Akhirnya Logo Halal Breadtalk di Copot


Mau usaha silahkan, mau jual roti pakai babi silahkan tidak dilarang di Indonesia, mau jual babi nya sekalian juga tidak dilarang, roti campur babi dan dicampur rum atau dibubuhi alkohol mau berapa persen tidak dilarang, yang dilarang anda mencantumkan logo halal tetapi tidak berproduksi dan tidak mentaati ketentuan halal.

Akhirnya logo halal yang dicantumkan di gerai Breadtalk di Mall Batam Center di lepas oleh pengelolanya pada Jumat 11 April 2008. Sehari setelah dilepas masih banyak ibu-ibu yang mengenakan kerudung membeli roti itu, serombongan ibu-ibu yang mengaku dari Bandung ketika ditanya YLKM Batam saat di Gerai Breadtalk Batam Center tanggal 11 April 2008 lalu terbiasa membeli Breadtalk di Bandung.

Ibu ini meski berkerudung tidak memperdulikan halal haram barangan yang akan dibelinya, mungkin seperti ibu-ibu inilah yang banyak di Indonesia sehingga pihak pengusaha di Indonesia terkesan tidak begitu memperdulikan adanya ketentuan sertifikat halal.

Ada Komentar yang masuk ke Blog YLKM Batam mengatasnamakan Humas Breadtalk Batam, menyebutkan kalau sipenerbit sertifikat itu Pongah , Arogan dan ujung-ujungnya duit. Komentar itu telah kami teruskan ke LP POM MUI Pusat.

Saat kami konfirmasikan kepada Manager Area Breadtalk di Batam tentang humas breadtalk menuduh “ujung-ujung nya duit” , sang manager masih akan menyelidik siapa yang bernama pangonjat itu.

Tidak semua ibu-ibu yang berkerudung tidak peduli tentang makanan halal, seorang ibu yang kami tanyai langsung di Gerai breadtalk di Batam Center, ibu itu tidak tahu kalau sang pengelola gerai tidak memperpanjang sertifikatnya.

“Kemarin kan masih ada logonya pak” ujar ibu tadi.

Dalam kesempatan ini kami menghimbau kepada konsumen muslim khususnya agar tidak membeli makanan yang tidak mempunyai sertfikat halal. Kenapa si pengusaha tidak mau mengurus atau memperpanjang sertifikatnya, bisa jadi tanpa sertifikat pun dagangannya tetap laku, bisa jadi memang ada barang-barang yang tidak halal tercantum di produk itu. Untuk kasus seperti ini banyak contohnya. Ajinomoto salah satu nya.

YLKM tidak berkepentingan dengan pengusaha yang tidak mau mengurus dan memperpanjang sertifikat halal, karena YLKM bukan lembaga yang menerbitkan sertifikat.

Tetapi YLKM tetap akan berusaha dan bersuara agar konsumen muslim terlindungi dari produk yang tidak halal dan yang diragukan kehalalannya. Dan terus akan memberitahukan baik melalui media cetak , audio, maupun visual untuk tidak membeli produk di gerai-gerai seperti itu. Yaitu gerai atua toko – toko roti yang tidak mempunyai sertifikat halal.

Iklan

125 Tanggapan

  1. Masyrakat kita memang sering mengabaikan hal semacam itu.
    Berkerudung apa tidak, memang bukan menjadi ukuran.
    Padahal apa yang kita makan, sangat berpengaruh kepada perilaku kita, dan akan ada pertanggungjawaban nanti di ‘sana.’

    Suka

    • makanan dan minuman tidak akan membuat kita dekat atau jauh dengan Allah, tetapi perbuatan kita yang akan menentukan kita dekat atau jauh dengan Allah

      Disukai oleh 1 orang

      • Wahai manusia! Sesungguhnya
        Allah Ta’ala itu baik, tidak
        menerima kecuali yang baik, dan
        bahwa Allah memerintahkan
        kepada orang-orang mukmin
        dengan apa yang
        diperintahkannya kepada para
        rasul dalam firman-Nya: ‘Hai
        rasul-rasul, makanlah dari
        makanan yang baik-baik, dan
        kerjakanlah amal shaleh.
        Sesungguhnya Aku Maha
        Mengetahui apa yang kamu
        kerjakan.’” (QS. Al-Mu’minun:
        51)

        Disukai oleh 1 orang

      • kalau makan n minum itu perbuatan bukan bro? meminum khamr/minuman keras apa bener ga akan bikin kita jauh dari Allah?? serius ahh, hehe

        Disukai oleh 1 orang

      • Makanan haram membuat kita malas ibadah suka brantem dan memaki orang laen dan anak2 akan mnjdi anak yg bangor. Di alquran sudah ada . makann yg dimakan dei brang haram akan mwrusak iman dan kelakuan manusia. Klo ga ngerti tnys sma yh ngarti jngan asal komen

        Disukai oleh 1 orang

      • smoga kita tidak terlalu jauh bodohnya, setiap barang yg tidak halal masuk ketubuh akan mempengaruhi jiwa seseorang apakah itu dari zat yg haram atau dari perolehan yg haram karna akan menghalangi seseorang dengan tuhannya, segeralah bertobat utk tdk mmakan sesuatu yg haram saya kira antum lebih byk blajar ttg agama jika muslim

        Disukai oleh 1 orang

      • iya setuju…. belajarlah kalau muslim ….

        Suka

      • Lho kata siapa, kalau kita makanannya haram ya berarti menjauhkan dong gmn sich.. Org larangan Allah di Langgar..

        Suka

      • setuju mas

        Suka

      • lucu dgn komentar anda…aturan Allah sdh menetapkan halal Dan haram…maka jauhilah yg haram ITU mrupakan perbuatan…memangnya makan Dan minum bukan perbuatan?sgala sesuatu yg dilarang itu demi kebaikan manusia itu sendiri..coba anda cari tau knp sih babi itu haram..

        Suka

      • Memilih makanan termasuk PERBUATAN yang menentukan jauh-dekatnya kita dengan Allah.
        Memilih yang haram, jauh dari Allah karena PERBUATAN menentang perintah-Nya. Memilih yang halal & thoyyib, dekat dengan Allah karena PERBUATAN mengikuti perintah Allah.

        Berpikirlah yang lurus..

        Suka

      • Kata siapa makanan tdk terpengaruh dlm khdpn kita . . Memakan makanan haram akan di haramkan masuk dlm surga. Apa lagi menciym wangi surga . Itu tdk lah bisa terjadi.
        Sama saja kita haram kan daging kita untuk memasuki surga…

        Suka

      • mantab

        Suka

      • betuulllll makanan dan minuman yg haram..ga buat kita jauh dari Allah…KALO KITA GA MAKAN.., klo kita makan yg haram yaaaa sama ajahhhh..

        Suka

      • waduh ini orang

        Suka

      • namamu rachmat, tetapi, sepertinya kamu nggk pernah dpt rachamt dari Allah, ayo banyak ngaji biar tahu mana yg dilarang & yg boleh didalam agama, malu tuh sama ortumu yg sdh kasih nama bagus, agar selalu dlm rachmatnya Allah tapi kamu malah menjauh.

        Disukai oleh 1 orang

      • Afwan mas…klo kita meminum n memakan makanan tidak halal,bukanya menjauhkan kita terhadap allah swt.

        Suka

      • Makanan haram akan lebih mendorong kita untuk malas beribadah, dan makan makanan yg haram berdosa hukumnya

        Suka

      • Anda sepertinya kurang berwawasan sama sekali, walaupun saya tidak memahami agama secara dalam. Tapi, saya cukup tau kalau makanan dan minuman itu bisa membuat kita dekat dan jauh dengan Allah SWT. Karena hal – hal tersebut, mempengaruhi jiwa dan badan kita serta perbuatan kita untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

        Suka

      • Kata sapa..
        Justru makanan yg haram, sedikit saja masuk ke dalam tubuh kita dan menjadi daging akan menjadi penyebab terhalang nya doa dan menjadi bahan bakar api neraka

        Suka

      • Makanan dan minuman yang halal dan haram membuat kita menjauh dari Allah. Jauh dan dekatnya kita dari Sllah sangat berkorelasi kepada melaksanakan perintahNya dan membuang jauh laranganNya.

        Suka

      • Haaa ? Masa sih, brrt kalo ky gitu muslim yg mw makan babi, trs minum khmr gpp dong yaa, kan ga jadi masalah ..

        Suka

    • Apa yg kita makan berpengaruh bagi perilaku kita…mosok mas bro. Emang kalau makan yg bener kelakuan pasti bener….gak ada yg jamin kan? Think smart

      Suka

      • Apakah kata “kasih” akan berpengaruh bagi perilaku kita…mosok mas bro. Emang kalau “kasih” yg bener kelakuan pasti bener….gak ada yg jamin kan? Think smart

        Suka

      • Rony @ Sorry ya tp sepertinykamu yg perlu lebih smart lg berpikir.

        Suka

      • ya iyalah berpengaruh, lu makan jengkol mulut lu bau, lu makan narkoba ya teler, makanan basi lu makan kecepirit lu. semuanya berpengaruh dari makanan. apa yg lu makan, dari mana lu dapatin makanan. gimana lu ngolahnya. gimana cara lu makan, itu berpengaruh. Yang harus berpikir keras dan cerdas itu lu Ron

        Suka

      • insya allah bro, kl makan yg halal dan thoyib/baik, insya allah akan bener. cobain geura……hehehe

        Suka

      • kecuali dia makan cabe sekilo, nah itu ada pengaruh. Yg penting bersih dan sehat menurut ukuran kesehatan universal, halal klo kotor sori…

        Suka

      • itukan menurutmu karena bukan Islam… ini untuk kalangan Islam mas Komang…

        Suka

      • 1. Perintah: “Makanlah yang Halal”, mendorong jutaan Umat Islam untuk mencari makan dengan cara yang halal. Tidak mencuri, tidak menipu, tidak merampas untuk cari makan. Ini menunjukkan ada pengaruh pada PERILAKU.
        2. Perintah: “Makanlah yang baik”, mendorong jutaan Umat Islam untuk memilih makanan yang sehat & bermanfaat untuk jiwa & raga. Hasilnya: Umat Islam BERPERILAKU makan makanan yang sehat (tidak jorok) & makan secukupnya (tidak rakus).
        Bagi orang yang berprinsip “Terserah makan apa aja, terserah gimana cara dapatnya,” bisa ditebak seperti apa KELAKUAN mereka.

        Think smarter..

        Suka

      • mantab

        Suka

    • Hati2 berkerudung itu sekarang belum tentu muslimah, karena sekarang banyak wanita non muslim berpakaian kerundung seperti muslimah (musang berbulu domba) yg ingin mengecohkan umat islam, karena tidak ada larang non muslim berkerudung….

      Suka

  2. Hanya mengingatkan saja, paling tidak berkerudung lebih mengetahui dan menghayati agamanya.
    Teman saya bilang yang berkerudung saja begitu apalagi yang tidak……… tak heran para pengusaha makanan merdeka sekali di Indonesia …………..

    Suka

  3. Kalo mau menghukum si BreadTalk itu,jangan pikirin masalah logonya doang,tapi campuran/toppingnya dong!Kalo kita menggunakan campuran daging babi atau rum,walaupun alkohol pun juga tidak dilarang kok…Yang pasti, ada masalah yang selalu dipikirkan oleh kami semua,yaitu:Kenapa toko roti itu tidak mentaati ketentuan-ketentuan dari logo halal itu?
    Sebagai manager usaha BreadTalk,jangan pernah berpikir kamu bakal sukses sebelum dicoba.Untuk itu,kita gak akan tahu kapan nasib toko itu bakal berubah?Liat aja nanti untuk perubahannya!

    Suka

  4. Undang -undang di negara kita mengatakan demikian, tidak ada kewajiban pengusaha makanan seperti roti harus berproduksi secara halal……….. tetapi bila mencantumkan logo halal tidak berproduksi secara halal……….melanggar UU Perlindungan Konsumen

    Suka

    • Hey kaka kaka aku disini tinggal di luar negeri sekarang. Kan mereka cara bunuh hewannya gak halal ya gaada bismillah dll tp kl gamakan ya berarti jd vegetarian ding-_- gamau. Jadi gmn ya? Mau makan daging. Aku tp gamakan babi, cm bingung aja buat contih nya ayam atau sapi. Aku baca bismillah aja ato gmn

      Suka

  5. […] Jadi tak berapa jauh dari gerai roti BREAD TALK ada toko roti lagi yang bernama BENGAWAN SOLO, karena dari nama  nya yang berbau Indonesia yakinlah si ibu tadi kalau produk yang dihasilkan oleh toko roti tadi sudah halal. ironis ya. Akhirnya Logo Halal Breadtalk di Copot […]

    Suka

  6. kenapa mesti ujung2nya duit?? mw usaha ko dibikin repot…
    usaha yang lempeng2 aj..

    Suka

  7. @deven,

    iya setuju usaha yang lempeng2 aja, ikuti ketentuan dan undang-undang yang berlaku.

    sehingga tidak menjadi repot.

    Suka

  8. gimana dengan sertifikat halal hokahoka bento? harusnya di publish hal-hal bersifat subhat (menimbulkan keraguan)

    Suka

  9. @omen
    iya kalau ada informasi dari yeng memang berwenang kita publish di sini.makasi mas omen salam

    Suka

  10. Terkadang masyarakat sudah trbiasa dgn keinginan utk mnunjukkan gengsi. Membeli di gerai roti sperti Breadtalk, hanya brand ternama saja yg di dapat. Dgn menenteng plastik breadtalk, menunjukkan bahwa mrk brada d kelas menengah ke atas, halal dan haram sdh bkn urusan lagi.
    Dari segi rasa, sama saja seperti roti merk lain. Makanan halal dan thayyib sangat d anjurkan oleh Islam, agar mendapatkan mnfaat dunia akhirat, namun d zaman kapitalis sekuler sperti ini, hal tsb sudah d abaikan oleh pelaku usaha. Mungkin sertifikat halal harus diubah menjadi sertifikat haram, agar makanan yg d haramkan d konsumsi kaum muslim di kasi label. Sedangkan di amerika sj, ada sertifikat khusus untk makanan hala dan haram bagi umat Yahudi.
    Mungkin sertifikat halal sdh mmbanjir, jd masyrkt apatis trhadap hal tsb.

    Suka

  11. banyak makanan mngandung minyak babi yg beredar diindonesia tetpi kita tidak signifikan u/ mengulasnya!
    salhsatunya breadtalk yg btul2 mngandung B1,.

    Suka

    • ulas dan informasikan ke umat .itu juga adalah bentuk dakwah bil hal

      Suka

    • Kami Rakyat Bali Kaum Hindu….
      Kami masih bertanya”… knapa sih babi itu haram…??? Kami orang Bali Senantiasa memakan Babi..
      Malah salah Satu Penjual Martabak Babi yg ada di daerah kami itu malah bnyak juga Orang Muslim Membelinya..
      Maka seperti indonesia bilang.. bineka tunggal ika…
      Lo kok makanan aja di halalkan dengan logo Tulisan Arab…
      Kita ini negara Arab apa mau kearab arabpan….
      Berfikir yg riyiil
      Ini jaman modern…
      Masak kita negara maju mau ikut”an negara luar…
      Kalo ikut negara luar ya cari contoh lah…
      America. Australia. Korea. Cina. Jepang… masak negara timur tengah yg kering krontang gitu yg kita tiru…. muslim tertua itu adalah jawa.. kalo berfikir dan kita memilah.. lihat muslim dulu dan sekarang…. apakah sama…
      Semua itu krn kita sudah kearab arabpan….

      Suka

      • Saudara Dede,

        Setau saya orang Hindu tidak memakan daging sapi? apa betul? apa anda juga makan? jika kita orang Indonesia banyak yang makan daging sapi lalu kenapa orang Hindu tidak makan sapi? katanya bhineka tunggal ika?

        1234567890 adalah angka arab. Dan sistemnya adalah sistem arab. lha kok angka aja kita masih niru2 arab, bahkan seluruh dunia pun menggunakan sistem angka arab. Masa’ seluruh dunia mau2 aja ngikutin arab yang kering kerontang gitu?

        info aja ya, muslim tertua bukan jawa, tapi arab. Karena agama Islam turun di arab.

        bukannya dari dulu Indonesia udah kearab2an, sunan2 serta kyai jaman dahulu pakaiannya kearab2an kok. mau bukti? cek uang Rp 5000,- atau gambar walisongo.

        Suka

      • Saudara Dede….

        1. Kenapa sih orang Hindu ga mau makan sapi? kita seluruh Indonesia senantiasa makan sapi. Katanya Bhineka Tunggal Ika.

        2. 1234567890 adalah angka arab. Sistemnya pun menggunakan sistem arab. Seluruh dunia menggunakan sistem angka tersebut, tapi kok mau-maunya ya seluruh dunia ngikutin arab yang kering kerontang gitu? Berfikirlah yang cerdas, bertutur lah yang cerdas.

        3. Sebagai info aja: agama Islam lahir di arab.

        4. Kita kaum muslim bukannya kearab-araban tapi memang dari dulunya begitu. mau bukti? coba lihat gambar pahlawan pada uang pecahan Rp 5000,- atau gambar walisongo. Kyai2 dahulu umumnya kearab2an kok.

        Suka

      • Sdr Dede, kenapa see Babi itu diharamkan dlm umat Islam?
        Karna didalam daging Babi Terdapat banyak mudharat / kejelekan yg dapat merusak tubuh / menjadikan penyakit bagi kita. Ga percaya??? Silahkan browsing!!!

        Halal atau haram bukan sekedar logo. Bukan sekedar tulisan Arab. Tapi adalah aturan bagi kami untuk mengikuti petunjuk Alquran kitab kami . Dan apa yg tertera dalam Alquran apabila kita makan minum sesuatu yg membuat kita sakit, atau tidak ada manfaat baik bagi tubuh kita, hukumnya haram bagi kita untuk makan atau meminumnya.

        Sama halnya seperti Miras, kenapa bagi kami kaum Muslim haram? Karna Miras Akan merusak otak kita. Membuat kita bertindak bodoh Dan ngawur.

        Nah kenapa daging Babi diharamkan? Coba Anda browsing biar makin luas wawasan Anda.

        Agama Islam punya aturan, sama halnya dg Agama Anda,
        Dan aturan itu tidak bisa disangkut pautkan dg bhineka tunggal ika.
        Bagi Islam apa yg kita makan, halal n haram Akan dipertanggungjawabkan di akhirat kelak.

        Kalau mau bhineka tunggal ika, bisa jd kita beribadat bareng2 dunk dalam 1 tempat? Bisa jd Anda jg makan daging sapi dunk biar “berbhineka tunggal ika”.

        Jadi sebelum komentar Anda harus tau dulu makna Dr kata Haram. Tidak bisa disangkut pautkan dg Bhineka tunggal ika ya.

        Itu juga sudah pernah di bahas di TV. Coba Anda browsing ya biar makin terbuka wawasan nya.

        Suka

      • Wah…..ini….pemahaman yg keliu ini…..belajar yg giat ya……

        Suka

      • Utk sdr ikhsan,

        Sy luruskan ya mengenai angka yg kamu bangga2kan. Awal mulanya adalah huruf kapital/alfabet yg digunakan zaman romawi kuno yg mengadopsi beberp aksara dlm yunani di area italia selatan. aksara tsb terus berkembang. Dan angka 1234567890 tdk benar dari daerah arab. Tetapi yg betul adlh angka ini diwarisi dari angka India, alias Hindu arab, jauh sebelum islam ada. Angka hindu arab ini dikembangkan oleh matematikawan india dan diadopsi oleh matematikawan persia yg ada di india lalu dilanjutkan pd org2 arab disebelah barat. Bangsa india juga yg menemukan angka nol yg berarti simbol dari ketiadaan.

        Suka

  12. Indonesiana d jajah deui ku bangsa yahudi secara gk langsung,kita gk pada sadar,nu penting gengsi

    Disukai oleh 1 orang

  13. kadang orang kita masih ada gengsi juga, jadi pengen belanja di tempat yang mewah, jadi kadang hal sepele masalah kehalalan sudah ga di perhatikan lagi #opinipribadi

    Suka

  14. wawww ternyata http://www.kotaperakjogja.com

    Suka

  15. Jangankan makanan, banyak juga muslim oelihara anjing. Tuh, artis-artis muslim banyak tang gitu kan? Walaupun tidak religius tapi kalau sampai pelihara anjing…waaah rasanya kok…sudah gitu, dielus-elus juga

    Suka

  16. Wah kalau bahas logol halal atau haram, bakal banyak pengusaha kecil menengah seperti pedagang bakso,ketoprak,warteg, makanan padang bakal kena pangkas

    Suka

  17. mendingan zaman dulu makanan santainya singkong bakar..ubi rebus pisang goreng jelas halalnya tapi gengsi yg di cari atas nama makanan..

    Suka

  18. donat JC* juga menggunakan rum pada salah satu varian donatnya, rum mengandung alkohol.

    Suka

  19. Di Palembang malah untuk oleh-oleh khas tsb paling laku adalah “Pempek”,produk non Muslim yang cuka kuahnya dicampur arak agar lebih sedap.Pembelinya terutama Muslim hampir tidak mengerti hal tsb,pernah diinfokan Balai POM,tetapi tak ada respons.Memang lembaga terkait/agama seolah membiarkan produk makanan non halal tsb terus berlanjut.

    Suka

  20. hub 085740028885.obat telat bulan terpercaya dan teebukti kami melayani pengiriman ke semua kora di indonesia

    Suka

  21. Sebaiknya kalau memang tidak mengandung babi,pakailah label “halal”

    Suka

  22. “Dalam kesempatan ini kami menghimbau kepada konsumen muslim khususnya agar tidak membeli makanan yang tidak mempunyai sertfikat halal”

    Waduh…saya biasa makan ketoprak, pecel lele, baso, gorengan pinggir jalan…semua gak ada label HALALnya tuh….

    Suka

  23. Pertanyaannya adalah kenapa bukan masyarakat muslim sendiri yang mengeluarkan dana untuk sertifikat halal makanan untuk pengusaha…? Warung2 aja tidak memakai sertifikat halal…walaupun itu dalam kondisi jorok, minyak jlantah berulang ulang dipakai, pemakaian pengawet berbahaya, dll walaupun pemilik warung itu sendiri adalah orang muslim kebanyakan.

    Suka

  24. sejak isu halal haram breadtalk sy sdh 4th ini tdk membeli produk tsb. btw gerai breadtalk lainny d seluruh Indonesia apa mencampur babi n rum jg ya? klo iya berarti semuanya aja dicabut sekalian, jgn cuma yg d batam aja.

    Suka

  25. Setuju sama yang komen di atas saya.. Kayaknya emang sertifikat halal perlu d ganti jdi haram.. Jdi produk2 yg haram aj yg dpt sertifikat.. Biar kaum muslim sadar..

    Suka

  26. wakwakwakwakwakwak, pada ribet amat ngurusin bginian doang, klo semua tukang dagang disuruh punya sertifikat halal kasian tukang-tukang makanan yang laen kaya tukang pecel, ketoprak, bubur ayam, martabak, gorengan, dll
    tibang makan doang jaim bener, klo ga punya duit jangan begaya makan aja roti yg diwarung” 2rban cuman, harus dicek lagi tuh warung ada sertifikat halal nya apa ga? wakwakwakwak
    minum aja tu aer ga usah makan ampe kiamat.. hahahahahahahaha

    Suka

  27. Yang haram itu yang keluar dari mulut, bukan yg masuk ke mulut

    Suka

  28. yah yang beginian masih di percaya aja , ini kejam nya dunia bisnis makanya bung ! saling menjatuhkan brand , yakin pasti yang buat artikel ini pengusaha roti juga

    think again bung ! pikir pake otak ! jangan cuma bisa nya baca artikel ga jelas ,

    kalau baca artikel itu liat sumber nya dari yang terpercaya atau tidak ! sumber nya aja ga jelas link wordpress !
    THINK AGAIN ! THINK SMART BUNG !!

    Suka

    • kalau dilihat dari namamu kayaknya pengkonsumsi yang tidak dikonsumsi Islam dech. dan agar tau yang nulis ini dan ngecek ini bukan pedagang roti tapi petani.

      Suka

  29. yah yang beginian masih di percaya aja , ini kejam nya dunia bisnis makanya bung ! saling menjatuhkan brand , yakin pasti yang buat artikel ini pengusaha roti juga ,
    think again bung ! pikir pake otak ! jangan cuma bisa nya baca artikel ga jelas , kalau baca artikel itu liat sumber nya dari yang terpercaya atau tidak ! sumber nya aja ga jelas link wordpress !
    THINK AGAIN ! THINK SMART BUNG !!

    Suka

    • kalau dilihat dari namamu kayaknya pengkonsumsi yang tidak dikonsumsi Islam dech. dan agar tau yang nulis ini dan ngecek ini bukan pedagang roti tapi petani.

      Suka

  30. mau ikut menanggapi, masalah sertifikat halal dan sbgnya ini hanya sebagai pengingat menurut saya. jadi yang menentukan ingin berbelanja makanan di tempat tersebut ya tetap si konsumen karena sertifikat halal ini hanya menunjukkan bahwa si pengusaha atau pedagang tersebut telah memenuhi hak-hak konsumen yang harus dilindungi (dalam kasus ini ya umat muslim yang diharamkan untuk makan babi , alch dsbg,) dalam mengkonsumsi barang yang di konsumsikan tersebut. jadi kalo menurut saya ya gapapa aja kalo misalnya ga ada surat halal ini, tapi yang perlu di ingat adalah, konsumen lah yang menentukan apakah ingin tetap mekonsumsi barang tersebut atau kah tidak. pemerintah kan hanya memfasilitasi dan mengatur agar masyarakatnya aman dan tenang dan bisa bebas memilih makanan atau minuman yang ingin di konsumsi oleh mereka…kalo dari saya sih begitu mungkin ada yg berbeda..terima kasih

    Suka

    • cobalah tanya kepada yang berkompeten kenapa mereka belum juga mengurus dan tidak mau mengurus sertifikat itu. Tentu ada apa apa nya mas bro. Konon setelah kami tanya ke MUI ada komponen yang mereka tidak mau ganti. Nah itu satu masaalah bagi LPPOM MUI.

      Suka

    • iya ini ditulis bagi yang peduli dengan halal dan dibuktikan dengan adanya peremiksaan oleh yang berkompeten dan dikeluarkan sertifikatnya…..

      Suka

  31. Saya pernah ragu dgn brand ini… lalu saya tanya ke kasir, “mbak ini ada sertifikat halal?”dgn nyantai mereka jawab” ya halal bu buktinya ibu2 berkerudung itu pada membeli “sambil saya batin “halal haram ukurannya bukan banyak yg beli atau enggak?” Sejak itu pula saya ndak pernah beli produk ini krn ragu

    Suka

  32. Seharusnya di Negara Indonesia mayoritas penduduknya muslim ini yang dibutuhkan adalah sertifikat HARAM bukan Halal lagi!! Jadi orang muslim tau yg mana yg halal yg mana yg haram..M.U.I harusnya tanggap soal ini jangan ribut waktu penentuan puasa atau hari raya aja!

    Suka

  33. Cuma permainan pajak pake atribut agama.
    Lalu lama pake kaset baru

    Suka

  34. Makanan haram membuat kita malas ibadah suka brantem dan memaki orang laen dan anak2 akan mnjdi anak yg bangor <—– yg katanya rajin ibadah, gak pernah makan makanan haram aja banyak yg sukanya berantem, memaki orang dan bnyk yg bangor juga kok…gak percaya?

    Suka

  35. makan singkong rebus yang dicabut dari kebun milik sendiri aja lebih yakin kehalalannya.

    Suka

  36. Reblogged this on Ari Fauzi and commented:
    Waduh… 😵😵😵

    Suka

  37. Kadang manusia itu ambil yang mudah-mudahnya saja.
    Jangan makan babi/anjing. Mudah saja. Karna masih ada ayam,sapi,kambing. Pastinya tidak ada niatan untuk makan barang tersebut. Kalau sudah dminta tidak merokok (merusak diri sendiri dan orang sekitar),menggunakan barang bajakan (bisa masuk penipuan atau pencurian) yang simple saja, menggunjing. Susahnya minta ampun. Lalu kalau menyalahkan orang paling depan. Nunjuk paling tinggi. Mengetik paling cepat. Ya kalau sehabis lihat atau dengar sesuatu, hati dan pikiran dibuka lebih dulu untuk intropeksi diri. Bukan mulut dan nafsu.

    Suka

  38. Hadehhh… Dasar lah manusia nih…
    1. Kalah berbisnis rival dijelekin di sosmed pun jadi..
    2. Nih penyedia medsos nih lagi cari rating biar untung…
    3. Lebih haram jelek2in orang dibanding BABI

    Suka

  39. Memang betul jika benar mengandung barang2 yang diharamkan tersebut,tapi jika dibalik informasi ini ada motivasi lain hingga ingin memotivasi opini publik agar mengharamkan salah satu subjek berarti dia juga bersikap haram,ingat masih bnyak usaha makanan kecil,menengah hingga besar juga tak menggunakan sertifikat halal.tapi tak ada penyinggungan soal ahklak manusia dan dibesar2kan juga,ingat mematikan usaha orang lain itu apakah juga bukan haram?silahkan menyelamatkan umat muslim jika itu tulus iklas tanpa motivasi lain atau mungkin sekalian perlu berjihad.dan di indonesia kita tak pernah bisa bedakan mana ahli surga dan mana neraka .

    Suka

    • saya yang nulis dan chek kelapangan ya jelas ada motivasinya agar masyarakat islam peduli halal, dan teliti sebelum membeli, tidak mengkonsumsi barangan yang subahat apalagi haram

      Suka

  40. begininih indonesia terkadang suka miris kalo liat ada berita soal gosip seseorang di televisi namun hal-hal yang lebih penting yang seharusnya di expose dan di beritahukan ke masyarakat malah ga di siarin, beruntung masih ada media lain yang bisa kasih pemberitahuan dan wawasan yang bermanfaat kaya gini, kalo engga mungkin barang haram ini bakal saya makan.

    Suka

  41. ini beneran yaah… masalahny aq penggemar bread talk…

    Suka

  42. Kalo emang bukan duit, tp demi melindungi umat muslim dari barang yg haram.. Ya utk memperoleh/memperpanjang sertifikat halalnya jgn ada duit seperakpun yg harus dibayar.. Tp cukup dengan evaluasi/audit.. Kalo sesuai ya tinggal diberikan/diperpanjang

    Suka

  43. Zaman eyang saya sewaktu berjuang demi kemerdekaan negara… meskipun muslim ga membedakan org yg mkn makanan halal/haram. kalo dihutan ada babi hutan ya dimkn… setelah indonesia merdeka muncul bnyk ajaran impor yg mengkotak2an bangsa ini. Kalo eyang sy masih hidup sedih pasti dia liat org2 yg ga berjuang demi negara tp meributkan hal pribadi dan berpotensi menjajah sesama bangsa sendiri. halal/haram itu pilihan kaleee… kalo ga mau yg haram ya buat roti aja sendiri. Mkn roti arab.. jgn makan roti eropa. Iya toh..!!! Weleh welehh…

    Suka

  44. Ajinomoto itu jelas kehalalanya..kliatanya brita ini sengaja untuk menjelek jelekan suatu prusahaan..! Pdahal mui untuk mnerbitkan sertifikasi halal pd peusahaan mui mnerjunkan tim untuk meneliti prodak tersebut..

    Suka

  45. Artikel kayak gini cuma katanya doang faktanya gak ada ..

    Suka

  46. Izin ikutan ya; buat para muslim dan muslimh kuatkn dan yakinin dirimu terhadap ajaran agamamu, harus tegas sama diri sendiri, kalo memang sesuatu itu tdk baik/tdk halal atau tdk jelas hukumnya (samar), ya sudah tinggalkan/ jauhi jgn terpengaruh ” karena yg beli/ menggunakn banyak yg pakai kerudung /apalh yg membuatmu jadi ragu dg ajaranmu sendiri kemudian ikut2 an membeli, memakannya / menggunakanya karena akibatnya tetap akan ditanggung sendiri2, ya dosanya, atau akibat lainya, kalo ragu segeralh cari tau dulu kebenarannya sebelum ikutan karena kita org muslim wajib mencari tau tentang hal2 yg berhubungan dg ibadah kita, bagaimana kita hidup , bagaimana mendapatkn rezki yg halal dll, semua sudah ada aturannya dlm ajaran kita, sekarang kembali kekitanya mau ngak hidup selamat dunia akhirat, kalo mau ya teruslah belajar dan mencari tau setiap hal yg baik dan benar itu, kemudian berusahalh praktekn dalm kehidupan sekuat tenagamu tanpa terpengaruh oleh siapapun / terhadap apapun, tak mudh memang tapi berusahalh nanti Allah SWT pasti akan membantu…mksh…, terus terang saya juga suka breadtalk tapi begitu tau hukum halal haramnya ngak jelas ya sudh ngak beli lagi , cuma sebuah roti ini mash banyak roti yg lain/ makanan yg lain, lagian enaknya kan cuma sampai tenggorokn habis itu ya udh, tapi akibanya buruk buat tubuh, ibadah dan akhirat kelak ngaak lah yaa…

    Suka

  47. post lama 2008 di up lagi hade indonesia bangat

    Suka

  48. bagus kalau makanan itu ada label halal haramnya.
    tapi jangan lantas menuduh yang tak punya label halal trus langsung diseru bahwa itu haram….

    kalo ngurus labelnya musti pake duit….
    ini sudah kesalahan lagi. berarti halal-haramnya tergantung duitnya donk….

    Suka

  49. Terkadang makanan yang sudah ada logo halal nya pin masih harus di ragukan,,ada beberapa produk makanan ringan untuk anak yang sudah ada logo halal mengandung unsur babi,,,memang tidak ditulis secara nyata hanya menggunakan kode seperti “E”,,,,waallahu`alam

    Suka

  50. Rambut sama hitam, tapi keyakinan belum tentu sama, jadi ada yg mengatakan makanan yg di haramkan itu hanya untuk menhgukur kadar keyakinan seseorang. Kalau kebiasaanya makan makanan yg haram, setelah mendapat dogmatis keagamaan dia sudah tidak makan lagi, itu tandanya dia sudah mempunyai keyakinan terhadap ajaran agama tersebut. Ini argumen dari tetangga sebelah, benar tidaknya tergantung keyakinan kita terhadap agama kita.

    Suka

  51. Tidak halal nya apa. Jangan bikin berita yang setengah2. Kandungan nya tidak halal atau birokrasi sertifikat nya yang tidak halal caranya. Anehh…

    Suka

  52. Wah..enak nih pake babi..jd sedep2 gmn gt..

    Suka

  53. Ujung ujungnya duit….hehehe

    Suka

  54. Mungkin ada lembaga sertifikasi yang mengeluarkan label haram saja.. Maksudnya bahwa kita diIndonesia mayoritas makan kita halal, jadi tidak perlu label halal seperti di negara barat sana, karena hampir semua serba haram.. Jadi untuk lebih mudahnya buat saja label haram dan pasang di toko atau kemasan makan atau minumannya sehingga umat islam gampang bedakannya… Sekian ide sedehana..

    Suka

  55. Ass….wr….wb….Sebaik nya di umumkan se cepatnya lwt tv / mas media lain nya agar semua umat muslim seluruh indonesia tau dan faham adanya pemberitauan ini .wass…….

    Suka

  56. Buat akhwat or ikhwan yg ngaku agamanya Islam, yg bilang makanan minuman gak mempengaruhi kedekatan kita dng Allah..belajar agama Islam giih yg bener..belajar ke majlis ILMU yg bener jng cuma ilmu2an aja.

    Suka

  57. Meskipun Sertifikat sebesar Stadion Bung Karno, apa Bisa d Jamin Halal???
    Benar tuh katanya td, ujung2 Duit…
    Siapa Bilang Makan Babi bisa Bodoh???
    Tuh Org Israel & Amerika, pintar2.. Dan sampai Sekarang gak ada Negara Yg biaa Bikin BOM Atom selain Amerika.. Benar gak??

    Suka

  58. memang nya si babi salah apa,sampai ngak boleh dimakan truss diharamkan..?kalo ngak mau tertipu bagus makan dirumah aja masak sendiri makanannya,ngak perlu nyusahin oranh yang berusaha,harus pake logo atau sertifikat halal lagi,akal akalan untuk cari duit aja mui nya,munafik banget kayak yang suci aja,emanknya makanan bisa bikin dosa apa?yang bisa bikin dosa itu manusia tau,dasar bego,makanan ngak bisa kontrol manusia,manusia sendiri yang harusnya bisa kontrol prilaku nya,ngak ada hubungan nya dengan makanan/minuman

    Suka

  59. Sertifikat halal sebenarnya tak ada gunanya.kita suda punya badan hukumvyg mwmweiksa n mengawasi makan n obat2x (bpom).bpom itulah tugasnya di negeri indonesia untuk memeriksa kelayakan suatu tempat usaha makanan atau usaha obat2xtan.bpom ada badan usaha pemerintah yg sah yg dapat mengeluarkan peraturan mengenai yg halal,yg bersih n yg layak di kosumsi.. pertanyaanya apakah badan bpom itu HARAM!!!. Sehinga ada badan lain di luar badan milik negara untuk mengawasi makan n obat2x di negeri ini dengan lambang halal. Itu sama aja ada negara di dalam negara.apa pemerintah tak punya wewenang n tidak layak mengeluarkan izin n tidak di percayai di negara ini.ini sama aja menginjak martabat harga diri bangsa ini sehinga ada organisasi yg bisa mengendalikan negara ini untuk mewajibkan seluruh tempat usaha makanan mengunakan lebel halal.apa bpom tidak bisa mengeluarkan sertifikan layak atau sertifikan halal. Kalau emang benar pembuatan izin sertifikan halal tidak memungut biaya ya terbuka aja… dan jangan di persusah n di persulit..n jangan dipaksa orang untuk membuat serifikan halal

    Suka

  60. WOOOIIIIIII,……..Emangnya GADO-GADO, BAKSO, KETOPRAK, EMPEK2, NASI RAWON, COTO, DLL yang ada diRESTO or EMPERAN ad a LOGO HALAL NYA……… ????? Ngak ada kan !!!!!. TRUZZZZZZ,… kenapa KAMU juga MAKAN,…..????? Apalagi PRODUKSI,…… SECARA NASIONAL LAGI,……!!!!!! ……. HARAM APA ATAU SIAPA,…..????? yang nggak dapat duitnya bilangin HARAM, yang SUSAH PAYAH bilangin SUMPAH INI HALAL. ?????!?!!?!?!?!!!!????!!??!?!

    Suka

  61. apakah hnya di batam? bagaimana dgn gerai gerai breadtalk yg ada di medan? sy sangat menjaga sekali jika tdk ada label halalnya. lbh baik tdk usah mkn drpd tdk halal. tlng diselidiki juga gerai breadtalk yg di medan. smg kt terhindar dari hal2 yg tdk baik tersrbut

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: