Innalillahi wainnailaihi rajiun : Pak Dul Meninggal Dunia

jenazah pak Dul dimakamkan994592_686226998058041_1587959773_n

NAMANYA Dul Pitun bin Fulan, tinggal di Pulau Teluk Nipah Kampung Galang Baru Batam, disebut bin Fulan karena tak tahu siapa nama orang tuanya. Lima tahun yang lalu kami dirikan sebuah mushala kecil disitu. Di Pulau itu pula bermukim puluhan kepala keluarga Suku Laut.

Hanya enam kepala keluarga yang Islam termasuk pak Dul. Pak Dul, pria 70 an itu, berasal dari Flores, matanya tak dapat melihat lagi karena buta akibat Katarak dan jalannya pun meraba-raba. Tetapi pak Dul masih ingat betul dimana batas lokasi tanah kebun-kebun nya.

Ceriah sekali kelihatan wajah tua pak Dul saat itu, ketika kupimpin tangannya, berjalan disela-sela pohon kelapa, nangka dan rambutan, Pak Dul menunjukkan tanah lokasi mushala yang akan diwakafkannya.

Dia terus bercerita tentang masa mudanya, mata butanya menerawang jauh ke kampung halamannya. Pak Dul tinggal seorang diri tak punya anak, sementara isterinya telah lama meninggal dunia. Mata butanya berkaca kaca. Rindu sekali kelihatan pak Dul untuk pulang.

Tiga hari lebaran yang baru lalu, pak Dul meninggal dunia. “Subuh tadi beliau masih shalat” ujar ustadz Holil, Dai dari LAZ Masjid Raya Batam yang tinggal disana juga.

Aku bergegas berangkat kesana, selepas Juhur jenazah pak Dul kami makamkan, Alhamduliilah seluruh fardu kifayah dapat terlaksana, sejawat muslim dari pulau Nanga, Pulau Sembur datang ziarah.

1004838_687162077964533_895239095_n

Bagi orang lain mungkin, Pak Dul bukanlah siapa siapa, tetapi bagiku, pak Dul sangat berarti dan bermakna. Bagaimana tidak, bukanlah hal yang mudah, saat itu untuk kami mendirikan mushala disana.

Di Perkampungan Suku Laut itu, kini telah ada 16 kepala keluarga yang muslim, anak-anak merekapun telah dapat belajar Alquran di mushala.
Selamat jalan pak Dul bin Fulan, semoga amal ibadahmu diterima disisi Allah SWT. (imbalo)

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: