Jalan Jalan Ke Kamboja

Sekarang bagi warga Indonesia yang acap bepergian ke Kamboja terhitung sejak 1 Juni 2010 diberikan kemudahan, antara Pemerintah Indonesia dengan Pemerintah Kamboja telah ada kesepakatan untuk membebaskan visa masuk.

Sebelum nya meskipun sesama negara di kawasan Asia Tenggara bila kita berkunjung kesana ya tetap visa on arraival tetapi di border kita harus membayar minimal 25 US $.

Kami bersama rekan dari Malaysia dan Thailand sering berkunjung ke Saigon (Ho Chi Min) Vietnam, banyak pintu masuk kesana tetapi semua harus melalui Kamboja, kecuali ke Ha Noi bisa melalui Laos , Negara ini (Laos) pun masih mengenakan tarif masuk hingga 20 US $ bagi warga negara Indonesia untuk berkunjung ke sana.

Itu perjalanan darat ataupun melalui sungai, kalau melalui udara bisa dari Changi Singapura, atau dari Kuala Lumpur langsung ke Ho Chi Min, ya dari Ho Chi Min dengan pesawat lagi menuju Thailand, ya agak kurang seru jadinya tak dapat menikmati aliran sungai Mekong dan singgah singgah di beberpa perkampungan komuitas Muslim yang ada di sapanjang jalan, seperti kalau kita naik bus dari Ho Chi Min ke Phno Penh kita bisa bermalam di Chou Doc.

Kami sering melalukan  perjalanan darat dengan bus mini dari Malaysia  ke Thailand menuju Vietnam dan biasanya kami kembali lagi ke Thailand, untuk kembali ke Thailand  harus melalui negara Kmer ini, sehingga kita sebagai warga negara Indonesia dikenakan dua kali pembayaran tarif masuk, tetapi hal itu tidak berlaku bagi warga negara lain.

Itulah sebab salah satunya sering seorang diri aku melanjutkan perjalana ke Ha Noi, dari Hanoi naik Bus  kembali ke Thailand melalui Vientiane ( Laos), meskipun masuk Ke Laos ya tetap membayar bea masuk, tetapi bisa mengunjungi teman-teman di sana (Laos).

Ratanakiri

Banyak hal yang menarik di negeri Kmer ini, salah satu provinsi paling utara Kamboja bernama Ratanakiri, provinsi ini berbatasan dengan Vietnam, luasnya mencapai 10 kilometer persegi hanya dihuni sekitar 94 ribu orang itu sensus di tahun 1998. Tetapi sejak terbuka jalan yang terhubung langsung sejak dari Phom Phen Ibukota negara itu hingga ke Ratanakiri perjalan yang dulu memakan waktu bisa lima hari sekarang di tempuh hanya sekitar delapan jam saja bus mini.

Nah dari Provinsi ini kita bisa bepergian dengan mudah ke Vietnam, waktu itu bergabung dengan warga setempat karena kemiripan rupa dan memang tak begitu ketat penjagaaan meskipun aada petugas imigrasi disana, kami tak perlu menggunakan pasport.

Di Provinsi paling utara ini muslim sekarang cukup berkembang, pendatang yang datang kesan dari Provinsi Cham, ikatan kultur dengan suku asli yang mendiami perbukitan disana persamaan bahasa, sehingga saudara muslim yang datang disana pun di terima bak saudara tua.

About these ads

6 Tanggapan

  1. Kamboja it’s oke… semoga aku juga dapat segera pergi kesana .

  2. halo…
    mau nanya nih, mas ato mbak ya? :) saya mau ke vietnam krn ada airasia yg langsung ke vietnam. dr vietnam pengen ke kamboja dan laos. bagusnya ke laos atau kamboja dulu ya. thx a lot.

    • ASSLAMMUALAIKUM !
      TAWARAN ISTIMEWA UNTUK SEMUA ORANG DATANG KE TOUR MINAH DARI 20 JUNE HINGGA 31 JULY 2010
      wwwsinamalaysia-sina.blogspot.com/

  3. kalau sedia nak datang vietnam hanoi and loas boleh lah hubungi saya untuk book /

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: