DIMANA LETAK KETIDAK HALALAN AIR MINUM DALAM KEMASAN


babi-1.jpg

Pertanyaan sederhana, dan sering pertanyaan ini ditanyakan kepada kami.

Meskipun jurnal halal yang diterbitkan LP POM MUI ada, berapa orang yang membacanya, di TV jarang tersiar penjelasan tentang ketidak halalan air dalam kemasan, malah nyaris tak pernah.

Menjadi tidak halalnya air dalam kemasan atau air isi ulang,  salah satu faktor penyebabnya adalah filter yang terpasang, apakah dari bahan yang tidak halal.

Masyarakat awam tak mengerti arang aktif bisa dibuat dari tulang hewan, seperti dari hewan babi atau sapi, kalau dari sapi misalnya cara pemotongan tidak halal produk yang dihasilkannya menjadi tidak halal.

Tak terbayangkan oleh mereka bagaimana prose tulang hewan bisa menjadi filter (arang aktif), tulang hewan (sapi, babi)  adalah bahan baku untuk foam yang paling baik untuk memadamkan kebakaran, contoh untuk memadamkan api pada pesawat terbang yang terbakar,  adalah menggunakan busa (foam) dari tulang hewan itu, diproses sedemikian rupa expansinya cukup baik untuk memutus mata rantai segitiga api.

Jadi air yang mengalir melalui filter (berisi arang aktif yang terbuat dari tulang yang tidak halal)  menjadi tidak halal.

Kalaulah ini di jelaskan oleh para mubalig yang sedang menjadi khatib jumat misalnya, alangkah efektifnya.

“Tulislah pak tentang itu”  kata pak Kuswoyo wakil kepala sekolah Islam  SMA Hang Tuah kepadaku, “Banyak yang menanyakan tentang kenapa air dalam kemasan ataupun air isi ulang menjadi tidak halal” tambahnya.

Disamping filter tentunya ada lagi yang mempengaruhi ketidak halalan air dalam kemasan, seperti alat anggkutnya, tempatnya atau wadahnya dan lain-lain. tetapi faktor filter adalah yang dominan.

“Jadi filter dari bahan apa lagi pak selain dari tulang babi dan sapi” tanyanya lagi

“Bisa dari bahan lain, seperti dari tempurung kelapa” jawabku 

Mudah2-an bermanfaat amien……………………… 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: