Bunga Kamboja Menjadi Pohon Hias di Tengah Kota

BUNGA KAMBOJA (ADENIUM)

Apa hubungan bunga Kamboja dengan negara Kamboja?

Kamboja di Indonesia identik dengan pusara, di tahun 60 an lagu “Dibawah Pohon Kamboja”, di era Oslan Husein, Ony Suriono, Bing Selamet, lagu ini sangat populer, kalau tak salah lirik nya antara lain demikian :

 

Menanti dibawah pohon Kamboja

Datangmu kekasih yang kucinta

Janganlah sekali kali kau melalaikan

Janjimu yang telah kau ucapkan

Bila kasih tak ingat padaku

Petiklah sekuntum kemboja

Disana kelak kita berjumpa

Di Negara Kamboja memang banyak tumbuh bunga Kamboja, dari Bandara Phnom Penh menuju pusat kota, sepanjang jalan berjejer rapi bunga Kamboja, pohon yang batangnya bergetah berbunga puti berkelopak lima ini, ternyata menjadi bunga istimewa di Kamboja.

“Bunga Kamboja adalah bunga raja” jelas Fatah kepada kami saat kami agak terheran-heran apakah ada kuburan di tengah kota. Fatah (23 thn) adalah pemandu kami, dia orang Kamboja ayahnya berasal dari Champa keturunan ke 14 di Kamboja, kini menjadi Imam Masjid Besar di Phon Penh Kamboja.

Di Bali banyak tumbuh bunga Kamboja di tengah kota, pohon dan bunga nya mirip dengan bunga Kamboja dari Negara Kamboja. Di Bali sering dicari bunga Kamboja yang berkelopak enam, kabarnya mendatangkan rezeki.

Disebagian besar wilayah Indonesia bunga Kamboja menghiasi kuburan, tetapi di Kamboja menjadi pohon hias di tengah kota, indah tertata.

About these ads

24 Tanggapan

  1. Puitis banget…..

  2. he he he masya iya sih

  3. mhn info dimana jual pohon kamboja di jkt yah…tp jgn dikuburan lho…..hehehe

  4. @spirito
    dekat Gelora Bung Karno Senayan banyak lho………

  5. Oh ya ada lagi lho kamboja yang berkelopak bunganya bertingkat. Saya pernah menemuinya di daerah Gianyar Bali. Oh ya mohon maaf sebelumnya setahu saya nama latin Kamboja adalah Plumeria kalau Adenium adalah Kamboja Jepang (orang indonesia menyebutnya). Terima kasih… happy blogging Bro….

  6. terimakasih info tentang bunga kambojanya..

  7. Saya tunggu ulasan politik ttg negara itu. Pasti seru.

    • wadauh…………. negara itu masih belum terbuka………. lha kita saja dari inonesia datang ke sanaa bayar visa………. meskipun on araival

  8. mau nawarin aja yang pengen pohon kamboja….murah ko’

  9. saya baru aja metik sekuntum bunga kamboja berkelopak 6 warna pink milik saya… 081332018199

  10. bagaimana sih awal ceritanya bunga kemboja ada dikuburan, ada yg tau?????

    • mungkin saking cantik dan sayang nya kepada yang ada di pusara.dan yang pantes di tanam ya bunga kamboja … karena gak kenal layu… kayak cinta yang nanam dan yang di kubur…??? wallaualam

  11. bunga kamboja emang sangat di kenal dmn-mn,
    bunga kamboja adalah bunga yg sngt indah,….

  12. saya salah satu penggagum bunga kamboja. emang bunga yang paling oke…..

  13. bagaimana sih cara merawat kamboja supaya indah selalu/

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: