Daftar Klaim Negara Lain Atas Budaya Indonesia

tari-pendetdlm

Kasus Tari Pendet dari Bali membuat kita tersentak, beragam komentar tentang hal itu, Tari Pendet ini menambah artefak budaya Indonesia yang diduga dicuri, dipatenkan, diklaim, dan atau dieksploitasi secara komersial oleh korporasi asing, oknum warga negara asing, ataupun negara lain.

Berikut adalah daftar nya :

1. Batik dari Jawa oleh Adidas

2. Naskah Kuno dari Riau oleh Pemerintah Malaysia

3. Naskah Kuno dari Sumatera Barat oleh Pemerintah Malaysia

4. Naskah Kuno dari Sulawesi Selatan oleh Pemerintah Malaysia

5. Naskah Kuno dari Sulawesi Tenggara oleh Pemerintah Malaysia

6. Rendang dari Sumatera Barat oleh Oknum WN Malaysia

7. Sambal Bajak dari Jawa Tengah oleh Oknum WN Belanda

8. Sambal Petai dari Riau oleh Oknum WN Belanda

9. Sambal Nanas dari Riau oleh Oknum WN Belanda

10. Tempe dari Jawa oleh Beberapa Perusahaan Asing

11. Lagu Rasa Sayang Sayange dari Maluku oleh Pemerintah Malaysia

12. Tari Reog Ponorogo dari Jawa Timur oleh Pemerintah Malaysia

13. Lagu Soleram dari Riau oleh Pemerintah Malaysia

14. Lagu Injit-injit Semut dari Jambi oleh Pemerintah Malaysia

15. Alat Musik Gamelan dari Jawa oleh Pemerintah Malaysia

16. Tari Kuda Lumping dari Jawa Timur oleh Pemerintah Malaysia

17. Tari Piring dari Sumatera Barat oleh Pemerintah Malaysia

18. Lagu Kakak Tua dari Maluku oleh Pemerintah Malaysia

19. Lagu Anak Kambing Saya dari Nusa Tenggara oleh Pemerintah Malaysia

20. Kursi Taman Dengan Ornamen Ukir Khas Jepara dari Jawa Tengah oleh    Oknum WN Perancis

21. Pigura Dengan Ornamen Ukir Khas Jepara dari Jawa Tengah oleh Oknum WN Inggris

22. Motif Batik Parang dari Yogyakarta oleh Pemerintah Malaysia

23. Desain Kerajinan Perak Desak Suwarti dari Bali oleh Oknum WN Amerika

24. Produk Berbahan Rempah-rempah dan Tanaman Obat Asli Indonesia oleh Shiseido Co Ltd

25. Badik Tumbuk Lada oleh Pemerintah Malaysia

26. Kopi Gayo dari Aceh oleh perusahaan multinasional (MNC) Belanda

27. Kopi Toraja dari Sulawesi Selatan oleh perusahaan Jepang

28. Musik Indang Sungai Garinggiang dari Sumatera Barat oleh Malaysia

29. Kain Ulos oleh Malaysia

30. Alat Musik Angklung oleh Pemerintah Malaysia

31. Lagu Jali-Jali oleh Pemerintah Malaysia

32. Tari Pendet dari Bali oleh Pemerintah Malaysia

About these ads

28 Tanggapan

  1. Dan Juara yang kalim adalah !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    Simak ulasannya di:

    http://engeldvh.wordpress.com/2009/08/25/indonesia-barat-asia-timur-dan-timur-tengah/

  2. Indonesia sambung saja dengan Malaysia nanti bila Pak Anwar dah jadi PM Malaysia. Tak la gaduh2 lagi tentang soal klaim budaya.
    :)

    • org muda indonesia yg munulis di dalam Kompas ini, adalah diatara org yg cetek fikirannya , yg tak tau sejarah , yg miskin idea, yg tak tahu berbahasa dengan sopan. Perkara yg di terterakan yg disenaraikan di atas memang ada di Malaysia , tetapi bukan tarian Pendet tu. Kalau ada pun ia mesti ditarikan oleh org Melayu yg berumaga Islam. 99% org Melayu berugama Islam di Malaysia. Siapa kah yg dikatakna Melayu? Melayu erti nya sesiapa aja yg berbahasa MElayu berugama ISlam adalah Melayu , tak kisah lah dia berasal dari Jawa , Bugis dari Makasar, Batak , Aceh , Melayu Pattani, Berunei , Moro , Jambi dan lain2 termasuk of course Melayu berasl dari semenanjung .Maka pertembung etnik dari gugusan pulau2 MElayu itu terdapat lah berbagai masakan , pertembungan budaya yg dibawa oleh ethnik2 tersebut . Tapi tidak tarian pendek , sebab tarian pendek mendedahkan aurat wanita. NOway .
      Org Indonesia terlalu ghairah hendak menjatuhkan imej Malaysia , mereka lupa bahawa ugama Islam sangat kuat diamalkan di semenajung tidak seperti di Jawa. NOWAY brother, Jika ada tarian pendek seperti yg dikatakan itu , maka , sya pasti kerajaan akan tumbang pada pilihan umun akan datang .

      kamel hassan

      • buat yg namanya negara malaysia……….jgn malu dong ngaku2 budaya negara lain…meskipun sama sama melayu tp beda negara..jgan bersembunyi di balik melayu…mentang2 melayu mo ngaku segala budaya melayu…….sorry broo gak keren

  3. [...] kasus klaim ini tidak hanya dilakukan satu atau dua kali. Namun sudah ditemukan sebanyak 32 oleh Imbalo. Tidak disangka bahwa banyak sekali upaya untuk merampok bangsa Indonesia ini. Tidak hanya hutan [...]

  4. [...] sebangsa dan setanah air. Sudah banyak kebanggaan bangsa direbut oleh bangsa lain. Tidak sedikit kisah-kisah tragis yang dialami oleh TKI kita di negara tetangga. Telah berulang [...]

  5. [...] Kasus Tari Pendet dari Bali membuat kita tersentak, beragam komentar tentang hal itu, Tari Pendet ini menambah artefak budaya Indonesia yang diduga dicuri, dipatenkan, diklaim, dan atau dieksploitasi secara komersial oleh korporasi asing, oknum [...] Go to Source [...]

  6. lagi- lagi budaya Indonesia diklaim oleh Malaysia, apa sih maunya Malaysia …??? Seharusnya Malaysia itu mengklaim Nordin M Top karna dia kan orang Malaysia yang meluluhlantakkan Indonesia

  7. malaysia juga mengklaim ulos????
    beh!! bisa dihajar orang batak dia ntar…!!!

    indonesia terlalu lemah. perbuatan itu harus ditindak keras..biar g merajalela!!

  8. kenapa sich kok rasanya malaysia tidak mau menghargai indonesia…mulai dari kebudayaan indonesia yang di rebut githu aja, penganiayaan TKI yang kerja di malaysialah,masalah wilayahlah, terorisnyalah..sampai-sampai kasus manohara… dimana sich letak hati nurani malaysia itu… kalau mau kaya akan budaya, jangan nyolong donk, kreatif dikit…apa ga tau malu???? malu dikit napa orang beragama kok tukang nyolong…

  9. Begini, kebudayan itu akan menyebar bersama dengan masyarkat pemiliknya kemana saja mereka pergi. Dalam hal ini para imigran yang datang dari Jawa, Minang, Bugis, Bawean, Riau, Jambi, Batak, Banjar dllnya, sejak belum ada lagi nama Indonesia atau sebelum Indonesia merdeka. Bahkan jauh sebelum itu sudah ada hubungan antara Majapahit dan Melaka, malah Patih Unus pernah membantu Melaka untuk mengusir Potugis, Hubungan saudara antara Raja-Raja Melayu di Selangor, Singaputa dan Johor dengan Riau, Kampar dan Lingga. Dengan demikian generasi Malaysia sekarang juga merasa mewarisi dari nenek moyangnya yang sudah menjadi werga negara Malaysia kesenian gamelan, kuda kepang, reog, talempong, kemplingan, wayang wong, mek Muluk, bangsawan, batik, keris dan tentu saja persamaan cara bertutur kata bahasa ibunda dan juga tata cara makan dan makanannya. Jadi kita tidak hanya serumpun tapi juga bersaudara, bahkan sampai sekarang ada yang masih terjalin . Mereka saling mengunjungi dan saling membantu tanpa menghiraukan segala apa yang terjadi antara pemrintah Malaysia dan Indonesia.

  10. malaysia tw diri dunk
    sok2 klaim punya indonesia
    miskin ilmu miskin harta
    cpe d

  11. heeh mlaysiaaa jgandt ngambill kpunyaan orang laend donk emnk gug pna kbudyaan yaah ????????????
    tyus bwat pmerintah nya jgan diem ajja donk jd mlaysiiaa nya ngelunjak emnx mw app kbdyaan kta hbiss d ambl ama mlaysia………………………….

  12. egh gg tw mlu bgt see nyuri” kebudayaan orang laen dasar tukang curi………
    bisanya cuma nyuri doang gg kreatif bgt see jd org

  13. [...] Akan tetapi dalam konteks ini berbega. Kejadian serupa sudah terjadi berulang-ulang. Berikut ini antara lain budaya Indonesia yang diklaim Negara Malaysia: [...]

  14. Mudah-mudahan daftar tersebut tidak bertambah, syukur2 malah berkurang setelah terbukti siapa yang berhak memilikinya. Walau kadang terbawa emosi, mudah-mudahan kita tetap bisa menyikapi masalah ini secara proporsional. Dan aku pun tetap cinta Indonesia :)

  15. Indonesia jangan mau kalah,
    ayo Indonesia harus semangat……

    kalau memang jalur militer dapat membuat Malaysia kapok, lakukan bro…….

  16. aduuh..aduuuuh..
    malaysia bener2 gag tau malu bangedh iia..banayak bangedh yg diklaim…uda jelas2 itu kebudayaa asli Indonesia,,teteup ajja diklaim..mau gimana juga teteup Indonesia yg paling kaya budayanya..
    kalu gag punya kebudayaan ya uda..gag usah ngakuin punya orang..malu2in negaranya sendiri..

  17. Kalau kita semua sudah tau kenapa malaysia tidak memandang Indonesia? apa yang harus kita lakuan?
    1. Jangan melakukan tindakan yang melanggar hukum
    2. Mampu menolak untuk melakukan tindakan melanggar hukum
    3. Tidak menceritakan tindakan yang melanggar hukum kecuali atas nama hukum.
    4. Tidak berbicara lebih detail tentang hukum
    5. Buatlah NPWP, bayar pajak sesuai hukum

    Biarlah yang lain melakukan, asalkan kita tidak.
    Jayalah INDONESIA

  18. EmNg y negara kt memili bnyk nuansa yg bRbeda dr negara lain,, Indonesi the best la kLu msLh budaya. I love budaya dan tradisi Indonesia.

  19. Menurut saya tdk semua nya mareka meng klaim dgn sengaja,coba pikir2 berapa banyk TKI yg menjadi warga negara malaysia contoh nya,maka di saat mareka menggelar pestival seni se nasional mareka si TKI yg sdh jd warga mareka turut menampil kan antraksi seni masing2.
    Dan yg sangat ironis lagi kalau di negeri sendiri mrk tdk di hargai, sebalik nya sekali tampil saja seperti di malaya mrk bisa meraup puluhan juta rupiah.

  20. mereka kok pake menjiplak budaya kita sih..
    mereka gak punya budaya atau gak kreeatif sihh
    (SAVE OUR TRADITIONS)

  21. Buhh… Bahaya!!
    Parrah tu negara laen !

    .Ckckck

    Kaya’ gga puy kebudayaan ndiri !

  22. Bagaimana tentang pendapat ini apakah pemerintah tidak menghadapinya saya mohon kepada pemerintah indonesia ambil semua budaya kita dan hak patenkanlah.karena itu semua peningalan nenek moyang kita semu.

  23. Sungguh Kejam!
    mungkin itu juga kesalahan kita yg tdk mau melestarikannya!

  24. Mohon sebutkan sumbernya ya Gan :)

    http://budaya-indonesia.org/bwk/tema/Klaim-Budaya

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: