Masjid Bersejarah di Beberapa Negara Asean (Vietnam)

Rencana Insyaallah bulan Okteber 2009 di Batam akan di adakan Festival Masjid bersejarah Nusantarake IV, yang akan diikuti oleh 33 provinsi dan 9 negara Asean.

Ikut sebagai panitia dari sekian ratus orang yang tercantum dalam surat keputusan  Pimpinan Dewan Masjid Indonesia (DMI) Pusat, jadi terpikir dan teringat tentang masjid bersejarah di Nusantara dari 9 negara Asean.

MASJID DI HANOI

DSCF0593

Dimanakah masjid bersejarah di Vietnam?. Negara Komunis itu yang ber Ibukota Hanoi di Vietnam Utara sana hanya ada sebuah masjid, masjid yang bernama Al Nour yang berlokasi tak jauh dari Kedutaan Besar Republik Indonesia.

Masjid ini dulunya adalah berupa Kuil yang di beli oleh minoritas komunitas Muslim di Hanoi. Seperti nya hanya masjid ini sajalah yang ada di Kota Hanoi, karena bila setiap hari Jumat untuk pelaksanaan shalat Jumat seluruh pegawai dan staff  dari Kedutaan yang beragama Islam shalat disitu.

Ciri dan bentuk ornamen dari bekas kuil masih jelas terlihat, karena belum di pugar dan dirubah bentuk, hanya di depan pintu masuk dan beberapa tempat yang dibuat bentuk kubah agar terlihat menyerupai masjid.

Aku sangat beruntung saat ke Hanoi Desember 2007 silam sempat shalat jumat di masjid Al Nour. Salah seorang Staff Kedutaan RI yang bernama (bermarga)  Marbun orang Batak muslim banyak bercerita tentang Hanoi, ternyata dia adalah salah seorang pengurus masjid Hanoi itu.

“Imam masjid itu sekarang adalah orang Vietnam asli” ujar Marbun selepas kami shalat jumat, dan memang saat shalat Jumat banyak staff kedutaan dari beberapa negara muslim tumpah ruah di masjid kecil itu. “Dulunya yang jadi Imam masjid orang dari India, tetapi sejak tiga tahun yang lalu penduduk setempat ada yang bersekolah dan belajar ke Timur Tengan” jelas Marbun kembali.

Disamping bahasa Arab dan bahasa Inggris,  bahasa Vietnam  sendiri pun dipakai dalam Khotbah Jumat kali itu. Masaalah dana dan biaya operasional masjid, kelihatan nya tak begitu dirisaukan. Imam masjid dan pengurus lainnya di Hanoi menerima gaji. Boleh kah masjid ini dinamakan dan termasuk masjid bersejarah.?

MASJID DI  HO CHI MINH CITY

Lain di Hanoi lain pula di Ho Chi Minh, di kota kedua terbesar setelah Hanoi yang terletak di Selatan Vietnam ini banyak di jumpai masjid, terutama di daerah  Chou Duk ,  daerah berbatasan dengan Negara Kamboja ada puluhan ribu muslim ada beberpa restoran yang menyajikan  Makanan Halal

Hemmmmmmmmmm …..     jadi ingat email dari Marbun :

Asslm,Bang Imbalo, sesuai janji saya ketika Abang singgah di Hanoi. Saya sampaikan  tulisan mengenai Vietnam dan kota Hanoi, juga sebagai bonus saya tambah catatan kosa kata bahasa Vietnam (agar kalau Bang  Imbalo kembali ke Vietnam tidak akan nyasar …  karena sudah bisa bahasa Vietnam). Kalau nanti mampir lagi di Hanoi, saya akan siapkan ”Indomie” sbg bekal untuk melanjutkan perjalanan (seperti ketika itu Abang akan menempuh perjalanan dari Hanoi ke Laos)   Salam hangat dari Hanoi, Vietnam Wasslm MARBUN

SEJARAH VIETNAM

Dari tahun 179 Sebelum Masehi sampai dengan tahun 938, Vietnam berada di bawah kekuasaan raja-raja Cina. Baru pada tahun 938, di bawah pimpinan Ngo Quyen, di Bach Dang, berhasil mengalahkan tentara Cina, yang merupakan akhir dari pendudukan Dinasti Cina. Pada tahun 1527 Dinasti Le jatuh dan diganti oleh Dinasti Mac (1527 – 1592), akan tetapi, semenjak itu banyak perlawanan anti Dinasti Mac yang menjadikan Negara Vietnam terpecah belah dan terjadi perang saudara, yaitu Perang Le-Mac (1543 – 1592), Perang Trinh-Nguyen (1627 -1672), dimana kemudian negara dibagi menjadi 2 (dua), yaitu: Dang Ngoai (utara) dengan Raja Trinh dan Dang Trong (selatan) dengan Raja Nguyen yang mendirikan ibukota di Phu Xuan (sekarang Hue). Gerakan Tay Son (Gerakan Petani di tahun 1771), berhasil menurunkan Raja Nguyen dan Raja Trinh serta mempersatukan negara yang terpecah selama lebih dari 200 tahun. Pada tahun 1802, Dinasti Tay Son dikalahkan oleh Dinasti Nguyen Anh (1802-1945) yang memberikan nama baru negara menjadi Dai Nam dengan ibukotanya Hue.

Kehadiran Bangsa Perancis di Vietnam diawali dengan masuknya misionaris Perancis ke Vietnam sekitar abad ke-16. Pada tahun 1858, Perancis menyerang Da Nang dan mulailah perang melawan Vietnam. Perancis menduduki wilayah Selatan lebih dari 20 tahun dan kemudian wilayah Utara pada tahun 1883 dengan serangannya ke ibukota Hue, dan memaksa Dinasti Nguyen menandatangani Perjanjian Damai 1883 – 1884 yang mengakui kekuasaan Perancis di seluruh wilayah Vietnam.

Perancis menduduki Vietnam sampai masuknya tentara Jepang.  Pada  tanggal 3 Pebruari 1930 berdiri Partai Komunis Indochina (Communist Party of Indochina) dibawah pimpinan Nguyen Ai Quoc (Ho Chi Minh) melakukan perjuangan pembebasan dengan tujuan untuk mencapai kemerdekaan nasional, demokrasi dan sosialisme. Melalui pergerakan-pergerakan seperti Pergerakan Nge Tinh Soviet (1930-1931), Pergerakan Demokratik (1936-1939), dan Pergerakan bagi Penyelamatan Nasional selama Perang Dunia Kedua (1939-1945), Rakyat Vietnam mencapai kemenangan dalam Revolusi Agustus 1945. Pada tanggal 2 September 1945, bertempat di Lapangan Ba Dinh, Hanoi, Presiden Ho Chi Minh, membacakan Deklarasi Kemerdekaan yang melahirkan  Republik Demokratik Vietnam.

Setelah Jepang menyerah kepada Sekutu, Agustus 1945, Vietnam pada tanggal 2 September 1945 mendeklarasikan kemerdekaannya. Namun kemudian Perancis ingin kembali masuk ke Vietnam dengan alasan membantu pengaturan penyerahan tentara Jepang kepada Sekutu. Perang pertama mempertahankan kemerdekaan melawan Perancis berakhir dengan kemenangan gemilang tentara Vietnam di Medan Pertempuran Dien Bien Phu tahun 1954. Perang kedua mempertahankan kemerdekaan melawan Amerika Serikat yang berakhir melalui kampanye bersejarah Ho Chi Minh dengan kemenangan besar tentara Vietnam Utara pada musim gugur tahun 1975, dengan jatuhnya ibukota Vietnam Selatan, Saigon (sekarang bernama Ho Chi Minh City), tanggal 30 April 1975. Tanggal tersebut yang kemudian setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Pembebasan (Liberation Day). Setelah bersatunya Vietnam Utara dan Selatan, pada tanggal 2 Juli 1976, Vietnam diproklamirkan menjadi Republik Sosialis Vietnam hingga sekarang.

HANOI

Hanoi adalah ibu kota Republik Sosialis Vietnam

Luas wilayah   : 927.39 Km2

Penduduk        : 2.736.400

Temperature  : 080 – 360

Kota Hanoi dibangun tahun 1010 pada masa Raja Ly Cong Van, nama kota Hanoi sebelumnya Thang Long Dong Co.

Tempat-tempat wisata dan lainnya :

1.   Mausoleum Ho Chi Minh

Mausoleum Ho Chi Minh berada di Ba Dinh Square dekat istana Presiden Vietnam. Di dalam Mausoleum tersebut terdapat ruangan tidur beton yang besar terletak tubuh Ho Chi Minh yang dibalsem dan dijaga oleh tentara berseragam putih – putih.  Masyarakat Vietnam sering mengunjungi Ho Chi Minh Mausoleum dan sangat hormat kepada Paman Ho Chi Minh yang telah membebaskan Vietnam dari kolonialisme.

Dekat dengan Mausoleum Ho Chi Minh dan tepatnya berada di halaman belakang Istana Presiden Vietnam, terdapat rumah panggung dimana mendiang Presiden Ho Chi Minh tinggal pada tahun 1958 – 1969.  Rumah panggung tersebut dibangun dengan gaya bangunan suku minoritas Vietnam.  Seluruhnya dijaga keasliannya, termasuk ruangan kecil yang biasa digunakan oleh Presiden Ho Chi Minh.

2.   Army Museum

Alamat : 28A Dien Bien Phu Street,

Army Museum didirikan pada tanggal 22 Desember 1959 di pusat kota Hanoi, sekitar 600 meter dari sebelah Timur Mousoleum Ho Chi Minh, luasnya sekitar 10.000 meter persegi.

Didalam komplek museum tersebut terdapat monumen kuno yang dinamakan Menara Bendera yang diklasifikasikan sebagai sebuah Monumen Budaya Nasional bersejarah.  Monumen tersebut mulai dibangun pada tahun 1805 dan selesai pada tahun 1812, dengan tinggi hampir 31 meter dan luas keseluruhan mencapai 130 meter. Museum Tentara ini menggambarkan kisah dan sejarah yang menarik tentang Tentara Rakyat Vietnam dibawah kepemimpinan Partai Komunis dan Presiden Ho Chi Minh. Museum ini memamerkan ribuan photo dan peta serta berbagai kisah perjuangan.

3.   History Museum

Alamat ; 1 Trang Tien  Street

History Museum dibangun oleh Perancis pada tahun 1962 dan sebelumnya digunakan sebagai Museum Arkeologi Timur Jauh. Dalam museum ini mengisahkan tentang peradaban Vietnam dari Zaman Neolitik dan Zaman Perunggu hingga saat ini, masa kerajaan Hung dan antara lain memamerkan berbagai macam drum perunggu dan kepala panah yang ditemukan di Co Loa Citadel.

4.   Ngoc Son Temple

Ngoc Son Temple terletak di area Danau Hoan Kiem (disebut the Lake of the Sword), ditengah kota Hanoi.  Untuk memasuki pagoda melalui jembatan kayu berwarna cat merah berbentuk melengkung menyerupai pelangi dengan sebutan Jembatan Huc (cahaya matahari).  Didalam pagoda terdapat kura – kura besar yang hidup di danau Hoan Kiem yang mati pada tahun 1968.  Kura Kura dengan panjang 2,1 meter dan berat 250 Kg ini diperkirakan hidup pada usia antara 400 – 500 tahun.   Kura – kura ini merupakan salah satu diantara sejumlah jenis kura – kura yang masih hidup di Danau Hoan Kiem yang memiliki hubungan dengan legenda Jenius Kim Quy (Kura Kura Emas).

5.   Temple of Literature – Imperial College

Alamat :  Antara Quoc Tu Giam Street, Van Mieu Street, Nguyen Thai Hoc Street dan Ton Duc Thang Street.

6.         The Vietnam Women’s Museum

Museum Wanita diresmikan pada tanggal 20 Oktober 1995. Bangunan museum ini merupakan bangunan berarsitektur modern yang berlokasi di jalan Ly Thuong Kiet No. 36 dan memiliki luas area 4.500 m2. Museum tersebut selain merupakan pusat penelitian tentang wanita juga merupakan tempat pelestarian serta penyimpanan dokumen dan benda-benda yang berhubungan dengan keberadaan wanita dalam proses pembangunan Vietnam. Disamping itu juga berfungsi sebagai pusat informasi dan aktivitas budaya yang menggambarkan perubahan pengetahuan/wawasan dalam masalah keluarga dan sosial. Museum ini juga berperan sebagai pusat hubungan budaya antara wanita Vietnam dengan wanita dari belahan negara di dunia yang berjuang bersama untuk persamaan hak/emansipasi, pembangunan dan perdamaian.

7.         Vietnam Fine Arts Museum

Museum Fine Arts terletak di jalan 66 Nguyen Thai Hoc. Bangunan museum ini  berbentuk L dan berdekatan dengan Temple of Literature . Lantai dasar Museum ini digunakan khusus untuk memamerkan hasil karya terbaru para pelukis Vietnam dan pelukis asing. Selain itu juga terdapat toko yang menjual koran, majalah yang berhubungan dengan seni, souvenir dan lukisan. Di lantai dua  dipamerkan lukisan dan patung hasil karya artis kontemporer Vietnam. Sedangkan di lantai tiga bangunan museum ini dipamerkan obyek-obyek budaya, lukisan, patung, pakaian, alat musik tradisional Vietnam dan suku minoritas.

8.         Vietnam Museum of Ethnology

Museum ini terletak di jalan Nguyen Van Huyen dan memamerkan berbagai macam alat rumah tangga tradisional, pakaian, adat istiadat, budaya dan tempat tinggal dari  suku-suku yang ada di Vietnam.Adat istiadat dari suku etnis Vietnam tersebut ditampilkan baik di layar televisi yang ada di ruang pamer maupun dalam bentuk  display patung.

Temple of Literature dibangun pada tahun 1070 oleh dinasti Le Thanh Tong dan dipersembahkan sebagai tempat ibadah Konfucu dan bagi para sarjana terkenal, serta digunakan sebagai tempat belajar Putra Mahkota.  Enam tahun kemudian dibelakang Temple of Literature dibangun Universitas kekaisaran untuk belajar / mengajar bagi anak anak bangsawan dan para pelajar terpandai di Vietnam.   Universitas ini merupakan universitas pertama dan tertua di Vietnam.

9.         Danau Ho Tay (West Lake)

Danau Ho Tay merupakan danau terbesar dari beberapa danau yang ada di kota Hanoi dengan luas area lebih dari 400 hektar, terletak sekitar 300 meter dari Istana Presiden.  Danau ini disebut Ho Tay sejak abad ke -15.

10.  Hanoi Municipal Theater (Opera House)

Alamat :  Trang Tien Street,

Hanoi Municipal Theatre yang juga dikenal sebagai Opera House dibangun oleh Perancis pada tahun 1911 dengan gaya arsitektur Paris Opera House.  Gedung ini digunakan sebagai tempat penyelenggaraan kegiatan seni dan budaya.

11.  Thang Long Water Puppet Theatre

Water Puppet  Theatre ini terletak di Hoan Kiem Lake dan merupakan kesenian tradisional Vietnam sejak abad kesepuluh. Kesenian ini menggambarkan kegiatan sehari-hari masyarakat pedesaan di Vietnam bagian Utara. Para artis water puppet bersembunyi di belakang tirai dengan sebagian tubuh terbenam di air dan memainkan puppet melalui peralatan tersembunyi di dalam air dan menggunakan permukaan air sebagai panggungnya.

12.  Hang Gai

Alamat : Hang Gai Street,

Hang Gai merupakan pusat tempat belanja bagi para turis terutama turis asing, dimana di sepanjang jalan terdapat toko toko yang menjual berbagai souvenir dari Vietnam mulai dari bahan–bahan sutera, embroidery, kaos – kaos berlogo khas Vietnam, batu permata dan emas serta barang – barang souvenir lainnya.

KOSA KATA KECIL BAHASA VIETNAM

XIN CHAO                               =  SELAMAT PAGI, SIANG, MALAM

TOI                                           =  SAYA

ANH                                          =  KAMU, ANDA (KAKAK)

EM                                            =  KAMU, ANDA (ADIK)

VANG, DA                                =  YA

KHONG                                    =  TIDAK

CAM ON                                  =  TERIMA KASIH

ANH/EM CO KHOE KHONG =  APA KABAR

TIEN                                         =  UANG

DOI                                           =  TUKAR

KHONG BIET, KHONG HIEU        =  TIDAK TAHU

ANH/EM TEN LA GI                =  SIAPA NAMA ANDA ?

TOI TEN LA …                                =  NAMA SAYA

MUON                                      =  INGIN

ICH                                      =  SUKA

KHACH SAN                           =  HOTEL

1        =  MOT           60              = SAU MOUI

2        =  HAI              70              = BAY MOUI

3        =  BA               80              = TAM MOUI

4        =  BON            90              = CHIN MOUI

5        =  NAM           100            = MOT TRAM

6        =  SAU            1.000        =  MOT NGHIN

7        =  BAY             10.000      =  MOUI NGHIN

8        =  TAM            100.000    =  MOT TRAM NGHIN

9        =  CHIN          1.000.000 =  MOT TRIEU

10     =  MOUI

20     =  HAI MOUI

30     =  BA MOUI

40     =  BON MOUI

50     =  NAM MOUI

About these ads

29 Tanggapan

  1. wah mantap neegh beritanya..terima kasih Pak Imbalo

  2. Keren banget nih

  3. Saya akan ke Hanoi, 10 December 2009 ini. Ada siapa2 punya kenalan untuk sama sama memakmurkan masjid di Hanoi ini. Kita cuba sampaikan sedikit dakwah kalau bisa. Saya akan menetap di Aulac Hotel.Insyaallah…

    • wah saya tgl 20 ke sana …………. kalau mau bareng ayok.. sekalian ke tyhailand laos dan vietnam, malaysia dan singapura dalam rangka idul qurban di chiang rai thailand utara

  4. Many of us have been at the car dealership and have been drained by a salesperson during price negotiations for the purchase of a new car. Most people give in too easily or do not negotiate at all to avoid the dreadful act. This only means more money in the car dealers’ pocket, while you are out of several thousand dollars! Yes, they make that much in profit per car. This article unveils the dealer’s selling tactics and how you can get around them. But before we dive into the new car buying tips, we need to understand what makes up the dealer’s profits. In addition to the MSRP (manufacturer suggested retail price), which is the dealer’s cost for the car plus an additional 20-25% profit, a dealer also gets financial incentives from the manufacturer when a new car is sold. This is called Holdback. Depending on the car, dealers can make hundreds on each car through holdbacks. Dealers also get additional incentives and bonuses on selling a car before the end of the month and/or quarter. A shrewd dealer can make several thousand on a new car even by selling it at invoice price. This is how new car buying can become tricky for the consumer. Ready to learn how not to put a dent in your wallet on your next car purchase? Here are four tips to get you started. Each one is a dealer tactic to watch out for.

    http://www.onlinemarketpromo.com/sig.gif

  5. Всем привет!

    Недавно перед мной встала задача, куда деть накопишиеся европоддоны, или еще их называют Паллеты,
    Поддоны, Европаллеты Размеры 800*1200, 1000*1200- Это Тара Пром назначения.
    Немного предистории.
    Сам я тружусь кладовщиком на складе. Нам приходит много продукции на Европоддонах,
    товар продаем а поддоны остаются, у нас встал вопрос куда их девать.
    Раньше мы их выкидывали.
    Потом мне подсказали, что за поддоны можно получить деньги.
    Начал обзванивать фирмы везде были цены дешевые,
    потом знакомые мне подсказали, что в Челябинске есть такая Фирма “Уралсклад“,
    около 10 лет на Рынке Промышленной Тары с прекрасной репутацией.
    Я нашел их сайт в интернет – http://www.uralsklad.ru и позвонил по тел. +7(351) 233-07-14.
    Буквально через час подъехал их представитель, Авто с Логотипом “Поддоны Челябинск“.
    Цены закупочные оказались самые высокие в г. Челябинске.
    Все цивилизовано грузчики загрузили Паллеты ешё и лом поддонов купили, расчитались на месте наличными.
    Про другие фирмы я узнавал либо Цены низкие, либо Бракуют много, да и денег от них не дождешься.

    Так что если у вас завалялись европоддоны, не торопитесь их выбрасывать, лучше обменяйте их на деньги.

  6. saya baca2 tentang masjid bersejarah, menarik untuk dilihat dan didatangi .

    saya CHANDRA, Insyaallah mau ke vietnam sekitar bulan januari/februari 2010, nanti kontak siapa saja ya bapak. saya ke vietnam ada urusan olahraga dengan koni-nya. Bantu-bantu kontak person.

  7. ada ralat saya ada rencana bulan januari/februari 2011 ke vietnam

  8. wah untung nemu blog bang imbalo ini, sy baru mau ke hanoi bulan mei nanti sempet bingung nanti mau solat jumat dimana.. akhirnya dapet referensi ke mesjid an-nour

  9. wah … enak nya ke Ha Naoi…. berapa lama disana….??? bareng yok heheheeee

    • jadinya di ho chi minh bang, 3 hari disana mau keliling asean niatnya … jauh ya kalau dari ho chi minh ke hanoi ??

  10. o gitu hampir 50 jam naik bus dari ho chi min ke ha noi ..kalau naik pesawat sekitar 2 jam…naik bus enak banyak pemandangan … cuma harus bawak makanan halal sendiri ……

    dari ho chi min ke kamboja (pnom phen) ada bus dan ferry koq…dari phom phen ke bangkok pun bisa naik bus…nah dari bangkok ke kuala lumpur naik bus bisa lewat hadyai (provinsi yala) ….

    • nah emang gitu rencana saya bang selama 12 hari itu mulai dari vietnam-kamboja-thailand-malaysia lanjut singapur. kalau di kamboja ga terlalu susah ya cari makanan halal sama mesjid ??

  11. tetapi di luar phom phen agak susah..masjid di phom phen ada di pusat kota… sekarang lagi di pugar . yang lain ada di provinsi kampung cham sekitar 4 jam dari phom phen..jadi kalau mau ke bangkok bawak makanan saja dari phom phen …ada beberapa kedai yang jual makanan halal. seperti kedai malaysia dekat sama konter penjualan tiket air asia.. disitu pun nginap murah koq
    berangkat pagi dari phom phen sampai bangkok sekitar pukul 9 malam. tetapi di perbatasan antara phom phen dengan thailand ada jual makanan halal. disitu kita tukar bus …..
    yang perlu di perhatikan waktu di bangkok… kalau mau ke selatan kita turun di stasiun bus utara dan demikian sebaliknya… Yala atau hadyai yang mau ke kuala lumpur itu turun di stasiun utara karena daerah itu bagian selatan thai.
    heheheheh dari singapura terus ke batam …

  12. wah makasih bgt bang ini info nya,,lengkap bangett hehehe … saya kalau pergi ke negara mana pasti yang dicari pertama makanan halal sama mesjid,lagian nanti saya pergi 7 orang,yang muslim cuma 3 orang sisanya non-muslim.
    nanti kalau ke batam saya mampir bang hehehe

  13. hahaha aminn,semoga tulisan2 nya selalu bermanfaat bagi orang lainn

  14. halo bang saya brangkat selasa ke ho chi minh, niat nya mau berkunjung ke masjid musulman yang di district 1 . dari bandara jauh ga ya??

  15. mas,saya skrg sdh dvietnam khususnya didaerah An Duang Vuong daerah dekat petrovoetnam, da nang.
    saya ingin tanyakan ada info ttg masjid disekitar kita tdk.kemgkan kami lebr tdk bs pulg ke ind.
    makasih sebelumnya….

    • kalau dekat Da Nang kayak nya belum ada… kalau lebaran di sana (Vietnam) sebaiknya ke Ha Noi saja… di sana ada masjid…hubungi Kedutaan Besar Indonesia… insyaallah akan diantar mereka… staff KBRI kita baik baik semua… mereka juga termasuk pengurus masjid di Ha Noi….
      dari Da Nang ke Ha Noi naik bus sekitar 24 jam lagi….
      Met Ramadhan dan ber Lebaran…

  16. saya ingin pergi ke vietname. kalo dari indonesia sampe vietnname dan kembali ke indonesia. kira2 habis berapa ya ?? mungkin disana saya 1 minggu. dan mayoritas disana berbahasa apa ?? terimakasih sebelumnya

  17. saya kesana dengan tujuan menemui teman wanita saya sekaligus kekasih hati saya. hehe sekalian ingin melihat ke indahan negara vietname.

  18. assalamualaikum wr wb. saya mau nanya. jika saya berada di vietname selama 1 minggu,kira kira berapa biaya yang harus saya keluarkan ? saya disana dengan tujuan menemui teman wanita saya,sekaligus kekasih hati saya. dia asli orang vietname. ini adalah perjalanan pertama bagi saya pergi keluar negeri. terima kasih sebelumnya.

    • biaya lain2 kurang lebih sama dengan di jakarta (indonesia), begitu pun hotel atau tempat penginapan. Makanan saja agak lebih mahal sedikit karena susaah cari makanan halal di warung, ada nya di restoran dan tentulah harganya tarif restoran. Kalau keluarga temen anda itu muslim ya masak di rumah saja.

  19. thnks udh ngsh tw,,, nie smw untk school,,, hei… hei….

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: