Horas Tulang Regar kata si JH Hutasuhut


Horas tulang regar.
Semangat kali kulihat tulang bikin blog ini, padahal udah ompung-2pun, aku jadi malu neh yang masih muda ini.
Oh ya tulang, mamakku marganya siregar dari sipirok, aku lahir dan besar di sipirok, mamak ayahku marga siregar, ada juga kakakku(cewek) menikah dengan marga siregar. ada juga namboruku(kakak ayahku) menikah dengan siregar walah.. sebenarnya aku ini setengah siregar, heheh. aku juga jadi pusing aku marmora apa maranakboru sama siregar, aku panggil tulang apa amangboru neh?. tulang ajalah ya..rasanya lebih paten.
Pokoknya selamat lah tulang, semangat teruss..menulisnya.
salam kenal ya tulang.   jeha hutasuhut

Itulah komentar si jeha hutasuhut, bisa jadi singkatannya JH, dibaca JeHa, bisa saja J-nya = Jatengger H-nya = Hutasuhut.  he he he he Hutasuhut itu klan Harahap, di Batam ada yang bermarga Hutasuhut, kerjanya di Pelabuhan, jadi kepala dia disitu. Dan ada beberapa orang lagi, dulu kepala Pertamina Tongkang di Batam pun marganya Hutasuhut jadi banyak yang datang saudara-saudaranya yang bermarga Hutasuhut, dari yang menjadi Direktur Utama, ada juga koq yang jadi Satpam sekarang tinggal di samping rumahku, di Tanjung Balai Karimun (TBK) pun ada yang bermarga Hutasuhut namanya Bangun, tapi dipanggil di sana Fahmi B Hutasuhut kerja di Batu Granit. Sebelumnya di TBK ada Bea Cukai marganya Hutasuhut namanya Marasungguh, isterinya boru regar, dua-duanya sudah alm,  ada adiknya di Belawan namanya Ribu Hutasuhut kerjanya di Kapal, kesemua mereka aku kenal baik.

Aku juga punya teman, waktu di Medan marganya Hutasuhut, kami satu sekolah di Muhammadiyah jalan Pahlawan Medan Timur waktu itu, masih adik kelas,  tapi tak dipakainya marganya itu, sekarang dia anggota DPR dari PPP di Jakarta, Asrul Harahap namanya, tak Asrul Hutasuhut. Bapaknya kami panggil bang Unggoli Hutasuhut sudah alm, tinggal di jalan pukat I medan. Adalah beberapa kali dia ke Batam dan mampir kerumahku, dan ada abangnya di Surabaya namanya Merdi Hutasuhut, katanya isterinya orang Belanda. Aku sering ke Surabaya karena anakku kuliah di ITS, jadi disitu aku jumpa dengan si Merdi, meskipun Merdi lebih tua dikit dari aku, karena Bapaknya aku panggil abang jadi bolehlah aku panggil dia dengan namanya saja, he he he ……….. Dan dia sering juga ke Batam.

Itulah yang kuingat JH, aku tak tau Bapakmu yang mana………………… entah-entah aku kenal ataupun tidak, adik beradik mereka banyak, sehutasuhut yang di sipirok sanalah, oiya….  ada lagi dia dulu pernah tinggal di jalan Purwo Medan, saat itu ada pesawat terbang jatuh disana, marganya juga Hutasuhut namanya Ir. Dahlan, kerja di PU terakhir dia tinggal di Jalan ke Tembung di KM6 tapi sudah pada meninggal, isterinya pun boru regar.

Jadi begitulah ……………………………………bereeeeeeeeeeeeeeeeee.       

18 Tanggapan

  1. Tak salah aku bilang, tulang ini semangat kali bikin blog ini. Tetap ya tulang semangatnya.. nanti bolehlah tulang bagi-2 ke kita energinya itu. Aku cuman kasi komen malah dibikin satu thread sendiri komenku itu dan dibahas pulak panjang kali lebar walaupun tidak sama dengan luas. hahah

    Ini sekedar usul saja tulang, baiknya alamat email tidak dipublish, awak bukannya tak mau diimel orang lain, yang awak khawatir dispam nanti, iya kalo spamnya manual cuman satudua, sekarang ada mesin spam yang bisa kirim ke imel sampe ribuan. nah.. bisa ‘marpusigil’lah nanti jari-2ku mendelet itu semua.

    Kedua, ini juga usul bukan usil, komen yang masuk harusnya tulang moderasilah dulu, soalnya tak semua komen yang masuk enak dibaca, iya kalo cuman ‘anggardada’ dan bayo pulak itu.. bisalah tulang tangtang, cemm manna kalo boru yang ‘anggardada’ dan ‘patalak-talakon’ pulak, hayyoo.. ada nanti pembaca dibawah umur, malu kita. Kalo awak pasti ku donlot-lah itu dan kubikin koleksi. Belum lagi nanti ada yang flood ke blog tulan ribuan kali dan langsung terpublish, bah… apa kata dunia, kurasa jari-2 tulang bukan hanya ‘marpusigil’ nanti jarinya malah bisa ‘tengka’.

    Segitu aja dulu tulang, mengenai hutasuhut khusuhya di alinea kedua nantilah aku lanjutkan. Aku kenal semua orang-2 yang disebutkan tulan itu.

    Wassalam
    Namaku bukan Jatengger, hayyoo tebak lagi lah tulang..

    Suka

  2. Alaikum salam wr wb…….

    Saran pertamamu udah kulaksanakan tengoklah kan tak adalagi alamat emailmu……..apa itu yang kau maksud??
    Saran kedua tak pandai aku belum sempat kutanyakan ke anakku …………nantilah sibuk kali dia sekarang menyiapkan anak-anak muridnya mau ulangan semester…

    Semua orang tahu kalau panjang kali lebar sama dengan luas, ini pulak kau bilang tak sama………maklum lah …gara-gara kau jeha kubuka google kucari hutasuhut, ada ribuan , karena kau suruh aku menebak siapa namamu kucari-cari yang ada j nya di depan kudapat yang seperti ini :

    Tugas Proyek Akhir : KSL (EC 7010)
    Audit SQL Server Database Security

    Pendahuluan
    SQL Server adalah aplikasi Database yang merupakan paket terintegrasi yang terdiri dari banyak objek (table, view, stored procedure, trigger, function, security, dll.) Database SQL Server memiliki sistem security yang telah dimasukkan pada paket atau sintaks fungsi (login, encrypt, permission level, dan privilage). Objek-objek yang dimiliki dapat didefenisikan hak akses dan tingkat penggunaan yang diperbolehkan kepada masing-masing user.

    SQL (Structured Query Language) adalah bahasa universal yang digunakan pada database (Oracle, Sybase, MySQL, Postgress, MS Accsess, SQL Server), sebagai script untuk mengakses database. Perintah SQL secara umum hanya terdiri dari empat perintah (Select, Insert, Update dan Delete). Dari keempat perintah ini dapat didefenisikan hak yang dimiliki masing-masing user untuk menggunakan setiap perintah.

    Audit SQL Server security merupakan metode yang dapat mengetahui fitur-fitur atau tingkat kemanan (security) yang dimiliki oleh SQL Server sebagai paket database sampai pada level tertentu. Pada Proyek Akhir ini akan dibahas beberapa fungsi-fungsi yang berhubungan dengan security (Password, Log, Encrypt, Decrypt, Remote, Link Server dll) .

    Tujuan
    Tujuan dari penulisan ini adalah:
    • Untuk mengetahui fitur-fitur fungsi dan beberapa objek yang berkaitan dengan sistem security yang dimiliki oleh SQL Server.
    • enentukan tingkat sistem security yang dibutuhkan dengan aplikasi yang dibangun dan akibat yang ditimbulkan dengan performansi database secara keseluruhan

    Bandung, 12 Mei 2004

    Dosen, Mahasiswa,

    DR. Budi Rahardjo Asri Joni Hutasuhut
    23202165

    Kalau bukan itu ya sudah,,,,,,,,,, besok kucari lagi he he he he , orang aku udah pensiun jadi banyak waktuku koq ….

    Tapi kalau iya…. aku pernah ke Bandung di Dago hampir 40 hari lamanya,sekitar tahun 2000 an yang lalu nginap di Jayakarta hotel (fasilitas perusahaan)… setiap kali kalau ke BIP, akau naik angkot kan cuma lurus aja jalannya….. di Bandung ada saudaraku katanya buka bengkel disitu tak tau aku dimana alamatnya, namanya Aman Hutasuhut bin oppu elo hutasuhut (oppu elo …nama panggilannya, nama sebenarnya aku pun tak ingat) mamaknya boru regar dari sipirok sana, isteri si Aman ini pun boru regar, 40 hari di sana ku tanya-tanya sama supir – supir angkot disitu, banyak kali rupanya supir angkot orang dari Tapsel.

    Semasa SMA Medan dulu aku pernah baca buku Datang Malam karangan Bokor Hutasuhut,rumahnya dulu tak jauh dari rumahku, kalau rumah si Asrul Hutasuhut (Asrul Harapap)di ujung kanan, Bokor Hutasuhut di ujung kiri. Tapi cuman sekali saja kuinjak rumah nya…. tertutup aja pagarnya….gak seperti rumahnya si Asrul, makan pun biasa dirumahnya waktu itu…..

    Kayaknya yang jadi sastrawaan atau apalah namanya yang marga hutasuhut ya mungkin Bokor Hutasuhut ini yang menasional kali yaaaaa..

    Di Kopo pun banyak loh orang-orang dari sipirok tahun 70 an ada klinik bersalin Mama namanya, aku pernah nginap dirumah itu, yang punya marga siregar,,,,,,,

    Gitu dulu ya Asri Joni Hutasuhut ??????????????

    Suka

  3. Horas Tulang..
    Jumpa lagi kita ya, heheh..
    Apa kbrmu tulang, sudah berkeliling asean kulihat ya?..
    Sattabilah tulang karena satu dan lain hal baru bisa kasi komen lagi.. (heheh.. kok jadi formil ya).

    Mengenai marga Hutasuhut yang dimedan, teman tulang-nya rupanya ya? Tak seberapalah hutasuhut yang beredar di dunia ini, heheh. Nama lengkapnya Hazrul Azwar Hutasuhut biasa dipanggil asrul, tak mau dipakenya marganya – belum pernah sempat kutanyain. Ayahnya dia adik-abanglah sama ayahku tulang, ayahku paling kecilnya. Sempat pulak dulu waktu mau naik ke SMA mau dibawa ke medan bersekolah sama uwak Jl. Pukat ini-tapi tak jadi karena aku sekolah di Pd. Sidimpuan. Bang asrul ini, dia itu khan salah satu ketua komisi di DPR. Sibuk kalifun dia bah.., tak pernahfun awak ketemu sama dia di Jkt ini. Kalo sama bang merdi (sering ke cibubur ada anak-cucuknya disana), atau adiknya bang mukhlis/bekasi atau juga abangnya – namannya bang tuper/indra masih sering ketemu – kita ada arisan 2 bulanan keluarga besar ompung baginda malim di jkt. Kalo adiknya Bang azmi(paling bontot) sempat tulang kenal? Skrg jadi dosen – sudah pejabatpun kurasa di salah satu PTN Medan.

    Kalo tulang, masih sering-nya ketemu sama bang asrul ini? Aku dengar mencalon dia di sumut, hahah..

    horas..
    salam

    Suka

  4. Mengenai namaku tulang, aku tak bisa koment lagi dah.
    Aku khan minta di tebak sama tulang, ini bukannya ditebak sama tulang, malah tulang search pake bung google lagi, ya… awak minta ampunlah, hajablah awak ini. heheh..

    Suka

  5. Horas juga lah JH
    Iya betul nama panggilannya asrul …. belakangan ini jarang ketemu…. dia adik kelasku di Muhammadiyah Medan.

    Kalau Azmi dosen di IKIP Medan sekarang sudah ganti nama… ada beberapakali aku minta guru olahraga sama dia… kali-kali ada mahasiswanya yang mau mengajar di sekolah kami di Batam , kami di Batam mengelola sekolah Hang Tuah namanya dari mulai TK sampai SMA insyaallah tahun ini buka SMK … karena bang Azmi mu itu “pencetak” Guru … kata Kakak Hawa mamanya Azmi isteri dari Bang Unggoli jadi kutelepon lah dia…

    Kalau bang Merdi, pernah aku kerumahnya di Surabaya… anakku satu kulia di ITS jadi sering aku bolak balik ke SBY.

    Kalau ada waktu dan duit datang lah ke Batam…. he he he he kalau makan dan nginap selama di Batam di jamin gratis lah…..
    Salam sama isterimu dan cucu-cucu…

    Suka

  6. Tulang regar!!
    Kurasa aku ada yang kelupaan… tulang rupanya sering dahulu ke bandung ya? Seperti yang tulang ceritakan ada hutasuhut bernama Aman. Aku manggil uda sama Aman Hutasuhut ini tulang. Dia buka bengkel mobil persis di bundaran cibiru bandung. Oppu Elo orangtuannya kenal-lah aku – orang sekampung pulak sama awak – baik dan luculah oppung itu, rumanya dekat Mesjid Nurul Iman satu-satunya mesjid di Hutasuhut. Ooo… jadi dari mamaknya(boru regar) uda Aman inilah parkouman itu tulang? Sama uda Aman ini aku beberapa kali ketemu waktu di Bandung (jaman kuli-ah).

    Kalo di bandung par-selatan banyaklah sopir angkot walopun bangso kita dari utara jauh lebih banyak, yang aku tahu jurusan dago kb. kelapa (03) parselatan yang dominan banyaknya, betumpuk-tumpuk bangso kita itu disana tulang, heheh…

    Btw.. kok panggilan uwak itu jadi unggoli, tulang. seingatku namanya Musai, waktu kecil dulu kami panggil uwak medan aja, atau uwak jalan pukat.

    Jadi tulang bergelut dunia pendidikan ya, wah… ini pahalanya gak habis-2 ini tulang ya? Amiinn… bisa aja neh salah satu dari yang tiga nanti kalo sudah ahli kubur.. Ikutkah tulang ngajar atau jadi pengurus saja.

    Kapanlah aku ke batam ya? Bukan hanya tak ada uang, waktupun susah tulang, aku nunggu kalo ada dinas dari kantor saja, kalo minta dari tulang – tak sampe hatilah awak udah pensiunanfun, heheh…

    horas

    Suka

  7. Kalau JH baca lagi tulisannya pastilah dikau binun lagi…aku panggil abang sama bang Musai dan uda Aman itu mamak kami adik beradik, kalau dari situ (Aman) kaupun panggil aku Uda Imbalo he he he he … nenek kami yang perempuan dari Kuala Kangsar Malaysia… beda dikit kan???? kalau nenek uda Aman yang perempuan katanya dari Simangambat…..

    Wak Medan mu itupun dua isterinya… mama nya bang Asrul mu namanya kak Hawa….

    Tiap tahun kami pesan baju seragam sekolah dari Cimahi Bandung “Toko Buana Sprot” persis di depan Hotel Cimahi lokasinya, sudah belasan tahun berlangganan sama Pak Iwan, sekarang tokonya sudah tutup karena pak Iwan sudah tua,,,,anak-anaknya tak mau melanjutkan usahanya katanya ada yang tinggal diluar negeri…tapi sampai sekarang pun kami tetap berlangganan baju dengan pak Iwan, semua baju olah raga sekolah yang kami kelola dari pak Iwan.

    Nah… ongkos kirim baju itu sama lho JH dengan tiket Bandung – Batam kalau naik City Link…. he he he he boleh koq kali-kali JH mau membawakannya untuk kami … kan lepas ongkos he he he he….

    Dulu aku sering ke Bandung waktu masih di Pertamina, meskipun ada fasilitas dari perusahaan tapi kalau pulang biasanya aku bawak “dagangan” ya salah satunya baju olah raga itu tadi karena banyak modelnya dan lebih murah….kan orang sipirok seperti itu alasannya PINOMAT…..

    Tapi anak sekarang tak mau lagi seperti itu ya….. malu .. atau memang kebiasaan kali ya JH ??? atau memang naluri mungkin.????

    Gimana JH????

    Suka

  8. Taklah sempat binun aku tulang..
    Cuman aku sedikit mikim-2 saja-nya, heheh.. kata orang sekarang jeruk makan jeruk ya.. sattabi ya tulang (unang sipanas tulang ateh, becanda sama mora-nya.. tak sopan kalipun awak neh..)

    Mengenai uwak medan itu taulah aku tulang, banyak-fun orangtua, oppung kita kayak gitu – salut dan bercampur apa gitu… melihat perjuangan mereka dahulu. Marga Inattua hawa itu kalo tidak salah dalimunthe dari rantau parapat. Inattua itu baik kalifun, lama sudah tak ketemu sama inattua ini – semua anaknya berhasil, tinggal dia dan mamakku(di sipirok) yg masih hidup orang tua kami kakak-beradik. Uwak itu masih aktif terus pengurus di Muhammadiyah sampe sekarang.

    Toko Buana Sport di depan Hotel Cimahi, bisalah aku perkirakan tempatnya, cuman skrg aku sudah jarang ke bandung tulang, 3 tahun terakhir tinggalku di tangerang saat ini kerja di jakarta. Mengenai tawaran jadi kurir, menarik juga tulang – bisa jalan-2 ke batam – haratiss.., aku pikirkanlah nanti kek mana caranya, heheh…. Kalo cuman bawain aja apa susahnya ya? heheh..

    PINOMAT, lama sudah aku tak dengar kata ini.. hahah. Bisa aja tulang ini. Pinomat bisa bermakna ganda (positif, negatif).

    Horas
    Maulite tulang…

    Suka

  9. Tiga tahun di Tangerang berarti tammat dari Bandung langsung ke Tangerang ya… Mei 2004 lulus… hebat kau ya JH…. boru apa isterimu?…

    Pernah aku ke Hutasuhut pas bulan puasa…. bujing kami Aisyiah, oppu elo pun Muhammadiyah… rumahnya kan dekat masjid yang di Hutasuhut itu… di pasar orang2 sudah lebaran tapi di hutasuhut belum …… bujing kami itupun berpuasa juga toleran lah ceritanya sama orang-orang yang belum lebaran di Hutasuhut…. tapi dia datang berkunjung ke pasar….ketempat orang yang berlebaran…..karena moranya tinggal di pasar sudah berlebaran pula….

    Tak bisa kugambarkan disini bagaimana ekspresi bujingku itu di ledek sama adik dan kakaknya serta eda-edanya yang berpuasa…. tak tahan di ledek berbukalah bujingku di tengah hari itu, karena kata nya orang -orang di Hutasuhut sudah berbuka puasa, anak bulan sudah nampak jelas, alasanya.

    Bukan soal lebaran dan belum lebaran yang jadi masalah bagiku … tapi pinternya orang sipirok bersilat lidah…. katanya “hata-hata bisa jadi panggarar hutang” lho.

    Bujing ku itu sudah almarhuma “semoga lapang didalam kuburnya” kalau aku ke sipirok sibuk lah dia itu memasak ,,aku paling suka sambal badar sama pete he he he …rebusan pucuk daun kates … apalagi daun bunga kol … nasinya hangat-hangat…..

    Sekarang mau kesana tak ada lagi yang mau dikunjungi…. tak ada lagi yang sibuk memasakkan sambal badar….. pernah juga koq di coba dengan resep yang sama di Batam tapi rasanya beda …. mungkin karena disana udaranya dingin kali ya…. jadi kalau makan enak aja…

    Kapan kau terakhir ke sipirok JH????

    PROGRAM UNTUK SEKOLAH

    Oiya kami punya perpustakaan sekolah, ada lab komputer, ada klinik, ada juga BMT . Murid sekolah kami mencapai ribuan orang… setiap anak diharuskan menabung di BMT… minimal setoran rp. 1.000,- siswa yang manabung mendapat layanan gratis di klinik salama 24 jam untuk tindakan pertama termasuk poli gigi, dan boleh memakai komputer rp. 1.000 perjam untuk akses internet diluar jam sekolah (dalam jam sekolah free), boleh meminjam buku dibawa pulang dari perpustakaan..itulah fasilitas kalau seorang siswa menabung.

    Kau punya program gak JH untuk satu kartu seperti kartu kredit misalnya….. ada barkod nya atau apalah namanya… 1 kartu bisa berfungsi untuk 4 kegunaan… ya kartu siswa, kartu untuk pembayaran dan penarikan uang di BMT, kartu untuk berobat di klinik , kartu ke ruang komputer untuk mengakses komputer…. komputer kami ada beberapa puluh spesipikasinya core duo, 80 GB ada billing sistemnya ku tengok dan dilengkapi speedy unlimited dari telkom … jadi dengan menggesek atau pakai scaner kartu tadi sudah dapat berfungsi.

    Sekarang masing-masing kartu, pelajar lain kartu perpus lain kartu BMT lain dan kartu uang sekolah dipakai untuk ke lab komputer…

    Kemarin aku cari-cari juga … ada contohnya kalau kita ke rumah sakit, kita kan dibuatkan kartu kunjungan, nah kartu seperti itu, tapi yang itu harganya mahal…. katanya ada printer yang bisa untuk bikin kartu itu, bahan kartunya tidak yang sudah jadi tapi dari lembaran sebesar kertas folio ada jual nya di batam bahannya sama dengan kartu kredit aku tengok ya seperti plastik juga…. tipis, warnanya putih…

    Kami punya server juga yang ngelink dari klinik ke BMT dan Mini Market program yang sekarang Ipos namanya ku tengok… mini market ada cash registernya … dari situ lah maksud ku bisa terlihat dan nyambung semua… jadi kasir yang diklinik dapat tahu kalau si siswa sudah bayar uang sekolah apa belum … kalau belum ya nggak dapat fasilitas tentunya kan JH……

    Kalau ada dan bisa bikin programnya kabari ya JH…
    salam

    Suka

  10. Apa pulak yang hebat itu tulang? Yang itu sekolah lain itu, kalo kuliahnya lulus dengan yudisium kemelut-fun, heheh.

    Istri aku boru sileban tulang dari huta lambung.

    Seru juga ceritanya waktu ke sipirok, aku kira sudah lamalah tak ke sipirok lagi ya, atau hampir tak pernah lagi..

    Aku ke sipirok 1,5 thn lalu (2006), pas lebaranlah tulang.
    Mengenai program yang tulang maksud aku kirim ke email saja ya…

    Mohon maaf tulang, tak bisa banyak cerita.. lagi banyak kerja (cmiww), nanti dilanjut…

    horas…

    Suka

  11. Aku tunggu-tunggu email si JH koq gak muncul-muncul…. rupanya betul-betul sibuk dia ya…………..
    iyalah mungkin karena udah dekat imlek jadi mempersiapkan segala sesuatunya….

    Suka

  12. Betulnya ini tulang?
    Apa tulang udah periksa lagi atau jgn-2 kehapus sendiri, aku udah kirim lho tulang.. per tanggal 28 Jan 2008 (arsip sent mailku). Aku kirim ke mail yahoo.

    Baiklah tulang aku kirim ulang lagi ya.

    horas..

    Suka

  13. O iya ya ya kalau yang itu sudah di terima …. maksud ku yang ada programnya….
    Tapi aku mau menjelaskan disini pun agak gimana gitu…..
    Nantilah aku datang ke tempat mu …..
    Salam …

    Suka

  14. Namaku Erlangga Wisnu Agung Todotua, aku mencoba web sederhana gratisan, tujuan ku cuma menyatukan keturunan Hutasuhut di penjuru dunia, Bapaku Ondolan atau dikenal Orlando Hutasuhut ketua Pungguan Hutasuhut Boru Bere Sejabotabek. Banyak keturunan Hutasuhut yang ku tau Malu mengunakan marganya, padahal bapaknya Hutasuhut, Dan Banyak yang sudah hilang karena pergaulan perantauaan. Marilah bergabung di http://www.hutasuhut.co.cc
    Horas Maulate Godang.

    Suka

  15. Salam

    e e e e Todotua bagus namamu ya……… mengingatkan zaman kejayaan singosari ……… kenapa ya kau bilang mereka malu……….. memang nya pernah kau tanyain ke mereka?

    Mungkin bapak mu seusia aku………. bisa-bisa akupun kenal bapak mu………… salam ya dari imbalo .tanyain dia masih tau enggak dia artinya ondolan itu apa……… dan arti imbalo itu apa…………….

    Suka

  16. Salam Hormat untuk semua…..saya anak merdi musai hutasuhut. saya ingin tau banyak tentang keluarga besar hutasuhut saya. Terima Kasih Banyak..HORAS

    Suka

  17. horas …. ni aku jg marga hutasuhut

    Suka

  18. pak.. saya mau minta tolong dong..
    saya membutuhkan info tentang Bokor Hutasuhut selengkap mungkin.. mohon bantuannya dong pak..
    mengenai perjalanan hidup beliau..
    mohon bantuannya ya pak…
    boleh langsung menghubungi saya via email

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: