukai Indonesai bukan seperti Polis Malaysia cepat mengantisipasi indikasi “peneyludupan” BBM bersubsidi ………… black market, kapal kencing di selat Philip, selat Singapura dan selat Malaka masih ramai bergentayangan. Memangnya minyak itu dari mana……… belum pernah terdengar hukuman kepada sipelakunya……….. beberapa tahun yang lalu satu kapal tanker memuat hampir 6.000 ton tertangkap di Batam tanpa surat yang jelas ……….. dilkepas begitu saja.  

Jangan kan minyak, barang yang paling laku, ojol, arang dan hasil bumi lainnya pun ditampung, pasti bilangnya bukan pemerintah Singapura….yang bikin kelaku seperti itu kan pedagangnya……….. pemerintah Singapura tidak tau tentang itu…………… lha buktinya pasir dari Bintan itu bukan urusan Pemerintah Singapura koq………. padahal daratannya nya bertambah.

BBM di Malaysia dan Indonesai

Lha sekarang premium di Indonesia sekitar rp. 4.500 ,- perliter, pertamax rp. 8.000,-an……… di Malaysia tak jauh beda………… di Thailand mencapai rp. 12.000,-………. ustaz Yusuf bilang di Thailand tidak ada tol di jalan raya……………… di Malaysia bayar tol cukup mahal…………… kalau dihitung-hitung biaya tol di Malaysia bagi pengguna kenderaan roda empat hampir sama dengan harga premium di Thailand…………….

Emangnya tol di Malaysia milik siapa……………. milik swasta kata ustaz Wahab , wah enak dong swastanya menikmati subsidi BBM di Malaysia………… ya itu lah punya mobil dari Malaysia isi BBM kemudian jalan-jalan ke Thailand tanpa Tol..Tapi ustaz kawan saya tu tak pernah menyorokkan minyak untuk dijual lagi ditempat yang murah.

Di Singapura

Istilah kapal kencing bukan hal yang aneh bagi crew kapal-kapal tanker, contoh tidak berjalannya program pemerintah tentang Zona Ekslusif Ekonomi (ZEE), karena banyak nya yang “kencing” ditengah laut setelah diisi minyaknya ………BBM untuk menangkap ikan yang disi ke perahu-perahu nelayan untuk bekal menangkap ikan ……………. malah dia jadi pedagang BBM ………. malah dijual ke black market yang memang sudah antri di tengah laut diseputaran kawasan ZEE. Terus siapa penadahnya………………

Jangan coba-coba isi tangki kenderaan anda penuh , setelah pulang dari Malaysia masuk ke Singapura………. demikian pula sebaliknya………… harus penuh petrol yang ada di dalam tangki kenderaan anda saat melalui border yang hendak ke Malaysia  , begitu telitinya custom dan imigrasi singapura memeriksa tangki kenderaan kita.

Harga di Singapura dan di Malaysia tidak jauh beda masih dibawah 2 dollar dan dibawah 2 ringgit , sama-sama dua ,  tetapi kurs 1 dollar = rp. 6.850, 1 ringgit = rp. 3.200.-  kalikan saja ya…………………….

 

2 Tanggapan

  1. Klo kawan saya orang Pilipin
    dia kata,
    “Tak apa BBM naik di pilipin, kan bisa beli murah di laut”
    Saya jawab aja
    “Itulah kayanya Indonesia, murah hati”
    salam kenal

    Suka

  2. Artikel di blog ini sangat bagus dan berguna bagi para pembaca. Agar lebih populer, Anda bisa mempromosikan artikel Anda di infoGue.com yang akan berguna bagi semua pembaca di seluruh Indonesia. Tersedia plugin / widget kirim artikel & vote yang ter-integrasi dengan instalasi mudah & singkat. Salam Blogger!

    http://ekonomi-internasional.infogue.com
    http://ekonomi-internasional.infogue.com/bbm_bahan_bakar_minyak_di_negara_tetangga

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: