Anak SD pun Sayang pak Harto


masjid-2.jpg

 “Kami tadi sholat gaib pak” ujar salah seorang murid perempuan Sekolah Dasar Islam Hang Tuah Batam… o iya kataku… menimpali laporan murid SD kelas IV  itu …”Siapa yang suruh sholat gaibnya” tanyaku lagi “pak Guru” jawab mereka sambil melirik pak Guru Aries Kurniawan yang pagi itu rupanya menjadi pemimpin upacara bendera… dan kebetulan pak Aries berdiri di dekat rombongan anak-anak yang sedang menyaksikan tayangan televisi.  

Hampir seluruh  dari  siswa Sekolah Islam Terpadu Hang Tuah ikut sholat gaib ..”Apa yang kau tau tentang pak Harto” tanyaku lagi….. “pak Harto itu orang nya baik” jawabnya….. “Koq tau kalau pak Harto baik”  “dari televisi Pak” jawabnya mantap

Apalah  yang dapat diketahui oleh anak seusia  SD kelas IV tentang pak Harto, yang pada saat pak Harto tidak menjabat sebagai Presiden lagi belum pun lahir….  rupanya media visual sangat berpengaruh terhadap alam pikirannya….. dari tayangan – tayangan selama pak Harto sakit dia dapat menyimpulkan sendiri kalau pak Harto itu baik….. 

Sekolah Islam Terpadu Hang Tuah jumlah siswanya hampir seribu, dari yang mengikuti sholat gaib bakda sholat juhur berjamaah di masjid samping sekolah kami….. tidak satupun dari siswa-siswa itu yang kutanyai ada kesan negatipnya terhadap pak Harto, “Kasihan pak Harto” kata satunya lagi,  …..dipojok kanan kantin, masih ramai  anak-anak lagi melihat tayangan prosesi pemakaman pak Harto, terlihat ada yang matanya berkaca-kaca….. apakah ini juga pengaruh dari televisi?????…..”lagi keluar main pak ” kata murid – murid itu serentak menjawab ketika kutanyakan kenapa masih diluar kelas. 

Bendera dikibarkan setengah tiang di halaman sekolah kami selepas upacara bendera yang memang setiap hari senin pagi (28/01/08) diadakan upacara bendera…..siang, hari itu bendera setengah tiang yang terpasang  dua kali naik sampai keujung  dan diturunkan kembali menjadi setengah tiang….. pak Kuswoyo salah seorang guru Sekolah Hang Tuah tersenyum …. saat kuberitahu koq benderanya penuh … disitu … di dekat bendera berdiri murid-murid SD …. mungkin mereka kira tali benderanya longgar jadi ditarik kembali sampai keujung…..

Begitu lah sekelumit tentang anak-anak SD di tempat kami…..

       

Iklan

2 Tanggapan

  1. sorry bos, kesannya kok maksa banget biar ada artikel pujian buat Soeharto, sampe-sampe anak SD pun dibawa=bawa dalam urusan yang mereka tidak mengerti.

    Tarolah usia paling tua anak SD yang “sayang pak harto” itu saat ini 12 tahun. berarti dia masih balita waktu Soeharto lengser. jadi mungkin saja anak-anak ingusan itu mengira Soeharto dijatuhkan, padahal rezimnya sudah busuk di dalam. Kemudian kalaupun anak-anak itu mempelajarari secara serius semua bahan tertulis mengenai sejarah kediktatoran Soeharto; apa yang bisa diharapkan dari anak SD mengenai masalah yang rumit seperti itu?

    Tolonglah jangan diperalat anak-anak itu untuk keperluan propaganda yang tak mereka mengerti. Mereka belum mampu memahami sejarah Indonesia yang banyak sisi gelapnya atau memamng sengaja digelapkan.

    Horas.

    Suka

  2. Faktanya begitu, mungkin kalau besok-besok ada televisi yang menayangkan lain ,,,, alam pikirannya lain lagi…. tapi koq ya… televisi penayangannya sama???? di tempat kami tanpa parabola atau indovision dapat ditangkap 10 channel tv nasional, 12 Tv singapura dan Malaysia, 2 tv lokal Batam, siapa yang memperalat dan siapa yang mempropaganda ya????

    Malah tulisan ini pun tak dibaca anak SD di tempat kami koq…..aku yakin itu…. mereka lebih suka menonton TV daripada membaca….

    Lagian sisi gelapnya apa saja ya bang Robert Manurung????

    Horas.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: