Siregar se-Dunia

Sawah di Sipirok.....

Sawah di Sipirok…..(photo : :istimewa)

Pukul 17.05.51 tanggal 27 Nopember 2007,  masuk sms ke ponselku, “Tulang , mama sore ini dipindahkan ke icu rs Pertamina. Mohon bantuan do’anya”.

Sejenak kemudian sms masuk lagi, “mama makin kritis tulang, saat dibuka selang-selang infus, kondisinya menurun jadi tak jadi dipindahkan”

Selang beberapa saat kemudian, aku ditelpon ponakanku dengan suara bergetar dia mengatakan bahwa mamanya telah tiada. Innalillahi wa innailahi rojiun, Iya, mamanya adalah kakak ku………………… Namanya Rosia Siregar binti Nur Kasim Siregar. Lahir di Sipirok sana, 68 tahun yang lalu……………………….. Kak Ros biasa begitu kami menyapanya , ,,,,, suaminya bernama Syahruddin Lubis, katanya asal dari Lubis Manambin….

Kak Ros meninggal tanggal 27 Nopember 2007 sekitar pukul 20.00 wib di Jakarta, besoknya …. dengan penerbangan pertama dari Batam aku berangkat ke jakarta, Alhamdulillah, sepanjang perjalanan dari Cengkareng ke Sunter Mas rumah almarhumah lancar belaka. Gak ada macet, padahal saat itu Jakarta banjir

Selepas Juhur, jenazah dikebumikan di pemakaman umum pondok kelapa dekat Bekasi…..pertimbangan disana lokasinya lebih tinggi tidak dijangkau banjir.

Disitulah aku jumpa dengan Bang Riswandi Siregar, dia memberikan kata sambutan selepas jenazah dikebumikan atas nama keluarga,,,,, usianya sekitar 60 an, masih sehat dan masih gagah kelihatannya. Karena anak-anak almarhum memanggilku tulang, dia bertanya padaku, aku siapa.

Setelah kujelaskan siapa diriku, dia berkata “Mulai hari ini kelian tidak harus memanggil tulang, tetapi manggilnya uda” katanya….. “Gimana ya” kataku “sejak dahulu sejak mereka kecil hinggalah sekarang aku dipanggil demikian” jelasku , “ya gak bisa” katanya…………………..  seorang ponakan yang lain Neta Pane namanya, dia bilang ada 130 panggilan di suku Batak , nadanya membelaku. Tapi si Tulang Riswandi Siregar tetap bilang tidak.

Aku tak tahu sebelumnya siapa Bang Riswandi Siregar ini, ternyata dia seorang tentara, pantaslah……………….. pensiunan mayor jenderal ini menyatakan bahwa  baru-baru ini dia menghadiri pertemuan Siregar Sedunia.

Aku jadi teringat dengan buku Tuanko Rao karangan Mangaraja Onggan Parlindungan, buku yang katanya kontroversi itu, banyak memuat cerita tentang klan Siregar. Kata ponakanku yang namanya Neta Pane tadi  (ibunya Neta marga Siregar), ada beberapa pengarang yang menulis tentang Tuanko Rao sembari menunjukkan buku Tuanku Rao tulisan dari pengarang lain.

Selama ini aku tak begitu pusing dengan marga-marga, apalagi tarombo-tarombo, tetapi sewaktu ponakanku menanyakan silsilah keluarga, ………………………. ya begini lah jadinya.

Ya kujelaskan setahu ku saja………………. untuk itulah ada yang punya silsilah khususnya klan siregar , terutama dengan jatengger siregar sebagaimana silsilah yang ditulis dalam buku tuanku rao , dan siapa generasi yang ada sekarang alangkah senang nya hatiku sehingga bisa kuberitahu keponakanku……………………..

About these ads

31 Tanggapan

  1. Horas tulang regar.
    Semangat kali kulihat tulang bikin blog ini, padahal udah ompung-2pun, aku jadi malu neh yang masih muda ini.
    Oh ya tulang, mamakku marganya siregar dari sipirok, aku lahir dan besar di sipirok, mamak ayahku marga siregar, ada juga kakakku(cewek) menikah dengan marga siregar. ada juga namboruku(kakak ayahku) menikah dengan siregar walah.. sebenarnya aku ini setengah siregar, heheh. aku juga jadi pusing aku marmora apa maranakboru sama siregar, aku panggil tulang apa amangboru neh?. tulang ajalah ya..rasanya lebih paten.

    Pokoknya selamat lah tulang, semangat teruss..menulisnya.
    salam kenal ya tulang.

  2. horas uda… (mungkin bisa jadi ompung.. kalo martarombo yah :-)). ada udaku yang juga tinggal di batam, mungkin saling kenal kalian..
    wah, terus menulis uda dan berbagi kebijakan pada kami yang muda-muda ini.
    horas,
    ian

    • hehehehe..orang batam kenal semua koq… main lah ke batam sebut saja nama ku kenal semua nya orang batam hahahahahahahahaha narsis kali sekali gak papa ya …..

  3. horas tulang, horas siregar sedunia, horas pula saudara-saudara marga pane yang merupakan keturunan Kerajaan Pane, yang bermarkas di Portibi di hulu sungai Batang Pane, Tapanuli Selatan.

    tulang dan para ompung, kalau punya cerita atau buku sejarah tentang tano parsadaan, tano batak bolehlah kita saling tukar informasi, kirim saja ke emailku netaspane@plasa.com. Kebetulan aku banyak punya bahan soal sejarah batak. Tapi sayangnya, sampe hari ini aku belum sempat menulis buku-buku tentang sejarah batak, malah yang sudah kutulis adalah Buku Sejarah dan Kekuatan Gerakan Aceh Merdeka, yang sudah diterbitkan oleh Gramedia Sarana Indonesia. Tapi nanti suatu waktu aku akan menulis dan menerbitkan buku-buku tentang sejarah batak, terutama tentang sejarah keberadaan Kerajaan Pane yang berdiri antara abad ke 10 hingga abad 13. Sementara itu dulu informasi dariku. Mari terus kita jaga kelestarian sejarah batak. Horas

  4. horas tulang, horas siregar sedunia, horas pula saudara-saudara marga pane yang merupakan keturunan Kerajaan Pane, yang bermarkas di Portibi di hulu sungai Batang Pane, Tapanuli Selatan.

    tulang dan para ompung, kalau punya cerita atau buku sejarah tentang tano parsadaan, tano batak bolehlah kita saling tukar informasi, kirim saja ke emailku netaspane@plasa.com. Kebetulan aku banyak punya bahan soal sejarah batak. Tapi sayangnya, sampe hari ini aku belum sempat menulis buku-buku tentang sejarah batak, malah yang sudah kutulis adalah Buku Sejarah dan Kekuatan Gerakan Aceh Merdeka, yang sudah diterbitkan oleh Gramedia Sarana Indonesia. Tapi nanti suatu waktu aku akan menulis dan menerbitkan buku-buku tentang sejarah batak, terutama tentang sejarah keberadaan Kerajaan Pane yang berdiri antara abad ke 10 hingga abad 13. Sementara itu dulu informasi dariku. Mari terus kita jaga kelestarian sejarah batak. Horas

  5. salam kenal tulang.ibuku boru nainggolan. salut lihat semangat tulang menulis.

    kalau berkenan kunjungilah blog aku tulang :

    http://tobadreams.wordpress.com/

    Mauliate
    Horas.

  6. acara siregar se dunia alamat pertemuannya dimana ?tolong informasikan ke email saya.terima kasih.

  7. horas parsadaan siregar. papa saya berasal dari sirega sipirok tepatnya di padang bujur yang terkenal dengan aek milasnya. semoga dengan adanya website ini,maka kita dapat saling mengenal satu sama lainnya. dan moga2 ikatan silahturahmi ini tetap terjalin dengan baik.

  8. Marga Pane Numpang Ngetop Disini!

    Aku marga Pane mau numpang ngetop disini. Boleh ya tulang. Inilah biodataku;

    Neta S Pane, pria kelahiran Medan, 18 Agustus 1964 adalah Ketua Presidium Indonesia Police Watch. Sebelum terlibat di lembaga swadaya masyarakat, dia adalah seorang wartawan. Karirnya dimulai sejak tahun 1984 menjadi wartawan Skh Merdeka Jakarta. Lalu tahun 1991 diangkat menjadi Redaktur Pelaksana Skh Merdeka. Tahun 1993 menjadi Assisten Redaktur Pelaksana Skh Terbit (Poskota Group) Jakarta. Tahun 1995 menjadi Redaktur Pelaksana Skh Berita Buana (Bakrie Group) Jakarta. Tahun 2000 menjadi Assisten Redaktur Pelaksana Skh AKSI (Pramesthi Group) Jakarta. Tahun 2002-2004 menjadi Wakil Pemimpin Redaksi Skh Jakarta (Artha Graha Grup).

    Sejumlah penghargaan telah diraihnya. Antara lain di tahun 1989 menjadi Juara II Lomba Penulisan Kritik Film Max Avellar. Tahun 1992 Juara II Lomba Penulisan Pembangunan Bali. Tahun 1993 Juara II Lomba Foto Pembangunan Bali. Tahun 2002 Juara II Lomba Penulisan HUT Bhayangkara yang diadakan Mabes Polri.

    Selain menjadi wartawan, Neta S Pane aktif menulis sejumlah buku. Yakni buku berjudul 10 Dosa DPR diterbit Fermack, Jakarta (2000), Rancangan Undang-Undang Kepolisian RI, masukan Indonesia Police Watch kepada pemerintah, Polri, dan DPR (2000), Sejarah dan Kekuatan Gerakan Aceh Merdeka penerbit Gramedia Sarana Indonesia (2001), Malpraktek Pers Indonesia penerbit AWAM, Jakarta (2003), Polri Membentang Paradigma Baru penerbit Exatama Group (2005), Poltabes Medan, Mengabdi Untuk Masyarakat penerbit Exatama Group (2006), Polda Sumatera Selatan Mitra Masyarakat penerbit Extama Group (2006), Polda Metro Jaya, Memenuhi Harapan Masyarakat penerbit Exatama Group (2006), Polda Riau Mengabdi Untuk Masyarakat penerbit Exatama Group (Januari 2007), Polda Metro Jaya, Memenuhi Harapan Masyarakat (edisi revisi) penerbit Exatama Group (Juni 2007), Polda Sumatera Barat, Mengabdi Untuk Masyarakat penerbit Exatama Group (2008), Aku Wartawan Merdeka (editor) penerbit Pustaka Spirit, Jakarta (2009), dan Jangan Bosan Kritik Polisi penerbit Indonesia Satu, Jakarta (2009).

    Kini, di samping menulis buku, Neta S Pane aktif pula menulis sejumlah artikel di berbagai media massa tanah air. Tulisan-tulisannya dapat diakses di http://indonesiasatubuku.blogspot.com dan http://netapane.blogspot.com

  9. […] Terakhir Neta S Pane di Siregar se Dunia imbalo di Blog Malaysia Yang Menghina Na… Dari Malaysia di Blog Malaysia Yang Menghina […]

  10. @Neta s pane
    Dah dibuatkan postingan sendiri tu.memang nya neta mau jadi anggota dewan ya………. biasa caleg kayak gitu tu….
    tapi tak apa -apa koq

  11. Horas,” bapa tua,saya dari Lippo Cikarang, salam kenal buat Siregar-sedunia. ah, kita ini memang sudah banyak yang lupa tarombo atau silsilah. Paling banter hanya tau siregar doang,siregar apa tidak tau,nomor berapapun tidak tau.
    Itu P.R bagi kita semualah khususnya yang sudah ompung-ompung,Kayaq oppung Ryswandi Siregar.
    Salam salut ya oppung.

  12. siregar bersaudara

  13. siregar se-dunia. tak songion na manggadang goar nai. ha ha. horas ma

  14. maaf macam nya semua tahu tentang cucu keberapa dia dari toga siregar kalau di medan ada yang tahu temapat perkumpulan marga kita ini, atau tempat yang bisa membantu saya untu dapat dengan jelas menetahui sebenarnya saya siregar vang keberapa, mohon bantuan nya

  15. hallo semuanyaaa… maaf ya sbelumnya, saya pgn tahu boleh kan ya? ibu saya asli bogor dan ayah saya asli medan nama marganya ya siregar,, dulu waktu saya msih kcil mama sma ayah berpisah, lalu ayah pulang ke medan smpai skrang saya tidak tahu kbar ayah saya bgaimana?? jujur saya ingin sekali bertemu dgn beliau .. tpi saya tidak tahu alamat nya, saya mohon petunjuk nama ayah saya AMOS CANDRA SIREGAR !!! saya mohon saya brharap bantuan dri kalian trimaksih sbelum nya…

  16. saya mohon… saya butuh prtunjuk dimana kberadaan ayah saya, kabar ayah saya sekarang.. saya ini seorang perempuan saya butuh wali, saya ingin ayah saya sendiri yg menjadi wali jika saya menikah nanti.. oia saya juga punya adik laki2 yg bernama ANDRE dia msih kturunan siregar juga.

    kalian bisa menghubungi saya melalui
    FACEBOOK : ICHA MARICHAL
    TWITTER :@ichamarichal
    no hp :085717758659
    email :icha_marichal@yahoo.com
    trimaksih sbelum nya

  17. bang imbalo, banyak orang sipirok bertanya-tanya dimana lokasi foto yg diatas, katanya ada yg bilang di aek milas lah, di jalan sampean lah, sebenarnya yg benar dimana bang.?

    Maaf bang, aku sebenarnya pernah tinggal dulu di sekolah Hang Tuah tapi cuma 3 bulan saja, waktu itu masih disini si ipar Salman sama bang Uddin.

    aku tinggal di Bengkong Indah II bawah,

  18. Salam… Aku balik lgi nih, koq gk ada yah sdikitpun petunjuk tntang alamat ayah saya, oia saya punya adek laki2 namanya ANDRE BONATUA SIREGAR itu ayah saya yg kasih nama dulu wktu lahir,

    hmmm apa ya maksud dri nama tersebut?

  19. Nama saya Raja Pane Soaduon asal orang tua dari Sipirok dari desa Pangurabaan Sipirok Godang . Nama orang tua Dalian Pane dan ibu boru Siregar dari Sibadoar bernama Bujing Jeges Bolanda nan Jau .Sai horasma namorai Siregar Sipirok godang , Sibadoar dan sekitar nya . Kami tinggal di Jakarta sejak th 1950 — 2012 sekarang ini , pada th 1950 orang2 Sipirok boleh dikatakan masih jaranglah . Jadi bolehlah sekiranya kita beramah tamah orang2 Sipirok dan sekitar nya baik dengan segala marga yg ada di Sipirok . Jadi ini saya beri tahu alamat saya , jln. Rawa Lumbu tengah 7 no 144 Bumi Bekasi Baru . Mohon sudi kiranya dihita dongan tubu ( kahanggi ) hula2 (mora ) dohot anak boru dan pisang raut sekalian . Untuk mempelajari atau memberi tahu kepada anak2 kita yg belum menetahui silslah tarombo masing2 , dengan demikianlah pernyataan saya tu hamu dongan2 sian Sipirok dan sekitarnya Wass Wr Wb .

  20. ito imbalo,,
    tinggal dbatam daerah mana ??
    kebetulan saya tinggal di batam juga..
    ito tau gag silsilah keturunan siregar ??

  21. Horas..nama saya Dewi ailent ,tinggal di Malang mama saya boruRegar….Ompung saya AbdulHakim Siregar dari Baringin Sipirok dan Ompung PerempuanSiti Sahara Harahap bt Abdul Manan Harahap Gelar Sutan Dunia dari HutaimBaru. tp Ompung2 saya sdh lama meninggalkan tanahkelahirannya sebelum perang dan saya mempunyai Tarombo Siregar dan masih tersimpan di Malang pingin saya bisa bertemu dengan sdr2 dari ompung saya supaya tdk kepaten OBOR.kalau ada yang mau copy saya ada

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: