CATATAN KECIL DARI PERJALANAN KE BEBERAPA NEGARA TETANGGA

Malaysia TKW asal Indonesia memakai kerudung "dadakan" , mereka ditempatkan menunggu penjemputan sesaat sebelum pemeriksaan imigrasi. terkadang miris melihatnya

suasana di terminal kedatangan Stulang Laut Johor Bahru Malaysia TKW asal Indonesia memakai kerudung "dadakan" , mereka ditempatkan disitu menunggu penjemputan sesaat sebelum pemeriksaan imigrasi. terkadang miris melihatnya

BEA CUKAI YANG AKTIF

Dari Singapura, hendak ke Malaysia, bila naik kereta (mobil) pribadi, setelah selesai pemeriksaan di Imigrasi, tangki bensin kereta, diperiksa oleh petugas Bea Cukai Singapura dengan teliti, tangki bensin harus terisi penuh, mereka tidak percaya begitu saja lampu indikator yang ada di dashbord menunjukkan huruf F, tutup tanki pun terkadang dibuka. Begitu telitinya Bea Cukai negara pulau ini.

Harga Premium di Singapura, lebih mahal dari pada Malaysia. Kalau kita dari Singapura hendak ke Kuala Lumpur naik bus ongkosnya 30 dollar Singapura, dari Johor ke Kuala Lumpur ongkosnya 30 ringgit Malaysia, dari Singapura ke Johor naik bus 3 dollar Sin. 1 dollar Sin sekitar 6.600 rupiah, 1 ringgit Malaysia sekitar 3.000 rupiah.- Jenis Bus nya tidak jauh berbeda.

Dari Singapura ke Malaysia, melalu tambak Johor kalau naik kereta usahakan jangan jam pergi dan pulang kerja, kalau terpaksa apaboleh buat. Banyak pekerja dari Malaysia yang bekerja di Singapura. Alamat lama lah awak  menunggu antiran.

Dari Malaysia ke Singapura, membawa rokok setiap bungkusnya harus anda keluarkan sebatang dari 20 batang yang tersedia, tak masaalah lelaki ataupun wanita yang ada di dalam kereta.

Dari Malaysia ke Thailand melalui Bukit Hitam untuk memudahkan di imigrasi Thailand selipkan 2 ringgit Malaysia di pasport anda, kalau anda lupa petugas disitu akan mengingatkannya.

Dari Thailand ke Malaysia, bawaan anda akan diperiksa oleh Bea Cukai Malaysia, membawa beras hanya diperkenankan 5 kilogram saja, beras dengan kualitas lebih baik, lebih murah di Thailand dari kan Malaysia. Orang Malaysia suka mengkonsumsi beras Thailand.

Sementara harga premium di Thailand lebih murah dari di Malaysia, biasanya supir akan mengisi full tangki keretanya sebelum meninggalkan Thailand. Kemarin-kemarin belum ada pemeriksaan tangki kereta sebagaimana di Singapura.

SETIR KANAN SETIR KIRI

Di Singapura, Malaysia dan Thailan, kenderaan darat memakai setir kanan, di Laos, Vietnam, Kamboja setirnya sebelah kiri. Dari Laos (Vientiane) ke Thailand (Udonthani) di perbatasan Nongkay, kereta yang dari Thailand setir nya sebelah kanan dan pembayaran pintu tol disebelah kanan, sementara yang dari Laos setirnya sebelah kiri, yang bayar tol adalah penumpang yang duduk disebelah kiri.

Setelah lewat pintu tol sang supir masing-masing Negara pun harus segera merubah arah perjalanannya agar tidak terjadi tabrakan. Betapa kalang kabutnya diawal-awal pergantian arah kanan menjadi kiri dan begitupun sebaliknya. Terkadang membuat kita yang baru melihat menjadi hiburan tersendiri.

Kedua negara itu hanya dipisahkan oleh sungai Mekong, jembatan Nongkay menjadi penghubung, jembatan Nongkay  dibangun diatas sungai itu dibiaya bersama oleh kedua negara, tetapi dalam haluan kenderaan mereka belum mau bersama.

Sekarang masuk ke Malaysia tak perlu lagi mengisi White Card, tapi kalau ke Kamboja warga Negara Indonesai harus membayar Visa 25 us dollar, di Kamboja berlaku mata uang Amerika itu, begitupun ke Myanmar WNI dikenakan visa on arraival, 200 bath, Negara Demokratik Laos mengenakan Visa bagi WNI 20 us dollar, tetapi negara Komunis Vietnam sama dengan Malaysia dan Singapura tak mengenakannya.

MATA UANG RUPIAH

Bank dan tempat penukaran Uang di bandara Swarnabumi Bangkok, di bilboardnya tak ada tercantum kurs mata uang rupiah, apalagi hendak menukarkannya. Laos, Vietnam, Burma dan Kamboja idem dito dengan Indonesia. Kalau Singapura, Malaysia, Brunei ada.

Di terminal Ferry Situlang Laut Johor Bahru, rupiah tak laku untuk membeli tiket ferry yang akan ke Batam di Batam uang Singapura, maupun Malaysia laku untuk membayar tiket. Kalau anda butuh mata uang Malaysia untuk membeli tiket misalnya di Stulang Laut, disebelah kounter tiket ada warung yang mau menukarkan uang Malaysia, tetapi tidak dengan mata uang Indonesia, dia akan terima mata uang Singapura.

About these ads

Satu Tanggapan

  1. sedih ya,mata uang kita gak laku di negara tetangga

    apa gak ada yang mau berkunjung ke indonesia ya ????

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: