Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang Pajak Bumi Dan Bangunan (SPPT PBB)

Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang Pajak Bumi dan Bangunan Tahun 2009

Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang Pajak Bumi dan Bangunan Tahun 2009

 

 

 

 

Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang Pajak Bumi dan Bangunan (SPPT PBB) ini bukan lah merupakan bukti kepemilikan hak.

Sering terjadi nama yang tercantum dalam SPPT PBB tidak sama dengan pemilik.

Sejak SPPT PBB ini di terbitkan hingga ke hari ini yang mengedarkan dan menyampaikan ke yang berhak menerimanya sesuai dengan alamat dan nama yang tercantum di dalamnya melalui RT kalau di tempat kami.  Sewaktu kami menjabat RT beberapa tahun atau beberapa kali masih mau mengedarkan dan memberikan SPPT PBB ini  kepada warga. Tetapi setelah itu kami tak mau lagi.

Waktu itu RT di tempat kami tidak di gaji, dalam hatiku “enak saja orang pajak, bertahuntahun kita menyampaikan SPPT PBB ini ke warga enggak pernah ada ucapan terima kasih apalagi berupa materi.”

Saat  itu memang agak dongkol, kita yang langsung berhadapan dengan warga belum lagi ukuran dan nilai NJOP ataupun NJOPTKP sehingga NJPK dan PBB yang terhutang berbeda harus menjelaskan kepada warga.

Masih mending kalau potongan bukti penerimaannya hilang lha terus siapa yang tanggung jawab. Tetapi bukan itu saja, yang membuat aku tak mau bersusah payah mengantarkan SPPT PBB itu.

DI PIMPONG

Mengapalah tak ada pemberitahuan batas waktu boleh setor tunai, mungkin karena nilainya kecil kali ya, habis dah ongkos ku bolak balik ke Bank. Gimana kalau setor ke RT saja ya??????kan sekarang kabar nya RT sudah dapat gaji.....

Mengapalah tak ada pemberitahuan batas waktu boleh setor tunai, mungkin karena nilainya kecil kali ya, habis dah ongkos ku bolak balik ke Bank. Gimana kalau setor ke RT saja ya??????kan sekarang kabar nya RT sudah dapat gaji.....

Kamis lalu ada seorang Ibu dengan seorang anaknya berdiri di depan tangga Bank Mandiri Nagoya Batam, kalau tak salah Bank Mandiri itu dulunya adalah Bank Expor Import (Bank Exim). Bank yang berlokasi disebelah masjid Baitusysyakur Jodoh Batam itu ternyata tak lagi menerima setoran tunai SPPT PBB, itulah yang disampaikan oleh salah seorang petugas security disitu.

“Saya tak punya ATM ” ujar ibu itu karena memang di dalam tempat pembayaran dalam SPPT PBB itu tercantum dengan jelas : BANK MUAMALAT. kalau pembayaran pakai ATM : BCA, BII, BUMI PUTERA,  BUKOPIN, MANDIRI, BNI. teler : BUMI PUTERA, BUKOPIN, BNI sementara Internet :BCA , BUMI PUTERA, MANDIRI, BNI. melalui telpon :  BUMI PUTERA, BNI .

Jangan harap tulisan itu bisa terbaca dengan jelas , warna dasar kertas merah maron muda dengan hurup seperti itu harus extra membacanya. Lagi pula sejak belasan tahun yang lalu Bank Mandiri dahulu Exim ini dapat menerima setoran tunai. Aku pun tak tahu sejak kapan Bank Mandiri tak menerima setoran tunai, harus memakai ATM.

Hari itu tengah hari menjelang pukul 13, karena tak punya ATM si Ibu disarankan oleh petugas security ke Bank BNI, kebetulan BNI ada di seberang jalan, masih berlokasi di lantai dasar Hotel Planet.

Tiba di BNI ternyata kasir untuk pembayaran tunai setoran SPPT PBB telah di tutup, karena aturan nya demikian kata security yang bertugas di BNI, padahal dari Mandiri ke BNI Ibu itu bergegas malah anak nya tak mau ikut kecapean dan berdiri saja di pinggir jalan di tempat yang agak teduh.

“Setoran SPPT PBB tunai sampai pukul sebelas ” ujar security BNI . Ibu itu di saran kan pulang saja dulu besok datang lagi.

Dari Tanjung Sengkuang Batu Ampar ke Jodoh Nagoya tidak kurang belasan ribu rupiah untuk ongkos, itulah sebab si Ibu tidak ke Bank Muamalat, yang hendak di setor sekitar 30 puluh ribu rupiah. Lumayan jauh dari lokasi Bank Exim lama ke lokasi yang sekarang, berjalan lagi ke BNI ternyata teler sudah tutup.

Di BNI tidak ada tulisan ataupun tanda tanda pemberitahuan kalau setoran tunai untuk pembayaran SPPT PBB tutup hanya sampai pukul 11 saja, karena masih banyak puluhan orang yang antri di teler saat itu.

Pemindahan dari Bank Mandiri (exim) ke BNI pun tak ada pemberitahuan , memang ada tulisan di form SPPT PBB, tapi tak jelas .

“Wah persis sama pak saya pun demikian kemarin” kata Ade Syahlan dalam komentar nya di Facebook. Masih mending Ade Syahlan Pemimpin Perusahaan Koran group JPPN di Batam ini masih punya mobil, kecele di bank Mandiri langsung ke BNI, naik mobil lagian dia punya ATM dan ngerti internet, masih kecele juga.

“Bayar pajak saja susah ya pak ”  kata seorang komentator lagi di Facebook ku.

Aku tak tahu apakah hari jumat besok nya Ibu tadi datang lagi ke BNI di Jodoh. Kalau tidak bayar SPPT PBB itu apa sih sanksi nya………..??????? atau bayar saja lima tahun sekali ……….. Karena beberapa tahun yang lalu ada SPPT PBB yang di putihkan lho…………..

Bagai mana kantor pajak…………… kan sekarang Dirjen Pajak nya sudah ganti ……….

About these ads

19 Tanggapan

  1. tau tuh kantor pajak gak bikin kita hepi, SPPT PBB mestinya dikirim aja via pos langsung ke rumah gak perlu ke RT/RW jadi gak repotin. Sekarang aja saya bingung mau bayar PBB SPPT PBBnya gak ada karena RTnya dah ganti dan ada pemekaran RT, jadi tau tuh SPPTnya ilang kemanan

  2. gw jua punya problem nih gimana sih tata cara nya membayar pajak PBB, gw udah ga bayar selama 10 th kira2 gw dapat sngksi ga yah dari pemerintah? terus gw mw bayar nih kira2 gw mendapatkan keringanan biaya ga yah? dari kantor pajak itu pelssssstolong gw dong ksi tw caranya

    • bayar yang terakhir…. kali….. siapa juga lagi yang ngecek … pengemplang pajak aja suka diputih kan….

    • Buat Doni, karena sdh 10 th, pastikan dulu Nop nya, dengan datang ke Kantor pajak tempat tanah terdaftar. kalau sdh terdaftar tinggal bayar di atm, atau tempat pembayaran yg ditunjuk.
      Orang bijak taat pajak

  3. Saya Baru membeli tanah beserta bangunan yang tepatnya di daerah depok beji….
    nah PPB nya masih nama yang Pemilik lama ??!!! bagaimana tata cara mengurus balik nama ke saya…??!!
    Trims…??!!!

  4. saya mau beli rumah dan tanah, tapi belum ada sppt nya? orangnya gak pernah bayar pbb selama 10 tahunan, gimana cara bikinnya ya? mas fajar kalo bisa plis contact di anton.tobing9@gmail.com ya..terims

  5. q pusing dengan urusan pajak…..

  6. Maaf saya mau tanya gan.. saya mau beli rumah di kawasan batam centre. dan akan saya KPR kan ke Bank BTN. tapi SPPT PBB nya ilang ga tau ke mana. kalau mau di urus gimana ya caranya karena dari pihak bang meminta copy sppt pbb untuk keperluan akad kredit. tolong kalau bisa di balas ke nurimikroji@yahoo.com

  7. Kyaknya sdh lebih dari 4 thn saya tdk dpt slip pbb tsb..tapi saya tetap bayar via klikbca. Bisa gak Pajak ini dibuat seperti PLN/ Telkom..bisa dikirim ebilling or di web Pajak, bisa dpt detail dengan hanya memasukkan NOP kita…Pls dong ah..

  8. sy beli tanah..sdh jd sertifikat an.sy sdr tp pbb nya masik sj nm pemilik yg lama…uda 4 thn ini,,sy ngurus nya dimn ya untuk ganti nm pbb nya??mohon informasi nya.trims ina

  9. mau nanya donk gan…
    bagaimana caranya agar kita mengetahui kepemilikan tanah banguna?? Soalnya di daerah saya tanahnya ditempati turun temurun dan ada orang lain (bukan keluarga alias orang lain) yang mengaku-ngaku kalau tanah tu miliknya. bahkan punya sertifikat segala.
    bagaimana donk cara membuktikannya agar tanah tsb tdk mudah diakui orang lain??
    terima kasih sebelumnya.

  10. mo tanya gan…….saya beli tanah 200m di sawangan….total tanah semuanya 4000m2. yg saya beli 200m, akte nya dah jadi atas nama saya….selang sebulan saya tanya lagi sppt nya… saya dipintain lagi 1,5 juta utk sppt…padahal saya dah ngasih 6 juta utk pengurusan surat akte tersebut…mohon petunjuknya ya gan…..

  11. saya sudah sering mendapatkan SPPT PBB namun tidak pernah saya temukan didalamnya tercantum NJOP tidak kena pajak padahal berdasarkan baik itu UU No.Tahun 1994 tentang PERUBAHAN UU No 12 Tahun 1985 tentang PBB ataupun UU No. 28 Tahun 2009 tentang Pajak dan Retribusi Daerah disana jelas mengatakan dengan gamblang disertai pada penjelasan bahwa nilai pajak yang dibayarkan ditentukan setelah dikurangi NJOPTKP hal inipun terjadi dalam pembayaran BPHTB… saya tinggal di Kabupaten Gowa, Sulsel

  12. Tipe rumah 32 luas tanah 84 meter persegi, berapakah pajak nya..?

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: