Soal Si Singamangaraja XII Gugur Sebagai Pahlawan Islam

cap-smraja

Bermacam komentar yang masuk tentang ke Islaman Si Singamangaraja XII, ada yang menyebut kalau beliau adalah penganut agama Parmalim,  bukan Islam. jadi pengen ngomentari lagi.

http://ulikozok.wordpress.com/about/

Sisingamangaraja beragama Parmalim (Ugamo Malim) ataupun sebutan lain Parbaringin. Memang sama-sama tidak makan daging babi, tapi jelas : bukan seorang muslim. Susah masuk di akal karena Sisingamangaraja bermusuhan dengan Tuanku Rao yang muslim. Belanda sebagai penjajah tidak sama dengan para Missionaris yang notabene orang-orang Jerman. Missionaris tunduk kepada pemerintahan Sisingamangaraja, mereka melakukan pengobatan kepada rakyat yang sakit, mengajari rakyat bercocok-tanam, dan mengajar ilmu pengetahuan atas ijin dari Raja Sisingamangaraja XII. Missionaris bukan Penjajah. Mari kita bedakan Belanda – Jerman. Jauh perbedaannya. Masih lebih identik Toba -Tapsel. Taringotna marga aha do hamu amang Imbalo?

Si Singamangaraja XII berjenggot........................

Si Singamangaraja XII berjenggot........................

Tuanku Rao itu bukan  “musuhan” dengan Si Singamangaraja XII (Si Singamangaraja XII; Gugur Sebagai Pahlawan Islam) dalam buku Tuanku Rao Sipongkinangolngolan Tuanku Rao ya Si Singamangaraja. Tuanku Rao ibunya bermarga Sinambela dan bapaknya pun bermarga Sinambela, hal ini lah yang membuat beliau “dibuang” dari lingkungan nya.

Orang – Orang Tapanuli Selatan terutama di Sipirok ataupun di daerah Padang Sidempuan kalau menyebutkan orang yang pandai dan punya ilmu agama Islam dan taat  itu adalah orang  yang Malim, enggak bakal di sebut orang yang punya ilmu adat apalagi ilmu begu begu orang yang Malim.

Baca lagi lah buku Tuanku Rao itu, jauh sebelum orang Jerman itu datang ke Tanah Batak sudah dikenal cara bercocok tanam, kata siapa mereka masuk atas ijin Si Singamangaraja?. Jauh sebelum nya hubungan dagang dengan negara luar sudah terjalin dengan Tano Batak terutama kebutuhan akan kapur barus.

Adalagi komentar yang bilang agama Si Singamangaraja XII samar2 .

Agama Si Singamangaraja samar2  sulit menentukan agama seseorang bila hanya ditentukan oleh identitas stempel.
Tulisan di atas kayaknya ga bener2 ilmiah karena memojokan kekristenan dengan menulis :

“Selain itu, di tambahkan pula tentang rakyat yang tidak beragama Islam, dan Si Singamangaraja XII tidak mengadakan paksaan atau penekanan lainnya.”

ditambahkan dengan catatan:

“Sebaliknya tindakan penyebaran agama yang dilakukan Rijnsche Zending di Toba di sertai dengan serbuan militer Belanda.”kalo bener2 membaca sejarah, Zending lebih dulu masuk ke Tanah Batak ketimbang pasukan Belanda, bahkan sebelum pasukan Belanda masuk , sudah banyak orang yang memeluk agama Kristen seperti daerah Tarutung, dan Sipoholon. sepertinya penulis diatas lupa Pasukan Paderi mekmasakan ajaran ISLAM versi padri dengan kekerasan, tapi kenapa tidak ia tuli disana?

kalo memang Sang raja memeluk agama islam, ada yang bisa memberitahu nama MUSLIM dari Sisingamangaraja XII? bukankah seseorang yang pindah menjadi muslim sebagian besar memiliki nama yang bernapaskan islami? lalu kenapa SM XII tidak memiliki nama muslim?

namun pertanyaan diatas pasti langsung ada yang menjawab dengan bilang nama tidak mencerminkan seseorang itu beragama Islam apa tidak, tentu saya akan merespon , kenapa hanya dengan bukti stempel yang memakai tulisan Hijrah Nabi SM XII langsung bisa dibilang ia adalah seorang muslim?

Buat saya penulisan Hijrah Nabi 1304 di stempel dengan huruf arab menunjukan bahwa huruf Arab pada saat itu merupakan bahasa internasional seperti bahasa inggris pada saat ini. stempel itu perlu untuk korespondesi dengan kerajaan2 tetangga yang muslim semua. saya rasa terbunuhnya SM X (kakek SM XII) oleh pasukan paderi cukup membuat keluarga SM XII (termasuk keluarga besarnya) untuk tidak menerima agama Islam. mereka tetap pada kepercayaan kuno mereka yaitu sipellebegu.

Namun yang pasti apapun agama SM XII ia tetap seorang Pahlawan

HORAS

Bisa jadi Si Singamangaraja Islam tetapi kenapa orang Tapsel tidak bangga jadi orang Batak. kata yang satu lagi

Bisa saja memang SSM XII adalah Islam ditilik dari:
1. Pengkultusan orang di dalam Islam yang terkadang berlebihan (lihat imam bonjol, diponegoro, d.l.l.)
2. Karena di Batak tidak ada istilah “satu raja”, sistem kerajaannya jelas sangat berbeda dengan sistem kerajaan dimanapun, jikalau dia disanjung kemungkinan memang dia disanjung karena status keagamaannya.
3. Dari stempel yang berbaur dengan script arab (kenapa bukan batak murni) bisa menjelaskan dia bukan otentik batak asli, tetapi telah terpengaruh oleh theologi yang dia anut, mengingat sistem penanggalan di batak itu lengkap dan rumit.
4. Jika SSM XII adalah islam, kenapa orang TAPSEL tidak “bangga” menjadi bagian dari batak itu sendiri yang konon dimaharajai oleh raja batak SISINGAMANGARAJA.

jadi kembali ke awal, semua hanya hipotesa yang perlu digali, kesimpulan belum ada.

point bisa ditarik

Sisingamangaraja “mungkin” beragama Islam

Ketiga komentator diatas , tidak mencantum kan nama yang sebenar nya. Alamat nya pun tak jelas.

Siapa sejarawan yang benar benar faham dan tahu tentang Si Singamangaraja XII , padahal kan baru 100 tahun sekitar 3 generasi. Orang Batak itu paling tahu tarombo samapi generasi ke 17 diatas nya pun dia ingat betul siapa nenek moyang nya, lha in ikan bari 3 generasi…….(satu generasi sekitar 30 tahun )………… Hayo……………

Waduh


About these ads

11 Tanggapan

  1. visit my blog again

    http://jerzz.wordpress.com/

    http://blackercomputerz.wordpress.com/

    jika ingin tukeran link konfirmasi di blog saya y…

  2. [...] : Perdebatan tentang agama Sisingamangaradja XII juga saya temukan di blog tetangga dan sesuai saran Wawan “Bagi para komentator, untuk menyanggah suatu pendapat haruslah [...]

  3. Sisi gelap demokrasi

    Ilmu politik demokrasi mengenal semacam black hole dalam tata politik, populer disebut the dark-side of democracy (sisi gelap demokrasi). Melalui proses yang demokratis, akan terjadi transformasi kedaulatan menjadi kewenangan. Karena merupakan turunan kedaulatan, maka ruang lingkup pemegang kewenangan terbatas.

    Namun, karena posisinya di pucuk piramida kekuasaan, pemegang kewenangan leluasa menentukan corak kepolitikan satu negara. Transformasi sifat populis menjadi elitis dalam ajaran demokrasi terjadi di sini. Hukum besi munculnya oligarki dalam politik seperti diutarakan Robert Michels tak terhindari. Sekali oligarki terbentuk, semangat untuk mengeksploitasi dan mempertahankan kekuasaan terjadi.

    Wujud nyata semangat ini adalah berani mengambil kebijakan tidak populis pada periode awal jabatan, lalu kembali ke kebijakan populis pada akhir masa jabatan. Dengan cara ini pemilih diharapkan ingat kebijakan populis yang berpihak kepada rakyat di akhir jabatan, dibanding mengingat kebijakan tidak berpihak kepada rakyat pada awal jabatan (Alvarez and Glasgow, Do Voters Learn from Presidential Election?, 1997).

    Dari sketsa itu tampak, elite amat berkepentingan memelihara memori pendek rakyatnya. Apalagi dalam masyarakat Indonesia yang permisif, mudah memaafkan. Melalui permainan isu dan pengendalian informasi, rakyat bisa dibuat bingung bahkan frustrasi oleh elite yang mereka pilih.

    Sesungguhnya demokrasi adalah system yang pengkudetaan terhadap kekuasaan ALLAAH & Penghancur pancasila yang notabebene sebagai weltanschauung atau bahan baku ideologi.sila yang mana pada tiap tiap sila terkandung grundnorm (norma dasar sebagai pesuposisi kehadiran sutau negara) ketuhanan YANG MAHA ESA,tuahn yang dimaksud adalah ALLAAH YANG MAHA PENGASIH sesuai yang termaktub dalam pembukan uud 1945. disila kesatu ini adalah hukum asal bahwa di Indonesia diharamkan tumbuhnya penyembahan kepada berhala,atau tuhan yang lebih dari satu,Sila pertama merupakan wujud bagi wajibnya rakyat Indonesia menerapkan Hukum ALLAAH sebagai bukti penghambaan kepadaNYA, dan inilah statsfundamentalnorm (norma fondasi perundang undangan), .sehingga dapatlah dicapai keadilan karena hanya ALLAAH yang MAHA ADIL,maka penerapan Hukum ALLAAH adalah implementasi dari keadilan tuk menuju peradaban mulia sebagaimana tersirat dalam sila ke 2.persatuan Indonesia tidak dapat terwujud selama partai politik masih ada dinegeri ini,karena keberadaan partai2 tsb hanya memperparah persengketaan yang dibangun diatas sentimen belaka (primordialisme),dan ini bertolak belakang dari nilai pancasila sebagai alat pemersatu.ALLAAH hanya menciptakan Insan berbangsa bangsa bukan berpartai.maka rakyat haruslah dikuasai oleh bapak bangsa yang berhikmat (bukan presiden) dengan mengoptimalkan kepala suku masing2 yang memiliki kepribadian yang bijaksana sebagai wakil rakyat (bukan dpr).sesuai dengan sila ke 4.dengan itu semua maka keadilan sosial bagi rakyat akan dapat terwujud.Pancasila bukan musuh Islam,tapi dengan pancasilalah kedigjayaan pemerintahan Islam semakin dapat terbentengi,pancasila sudah sempurna untuk dijiwai dalam konsep bermasyarakat yang strukturnya mengharuskan harmonisasi terhadap keberagaman.disinilah akhirnya dapat kita tetapkan bahwa konsep Hukum yang tepat bagi Indonesia ini adalah berhukum sesuai dengan keyakinan masing2,yang paling penting diadakan pemidanaan terhadap pelanggaran keyakinan,contohnya umat Islam yg tidak shalat jumat dipenjara,orang nasrani yg tdk mingguan digerela dipenjara,org yahudi yg tdk kesinagog hari sabtu dipenjara juga.pengadilan agama berada diatas pengadilan negara.presiden bukanlah kepala pemerintahan tapi dia hanyalah kepala jongos alias pegawai administrasi (opsorsing perusahaan negara).trias politika digantikan dengan centralisasi kekuasaan yg dipegang oleh bapak bangsa.bapak bangsa adalah sekaligus pemimpin tertinggi militer dan kepolisian.kami mengajak siapapun utk berdialog berdasarkan disiplin ilmu pengetahuan yang benar.kontak person 0813 832 832 34

  4. Bacalah artikel saya tentang cap Singamangaraja. Dari stempelnya tidak ada petunjuk apa pun bahwa SSM beragama Islam. SSM juga bukan Parmalim karena agama Malim baru lahir pada awal 1990an.

    • terserah lah………………. yang jelas masuk nya kristen ke tanah batak semua orang tahu kapan dan apa sebabnya………. itu juga perlu dipelajari

  5. INILAH SATU CONTOH BILA MASYARAKAT BATAK ATAU JAWA YG MASIH DIRANTAI AGAMA IMPORT….YG MANA MENGAYAKAN ITU SETAN DAN KAMI ADALAH MALIKAT..TAPI REALITAS NYA PREMAN SEMUA NYA TAPI SAYANGNYA MASYARAKAT DEMOCRACY EKORNYA KOQ MASUK KEPERUT KETAKUTAN DIAM SERIBU BAHASA DAN MENURUT..MANA YG BENAR MEMBUAT UU PEMERINTAH ATAU AGAMA IMPORT ATAU PREMAN BERJUBAH HAJI DAN PENDETA? mencampuri USAHA BUSINESS DUNIA YG BAYAR PAJAK KE NEGARA..sedangkan GAMA TDK BAYAR PAJAK ALIAS MERONGRONG KAS LUMBUNG RAKYAT KOLLEKTE

    PEMUKULAN ISLAM TERHADAP ANGGOTA HKBP DI JAWA…BEKASIH….INI MENGINGATKAN PERBUATAN HKBP BESERTA ANGGOTA BATAK HKBP YG MEMBAKAR KAMPUNG BATAK ANIMIST PADA ZAMAN KEJAYAAN NOMENSEN BESERTA BELANDA PEMERINTAHAN NYA.. NAH INIKAH KARMA? APA YG KAU PERBUAT MAKA AKAN KAU MENUAI PANENNYA..

    ini lagi ada problems BATAK KRISTEN YG MEMPERTAHANKAN VIRUS EROPAH SEdangkan adat ritualnya sdh mereka buang seWAKTU BELANDA DAN NOMENSEN MEMAKSAKAN IDEOLOGY NYA DI TANAH BATAK. SELAMA MEREKA INI BATAK KRISTEN DAN BUKAN PENERUS AGAMA NENEK MOYANGNYA MAKA MEREKA AKAN DI HAJAR BADAI DAN HUJAN KEHANCURAN DI DUNIA INI.SURGA DAN JESUS TAK PERNAH NAMPAK MENOLONG MEREKA .TAPI KENYATAAN NYA YAH INILAH DIA horas selamat menikmati nya.

    Raja Si Singamangaraja XII lahir di Bakara ditepian Danau Toba sebelah Selatan pada tahun 1848. Saat ini Bakara merupakan suatu kecamatan dalam Kabupaten Humbang Hasundutan. Nama kecilnya adalah Patuan Bosar gelar Ompu Pulo Batu. Sebagaimana leluhurnya, gelar Raja dan kepemimpinan selalu diturunkan dari pendahulunya secara turun temurun. Ketika Patuan Bosar dinobatkan menjadi Raja Si Singamangaraja XII pada tahun 1871, waktu itu umurnya baru 22 tahun dalam usia yang masih muda.

    Rakyat bertani dan beternak, berburu dan sedikit-sedikit berdagang. Kalau Raja Si Singamangaraja XII mengunjungi suatu negeri semua yang ?terbeang? atau ditawan, harus dilepaskan. Sebagaimana dengan Raja Si Singamangaraja I sampai XI, beliau juga merupakan seorang pemimpin yang sangat menentang perbudakan yang memang masih lazim masa itu. Jika beliau pergi ke satu desa (huta), beliau selalu meminta agar penduduk desa tersebut memerdekakan orang yang sedang dipasung karena hutang atau kalah perang, orang-orang yang ditawan yang hendak diperjualbelikan dan diperbudak.

    Dia seorang pejuang sejati, yang anti penjajahan dan perbudakan. Pejuang yang tidak mau berkompromi dengan penjajah kendati kepadanya ditawarkan menjadi Sultan Batak. Ia memilih lebih baik mati daripada tunduk pada penjajah. Ia kesatria yang tidak mau mengkhianati bangsa sendiri demi kekuasaan. Ia berjuang sampai akhir hayat. Perjuangannya untuk memerdekakan ‘manusia bermata hitam’ dari penindasan penjajahan si mata putih (sibontar mata), tidak terbatas pada orang Tapanuli (Batak) saja, tetapi diartikan secara luas dalam rangka nasional. Semua orang yang bermata hitam dianggapnya saudara dan harus dibela dari penjajahan si mata putih (sibontar mata). Dia merasa dekat dengan siapa saja yang tidak melakukan penindasan, tanpa membedakan asal-usul.

    mantap…………betul betul pro RAKYAT KAN..tapi batak kristen yg jagoan saat ini tdk mau tau itu seba mereka tau mereka menipu dan koruptor dan penyeleweng menjual tanah nya ke eropah

    dan ingat ompu pulo batu SSM XII tidak pernah mnggabungkan kebangsaan dan tanah leluhurnya kepada bangsa lain ataupun kebangsaan lainnya, KEMANDIRIAN TANO BATAK itu yang DIPERTAHANKAN…….SUPAYA KITA TIDAK MNJADI BUDAK DAN MISKIN DITANAH KITA SENDIRI KARENA TANO BATAK SEBENARNYA KAYA. DIBAWAH KEPEMIMPINAN OMPU PULO BATU KITA MPUNYAI BENDERA KEBANGSAAN DAN PERSATUAN KITA SNDIRI YG OMPUNG2 KITA PRTAHANKAN SAMPAI PERANG SLAMA 30 TAHUN,WAKTU YG LAMA UTK SEBUAH SEJARAH PERANG….jika mau nommensen sangat mudah utk dihabisi ompu pulo batu SSM XII tetapi tidak dilakukannya, KENAPA ???? MUNGKIN ADA YG TAU….. SILAHKAN DIJELASKAN….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: