Siswa yang Merokok (2)


“Cuma dua batang saja koq pak”  

Umurnya  14 tahun kelas I SMP , mukanya pun masih imut-imut, tingginya lumayan diatas 150 cm, adalah salah seorang siswa perempuan yang kedapatan merokok berjamaah dengan siswa lelaki, 30 an orang mereka bergerombol merokok ber-sama2.

Sudah berapa lama kau merokok” tanyaku, “hampir 6 bulan pak” jawabnya. 

Berapa bungkus satu hari” tanyaku lagi  

Cuma dua batang koq pak” jawabnya tanpa ekspresi bersalah sama sekali.

Lucy namanya orang tuanya bekerja di BUMN yang terkemuka di Batam, jadi kalau uang jajannya lumayan besar pantas, menurut teman-teman nya rokok yang diisap, dia yang membelinya.

Orang tuanya teman ku , karena sudah tak diterima di sekolah manapun,  anaknya di sekolahkan di Hang Tuah. Lucy berjanji tidak merokok lagi, setelah ditempeleng Bapaknya di depan teman2 dan gurunya. “Anakku lima bang belum pernah tanganku ringan menempeleng yang lainya” kata temanku itu.

Aku menarik nafas panjang sekali lagi,   pagi ini datang lagi orang tua dari Yusnani murid perempuan kelas dua SMP yang juga ikut merokok, pindahan dari Medan anak Tokoh Masyarakat Flores di Batam.  Teman ku juga. Aku tak tahu kalau ada anaknya sekolah di tempatku, aku kira ada urusan apa datang kesekolah, ternyata di panggil wali kelas anaknya. 

Dari 30 an orang siswa  yang kedapatan merokok, 2 orang tua mereka yang datang dipanggil kebetulan bertemu denganku. Dua bulan yang lalu pun ada anak SMA yang merokok, kami keluarkan dari sekolah, ternyata juga adik temanku.

Harus kah yang 30 an orang ini aku keluarkan juga?

Orang tua mereka sudah dipanggil semua pak” kata wali kelasnya “Jadi kita kasih kesempatan dululah.” ujarnya memberi saran.   

 Aku pun mengangguk sambil merenung……………………………….
 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: