Baksos Yayasan Amal Malaysia di Batam

Hari kedua rabu (25/04) kegiatan Yayasan Amal Malaysia di Batam antara lain, khitanan di kampung Dapur Arang Selat Desa. Selepas Juhur dari kampung Air Lingka Pulau Galang Baru,  kami menuju desa Tiang Wangkang, disitu telah menunggu pak Pinci dengan boat 40 PKnya. Dari Tiang Wangkang menuju Selat Desa, spead boat lalu dibawah Jembatan Barelang, ditempuh sekitar 20 menit saja.

Ustadz Masri sudah berdiri di pinggir pantai menyambut kami,  seorang anak lelaki berlari meninggalkan kami, sesaat melihat dokter Mahyudin. “Takut dia, enggak mau di sunat” ujar ustadz Masri sambil tersenyum.

Sebelumnya sudah dikabari kepada ustadz Masri peralatan sunat yang kami bawa memerlukan daya listrik, dan itu tidak ada masaalah karena di Pulau itu ada Genset kecil sumbangan dari Lembaga Amil Zakat (LAZ) Masjid Raya Batam. “Tinggal start saja pak” ujar ustadz Masri lagi , saat kami minta daya listriknya.

Nah yang jadi masaalah tak satu pun penduduk di kampung itu yang punya tempat tidur seperti dipan misalnya. Untuk sunatan itu sang dokter posisinya harus berdiri, “Susah pak kalau ditidurkan di lantai mushala.” kata dokter Muhyidin .

Lirik kanan lirik kiri tanya sana tanya sini tak ada yang cocok untuk tempat untuk pelaksanaan sunatan di kampung yang dihuni sebahagian besar suku laut ini.  Tak ada rotan akar pun jadi , di pinggir pantai persis di depan mushala kecil itu ada bangku tempat duduk yang terbuat dari rangkaian potongan kayu bulat kecil. Ada sekeping triplek bekas ukuran 120 x 120 cm itulah kami sepakati dibuat alas untuk tempat tidur, triplek itu diletakkan diatas potongan rangkaian kayu tadi.

Dialam terbuka dipinggir pantai dibawah rindangan pohon jambu batu satu persatu anak lelaki kampung Selat Desa, desa tempat suku laut itu berada, yang selama ini bila ada sunatan , mereka yang datang kini mereka didatangi, dilaksanakan prosesi sunatan.   Bukan dengan fasilitas seadanya, nyaris tanpa fasiltas, agaknya inilah sunatan yang agak unik dilasanaka.

Terima kasih Dokter Mahyudin, terimakasih Amal Malaysia.

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: